• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Sayuran untuk Ibu Hamil

6 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Sayuran untuk Ibu Hamil – Ketika hamil, ibu harus banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Sayuran menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Sayuran dapat menjadi sumber nutrisi untuk ibu hamil serta janin yang dikandung.

Tapi, apa saja jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Nah, berikut ini adalah enam jenis sayuran yang baik untuk penuhi nutrisi ibu hamil dan si kecil.

Sayuran untuk Ibu Hamil

Sedang bingung mencari sayuran apa saja yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini adalah enam jenis sayuran untuk ibu hamil yang wajib dicoba.

1. Brokoli

Sayuran yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah brokoli. Sayur yang memiliki warna hijau oekat ini mempunyai kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat. Kandungan nutrisi dalam brokoli juga membantu melindungi tubuh dari kanker.

Jika ingin mongonsumsinya, pastikan untuk tetap menjaga nutrisinya, dengan cara memotong brokoli kecil-kecil, lalu diamkan selama 5 menit dalam air yang diberi sedikit garam, untuk mematikan kuman atau hewan jika ada di dalamnya. Setelah itu, masaklah brokoli sebentar saja agar nutrisinya tetap aman.

2. Paprika

Bagi ibu hamil, makanan pedas seperti cabai tentu harus dihindari. Nah, paprika bisa menggantikan cabai dalam bumbu masakan. Kandungan vitamin C dalam paprika juga sangat melimpah, lho. Bahkan, kandungan vitamin c dalam paprika lebih tinggi daripada buah jeruk.

Fungsi vitamin C sangatlah banyak salah satunya dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Untuk menghindari rasa pedas yang mungkin muncul, Kamu bisa membuang biji paprika saat hendak memasaknya.

3. Bit

Bit merupakan sayuran yang juga baik untuk ibu hamil karena Kaya akan nutrisi. Bahkan bit disebut-sebut sebagai superfood dan menjadi sayuran yang paling bernutrisi di dunia. Tidak heran, karena bit kandungan nutrisi di dalamnya dapat memurnikan darah selama masa kehamilan. Selain vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi, bit juga akan menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Buncis

Sayuran buncis juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil, lho. Buncis mengandung vitamin K, protein, dan juga serat yang cukup tinggi. Manfaat lainnya, ibu hamil jadi dapat terbebas dari risiko konstipasi dan sakit kepala yang mungkin menyerang. Buncis juga akan menjaga kesehatan tulang juga jika dikonsumsi.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil.

5. Tomat

Tomat merupakan sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk kecantikan kulit . Bagi seorang ibu hamil, manfaat vitamin C dan zat besi yang tinggi dalam tomat juga dapat mencegah kerusakan sel selama kehamilan. Jadi, selalu sediakan tomat di dalam kulkas dan masukan sayuran satu ini ke dalam menu harianmu, ya.

6. Wortel

Sayuran yang baik untuk ibu hamil yang terakhir adalah wortel. Sayuran dengan warna oranye terang ini mengandung banyak betakaroten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Kandungan antioksidan alami yang tinggi juga sangat diperlukan ibu hamil untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya itu saja, wortel juga mengandung kalsium bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi bayi. Dengan mengonsumsi wortel, sistem imun ibu juga lebih kuat selama kehamilan. Rutin mengonsumsi wortel juga akan menurunkan risiko bayi kuning juga, serta meningkatkan kualitas ASI saat menyusui.

Baca Juga: Penyebab Anemia pada Ibu Hamil dan Gejalanya.

Itulah tadi enam jenis sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Jadi, selalu penuhi nutrisi ibu dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang juga berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan si kecil di dalam perut, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *