• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Skincare untuk Remaja Berjerawat

6 Kandungan Skincare untuk Kulit Remaja yang Berjerawat

Skincare untuk Remaja Berjerawat – Ketika memasuki usia remaja, masalah keseimbangan hormon akan mulai bermunculan. Salah satu masalah pubertas pada remaja adalah munculnya jerawat. Meski hal ini wajar terjadi, namun tentu saja banyak remaja putri yang cenderung tidak percaya diri dengan penampilannya akibat timbulnya jerawat di wajah.

Untuk meredakan kemunculan jerawat, kamu dapat mencoba perawatan sederhana di rumah menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, aloe vera, madu, ataupun bahan lainnya.

Baca Juga: 6 Vitamin untuk Kulit Cantik dan Sehat.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter kulit untuk penanganan jerawat lebih lanjut. Dokter biasanya akan memberikan resep untuk menangani jerawat untuk digunakan sebagai skincare routine. Nah, berikut ini adalah kandungan skincare yang biasanya digunakan untuk kulit remaja yang berjerawat.

Skincare untuk Remaja Berjerawat

Jerawat seringkali menjadi musuh para remaja yang sedang puber. Temukan skincare yang tepat untuk mengatasi jerawat pada remaja berikut ini.

1. Benzoyl peroxide

Kandungan bahan skincare satu ini bukan cuma mencegah jerawat, tapi juga bisa mengurangi jerawat yang mampir di wajah cantikmu. Umumnya, bahan Benzoyl peroxide terdapat di dalam acne-spot treatment gel atau yang biasa disebut obat jerawat. Selain itu, Benzoyl peroxide ini juga sangat bgua untuk membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebih, dan mengeliminasi sel kulit mati. Kamu bisa menemukan kandungan bahan ini di acne-spot treatment gel, produk cleanser, dan moisturizer. Pada umumnya, kandungan Benzoyl peroxide yang dipakai adalah 2,5 sampai dengan 10%.

2. Salicylic acid

Salicylic acid merupakn salah satu BHA atau Beta-Hydroxy Acid yang terkenal ampuh sebagai bahan antiinflamasi untuk mengurangi kemerahan dan iritasi. Kandungan bahan ini juga bisa membuat pori-pori kulit lebih bersih karena mampu mengeksfoliasi kulit di dalam hair follicle, jadi kandungan ini bukan cuma bekerja di permukaan kulitmu saja. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat. Salicylic acid bisa didapatkan dari produk skincare dengan kandungan Salicylic acid sekitar 2%. Kandungan tersebut mampu meredakan jerawatmu dan bikin kulitmu lebih sehat.

3. Tea tree oil

Kalau bahan yang satu ini, mungkin sudah sering didengar dan umum digunakan sebagai perawatan kukit. Meski bernama tea tree oil, tapi bahan ini ternyata bukan terbuat dari tanaman teh, lho. Melainkan, berasal dari jenis tumbuhan bernama Melaleuca alternifolia yang daunnya berbentuk seperti jarum (sekilas mirip dengan daun pinus atau rosemary). Tea tree oil sangat bagus buat mengurangi bakteri dan jamur, menenangkan kulit, serta mengurangi alergi. Tidak heran jika bahan tea tree oil ini sering ditemukan di produk perawatan jerawat atau ketombe. Namun, meski memiliki banyak manfaat, bahan natural ini bisa kurang baik buat sebagian orang, misalnya pemilik kulit sensitif atau eczema, karena bikin kulit jadi makin kering.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Clay

Umumnya, clay sering ditemui pada produk skincare seperti masker, facial wash, atau facial scrub. Bahan ini juga memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi yang akan menenangkan kulit berjerawat dari kemerahan, meradang, dan iritasi. Tidak hanya itu saja, clay juga dapat menjaga kulit supaya tidak terlalu berminyak. Karena perlu dipahami bahwa kulit yang sangat berminyak akan mudah bercampur bakteri, jerawat bisa bertambah banyak.

5. Sulfur

Sulfur atau belerang memang memiliki aroma yang tidak menyenangkan. Meski begitu, bahan sulfur sudah sejak lama menjadi bahan yang manjur buat mengurangi jerawat, karena berperan sebagai antibakteri yang bisa meredakan dan mengeringkan jerawat, plus mengurangi minyak berlebih. Kandungan belerang juga dapat menjadi healing properties. Jadi, saat jerawatnya sembuh, kandungan ini akan membantu mengurangi bekasnya. Jika kamu memiliki jenis kulit kombinasi atau berminyak, kamu bisa pilih skincare dengan kandungan sulfur sekitar 10%.

6. Retinoid

Nah, kalau bahan yang satu ini sudah menjadi bahan yang jadi favorit para dermatologist. Bukan tanpa sebab, retinoid ini memang sangat powerful efeknya untuk kesehatan kulit. Retinoid juga berfungsi untuk membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan serta garis halus. Selain itu, retinoid juga bagus untuk mengontrol jerawat karena mampu mempercepat regenerasi sel kulit. Tidak sampai disitu, kandungan bahan satu ini juga mampu mengurangi penyebab inflamasi, sehingga kulitmu nggak gampang meradang.

Baca Juga: 5 Kandungan Obat Jerawat Alami untuk Anak Remaja.

Sekarang kamu sudah tahu bukan skincare apa yang dibutuhkan untuk remaja berjerawat? Kandungan skincare untuk remaja berjerawat di atas bisa kamu perhatikan ketika sedang memilih produk perawatan kulit wajah.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *