• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sumber Vitamin K

Inilah 8 Sumber Vitamin K yang Mudah Didapatkan

Sumber Vitamin K – Bisa dikatakan, vitamin K merupakan jenis vitamin yang cukup jarang dibahas. Padahal, vitamin yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Peran vitamin K adalah dapat mencegah terjadinya pendarahan hebat saat kamu mengalami luka.

Tidak hanya itu saja, kekurangan vitamin K juga dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis dan juga penyakit jantung. Maka dari itu, mengetahui sumber vitamin K dapat menambah nutrisinya di dalam tubuh.

Sumber Vitamin K

Secara umum, vitamin K dapat ditemukan pada sayuran hijau. Akan tetapi, beberapa jenis buah-buahan juga memiliki vitamin K. Untuk mengetahui contohnya, berikut ulasannya.

1. Hati sapi

Makanan pertama yang memiliki vitamin K adalah hati sapi. Di dalam hati sapi terkandung 106 mcg atau sekitar 100 gram vitamin K. Pada hati sapi juga cukup sering disebut sebagai makanan super di dunia hewan. Hal itu dikarenakan hati sapi salah satu makanan yang padat nutrisi.

Official Store Pyfa Health

Hati sapi juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan lainnya antara lain vitamin A, B12, B complex, choline, biotin, zat besi, tembaga, seng, folat, hingga berbagai vitamin yang larut pada lemak.

2. Ayam

Ayam merupakan jenis daging yang sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Daging yang satu ini memiliki banyak nutrisi seperti protein hewani. Di dalam ayam terkandung vitamin K sebanyak 60 mcg atau sekitar 100 gram. Kandungan tertinggi vitamin K ada di dalam dada ayam.

3. Buah delima

Untuk kategori buah, delima termasuk ke dalam sumber vitamin K. Ada sekitar 20 mcg vitamin K di dalam satu buah delima. Kamu bisa mengonsumsinya menjadi jus atau dimakan secara langsung.

4. Kiwi

Kiwi merupakan buah selanjutnya yang sangat kaya dengan vitamin K. Di dalam satu buah kiwi mengandung vitamin K sebanyak 28 mcg. Selain itu, di dalam kiwi juga terdapat vitamin C dan juga berbagai jenis antioksidan. Dengan begitu, tubuh bisa terlindungi dari zat radikal bebas. Ditambah lagi kandungan serat pada kiwi juga bagus, sehingga cocok untuk sistem pencernaan.

5. Blueberry

Buah selanjutnya adalah blueberry. Untuk setengah gelas buah blueberry, memiliki kandungan vitamin K sebanyak 14 mcg. Tidak hanya itu saja, di dalam blueberry juga banyak antioksidan yang fungsinya mirip dengan buah kiwi sebelumnya.

6. Kacang edamame

Untuk kategori sayuran adalah kacang edamame. Jenis kacang yang sering dijadikan camilan ini merupakan salah satu sumber vitamin K. Di dalam setengah gelas edamame yang sudah direbus, mempunyai kandungan vitamin K sebanyak 25 mikrogram. Agar jauh lebih nikmat, kamu bisa menambahkan garam dan juga merica untuk menyantap kacang edamame.

7. Daun bawang

Siapa yang menyangka kalau daun bawang termasuk kedalam sumber vitamin K. Daun bawang sendiri merupakan jenis sayuran yang sangat khas dengan bau yang harum. Daun bawang ini juga sering dijadikan bahan campuran untuk masakan seperti pada sup dan mie.

Mengonsumsi daun bawang juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Contohnya seperti mencegah pembuluh darah yang terlalu tebal, dapat menurunkan tekanan darah, hingga menjaga pembuluh darah tetap sehat.

8. Minyak nabati

Sumber vitamin K yang terakhir adalah minyak nabati. Jenis minyak yang satu ini terbuat dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Selain itu, minyak nabati juga sering diklaim sebagai minyak yang sangat sehat. Selain adanya vitamin K, di dalam minyak nabati juga terkandung kolesterol rendah.

Demikian beberapa sumber vitamin K yang mudah didapatkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *