• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin yang Larut dalam Air

9 Jenis Vitamin yang Larut dalam Air

Vitamin yang Larut dalam Air – Vitamin adalah nutrisi yang memiliki karakter unik. Keunikannya membuat suplemen vitamin kerap dikemas dalam beberapa bentuk. Ada yang berupa tablet, sirup, atau tablet yang dapat diseduh dengan air.

Jadi, memang ada beberapa vitamin yang dapat menyatu dengan air tanpa mengubah fungsinya. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan vitamin C. Vitamin B sendiri banyak jenisnya, pelajari di bawah ini, ya.

Vitamin yang Larut dalam Air

Ada beberapa vitamin yang dapat menyatu dengan air tanpa mengubah fungsinya. Pelajari 9 jenis vitamin yang larut dalam air berikut ini.

1. Vitamin B1

Pertama, vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B1 atau tiamin. Vitamin ini berfungsi sebagai koenzim, yaitu senyawa yang akan mendorong enzim memicu reaksi kimia dalam tubuh.

Official Store Pyfa Health

Ada proses kimia yang membutuhkan enzim untuk untuk bereaksi. Setelah bereaksi, energi akan terbentuk. Energi ini didapat dari mengubah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, termasuk di dalamnya ada pembentukan gula. Vitamin B1 dapat terkandung dalam biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Vitamin B2

Berikutnya, vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B2. Vitamin ini disebut juga riboflavin. Biasanya, vitamin ini terkandung dalam sayuran berdaun hijau termasuk brokoli, telur, susu, jamur, hingga kacang-kacangan.

Sama seperti vitamin B1, vitamin B2 juga berfungsi sebagai koenzim. Artinya, nutrisi ini berperan dalam pembentukan energi, dengan secara tidak langsung memicu reaksi kimia terjadi.

3. Vitamin B3

Selanjutnya adalah vitamin B3. Vitamin B3 atau niasin ini juga termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B3 agak berbeda dengan vitamin B yang sebelumnya disebutkan. Vitamin ini bahkan adalah turunan dari vitamin B yang paling unik, yaitu vitamin B yang satu-satunya dapat dihasilkan di dalam tubuh melalui nutrisi asam amino triptofan.

Tapi, vitamin B3 juga bisa terkandung dalam makanan, seperti sereal dan juga tepung. Sumber makanan alami yang memiliki kandungan vitamin ini di antaranya susu, telur, jamur, ayam, dan juga ikan.

4. Vitamin B5

Vitamin yang larut dalam air berikutnya adalah vitamin B5. Vitamin ini disebut juga asam pantotenat. Manfaat dari vitamin B5 cukup beragam. Vitamin ini dapat membantu tubuh mencerna vitamin lain seperti vitamin B2, memecah nutrisi seperti lemak, protein, atau karbohidrat, hingga membentuk sel darah merah. Di sisi lain juga akan menjaga kesehatan dari saluran pencernaan.

Vitamin B5 dapat terkandung pada hampir semua jenis makanan. Mulai dari kuning telur, daging sapi, ayam, brokoli, jamur shitake, hingga tomat.

5. Vitamin B6

Selanjutnya, vitamin B6 juga bisa larut dalam air. Vitamin ini terkandung dalam ikan tuna, buncis, kalkun, kentang, hingga buah pisang.

Kalau dari sisi manfaat, vitamin B6 akan memperkuat fungsi dari otak anak. Di sisi lain, secara umum, dapat menyehatkan jantung hingga mengatasi masalah depresi.

6. Vitamin B7

Selanjutnya ada vitamin B7. Vitamin ini juga adalah turunan dari vitamin B yang akan larut dalam air. Asupan vitamin B7 akan memelihara kesehatan berbagai bagian tubuh, yaitu menutrisi kulit, kuku, hingga rambut.

Untuk memperoleh manfaat vitamin B7, makanan yang bisa dikonsumsi di antaranya daging, ikan, jamur, susu, kuning telur, hingga kacang-kacangan.

7. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat juga larut dalam air. Nutrisi ini bisa diperoleh dari makanan seperti sayuran berdaun hijau, asparagus, biji bunga matahari, hingga kacang-kacangan.

Vitamin B9 penting untuk mendukung proses yang bekerja di dalam tubuh. Seperti mengkonversi karbohidrat menjadi energi, juga memproduksi sel darah merah serta sel darah putih di bagian sumsum tulang belakang. Manfaat lainnya adalah memproduksi RNA dan DNA.

8. Vitamin B12

Terakhir dari turunan vitamin B, vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B12. Vitamin ini memiliki karakter yang berbeda dengan vitamin lain, karena memiliki kandungan logam berupa kobalt di dalamnya.

Vitamin B12 bermanfaat untuk produksi sel darah merah, sehingga akan mencegah risiko anemia dirasakan anak. Selain itu, nutrisi ini juga dapat menyehatkan jantung, kuku, kulit, hingga rambut seseorang.

Manfaat vitamin B12 bisa diperoleh dari susu, telur, daging, makanan laut seperti ikan tuna dan gurita, serta rumput laut nori ala makanan Jepang.

9. Vitamin C

Selain vitamin B, vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C. Makanya ada suplemen tambahan vitamin C yang berupa tablet seduh. Mengonsumsinya yaitu dengan cara mencampurkan tablet dengan air terlebih dahulu, dan dibiarkan larut bersama air.

Sedikit gambaran, vitamin C dikenal sebagai vitamin yang akan menyehatkan tubuh melalui usahanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah tubuh kekurangan zat besi.

Vitamin C yang tinggi banyak terkandung dalam buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan buah kiwi. Tapi, biasanya kandungannya juga ditemukan di bermacam jenis sayur-sayuran. Jika kesulitan memilih makanan, kamu juga bisa menjaga asupan dengan konsumsi suplemen vitamin tambahan. Pyfa Health menyediakan beragam kebutuhan itu. Yuk, cek produknya sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *