• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Vitamin untuk Kulit

6 Vitamin untuk Kulit Cantik dan Sehat

Vitamin untuk Kulit – Sebagai bagian terluar dari tubuh, kesehatan kulit perlu diperhatikan. Kulit berfungsi untuk melindungi bagian tubuh lainnya. Kalau kesehatannya terganggu, maka tidak menutup kemungkinan kesehatan tubuh juga bermasalah.

Selain untuk menjaga fungsi tubuh, kesehatan kulit juga bermanfaat memberikan penampilan yang indah untuk kamu. Mulai dari kulit wajah hingga ujung kaki.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu memerlukan bermacam nutrisi. Satu di antaranya adalah vitamin untuk kulit yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini beberapa manfaat dan jenis-jenis vitamin untuk kulit yang cantik dan sehat.

Vitamin untuk Kulit

Kulit membutuhkan asupan vitamin agar selalu cantik dan sehat. Vitamin-vitamin untuk kulit tersebut memiliki manfaat masing-masing. Berikut ulasannya.

1. Vitamin A

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Karena kepopulerannya ini, orang mungkin saja melupakan manfaat lain dari vitamin A. Seperti manfaatnya untuk kesehatan kulit.

Vitamin A berkhasiat untuk mengurangi tanda penuaan dini. Tanda penuaan ini misalnya kerutan dan juga garis-garis halus pada kulit. Di sisi lain, vitamin A juga berperan baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Jangan kaget kalau kandungan vitamin A sering ditemukan pada produk perawatan kulit seperti krim wajah. Meski terkadang, kandungan vitamin A tidak serta merta utuh dalam produk perawatan kulit. Vitamin A juga bisa berbentuk retin-A, retinoid, dan renova.

2. Vitamin B

Vitamin B, dalam hal ini vitamin B complex juga memiliki manfaatnya tersendiri terhadap kesehatan kulit. Sama seperti vitamin A, vitamin B juga dapat membantu mengurangi tanda penuaan. Terutama pada wajah yaitu mengurangi bintik-bintik hitam.

Manfaat vitamin B yang lainya adalah kemampuannya memproduksi sel-sel kulit baru, sehingga mengganti kulit yang rusak dengan kulit yang lebih sehat. Kalau kamu memiliki jerawat, vitamin B juga akan membantu mengatasinya.

Untuk mendapatkan vitamin B, kamu perlu rutin memakan makanan yang sehat. Beberapa contoh makanan yang dianjurkan adalah beras, pisang, dan telur.

3. Vitamin C

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal vitamin C yang memiliki manfaat untuk kulit. Vitamin yang satu ini mampu mencerahkan kulitmu. Banyak orang yang ingin menjaga kulit putihnya, rutin menyuntikan kulit dengan vitamin C.

Pada dasarnya, vitamin C memang ditemukan dengan kadar yang tinggi pada lapisan kulit luar (epidermis), juga dalam lapisan kulit dalam (dermis). Vitamin ini mampu memproduksi kolagen yang baik terutama untuk wajah, karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Keberadaan vitamin untuk kulit ini juga akan meningkatkan efektivitas tabir surya yang terkandung pada produk perawatan kulit. Secara tidak langsung, vitamin C akan mencegah kanker karena melindungi tubuh dari sinar ultraviolet yang dikeluarkan oleh matahari.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Vitamin D

Berbeda dengan vitamin C yang melindungi tubuh dari sinar matahari, vitamin D justru kebanyakan didapat dari sinar matahari. Tapi, ada waktu-waktu khusus untuk mendapatkan ini. Kamu disarankan berjemur selama 10 menit saja per harinya, di bawah pukul 10 pagi.

Ketika berjemur, kolesterol dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin D. Vitamin ini kemudian akan membentuk sel-sel yang sehat, setelah sebelumnya tersimpan dalam ginjal dan hati.

Selain berjemur, kamu juga bisa memperoleh vitamin untuk kulit ini dari makanan bergizi, seperti jus jeruk, sereal, yoghurt, hingga salmon. Oh iya, sebelum berjemur, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah kamu memiliki riwayat kanker kulit atau tidak.

5. Vitamin E

Vitamin E juga serupa dengan vitamin C. Vitamin ini mengandung antioksidan yang baik untuk kulit, yaitu untuk melindunginya dari kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet. Kamu dapat terhindar dari bercak-bercak hitam dan kerutan kulit.

Nutrisi ini membantu tubuhmu memproduksi sebum pada bagian kulit. Sebum berfungsi menjaga kelembapan kulit serta mencegahnya dari kekeringan. Selain itu, jika terjadi peradangan pada kulit, vitamin E akan membantu mengatasinya.

Selain dari sinar matahari, vitamin E terdapat dalam dari berbagai sumber makanan sehat, yaitu biji-bijian dan kacang-kacangan, mulai dari hazelnut, almond, dan biji bunga matahari.

6. Vitamin K

Vitamin untuk kulit selanjutnya adalah vitamin K. Vitamin K lebih memiliki perannya untuk melindungi kulit dari gangguan tertentu. Misalnya untuk memulihkan luka serta mengurangi bengkak dan juga memar pada kulit.

Vitamin K dapat membantu ketika tubuh perlu membekukan darahnya, yakni ketika terdapat menutup luka atau terjadi memar dan luka yang ditimbulkan setelah tubuh dioperasi. Vitamin ini juga berfungsi menyamarkan jaringan parut, stretch mark, noda hitam, hingga lingkaran hitam di bawah mata.

Itulah enam vitamin yang baik kamu konsumsi rutin setiap hari demi kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkannya secara alami dari sinar matahari dan makanan-makanan bergizi. Tapi, nutrisi ini juga dapat diperoleh dari suplemen-suplemen tambahan. Konsumsi sesuai kebutuhan, ya.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *