• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini – Semenjak pandemi Covid-19 terjadi, banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan tubuhnya. Masalahnya, obat untuk menangkal virus Covid-19 belum ada. Lalu, soal sembuhnya seseorang dari Covid-19, tergantung kondisi kekebalan tubuhnya saja. Kalau imun kurang kuat dan ada penyakit bawaan, nyawa bisa jadi taruhannya. Lantas, bagaimana cara agar kekebalan tubuhmu kuat?

Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19

Ada berbagai macam vitamin untuk imun. Mengonsumsi tambahan vitamin dapat menambah tameng untuk tubuhmu yang akan membantu melawan serangan Covid-19 dan sumber penyakit lainnya. Coba simak vitamin untuk menjaga imun saat pandemi Covid-19 berikut ini, ya.

1. Vitamin B6

Vitamin untuk imun yang pertama adalah vitamin B6. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi sel-T. Sel-T adalah sejenis sel kekebalan yang bertugas mendukung sel lain untuk membunuh sel-sel yang terinfeksi di dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin ini membentuk sel imun untuk melawan mikroba yang berbahaya.

Untuk memperkokoh kekebalan tubuh bukan hanya sel yang diperlukan, tapi juga sistem yang bekerja aktif. Keberadaan vitamin B6 akan mengaktifkan respon dari sistem kekebalan tubuh kamu. Nah, untuk dosisnya setiap jenis kelamin berbeda-beda. Perempuan memerlukan 1,2 mg vitamin B6 setiap harinya, sedangkan pria lebih tinggi yaitu 1,4 mg.

2. Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C adalah vitamin paling populer yang bermanfaat baik untuk kekebalan tubuh. Sama seperti vitamin B6, vitamin C juga berperan membunuh mikroba berbahaya. Baik itu virus maupun bakteri jahat.

Vitamin C juga akan meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh di organ vital tubuh kamu. Di antaranya ada sel darah putih dan fagosit. Keduanya adalah sel yang bisa membunuh bakteri jahat dengan cara menyerapnya. Sebagai contoh, vitamin ini dapat mempersingkat masa ketika kamu pilek, dan meringankan gejala masuk angin.

Saat mengonsumsi vitamin C, sebaiknya kamu perhatikan dosis yang masuk ke dalam tubuh. Kalau usia kamu sudah termasuk dewasa, usahakan mengonsumsi 65 mg sampai 90 mg setiap harinya. Boleh juga lebih dari itu, tapi sebaiknya jangan lebih dari 2.000 mg per hari.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga imun tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Bundle-Damuvit-C-1000-D3-400-Tablet

3. Vitamin D

Vitamin untuk imun berikutnya adalah vitamin D. Vitamin D dibutuhkan dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkannya, yaitu dengan mengurangi produksi bahan kimia bernama sitokin inflamasi.

Vitamin D juga baik untuk pernapasan. Orang yang kekurangan vitamin D akan lebih rentan untuk terkena infeksi saluran pernapasan, seperti bronkitis dan pneumonia. Vitamin D dikenal dapat meningkatkan jumlah makrofag atau lebih mudahnya, sel kekebalan tubuh yang dapat membunuh sel berpenyakit.

4. Vitamin E

Selanjutnya vitamin E, vitamin untuk imun jenis lainnya. Kamu tidak bisa menghapus kebutuhan konsumsi vitamin E, karena sudah mengonsumsi vitamin lain. Fungsi suatu vitamin itu saling mendukung. Keberadaannya tidak bisa dihapuskan dengan jenis vitamin lain.

Nah, vitamin E di sini mengambil peran sebagai antioksidan yang akan melawan infeksi pada tubuh. Dalam prosesnya, antioksidan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Perlu kamu ketahui, radikal bebas adalah pemicu berbagai penyakit, seperti kanker dan jantung.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati?

Sumber Makanan dengan Kandungan Vitamin Tinggi

Nah, selanjutnya akan dibahas mengenai sumber-sumber makanan dengan kandungan vitamin tinggi. Kamu bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari sumber makanan berikut ini.

  • Alpukat

Mengonsumsi alpukat dapat menutrisi tubuh kita dengan bermacam jenis vitamin, terutama vitamin B6. Satu buah alpukat akan memenuhi sampai 30 persen kebutuhan vitamin B6 setiap harinya. Selain vitamin, ada juga serat dan lemak baik yang sama-sama dibutuhkan oleh tubuh.

  • Brokoli

Nutrisi vitamin C bisa kamu dapatkan dari brokoli. Sayuran ini akan menyediakan 132 mg vitamin C untuk tubuh kamu, ditambah serat-serat setidaknya sebesar 30 kalori per porsi. Selain itu, brokoli juga dikenal makanan yang dapat mencegah kanker.

  • Jamur

Jamur ini sering menjadi pengganti daging bagi vegetarian. Ternyata, makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya vitamin D. Contohnya, untuk 100 gram jamur portobello, terdapat sekitar 400 IU vitamin D yang akan memenuhi kebutuhan tubuh.

  • Bayam

Mengonsumsi bayam akan memberikan asupan vitamin E untuk tubuh kamu. Setiap satu porsi sayur bayam atau sekitar 100 gram bayam mentah mengandung 2,03 mg vitamin E. Rajin makan bayam akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh kamu.

Baca Juga: Masuki Musim Hujan di Masa Pandemi Corona, Ini Tips Jaga Kesehatanmu.

Nah, itulah jenis-jenis vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan imun beserta sumber makanannya. Masih banyak sumber makanan lain yang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin D, atau vitamin E. Selain itu, kamu juga boleh menambah asupan tubuh dari suplemen dan vitamin tambahan, lho. Yuk, cek produknya di bawah ini!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *