• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Sayuran yang Mengandung Zat Besi

5 Jenis Sayuran yang Mengandung Zat Besi, Apa Saja?

Sayuran yang Mengandung Zat Besi – Zat besi merupakan salah satu zat mineral dalam tubuh yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang terdapat di dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri berfungsi memberi warna dan juga bentuk pada sel darah merah sehingga sel darah merah dapat dengan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

Zat besi juga memiliki banyak fungsi pada tubuh kita. Salah satunya adalah membentuk sel darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi pun dapat menyembuhkan anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Zat besi dapat ditemukan dari makanan, buah-buahan, ataupun sayuran. Lantas, sayuran apa saja yang banyak mengandung zat besi? Silahkan kamu simak sebagai berikut.

Jenis-jenis Sayuran yang Mengandung Zat Besi

Ada banyak sayuran yang mengandung zat besi. Berikut ini adalah lima jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi tersebut.

1. Bayam

Salah satu sayuran yang mengandung zat besi adalah bayam. Tiap 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi. Tidak hanya zat besi, bayam juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Beberapa mineral yang terkandung dalam bayam yaitu, kalsium, asam folat, sodium, dan lainnya.

Bayam memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat dari mengonsumsi bayam adalah mencegah stres, menurunkan tekanan darah yang tinggi, mencegah anemia, dan menurunkan risiko kanker.

2. Brokoli

Brassica oleracea atau biasa yang disebut bayam merupakan sayuran yang kaya akan zat besi. Tiap 100 gram brokoli mengandung 0,7 mg zat besi. Cukup banyak dibandingkan sayuran lainnya.

Brokoli matang dan mentah tentunya memiliki nutrisi yang berbeda. Apabila kamu memasak brokoli terlalu lama, protein dalam brokoli dapat larut. Brokoli sendiri mengandung banyak nutrisi, antara lain:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Protein
  • Zat besi
  • Kalium
  • Serat

Beberapa manfaat dari brokoli adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan kulit, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan tentu masih banyak manfaat lainnya.

Tertarik membeli suplemen dan vitamin zat besi untuk memenuhi kebutuhan harianmu? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Kentang

Jenis sayuran yang ketiga adalah kentang. Kentang merupakan sayuran yang menjadi favorit masyarakat, terutama di Indonesia. Ada banyak manfaat dari kentang, yaitu:

  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mencegah kanker.
  • Mencegah tekanan dari tinggi.
  • Menjaga kelembapan kulit.
  • Baik untuk pencernaan.

Ternyata, tiap 100 gram kentang mengandung 0,8 gram zat besi. Selain itu, kentang juga banyak mengandung kalsium dan vitamin C. Kalsium sebanyak 12 mg dan vitamin C sebanyak 19,7 mg.

4. Kangkung

Kangkung dapat kita temukan hampir dimana saja. Biasanya, kangkung banyak dijual di pasar. Kangkung adalah jenis tumbuhan dan termasuk sayuran.

Tiap 100 gram kangkung mengandung 1,7 mg zat besi. Selain itu, kangkung juga memiliki banyak manfaat, seperti mencegah kanker, mencegah radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menyehatkan jantung.

5. Swiss Chard

Swiss chard merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan kale dan bayam. Swiss chard sendiri memiliki bentuk yang menarik dan unik, yaitu daunnya yang berwarna hijau mengkilap serta tangkainya yang berwarna-warni.

Pada 100 gram swiss chard mengandung 1,8 mg zat besi. Kandungan zat besi pada swiss chard dapat mencegah penyakit anemia. Selain itu, swiss chard juga dapat menjaga rambut agar tetap sehat, menjaga kesehatan tulang, dan mengatur kadar gula darah.

Nah, itulah lima jenis sayuran yang mengandung zat besi. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak jenis sayuran lainnya lainnya. Akan tetapi, apabila kelebihan zat besi dapat mengakibatkan gagal jantung bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan zat besi. Penuhi kebutuhan zat besi harian kamu dengan selalu mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi. Cek produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Zat Besi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *