• shopee-bigramadhansale-1920x745
Vitamin B complex untuk anak

6 Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak

Vitamin B Complex untuk Anak – Usia anak adalah usia yang aktif untuk tubuh, agar dapat tumbuh dan berkembang. Karenanya, kamu harus memperhatikan nutrisi yang diperoleh anak, mungkin itu anak kamu sendiri atau saudaramu, agar tubuhnya tumbuh secara sehat dan ideal. Kekurangan nutrisi dapat membuat tubuhnya kurang berkembang dengan optimal.

Banyak sekali nutrisi yang penting untuk tubuh, tapi mari terfokus membahas pada satu nutrisi esensial yaitu vitamin B complex. Vitamin B complex adalah gabungan dari 8 vitamin B.

Ada yang dikenal sebagai thiamin atau vitamin B1, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 dengan nama lain niacin, vitamin B5 yaitu asam pantotenat, vitamin B6 atau pyridoxine, vitamin B7 yang disebut juga biotin, vitamin B9 yang lebih dikenal asam folat, dan vitamin B12 atau cobalamin. Sekarang, mari bahas apa saja manfaat vitamin B complex untuk anak.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak

Vitamin B complex untuk anak adalah nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Pelajari selengkapnya mengenai manfaatnya berikut ini.

Official Store Pyfa Health

1. Memproduksi sel darah merah

Sel darah merah tidak muncul begitu saja. Kamu ataupun anak-anak membutuhkan vitamin B complex agar tubuh dapat memproduksi sel darah merah. Ada dosis tertentu yang baik dikonsumsi untuk anak.

Bagi anak berusia 1-3 tahun, dosis vitamin B9 yang dibutuhkan adalah 150 mikrogram. Semakin besar anak, semakin tinggi pula kebutuhannya. Naik sedikit, dosis vitamin B9 yang direkomendasikan untuk anak usia 4-8 tahun yaitu sebanyak 200 mikrogram.

2. Menghasilkan energi

Anak-anak biasanya aktif bergerak ke sana ke mari, karena rasa penasarannya tinggi. Karena itu anak membutuhkan energi yang besar. Salah satunya dihasilkan dari mengonsumsi vitamin B complex, khususnya vitamin B1 atau thiamin.

Sekali lagi, vitamin B complex untuk anak itu penting. Termasuk di dalamnya vitamin B1. Akan bahaya jika anak kekurangan nutrisi ini, karena fungsi motoriknya akan terganggu.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagian dari vitamin B complex untuk anak yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh adalah vitamin B2. Vitamin yang satu ini mampu menjaga kesehatan sel darah merah, lapisan usus, mata, hingga kesehatan kulit. Asupan vitamin B2 atau riboflavin yang optimal, akan mendorong peningkatan kualitas dari sistem kekebalan tubuh anak.

Ingin membeli suplemen dan vitamin B complex? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Memaksimalkan masa pertumbuhan

Manfaat vitamin B complex untuk anak yang satu ini mungkin terdengar cukup umum. Vitamin B complex terdiri dari gabungan 8 vitamin B tunggal. Tentu saja setiap satuan vitamin memiliki manfaat untuk tubuh.

Nah, vitamin B utama yang mampu memaksimalkan masa pertumbuhan adalah vitamin B6. Vitamin B6 akan membentuk hemoglobin kemudian mengedarkan oksigen segar ke seluruh tubuh. Dengan kemampuannya, vitamin ini akan memaksimalkan kerja organ-organ di dalam tubuh.

5. Menjaga sistem saraf

Vitamin B complex untuk anak dikenal mampu menjaga sistem saraf. Bagian yang khusus bekerja untuk ini adalah vitamin B12. Karena itu, perhatikan gizi dari setiap makanan yang kamu dan anak-anak konsumsi, ya.

Vitamin B12 ini akan mengubah makanan-makanan menjadi energi yang baik dalam tubuh. Selanjutnya sistem saraf akan terpelihara dengan baik. Dalam beberapa kasus, vitamin B12 bahkan bisa melawan asma yang tak jarang menyerang anak-anak di usianya yang masih dini.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Sudah disebutkan sebelumnya, salah satu fungsi vitamin B complex mengubah makanan menjadi energi. Manfaat vitamin B complex untuk anak yang berkaitan dengan itu adalah menyehatkan sistem pencernaan. Energi dapat terbentuk jika makanan terolah dengan baik, sistem pencernaan lah yang termasuk aktif melakukannya.

Vitamin B tunggal dalam vitamin B complex saling bekerja satu sama lain untuk memelihara kerja optimal dari sistem pencernaan. Ada vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6 yang berperan untuk itu. Pada prosesnya, vitamin B complex akan memicu tubuh memproduksi asam klorida yang berguna untuk memecah protein, karbohidrat, dan protein di dalam sistem pencernaan anak.

Itulah beberapa manfaat vitamin B complex untuk anak. Kalau sudah tahu, selanjutnya jaga asupan ini agar mencukupi bagi tubuh anak ya. Kamu bisa mendapatkannya dari bermacam makanan sehat sampai suplemen tambahan untuk tubuh.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin B Complex

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *