• shopee-bigramadhansale-1920x745
Sayur untuk Diabetes

8 Jenis Sayur untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Sayur untuk Diabetes – Seseorang yang terkena penyakit diabetes harus mengontrol makanan yang dikonsumsinya. Seperti yang kita tahu bahwa diabetes merupakan suatu penyakit di dalam tubuh dikarenakan gula darah naik. Oleh sebab itu, faktor diabetes ini sangat berkaitan dengan makanan.

Umumnya, para penderita diabetes harus mengonsumsi sayuran. Sebab, untuk menurunkan kadar gula darah, diperlukan asupan makanan yang mengandung serat, protein, dan berbagai nutrisi lainnya. Sayuran sendiri merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh.

Kriteria Sayuran untuk Penderita Diabetes

Nah, ternyata tidak semua sayuran cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Ada beberapa kriteria sayuran yang cocok untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut.

  • Memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah: Artinya, makanan yang dikonsumsi tidak boleh meningkatkan kadar gula darah dan juga insulin.
  • Terkandung nitrat: Sebab, senyawa nitrat bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Terkandung protein: Sebab, dengan adanya protein, maka penderita diabetes bisa kenyang lebih lama.
  • Memiliki serat: Sebab, kandungan serat bisa mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan juga memelihara berat badan.

Baca Juga: 9 Jus Buah untuk Diet yang Dipercaya Ampuh Menurunkan Berat Badan.

Official Store Pyfa Health

Sayuran untuk Diabetes

Jenis-jenis sayuran untuk penderita diabetes yang memenuhi persyaratan di atas adalah sebagai berikut.

1. Wortel

Wortel memiliki serat yang cukup banyak. Dengan begitu, penderita diabetes akan merasakan kenyang yang lebih lama. Hal ini sangat membantu dalam pencegahan makan berlebihan. Dengan begitu, gula darah pun akan terjaga.

2. Brokoli

Tidak jauh berbeda dengan wortel, brokoli juga memiliki kandungan serat tinggi. Bahkan, jenis serat yang terkandung pada brokoli bertindak sebagai prebiotik. Artinya, zat tersebut bisa menjaga kadar gula darah dan juga metabolisme kolesterol dalam tubuh.

3. Bayam

Untuk penderita diabetes, kadar gula darah tinggi yang sudah bertahun-tahun bisa merusak pembuluh darah sampai menyebabkan penyumbatan. Ketika mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi, maka sirkulasi darah bisa menjadi lancar kembali.

Pada bayam juga terkandung zat besi yang cukup tinggi. Hal tersebut sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Ditambah lagi, di dalam bayam juga terkandung banyak nutrisi dan juga sangat rendah kalori.

4. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang mengandung likopen. Untuk kamu yang belum tahu, likopen adalah senyawa antioksidan yang dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kanker. Tomat juga dapat menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Maka dari itu, toat cukup sering disarankan untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran yang Mengandung Zat Besi, Apa Saja?

5. Kubis

Bisa dikatakan, kubis juga adalah jenis sayuran yang memiliki banyak serat. Dengan adanya serat tersebut, maka bisa menjaga kestabilan darah di dalam tubuh. Sebelum memasak kubis, sebaiknya pastikan dulu daunnya tidak terinfeksi dan juga dicuci bersih. Kamu bisa konsumsi kubis dalam bentuk semur ataupun dijadikan salad.

6. Mentimun

Mentimun tidak hanya dikenal dengan sayuran yang mengandung banyak air. Akan tetapi juga bisa membantu para penderita diabetes. Selain bisa menurunkan dan juga menjaga kestabilan gula darah, mentimun juga bisa membuat kita merasakan kenyang. Dengan begitu, gula darah tidak akan mudah naik.

7. Jamur

Berdasarkan penelitian, para ahli dapat melihat bahwa mengonsumsi jamur bisa menjadi sayuran untuk penderita diabetes. Di dalam jamur terdapat cukup banyak nutrisi sehingga bisa menyehatkan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi jamur dengan cara tumisan atau dibuat dalam sayur.

8. Kacang

Jenis sayur untuk diabetes yabg terakhir adalah kacang. Di dalam jenis kacang-kacangan terdapat sumber protein nabati sehingga dapat membuat kita kenyang tanpa mengurangi asupan karbohidrat. Kacang juga termasuk rendah di dalam skala indeks glikemik sehingga sangat cocok untuk makanan pengatur gula darah.

Baca Juga: Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu.

Demikianlah delapan jenis sayur untuk diabetes yang pas dan aman dikonsumsi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Penderita Diabetes

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *