• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin yang Terdapat pada Serealia

4 Vitamin yang Terdapat pada Serealia

Vitamin yang Terdapat pada Serealia – Kebutuhan tubuh akan gizi bisa diperoleh dengan berbagai macam cara. Cara praktis bisa didapat dari konsumsi suplemen vitamin. Tapi sebetulnya, ada juga cara alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung nutrisi tinggi.

Serealia merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi, tetapi bukan menjadi makanan pilihan utama di Indonesia. Meski begitu, ada baiknya kamu coba sering mengonsumsi karena mengandung beberapa vitamin. Vitamin yang terdapat pada serealia adalah sebagai berikut.

Vitamin yang Terdapat pada Serealia

Serealia mengandung banyak gizi dan nutrisi. Apa saja jenis vitamin yang terdapat pada serealia? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah satu di antara beberapa vitamin yang terdapat pada serealia. Perlu kamu ketahui, vitamin B12 sangat penting untuk mendukung berbagai proses yang terjadi dalam tubuh. Mulai dari membantu membentuk sel darah merah, mencegah osteoporosis, hingga menjaga kesehatan kulit.

Official Store Pyfa Health

Mengonsumsi serealia secara rutin akan memberikan manfaat-manfaat tersebut untuk tubuh. Apalagi, jika kebetulan kamu sedang mengurangi memakan daging, serealia bisa menjadi makanan alternatifnya. Agar terasa lebih nikmat, kamu bisa mencampurkan kacang almond atau buah-buahan favorit pada sereal yang kamu konsumsi.

2. Vitamin A

Serealia termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari, di luar negeri. Terutama di benua Eropa atau Amerika, yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan utamanya. Makanan ini disarankan karena mengandung banyak nutrisi, misalnya vitamin A.

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang dibutuhkan untuk menyehatkan mata. Tetapi, manfaat lain dari vitamin A masih beragam, seperti menjaga daya tahan tubuh, mendukung kesehatan tulang ataupun organ reproduksi, hingga mengurangi risiko munculnya jerawat di wajah. Mengonsumsi serealia juga akan memberikan manfaat vitamin A pada tubuh.

3. Vitamin E

Berikutnya, vitamin yang terdapat pada serealia adalah vitamin E. Kandungan vitamin E pada sereal itu tinggi. Bahkan, biji-bijian dari serealia kerap digunakan untuk mengekstrak minyak yang kaya vitamin ini.

Vitamin E adalah vitamin yang akan menunjang penampilan seseorang, melalui kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Khususnya karena dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Di sisi lain, sebetulnya vitamin ini juga akan menyehatkan mata, mengatasi permasalahan pada saraf, atau jika muncul penyakit pada ginjal dan hati.

4. Vitamin D

Para ahli gizi menilai serealia sebagai makanan yang memiliki kombinasi nutrisi di dalamnya. Ada juga kandungan vitamin D pada makanan jenis ini. Oleh karena itu, jika seseorang sedang membutuhkan tambahan asupan vitamin D, orang tersebut akan dianjurkan sarapan dengan mengonsumsi sereal.

Sereal paling sering dikombinasikan dengan susu dalam menu sarapan. Rasanya juga akan menarik jika dicampurkan dengan yoghurt, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Vitamin D akan memberikan manfaat berupa penguatan pada sistem kekebalan tubuh, terjaganya kesehatan gigi dan mulut, atau bahkan menurunkan berat badan.

Itulah empat vitamin yang terdapat pada serealia. Untuk mendapatkan serealia sendiri sebetulnya mudah saja. Banyak jenis sereal yang dijual di supermarket, biasanya dilengkapi dengan informasi bahwa sereal tersebut dibuat dari gandum utuh.

Selain mengandung vitamin, sereal gandum juga memiliki kandungan nutrisi lain yang diperlukan tubuh, yaitu kandungan tembaga, kalsium, kalium, magnesium, seng, mangan, garam mineral, yodium, tembaga, hingga antioksidan.

Beragamnya kandungan nutrisi pada sereal gandum menunjukan manfaatnya juga sangat baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya menjadi sumber energi tubuh, mencegah terjadinya peradangan kronis, mencegah penyakit kritis seperti jantung dan kanker, atau yang paling populer adalah membantu menurunkan berat tubuh. Jadi, cobalah membiasakan diri mengonsumsi sereal di pagi hari, ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *