• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayur untuk Penderita Asam Lambung

Penting Diketahui, Inilah 5 Sayur untuk Penderita Asam Lambung

Sayur untuk Penderita Asam Lambung – Pada seseorang yang menderita asam lambung, terkadang sangat sulit memilih makanan yang tepat. Jika sampai salah mengonsumsinya, maka bisa menyebabkan asam lambung naik. Bahkan, bisa jadi lebih parah dari sekadar asam lambung naik.

Untuk kamu yang belum tahu, penyakit asam lambung atau nama ilmiahnya adalah gastroesophageal reflux disease (gerd) merupakan sebuah gangguan kesehatan pada bagian lambung. Penyakit ini menimbulkan sakit di bagian ulu hati, lalu terjadi sensasi panas atau perih di bagian dada hingga kerongkongan. Hal itulah yang membuat penderitanya sulit menelan makanan.

Jenis Sayur untuk Penderita Asam Lambung

Mungkin kamu sudah tahu jika penderita asam lambung dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung pedas dan asam. Meskipun begitu, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi seperti sayuran. Nah, kira-kira sayuran apa saja yang cocok untuk penderita asam lambung? Berikut ulasannya.

1. Brokoli

Di dalam brokoli terdapat zat kimia yang bernama sulforaphane. Zat tersebut dikenal memiliki efek antibakteri. Sulforaphane bisa mengalahkan bakteri bernama H. pylori yang menyebabkan penyakit maag. Di dalam brokoli juga terkandung zat-zat antikanker sehingga bisa menghindarkan penderita asam lambung terkena kanker lambung.

Official Store Pyfa Health

Baca Juga: 6 Buah untuk Meredakan Sakit Maag yang Bisa Kamu Coba.

2. Asparagus

Jenis sayuran yang kedua adalah asparagus. Bisa dikatakan, asparagus merupakan sebuah sayuran yang rendah lemak dan juga gula. Dengan mengonsumsi asparagus, maka bisa menekan atau mengurangi asam lambung agar tidak kambuh lagi. Jenis sayuran hijau ini juga bisa menyehatkan sistem pencernaan.

3. Kentang

Kentang merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, kentang mempunyai sifat basa dan juga antiinflamasi. Dengan begitu, kentang bisa membantu mengurangi rasa sakit di lambung dan juga usus dua belas jari. Hal tersebut juga bisa mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

4. Mentimun

Mentimun atau beberapa orang juga menyebutnya sebagai ketimun ini adalah jenis sayur yang cukup digemari. Saat kamu mengonsumsi mentimun, maka bisa meredakan panas di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, mentimun juga bisa memiliki zat untuk meredakan sakit yang diakibatkan asam lambung naik. Kamu mengolah mentimun ini dalam masakan atau bisa dimakan secara langsung.

5. Kacang hijau

Terakhir adalah kacang hijau. Jenis kacang-kacangan ini dapat menebalkan lapisan lambung sehingga bisa menyembuhkan penyakit maag. Kandungan di dalam kacang hijau juga dapat menetralkan asam lambung agar tidak berlebihan. Kamu bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau agar asam lambung dapat menurun dengan cepat.

Baca Juga: Apakah Buah Pir untuk Asam Lambung Aman Dikonsumsi? Simak Berikut Ini.

Pantangan untuk Penderita Asam Lambung

Meskipun kamu sudah mengonsumsi sayuran tadi, namun ada beberapa pantangan untuk penderita asam lambung. Hal ini dilakukan agar asam lambung tidak naik lagi dan lambung pun bisa terjaga. Beberapa larangan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tidak makan atau mengurangi konsumsi cokelat.
  • Tidak minum-minuman bersoda dan alkohol.
  • Tidak mengonsumsi makanan bersantan dan juga digoreng.
  • Kurangi minum susu yang memiliki lemak tinggi.
  • Tidak mengonsumsi daging dengan lemak tinggi.
  • Kurangi atau tidak makanan dan minum produk kafein.
  • Kurangi atau tidak mengonsumsi tomat.
  • Tidak makan jenis buah citrus (jeruk, lemon, dan jeruk nipis).
  • Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung bawang bombay.
  • Jangan menggunakan pakaian ketat, khususnya pada bagian perut.
  • Tidak merokok atau kurangi merokok.
  • Saat tidur, sebaiknya posisi kepala dan dada jauh lebih tinggi.

Demikian beberapa poin penting mengenai lima jenis sayur untuk penderita asam lambung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan selalu jagalah kesehatan lambung kamu, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *