• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Vitamin untuk Ibu Menyusui

Daftar Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Wajib Dipenuhi

Vitamin untuk Ibu Menyusui – Kebutuhan ibu menyusui tentunya sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Umumnya, ibu hanya perlu minum susu untuk bisa memenuhi semua kebutuhan bayi. Akan tetapi, minum susu khusus ibu menyusui tetap masih belum cukup apabila vitamin yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Untuk mengetahui apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Vitamin untuk Ibu Menyusui

Inilah daftar vitamin untuk Ibu menyusui yang wajib dipenuhi. Dengan begitu, kesehatan bayi dan ibu bisa terjaga dengan baik.

1. Vitamin A

Jenis vitamin yang pertama adalah vitamin A. Berdasarkan beberapa penelitian, vitamin A atau retinol memiliki fungsi sebagai antioksidan. Untuk vitamin A pada ibu menyusui, juga memiliki fungsi baik untuk menambah kekebalan sistem imun bayi dan ibu itu sendiri. Penelitian pun menemukan bahwa bayi yang baru lahir lebih sedikit menerima vitamin A.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 juga sangat dibutuhkan oleh bayi. Jenis vitamin yang juga disebut sebagai tiamin ini memiliki fungsi untuk memberikan energi pada bayi. Hal itu juga berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa vitamin B1 sangat dibutuhkan pada sel tubuh. Untuk mendapatkan vitamin B1 ini, ibu harus mengonsumsi suplemen tambahan.

3. Vitamin B5

Untuk kamu yang melalui proses melahirkan dengan cara sesar, vitamin B5 ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, vitamin B5 ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang juga termasuk pada luka bekas operasi. Untuk mendapatkan vitamin B5, kamu bisa menemukannya di jeroan, roti, kuning telur, kacang-kacangan, brokoli, hingga ayam.

4. Vitamin B6

Jenis vitamin B6 merupakan vitamin yang dapat mempengaruhi sifat bayi. Hal tersebut dikarenakan dalam vitamin B6 memiliki zat yang ada dalam tubuh bayi. Contohnya seperti dopamin, norepinefrin, dan juga serotonin. Zat tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkah laku bayi nantinya.

5. Vitamin B7

Selanjutnya adalah vitamin B7 yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Vitamin B7 terbukti dapat membantu mengembalikan fungsi metabolisme pada ibu menyusui pasca melahirkan. Vitamin B7 juga sangat membantu dalam mengolah lemak, asam amino, dan juga karbohidrat pada tubuh. Selain itu, fungsi lainnya dari vitamin B7 adalah menjaga kulit dan rambut ibu menyusui.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu menyusui? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

6. Vitamin B9

Vitamin B9 atau yang sering juga disebut sebagai asam folat adalah jenis vitamin yang baik untuk menjaga DNA bayi. Asupan asam folat tentunya harus dipenuhi setiap harinya. Hal itu dikarenakan ibu yang menyusui sangat rentan terserang defisiensi folat. Artinya, kadar asam folat harus dibagi pada ibu dan juga anak. Oleh karena itu, vitamin B9 ini sangat penting.

7. Vitamin C

Kebutuhan vitamin C dalam tubuh juga sangat penting untuk ibu hamil. Apalagi, saat menyusui anak dan melakukan aktivitas pasca melahirkan membutuhkan banyak tenaga. Fungsi vitamin C yaitu sebagai peningkat sistem imun pada tubuh. Sekilas, mirip dengan poin vitamin B5, akan tetapi, vitamin C lebih fokus pada menjaga stamina tubuh.

8. Vitamin D

Untuk dapat membantu penyerapan magnesium dan kalsium, maka vitamin D juga sangat dibutuhkan para ibu menyusui. Untuk bisa mendapatkan kandungan vitamin D, kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, sarden, daging merah, dan juga sereal.

9. Vitamin E

Vitamin yang terakhir adalah vitamin E. Fungsi utama vitamin E untuk ibu menyusui adalah suplemen tambahan untuk antioksidan pada ASI. Zat tersebut sangat berguna untuk melindungi sel-sel tubuh bayi dari radikal bebas.

Suplemen Tambahan untuk Ibu Menyusui

Selain vitamin di atas, ibu menyusui juga sebaiknya mengonsumsi suplemen tambahan sebagai berikut:

  • Zat Besi: Senyawa penting untuk memproduksi sel darah merah dan menghindari dari penyakit anemia.
  • Omega-3: Penting untuk perkembangan otak bayi.
  • Kalsium: Sangat bagus untuk memperkuat tulang.

Nah, itulah daftar vitamin untuk ibu menyusui yang wajib dipenuhi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selalu jaga kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Menyusui

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *