• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi Maka Makanan Harus Mengandung

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, Maka Makanan Harus Mengandung?

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, Maka Makanan Harus Mengandung? – Mungkin banyak dari kamu yang telah mengetahui komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, tahukah kamu, jika kita menilainya dari fungsi zat gizi di dalamnya, maka makanan tersebut juga harus mengandung beberapa unsur penting.

Ternyata, sesuai dengan fungsi zat gizi maka makanan harus mengandung karbohidrat dan protein. Nah, mengapa dua kandungan tersebut sangat penting? Berikut pembahasan lebih lanjut.

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, maka Makanan Harus Mengandung Karbohidrat dan Protein, Mengapa Demikian?

  • Karbohidrat

Karbohidrat tentu memiliki hubungan yang erat dengan glukosa. Glukosa atau gula merupakan zat yang diproses dari karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan bakar yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang berbagai aktivitas dengan cara merubahnya menjadi energi.

Untuk itu, manfaat utama dari karbohidrat tidak lain adalah sebagai sumber energi bagi tubuh dalam melaksanakan berbagai aktivitas di setiap harinya.

Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Dua jenis karbohidrat ini memiliki perbedaan dalam struktur kimianya. Secara umum, karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Sementara itu, karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang lebih panjang, sehingga tubuh membutuhkan rentan waktu yang lebih lama untuk mencerna dan menyerap jenis karbohidrat ini. Sumber karbohidrat alami bisa ditemukan dari beberapa jenis makanan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan susu.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

  • Protein

Ada berbagai manfaat protein bagi tubuh, mulai dari membantu sistem kekebalan tubuh, membantu memproduksi sel dan jaringan tubuh, serta peran penting lainnya. Karena perannya yang vital tersebut, tentu penting bagi kamu untuk menjaga asupan protein harian dalam tubuh.

Sebenarnya, apa sih protein itu? Sedikit penjelasan singkat, protein adalah makronutrien penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein sendiri terdiri dari asam amino yang dibutuhkan sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik. Asam amino dapat dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-generasi.

Disebut sebagai asam amino non-esensial karena tubuh dapat memproduksinya sendiri. Sedangkan amino esensial adalah jenis asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang memang mengandung kandungan tersebut. Manfaat protein terbilang beragam. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Membantu pertumbuhan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.
  • Membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti jaringan tubuh. Misalnya saja, keratin yang memperkuat rambut serta kolagen dan elastin yang mendukung jaringan ikat dan kulit.
  • Protein juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, hingga wanita yang sedang berada di masa hamil, serta penting untuk kesehatan janin yang dikandungnya.

Nah, itulah penjelasan dari pembahasan kita kali ini. Jadi, sesuai dengan fungsi zat gizi maka makanan harus mengandung karbohidrat dan protein.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *