• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

4 Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh – Tubuh memiliki kemampuan khusus untuk menghindari serangan berbagai penyakit secara alami. Tapi, fungsi alami ini dapat bekerja maksimal jika daya tahan tubuh seseorang cukup kuat.

Daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terbentuk jika nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. Perlu kamu ketahui, ada beberapa vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Mengonsumsi vitamin-vitamin di bawah ini akan menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, D, E, dan B6 adalah empat vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Pelajari di sini bagaimana vitamin-vitamin tersebut bekerja.

1. Vitamin C

Pertama adalah vitamin C, vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin ini memiliki fungsi utama yaitu meningkatkan produksi sel-sel pembentuk sistem kekebalan tubuh. Melalui proses inilah, daya tahan tubuh dapat terjaga.

Official Store Pyfa Health

Sel-sel kekebalan tubuh yang bekerja aktif menjaga kesehatan adalah fagosit dan sel darah putih. Sel-sel tersebut akan bekerja sama membunuh bakteri jahat yang dapat menimbulkan penyakit.

Bukan hanya bakteri, sistem kekebalan tubuh juga akan menyerang mikroba berbahaya lain dalam tubuh, seperti virus. Konsumsi vitamin C secara rutin, menjaga kualitas sistem tubuh yang penting ini.

Riset-riset menunjukkan bahwa vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit. Ketika flu misalnya, durasi kamu mengalami pilek dapat segera teratasi dengan memperbanyak mengonsumsi vitamin C. Secara alami, nutrisi ini bisa didapatkan dari buah strawberry, buah jeruk, sayur brokoli, kangkung, ataupun bayam.

2. Vitamin D

Mengonsumsi satu jenis vitamin saja tidak cukup mendorong sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Selain vitamin C, vitamin D juga termasuk vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh.

Salah satu sel yang bekerja dalam sistem kekebalan tubuh adalah makrofag. Mengonsumsi vitamin D akan memperbanyak jumlah makrofag dalam tubuh, untuk membunuh sel-sel penyebab penyakit yang dapat muncul.

Secara garis besar, vitamin ini menjaga keseimbangan kerja dari sistem kekebalan tubuh. Hal ini dilakukan melalui pengurangan bahan kimia bernama sitokin inflamasi. Untuk memperoleh manfaatnya, vitamin D bisa diperoleh tubuh secara alami melalui kebiasaan berjemur di pagi hari.

3. Vitamin E

Tubuh memiliki banyak fungsi karena disusun dari sel, jaringan, hingga organ yang kompleks. Kebutuhan beragam vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh menjadi penting. Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan asupan vitamin E.

Vitamin E termasuk vitamin yang tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan ini akan bekerja menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang jika didiamkan akan meningkatkan resiko penyakit pada jantung atau penyakit berat lain seperti kanker.

Kecukupan vitamin E dibutuhkan agar tubuh mampu melawan berbagai bibit penyakit dan infeksi. Kamu bisa memperoleh nutrisi ini dari sayuran hijau seperti bayam, atau jenis makanan lain yaitu biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 mungkin lebih dikenal sebagai vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan. Tapi sebetulnya, vitamin ini juga memiliki perannya tersendiri dalam memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin ini bisa datang dari ikan tuna, ikan salmon, ayam, hingga sayuran hijau.

Ada banyak jenis sel dalam sistem kekebalan tubuh. Satu di antaranya dinamakan sel-T. Proses produksi sel-T ini memerlukan kadar vitamin B6 dalam tubuh yang mencukupi.

Vitamin B6 secara tidak langsung mendukung kerja sistem kekebalan tubuh, yaitu dalam melawan mikroba jahat penyebab penyakit. Termasuk juga membunuh setiap sel berbahaya yang menginfeksi tubuh.

Jangan sepelekan kebutuhan vitamin untuk tubuh. Setiap vitamin memiliki fungsi-fungsinya tersendiri. Seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E yang dijelaskan di atas, dapat memperkuat daya tahan tubuh seseorang.

Asupan vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan dari makanan alami yang sehat. Tapi, vitamin ini juga bisa diperoleh dari konsumsi suplemen tambahan sehari-hari. Pyfa Health punya beberapa pilihan untuk kebutuhanmu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *