• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayuran yang Mempunyai Manfaat untuk Mencegah dan Mengurangi Anemia Adalah

8 Sayuran yang Mempunyai Manfaat untuk Mencegah dan Mengurangi Anemia

Sayuran yang Mempunyai Manfaat untuk Mencegah dan Mengurangi Anemia Adalah? – Anemia merupakan gangguan penyakit yang membuat penderitanya mengalami sakit kepala dan disertai badan yang terasa lemas. Anemia terjadi karena kadar hemoglobin yang rendah, sehingga pasokan oksigen ke otak kurang tercukupi. Itulah alasan mengapa para penderita anemia kerap mengalami rasa pusing di kepala.

Sebenarnya, anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah darah. Nah, salah satunya bisa kamu dapatkan dari jenis sayur-sayuran tertentu. Berikut beberapa sayuran yang mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengurangi anemia.

Sayuran yang Mempunyai Manfaat untuk Mencegah dan Mengurangi Anemia

Apa saja jenis sayuran yang mempunyai manfaat untuk mencegah dan mengurangi anemia? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber penambah darah alami. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening bersama sayuran lainnya. Siapa sangka, dalam 100 gram bayam terdapat 2,7 miligram zat besi. Jika kamu rutin mengonsumsi sayuran ini, maka kebutuhan produksi sel darah merah kamu akan tetap tercukupi. Selain itu, bayam juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk membantu menyerap zat besi dalam tubuh lebih maksimal. Dalam setiap 100 gram bayam, setidaknya berisi kandungan zat besi 1,1 lebih banyak dibanding daging merah.

Official Store Pyfa Health

2. Kale

Meskipun tidak mengandung zat besi sebanyak bayam, namun kale tidak bisa dianggap remeh. Dalam setiap 100 gram kale rebus, tubuh bisa mendapat suplai zat besi hingga 1 miligram. Kandungan tersebut bisa membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah merah. Maka tak heran, sayuran ini baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengurangi gangguan anemia. Tak hanya zat besi, kale juga mengandung vitamin A yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah lebih maksimal.

3. Collard

Masih dari keluarga sayuran hijau, collard merupakan salah satu sayuran yang mengandung 2,2 miligram zat besi. kandungan vitamin lain dalam collad, seperti vitamin C, juga efektif membantu proses penyerapan zat besi untuk tubuh. Tak heran, sayuran ini menjadi salah satu alternatif sumber pangan alami yang baik untuk mencegah dan mengurangi anemia.

4. Kentang

Siapa sangka, kentang juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi gangguan anemia. Meski lebih dikenal sebagai pengganti atau alternatif beras sebagai sumber karbohidrat, namun sayuran ini juga berperan penting sebagai penambah darah alami. Dalam setiap 295 gramnya, kentang mengandung 3,2 miligram zat besi. Kelebihan lain umbi ini yaitu bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C kamu hingga 46 persen. Dalam kasus ini, vitamin C berperan dalam membantu tubuh menyerap zat besi lebih optimal.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

5. Jamur

Meski tak termasuk golongan sayuran, namun jamur juga memiliki manfaat yang sama. Beberapa jenis jamur memang dikenal akan kandungan zat besinya yang tinggi, contohnya jamur putih dan jamur tiram. Dalam secangkir jamur putih, tubuh akan mendapat 2,7 miligram zat besi. Sedangkan untuk jamur tiram, tubuh bisa mendapat dua kali lipatnya.

6. Wortel

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia. Selain zat besi, peran vitamin A didalamnya juta berfungsi untuk membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi setengah cangkir wortel, maka tubuh bisa mendapat 459 mikrogram vitamin A. Nilai ini setara dengan 184 persen kebutuhan vitamin A harian yang dianjurkan.

7. Ubi jalar

Tembaga merupakan salah satu nutrisi yang bisa meningkatkan sel darah merah dan zat besi dalam tubuh. Setiap 100 gramnya, tubuh bisa mendapat 0,3 miligram kandungan tembaga. Sedangkan untuk zat besinya, nilainya setara dengan 2,1 miligram.

8. Paprika merah

Paprika merah merupakan salah satu sayuran dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan tersebut memang masih dalam bentuk beta karoten. Tetapi ketika masuk ke dalam tubuh, maka senyawa itu akan dikonversi menjadi vitamin A. Peran vitamin A di sini yaitu untuk membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh

Mengonsumsi beberapa jenis sayuran di atas secara rutin, memang baik untuk mencegah dan mengurangi anemia. Namun, hal itu tentu tidak cukup. Kamu juga dianjurkan untuk rutin berolahraga secara teratur. Saat berolahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen, sehingga hal itu akan memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin Zat Besi untuk Mencegah Anemia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *