• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayur yang Bagus untuk Diet

5 Sayur yang Bagus untuk Diet, Apa Saja?

Sayur yang Bagus untuk Diet – Salah satu cara dalam keberhasilan program diet adalah makanan. Sebab, olahraga saja tidak cukup untuk bisa menurunkan berat badan. Mematuhi pola makan juga berpengaruh terhadap program diet seseorang.

Jenis makanan yang selalu disarankan untuk program diet adalah sayur-sayuran. Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, sayuran juga sangat kaya dengan serat sehingga sistem pencernaan lebih terjaga. Pada dasarnya, seseorang yang melakukan program diet disarankan perbanyak makan buah dan sayur-sayuran.

Jenis Sayur yang Bagus untuk Diet

Seperti apa sayuran yang tepat untuk program diet? Beberapa contohnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Brokoli

Brokoli memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk bisa menurunkan berat badan. Contohnya seperti mikro, antioksidan, vitamin C, vitamin A karoten, dan juga vitamin K, hingga kandungan serat yang sangat tinggi. Khusus untuk serat tinggi, bisa memberikan rasa kenyang pada perut. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah lapar.

Official Store Pyfa Health

Sebaiknya kamu mengonsumsi brokoli setiap hari dan diolah setengah matang. Hal tersebut dilakukan agar kandungan sehat di dalam brokoli tidak hilang. Apalagi, kamu bisa membuat makanan dengan bahan dari brokoli. Contohnya saja tumisan, sup, jus, dan sebagainya. Brokoli juga sangat baik untuk melawan penyakit seperti kanker perut dan juga paru-paru.

2. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang memiliki zat besi tinggi. Selain itu, di dalam sayur bayam terkandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan juga antioksidan. Jenis vitamin yang ada di dalam bayam adalah vitamin A dan K yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan darah.

Sayur bayam bisa digunakan untuk diet dan juga menambah darah. Oleh karena itu, untuk kamu yang juga menderita anemia sangat cocok mengonsumsi sayur bayam. Cara pengolahannya bisa melalui tumisan atau dibuat sayur bening.

3. Kembang kol

Tidak jauh berbeda dengan brokoli sebelumnya, kembang kol bisa digunakan sebagai sayur untuk diet. Di dalam kembang kol memiliki phytonutrient sulforaphane yang sangat membantu untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, masih ada nutrisi lainnya pada kembang kol seperti asam folat hingga vitamin C. Kedua unsur tersebut sangat pas untuk orang yang sedang diet.

4. Selada

Pada dasarnya, selada merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori dan juga karbohidrat. Hal tersebut sangat pas sebagai sayuran untuk melakukan diet. Jenis sayuran yang sering disajikan secara mentah ini memiliki kandungan penting seperti zat besi, vitamin B, serat, kalium, kalsium, dan juga folat. Selada juga dikenal memiliki rendah kalori sehingga bisa dijadikan makanan untuk program diet.

5. Labu

Labu adalah jenis sayuran yang rendah kalori namun memiliki serat tinggi. Labu juga sangat pas untuk menu diet karena bisa membuat rasa kenyang cukup lama. Untuk penyajiannya, kamu bisa membuat labu menjadi jus, sayuran bening, atau dijadikan salad.

Baca Juga: 9 Jus Buah untuk Diet yang Dipercaya Ampuh Menurunkan Berat Badan.

Jumlah Takaran Sayur yang Tepat untuk Diet

Meskipun sayuran yang disebutkan di atas program diet, namun bukan berarti kamu mengonsumsinya dengan porsi besar. Pada dasarnya, tidak ada jumlah pasti ketika berhubungan dengan menurunkan berat badan. Takaran yang disebut tepat itu adalah saat sayuran tersebut bisa memberikan cukup energi. Dengan begitu, saat ada tanda tubuh merasa cukup, maka tidak perlu mengonsumsi lagi.

Karena kamu menjalani program diet, maka harus mengonsumsi sedikit kalori tanpa harus melupakan berbagai kebutuhan tubuh lainnya seperti lemak dan karbohidrat. Hal itu juga berlaku untuk makanan sayuran. Sebaiknya, kamu gunakan kalkulator khusus seperti weight loss agar bisa memantau berapa kalori yang dibutuhkan setiap harinya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Menu Diet Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba.

Demikianlah lima jenis sayur yang bagus untuk diet. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Vitamin C

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *