• shopee-bigramadhansale-1920x745
Yang Harus Diperhatikan Lebih Awal dalam Pembuatan Jus Sayuran dan Buah Adalah

5 Hal yang Harus Diperhatikan Lebih Awal dalam Pembuatan Jus Sayuran dan Buah

Yang Harus Diperhatikan Lebih Awal dalam Pembuatan Jus Sayuran dan Buah Adalah? – Jus merupakan minuman yang terbuat dari buah, sayuran, ataupun kombinasi keduanya. Karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, jus pun bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan asupan penting harian tubuh. Dengan terpenuhinya asupan tersebut, maka tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Lebih Awal dalam Pembuatan Jus Sayuran dan Buah Adalah…

Untuk membuat jus sayuran dan buah yang sehat, sekilas caranya memang tidak jauh berbeda seperti halnya kamu membuat jus pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih awal dalam pembuatan jus sayuran dan buah tersebut. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Sebaiknya, pilih buah dan sayur organik

Kelebihan buah dan sayur organik yaitu, proses penanaman dan perawatannya yang bebas dari penggunaan pestisida maupun bahan kimia lainya. Buah-buahan organik umumnya ditanam oleh petani lokal. Sedangkan, buah-buahan impor kebanyakan memerlukan bahan dan perlakuan khusus agar buah tetap segar selama masa pengiriman berlangsung.

2. Cuci buah dan sayuran dengan bersih menggunakan air mengalir

Pastikan buah dan sayuran yang akan kamu gunakan untuk membuat jus sudah dicuci dengan bersih. Proses pencucian sebaiknya dilakukan menggunakan air mengalir. Hal ini dilakukan agar zat kimia berbahaya, seperti pestisida bisa hilang dan terbawa aliran air.

Official Store Pyfa Health

Apalagi, buah import yang proses pengirimannya cukup memakan waktu, kerap menggunakan lapisan lilin pada bagian kulitnya untuk menghambat terjadinya pembusukan. Lapisan tersebut tentu harus kamu buang terlebih dahulu. Kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk memastikan lapisan lilin mengelupas dan hilang. Perlu diperhatikan, hindari menggunakan air panas atau mendidih karena bisa merusak kandungan vitamin di dalamnya.

3. Jangan buang bagian kulit

Hal ini hanya berlaku pada beberapa jenis buah saja. Untuk buah dengan kulit tebal dan keras, tentu bagian ini memang harus dibuang. Namun, untuk beberapa jenis buah seperti apel, pir, anggur, maupun tomat, ternyata menyimpan berbagai kandungan penting pada bagian tersebut.

Dipercaya, kandungan serat dan nutrisi penting pada buah itu justru terdapat pada bagian kulitnya. Untuk itu, hindari membuang bagian kulit ataupun menyaringnya. Karena dalam bagian tersebut terdapat kandungan serat yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

4. Diminum sesegera mungkin

Jus buah dan sayur yang segar tentu adalah jus yang masih dalam kondisi fresh. Artinya, jus ini belum terpapar sinar matahari, panas, ataupun pengaruh udara sekitar. Jus yang terkena paparan salah satunya biasanya mengalami penurunan kualitas gizi didalamnya. Hal ini juga berlaku pada buah potong. Buah yang sudah dibersihkan, dan dipotong, sebaiknya dimakan sesegera mungkin.

5. Hindari menggunakan pemanis tambahan

Jus segar dengan rasa manis memang cocok sebagai pelepas dahaga di kala cuaca panas. Namun, sebaiknya kamu harus menghindari penggunaan pemanis tambahan seperti gula. Gula sendiri mengandung kalori yang bisa berdampak pada naiknya berat badan seseorang. Terlebih hal itu bisa berdampak munculnya penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mengombinasikan buah dengan rasa tawar atau pahit, dengan jenis buah lainnya yang memiliki rasa manis, contohnya seperti apel atau anggur.

Nah, itulah lima hal yang harus diperhatikan lebih awal dalam pembuatan jus sayuran dan buah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *