• shopee-bigramadhansale-1920x745
Terapi Osteoarthritis

Macam-macam Terapi Osteoarthritis yang Umum Dilakukan

Terapi Osteoarthritis – Apakah kamu merasa sakit pada bagian sendi? Bisa jadi kamu terkena penyakit osteoarthritis. Meskipun penyakit ini kalah populer dengan osteoporosis, namun jangan salah jika penyakit osteoarthritis ini cukup mengganggu. Bahkan, jika tidak segera ditangani bisa memberikan efek buruk berkepanjangan.

Apa Itu Osteoarthritis?

Osteoarthritis adalah sebuah peradangan yang cukup kronis pada daerah sendi. Bisa dikatakan, osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendiri yang sangat sering terjadi. Hal tersebut membuat sendi-sendi terasa sangat sakit, kaku, dan juga bengkak. Pada dasarnya, penyakit ini menyerang semua persendian tubuh seperti jari tangan, lutut, pinggul, dan juga tulang punggung.

Baca Juga: Ini Penyebab Radang Sendi yang Wajib Kamu Tahu.

Penyebab Osteoarthritis

Karena penyakit ini menyerang tulang rawan dan sendi, maka kerusakan yang ditimbulkan bisa menyebabkan antar tulang sering bergesekan. Biasanya, penyebab terjadinya osteoarthritis ini adalah pertambahan usia. Selain itu, beberapa penyebab osteoarthritis adalah sebagai berikut.

Official Store Pyfa Health
  • Memasuki masa menopause pada wanita.
  • Obesitas.
  • Terjadi cedera pada bagian sendi atau sebelumnya pernah menjalani operasi tulang serta sendi.
  • Melakukan pekerjaan maupun aktivitas fisik yang membuat sendi tertekan terus menerus.
  • Terdapat riwayat osteoarthritis di dalam keluarga.
  • Mendapatkan riwayat penyakit tertentu.
  • Terdapat kelainan bawaan atau cacat di sekitar tulang rawan maupun sendi.

Ingin membeli produk untuk mencegah osteoarthritis? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Terapi Osteoarthritis yang Umum Dilakukan

Untuk bisa mengatasi osteoarthritis, maka diperlukan sebuah terapi khusus. Terapi ini harus dilakukan agar penyakit ini segera hilang. Beberapa terapi osteoarthritis yang umum dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Terapi non obat

Jenis terapi yang pertama adalah non obat. Untuk bagian satu ini, terdiri dari edukasi, penurunan berat badan, terapi fisik dan juga terapi kerja. Pada jenis edukasi, hal ini lebih menekankan pada keyakinan pasien agar tidak bergantung pada orang lain. Meskipun osteoarthritis ini tidak bisa disembuhkan, namun kualitas hidup pasien harus ditingkatkan juga.

Pada bagian penurunan berat badan juga terbilang penting, khususnya untuk penderita yang obesitas. Hal ini dilakukan agar beban pada sendi yang terkena osteoarthritis bisa berkurang. Selain itu, penurunan berat badan juga memberikan keleluasaan bergerak pada si penderita.

Terakhir adalah menggunakan terapi fisik dan juga terapi kerja. Tujuan dua terapi ini pada pasien adalah agar tidak bergantung pada orang lain. Secara teknis, terapi ini terdiri dari pendinginan, pemanasan, dan juga latihan menggunakan alat bantu. Pada terapi fisik dan juga terapi kerja sangat dianjurkan untuk latihan yang sifatnya menguatkan otot, memperluas lingkup gerak sendi, dan juga latihan aerobik.

Baca Juga: Simak 5 Makanan Penyebab Radang Sendi Berikut Ini.

2. Terapi obat

Jenis yang kedua adalah terapi obat. Secara umum, obat yang digunakan adalah parasetamol. Parasetamol sendiri merupakan analgesik pertama yang diberikan pada pasien osteoarthritis. Dosis yang diberikan sekitar 1 gram sebanyak 4 kali sehari.

Hal itu dikarenakan, dosis tersebut cenderung aman dan juga dapat ditoleransi dengan baik pada pasien lansia.
Jika parasetamol masih kurang efektif, maka bisa juga gunakan cara lain, yakni kombinasi parasetamol atau seperti co proxamol. Selain itu, beberapa obat lainnya yang sering digunakan adalah obat anti inflamasi non steroid atau (OAINS).

3. Terapi operasi

Cara yang terakhir adalah menggunakan terapi operasi. Untuk penderita osteoarthritis yang terlampau parah, maka jalan operasi adalah tindakan paling maksimal. Beberapa jenis operasi yang dilakukan antara lain arthroscopic debridement, joint debridement, dekompresi tulang, dan juga artroplasti.

Meskipun tindakan operasi ini dapat menghilangkan nyeri atau radang sendi akibat osteoarthritis, namun kadang-kadang fungsi sendi tidak bisa bekerja optimal. Oleh sebab itu, perlu adanya terapi fisik setelah melakukan operasi.

Demikian berbagai macam terapi osteoarthritis yang umum dilakukan hingga saat ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan.

Rekomendasi Produk untuk Mencegah Osteoarthritis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *