• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin K untuk Bayi

Inilah Manfaat Vitamin K untuk Bayi uang Baru Lahir

Vitamin K untuk Bayi – Saat bayi sudah lahir, perlu diperhatikan setiap gizi dan nutrisinya. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk bayi baru lahir adalah vitamin K. Bahkan, jika perlu, vitamin K sudah disuntikan pada bayi saat lahir. Pastinya kamu penasaran mengapa vitamin K begitu penting untuk bayi, bukan? Untuk penjelasannya, simak di bawah ini.

Seberapa Penting Vitamin K untuk Bayi?

Perlu kamu ketahui bahwa saat bayi baru lahir, maka jumlah vitamin K sangat sedikit di dalam tubuhnya. Dengan adanya vitamin K, maka proses pembekuan darah berlangsung lebih cepat. Oleh sebab itu, bayi yang kekurangan vitamin K sangat rentan terkena pendarahan. Apabila tidak dicegah, maka bisa membahayakan nyawa bayi tersebut.

Kekurangan vitamin K di dalam tubuh juga dapat menimbulkan memar yang sangat luas. Meskipun hal itu hanya cedera ringan, namun luka tersebut bisa menyebabkan pendarahan akibat kurangnya vitamin K. Untuk kasus bayi yang baru lahir, kekurangan vitamin K juga disebut dengan istilah Vitamin K Deficiency Bleeding atau bisa disingkat VKDB. Bahkan, hal tersebut juga menyebabkan pendarahan pada berbagai organ tubuh seperti lambung, usus, hingga otak.

Manfaat Vitamin K untuk Bayi

Karena memiliki fungsi yang banyak untuk bayi, maka vitamin K tentunya memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat dari vitamin K untuk bayi adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health

1. Dapat mencegah terjadinya pendarahan pada bayi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin K pada bayi bisa mencegah terjadinya pendarahan. Maka dari itu, sangat disarankan bayi yang baru lahir dilakukan suntikan vitamin K.

2. Dapat menyembuhkan luka lebih cepat

Fungsi penting lainnya yang sangat penting adalah bisa membekukan darah. Ketika tubuh tidak cukup vitamin K, maka luka kecil pun bisa membutuhkan waktu yang lama agar bisa sembuh.

3. Dapat menguatkan tulang

Manfaat lainnya adalah dapat memperkuat tulang bayi. Kandungan vitamin K juga berperan penting untuk pemadatan tulang bayi yang baru lahir. Hal ini sangat penting agar tulang tetap terjaga hingga tumbuh normal.

Penyebab Vitamin K pada Bayi Cukup Rendah

Tentunya ada berbagai penyebab mengapa bayi bisa kekurangan vitamin K. Secara umum, penyebab yang terjadi adalah sebagai berikut.

  • Usus bayi belum bisa bekerja maksimal. Hal itu menyebabkan vitamin K yang selalu dibuat bakteri usus tidak bisa bekerja maksimal.
  • Bayi tidak mendapatkan vitamin K dari ibunya saat hamil dan juga menyusui.

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin K pada Bayi

Untuk bisa mendapatkan vitamin K pada bayi yang baru lahir, maka bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Melalui suntikan

Cara yang pertama adalah melalui suntikan vitamin K. Untuk pemberian suntikan, bisa dilakukan 6 jam setelah bayi dilahirkan. Hal ini dilakukan agar ibu bisa menyusui dini lebih dulu. Setelah disuntik, sebagian besar vitamin K juga disimpan pada organ hati dan digunakan untuk proses pembekuan darah.

  • Memberikan suplemen vitamin K

Cara lainnya adalah memberikan suplemen vitamin K dalam bentuk obat tetes. Meskipun begitu, cara yang satu ini kurang efektif karena penyerapannya kurang baik. Maka dari itu, cara suntikan biasanya lebih banyak dilakukan.

  • Diberikan melalui ASI

Cara yang paling mudah untuk memberikan vitamin K adalah melalui ASI. Cara ini bisa dikatakan lebih mudah karena bayi yang baru lahir sangat membutuhkan ASI eksklusif dari ibunya.

Demikianlah beberapa manfaat vitamin K untuk bayi yang baru lahir. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *