• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

10 Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil – Setiap orang membutuhkan nutrisi untuk menjadi sumber energi tubuhnya. Kebutuhan akan nutrisi ini akan meningkat pada situasi tertentu, yaitu ketika seseorang menjalani masa kehamilan.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih besar dari orang biasa, karena pertumbuhan dan perkembangan janin bergantung di pada kandungan gizi dalam tubuh ibu. Setidaknya, ada beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan. Mari kita bahas vitamin yang bagus untuk ibu hamil berikut ini.

Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Vitamin yang bagus untuk ibu hamil ada banyak jenisnya. Apa sajakah itu? Simak jenis-jenis vitamin yang bagus untuk ibu hamil berikut ini.

1. Vitamin B9 atau asam folat

Vitamin yang bagus untuk ibu hamil yang paling utama adalah vitamin B9 atau asam folat. Sebelum hamil, vitamin ini biasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan. Setelah hamil, keberadaannya dalam tubuh ibu sangat penting demi mendukung tumbuh kembang janin.

Official Store Pyfa Health

Mengonsumsi vitamin B9 atau asam folat secara teratur dapat mendorong produksi sel darah merah, mendukung proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh, serta dalam pembentukan DNA. Selain itu, asam folat juga berfungsi mengurangi risiko kelainan pada sistem saraf janin.

Untuk memperoleh nutrisi ini, ibu hamil biasanya dianjurkan rajin mengonsumsi suplemen vitamin tambahan. Tapi, secara alami juga sebaiknya didukung dengan makanan-makanan sehat yang mengandung asam folat. Bisa dari brokoli, lobak, bayam, kentang, hati, asparagus, atau buah jeruk.

2. Vitamin B1 atau tiamin

Selain vitamin B9 atau asam folat, vitamin B jenis lainnya juga baik untuk mendukung kehamilan ibu. Coba perhatikan juga konsumsi vitamin B1 atau tiamin. Vitamin ini terdapat dalam kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, ataupun kacang kapri.

Vitamin B1 atau tiamin dibutuhkan untuk menghasilkan koenzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi. Dengan kata lain, nutrisi ini akan meningkatkan energi ibu sehari-hari. Di sisi lain, vitamin B1 atau tiamin mendukung pertumbuhan janin, terutama dalam pengaturan sistem sarafnya.

3. Vitamin B2 atau riboflavin

Kalau vitamin B1 dan B9 berperan dalam pembentukan energi, ada pula vitamin B jenis lain yang berusaha mempertahankannya. Vitamin tersebut adalah vitamin B2 atau riboflavin. Kandungan nutrisi ini tersedia dalam sayuran hijau seperti sawi hijau, bayam, brokoli, atau juga susu serta daging.

Vitamin B2 atau riboflavin akan membantu proses pertumbuhan janin semasa dalam kandungan. Selanjutnya, vitamin ini dibutuhkan untuk proses metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Di sisi lain, vitamin ini juga akan menyehatkan kulit dan indera penglihatan.

4. Vitamin B3 atau niasin

Vitamin B memang memberikan banyak manfaat pada masa kehamilan. Berikutnya ada vitamin B3 atau niasin, vitamin yang bagus untuk ibu hamil. Vitamin ini bisa didapatkan dari kurma, kacang-kacangan, alpukat, telur, ikan, ataupun daging.

Vitamin B3 atau niasin terutama dibutuhkan untuk menjaga stamina sang ibu. Nutrisi ini dapat menurunkan risiko ibu mengalami anemia atau mudah kelelahan. Ditambah lagi, perannya penting dalam pembentukan energi ibu serta pada proses sintesis hormon.

5. Vitamin B6 atau piridoksin

Belum selesai pembahasan soal vitamin B, vitamin yang bagus untuk ibu hamil. Lebih lanjut, vitamin B6 atau piridoksin juga memiliki perannya tersendiri. Sumber makanan alami yang mengandung nutrisi ini adalah ikan salmon, ikan tuna, daging, kacang, gandum, hingga nasi.

Vitamin B6 atau piridoksin dapat membantu ibu menghadapi morning sickness. Selanjutnya, vitamin ini juga bermanfaat menjadi nutrisi yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah, otot-otot dari tubuh janin, hingga pembentukan saraf otak. Fungsi lainnya adalah membantu menghasilkan asam amino, dan menjadi antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

6. Vitamin B12 atau kobalamin

Vitamin B12 atau kobalamin juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Asupan vitamin ini bisa diperoleh dari makanan seperti ayam, daging, telur, keju, dan susu.

Vitamin B12 atau kobalamin mendukung sel darah merah menjadi matang, sehingga membantu janin tumbuh dan berkembang. Selain itu, nutrisi ini pun dibutuhkan selama proses sintesis DNA sehingga meminimalisir risiko cacat tabung saraf.

7. Vitamin C

Tidak hanya vitamin B, vitamin C juga bagus untuk ibu hamil. Asupan vitamin ini bisa didapatkan dari mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar.

Manfaat vitamin C selama masa kehamilan di antaranya membantu dalam proses pembentukan sendi dan tulang janin, memperbaiki jika ada jaringan tubuh mengalami kerusakan, memperkuat pembuluh darah, serta membantu dalam penyerapan zat besi. Mengonsumsi vitamin C secara rutin juga diyakini menurunkan risiko infeksi pasca ibu melahirkan.

8. Vitamin D

Salah satu manfaat vitamin adalah membantu dalam penyerapan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Kalau tadi vitamin C membantu menyerap zat besi, lain lagi dengan vitamin D. Vitamin D berperan agar tubuh dapat lebih aktif menyerap kalsium.

Dengan begitu, bisa dikatakan vitamin D penting untuk mendukung kesehatan tulang, terutama agar janin terhindar dari kelainan tulang. Berbeda dengan vitamin lain di mana vitamin terkandung dalam makanan tertentu, vitamin D bisa kamu peroleh dari sinar matahari pagi.

9. Vitamin E

Selanjutnya, vitamin E juga perlu kamu perhatikan asupannya selama hamil. Meski dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini juga dibutuhkan dalam proses kehamilan.

Vitamin E memiliki perannya dalam membentuk sel-sel darah merah. Di sisi lain berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Tetapi manfaat yang paling utama adalah menjaga fungsi dan struktur sel tubuh ibu dan janin, dapat bekerja dengan optimal.

10. Vitamin A

Vitamin yang bagus untuk ibu hamil berikutnya adalah vitamin A. Vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran seperti wortel, bayam, daun singkong, tomat, atau lauk misalnya telur, daging ayam, dan hati sapi.

Nutrisi yang satu ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi. Kemudian, mengelola sel untuk diganti dengan sel-sel yang baru. Yang utama adalah mencegah kelainan bawaan pada janin.

Beragam kebutuhan vitamin selama hamil mudah diperoleh jika ibu memerhatikan asupan makanan yang bergizi setiap harinya. Akan lebih bagus lagi jika ibu mengonsumsi suplemen vitamin tambahan. Ada beberapa pilihan vitamin yang aman untuk ibu hamil dari Pyfa Health. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *