• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayuran yang Mengandung Vitamin K

Inilah Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin K Cukup Tinggi

Sayuran yang Mengandung Vitamin K – Tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya, vitamin K juga memiliki peran penting untuk tubuh. Salah satu contoh manfaat adanya vitamin K adalah ikut berkontribusi dalam pembekuan darah, pemulihan luka, kesehatan tulang, dan juga kesehatan jantung. Untuk bisa mendapatkan sumber vitamin K juga tidaklah sulit, karena kamu bisa menemukannya di pasar-pasar atau swalayan terdekat.

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin K

Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan vitamin K sebanyak 1 mikrogram setiap harinya. Salah satu sumber untuk mendapatkan vitamin K adalah sayuran. Beberapa jenis sayuran itu adalah sebagai berikut.

1. Bayam

Jenis sayuran yang pertama adalah bayam. Kadar vitamin K di dalam bayam cukup mengesankan. Sebab, di dalam 28 gram sayur bayam, terdapat vitamin K sebanyak 139,9 mcg. Jumlah tersebut bahkan dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 117%.

Di dalam bayam juga terdapat kandungan lainnya seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan juga zeaxanthin. Selain itu, bayam pun mampu mengurangi stres oksidatif, sehingga dapat meningkatkan kesehatan mata, mengatur tekanan darah, dan juga melawan kanker.

Official Store Pyfa Health

2. Kale

Apakah kamu tahu sayuran kale? Jenis sayuran yang satu ini bahkan sudah populer untuk program diet. Di dalam 28 gram sayur kale terdapat vitamin K sebanyak 118,6 mcg. Jumlah itu bahkan dapat memenuhi kebutuhan tubuh hingga mencapai 99%.

Untuk jenis vitamin K yang ada dalam kale adalah K1. Hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan juga osteoporosis. Di dalam kale juga terdapat antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat menguntungkan tubuh kita.

3. Daun bit

Secara umum, masyarakat hanya mengonsumsi umbi yang merupakan bagian akar tanaman bit. Padahal, tidak hanya bagian akarnya saja yang bermanfaat, tetapi bagian daunnya juga. Di dalam daun bit ini terkandung vitamin K yang cukup banyak.

Untuk ukuran daun bit yang sebanyak 28 gram dan sudah dimasak, jumlah vitamin K di dalamnya terdapat 137,2 mcg. Hal tersebut sudah memenuhi kebutuhan tubuh hingga mencapai 114%.

4. Brokoli

Brokoli juga termasuk ke dalam jenis sayuran yang mengandung vitamin K. Untuk brokoli sebanyak 28 gram, dapat memenuhi kebutuhan tubuh hingga 33%. Jumlah vitamin K yang ada di dalam brokoli sendiri mencapai 40 mcg.

Selain vitamin K. Di dalam brokoli juga terkandung banyak vitamin dan juga mineral lainnya. Brokoli juga sangat rendah dengan karbohidrat, sehingga dapat dicerna namun memberikan banyak serat.

5. Kubis

Kubis juga menawarkan vitamin K dan masih memiliki saudara dengan brokoli. Di dalam 28 gram kubis yang sudah dimasak terkandung vitamin K dengan kadar mencapai 30,8 mcg. Jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan hingga mencapai 26%.

6. Daun peterseli

Untuk kamu yang belum tahu, daun peterseli merupakan jenis daun yang khas dari Mediteranian. Untuk bisa mengonsumsi daun peterseli ini, bisa dikonsumsi dengan cara taburan atau juga bisa lalapan. Di dalam daun perteli terdapat banyak vitamin seperti A, B12, C, dan juga K.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari daun perteli ini adalah mengendalikan tekanan darah dan juga memiliki kandungan asam folat. Selain itu, daun perteli juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan hingga bisa menghambat pertumbuhan tumor.

7. Pakcoy

Terakhir adalah sayuran pakcoy. Sayuran yang mirip dengan sawi ini mengandung vitamin K sebanyak 9,6 mcg. Jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan tubuh hingga 8%.

Demikianlah daftar sayuran yang mengandung vitamin K. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *