• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayuran Penurun Kolesterol

7 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Sayuran Penurun Kolesterol – Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan zat kolesterol untuk tubuh. Contohnya seperti pembentuk sel, pembentuk hormon, pelindung tubuh dari berbagai penyakit, hingga pembentukan empedu. Akan tetapi, jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol terlalu banyak, maka hal itu malah menimbulkan penyakit.

Jenis-jenis Sayuran Penurun Kolesterol

Jenis kolesterol yang membahayakan tubuh adalah kolesterol jahat atau LDL. Hal ini dikarenakan saat LDL di dalam tubuh sangat tinggi, maka bisa menyebabkan lemak berkumpul di pembuluh darah. Akibatnya, terjadi penyumbatan dan menyebabkan banyak penyakit seperti serangan jantung hingga stroke.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, bisa dengan cara mengonsumsi sayuran. Di dalam sayuran merupakan sumber serat yang sangat baik dan juga rendah kalori. Beberapa jenis sayuran yang dapat menurunkan kolesterol adalah sebagai berikut.

1. Wortel

Sayuran pertama di daftar ini adalah wortel. Di dalam wortel terkandung serat yang dapat memperbaiki penyerapan kolesterol. Dengan begitu, kadar kolesterol di dalam darah bisa diturunkan dengan cepat. Bahkan dari beberapa studi yang dilakukan, wortel terbukti bisa menurunkan kolesterol.

Official Store Pyfa Health

Baca Juga: Kandungan Kolesterol dan Kalori yang Cukup Tinggi Dapat Menyebabkan Apa Saja?

2. Kacang polong

Beberapa peneliti melakukan kajian ilmiah mengenai hubungan kacang polong dengan penurunan kadar kolesterol. Di dalam penelitian tersebut dilakukan oleh lebih kurang 1.000 responden. Hasil dari kajian tersebut menunjukkan bahwa kacang polong bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 5%.

Pada kacang polong terkandung serat dan juga rendah lemak. Dengan adanya hasil penelitian tadi, maka kita bisa mengonsumsinya tanpa khawatir kolesterol naik. Namun, perlu diperhatikan kembali bahwa kita tidak boleh mengonsumsi apapun secara berlebihan.

3. Kentang

Mungkin kamu sudah tahu bahwa kentang merupakan jenis makanan yang dapat menggantikan nasi. Hal itu dikarenakan kentang memiliki kandungan serat laut. Tahukah kamu bahwa serat laut itu bisa membantu tubuh kita dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh?

Di dalam satu kentang yang ukurannya sedang memiliki kandungan serat laut sebanyak 5 gram. Untuk bisa mendapatkan khasiat yang lebih banyak, sebaiknya makanlah kentang beserta dengan kulitnya. Untuk itu, kentang rebus merupakan jenis makanan dari kentang yang pas agar kolesterol menurun.

4. Lobak

Lobak adalah jenis sayuran yang juga bisa menurunkan kolesterol. Makanan yang sering ditemukan pada soto ini memiliki 3 gram serat dalam setengah cangkir porsinya. Jika kamu memakan lobak dalam satu cangkir saja, maka jumlah tersebut bisa menurunkan kolesterol. Bahkan, tidak hanya itu saja, lobak juga berkhasiat untuk menghindari kita dari penyakit gula darah hingga tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

5. Kacang panjang

Di dalam kacang panjang terdapat banyak serat. Untuk 150 gram kacang panjang, terkandung serat sebanyak 2,6 gram. Jumlah tersebut terbilang cukup banyak untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ditambah lagi, di dalam kacang panjang terkandung kalori dan juga rendah lemak. Kamu bisa mengonsumsi kacang panjang yang sudah direbus atau dicampur dalam masakan lainnya.

6. Terong

Pada terong yang sudah dibuat jus atau sekitar 10 mililiter terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan juga trigliserida. Sedangkan untuk satu cangkir terong yang beratnya 94 gram terkandung serat sebanyak 2,4 gram. Dengan jumlah tersebut, terong masuk ke dalam sayuran yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.

7. Bayam

Sayuran yang terakhir adalah bayam. Jenis sayuran berdaun hijau ini juga terdapat serat yang sangat banyak. Untuk satu cangkir bayam, terkandung 6 gram serat sehingga sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal pada Wanita?

Demikianlah tujuh jenis sayuran yang pas untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat dan jagalah kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menurunkan Kolesterol

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *