• shopee-bigramadhansale-1920x745
Stretch Mark Pada Remaja

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Stretch Mark Pada Remaja – Pada dasarnya, stretch mark dialami oleh ibu-ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan pada ibu hamil mengalami peregangan secara cepat untuk mengandung janin. Akan tetapi, bagaimana jika stretch mark justru muncul pada usia remaja?

Ketika hal tersebut terjadi sebenarnya tidak perlu panik sebab kondisi stretch mark pada tubuh bisa dialami oleh siapapun. Hanya saja, ada beberapa faktor yang membuat stretch mark bisa muncul lebih dulu, terutama pada usia remaja. Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kita ketahui dulu apa itu stretch mark di bawah ini.

Pengertian Stretch Mark

Stretch mark adalah suatu guratan yang mirip dengan garis di sekitar tubuh. Stretch mark biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh seperti pangkal paha, bawah perut, hingga lengan. Hal tersebut bisa terjadi karena kulit tertarik oleh pertumbuhan jaringan tubuh yang cepat.

Garis-garis yang muncul merupakan sebuah jaringan ikat di kulit yang bernama kolagen. Jaringan tersebut bisa terbentuk karena peregangan pada kulit secara intens. Maka dari itu, garis-garis yang tidak beraturan tersebut dikenal sebagai stretch mark.

Official Store Pyfa Health

Baca Juga: Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya.

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja

Kemunculan stretch mark pada remaja bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Contohnya seperti genetik, elastisitas kulit, dan juga kadar hormon kortisol. Hormon ini dibuat oleh kelenjar adrenal dan memiliki peran dalam meningkatkan elastisitas serat kulit.

Maka dari itu, kemunculan stretch mark sejatinya bisa dialami oleh perempuan dan juga laki-laki. Bahkan, dari remaja hingga orang tua pun bisa mengalami stretch mark. Selain faktor tadi, beberapa orang yang sangat rentan terkena stretch mark antara lain sebagai berikut.

  • Orang yang memiliki kelebihan berat badan.
  • Seseorang yang berat badannya turun secara drastis.
  • Sering menggunakan krim kortikosteroid.
  • Keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat stretch mark.
  • Seseorang yang mengalami sindrom cushing dan marfan.

Jika kita melihat pada faktor remaja, maka munculnya stretch mark merupakan hal yang wajar. Sebab, pada tubuh remaja dapat berkembang sangat cepat. Maka dari itu, pada remaja perempuan stretch mark akan muncul di sekitar payudara, pantat, hingga paha. Pada remaja yang terobsesi pada olahraga juga sangat rentan memiliki stretch mark.

Ingin membeli produk obat untuk mengurangi atau menghilangkan stretch mark? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Pada dasarnya, stretch mark bukanlah penyakit serius yang harus melalui perawatan khusus. Sebab, seiring bertambah usia, stretch mark akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, pada sebagian orang kemunculan stretch mark dapat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, para ahli medis memberikan beberapa solusi menghilangkan stretch mark sebagai berikut.

1. Penggunaan krim, lotion, dan gel retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A. Biasanya, krim yang akan diberikan dokter kesehatan kulit adalah tretinoin yang merupakan salah satu krim retinoid dan tersedia sebagai Retin-A, Renova, maupun Avita. Krim tersebut juga dapat dipakai kulit untuk membangun kembali serat kolagen kulit. Dengan begitu, kulit bisa kembali normal.

2. Terapi laser

Cara selanjutnya adalah menggunakan terapi laser agar dapat merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, garis-garis kulit stretch mark bisa memudar dan kulit bisa kembali normal.

3. Penggunaan mikrodermabrasi

Cara selanjutnya adalah menggunakan teknik mikrodermabrasi. Perawatan ini memakai alat yang berisi kristal dan ditiupkan pada kulit. Dengan begitu, lapisan kulit yang halus dapat dihilangkan dan dapat merangsang tumbuhnya kulit secara elastis.

4. Menggunakan frekuensi radio non ablatif

Terapi selanjutnya adalah menggunakan perangkat yang memiliki frekuensi radio khusus. Dengan menggunakan alat tersebut, maka pertumbuhan kolagen akan lebih cepat sehingga stretch mark bisa memudar.

5. Menggunakan ultrasonik fokus mikro

Cara terakhir masih menggunakan alat, namun kali ini memakai terapi ultratherapy. Untuk metodenya sendiri mirip dengan poin sebelumnya, hanya saja di sini kita menggunakan gelombang ultrasonik. Fungsinya pun hampir sama, yakni merangsang kolagen sehingga bisa memberikan elastisitas pada kulit. Perbedaan dengan frekuensi radio adalah dari sisi waktunya yang lebih cepat.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih.

Itulah beberapa penyebab munculnya stretch mark pada remaja dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Berikut ini adalah produk-produk yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi atau menghilangkan stretch mark di tubuh.

Rekomendasi Obat untuk Mengurangi atau Menghilangkan Stretch Mark

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *