• shopee-bigramadhansale-1920x745

Vitamin K

Vitamin K – Vitamin K adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan proses pembekuan darah. Pada dasarnya, vitamin yang satu ini terdapat pada makanan dan juga suplemen. Di dalam artikel ini akan membahas mengenai jenis makanan, manfaat, serta akibat ketika kekurangan vitamin K secara lengkap.

Makanan yang Mengandung Vitamin K

Makanan yang Mengandung Vitamin K

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga kesehatan tulang, bisa didapatkan jika kebutuhan vitamin yang satu ini sudah terpenuhi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin K adalah sebagai berikut.

1. Sayuran hijau

Salah satu makanan yang mengandung vitamin K adalah sayuran hijau. Secara khusus, bayam adalah jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin yang satu ini. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam satu cangkir bayam terdapat kandungan vitamin K sebanyak 145 mg. Pada dasarnya, masih banyak sayuran lainnya yang mengandung vitamin yang satu ini meskipun tidak sebanyak bayam. Contohnya adalah seperti brokoli, kubis, buncis, dan lobak hijau.

2. Minyak nabati

Minyak nabati merupakan minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Minyak yang satu ini juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab, minyak nabati mengandung vitamin K yang cukup banyak. Selain itu, di dalam minyak nabati memiliki kadar kolesterol yang sangat rendah. Jika kamu menggunakan satu sendok makan minyak nabati ini, maka sudah mendapatkan vitamin K sebanyak 10 mg. Jenis minyak nabati yang mengandung vitamin ini adalah minyak zaitun dan kedelai.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak vitamin K. Salah satu jenis kacang yang kaya akan vitamin ini adalah kacang mete. Di dalam 30 gram kacang mete, terdapat 10 mg vitamin K. Selain itu, di dalam kacang mete terdapat nutrisi lainnya seperti protein, kalsium, magnesium, folat, dan juga serat. Jenis kacang lainnya yang mengandung vitamin K antara lain, kacang hijau, kacang polong, dan juga kacang merah.

4. Produk hewani

Vitamin K juga terdapat pada produk-produk hewani. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak sayuran, namun bisa menjadi alternatif berikutnya untuk kamu. Beberapa produk hewani yang memiliki kandungan vitamin K antara lain seperti keju, daging, jeroan, telur, susu, dan berbagai makanan laut (ikan dan udang).

Apa Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh?

Apa Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh

Vitamin K sendiri merupakan sebuah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, dan juga E. Jika dilihat dari sumbernya, vitamin K terbagi ke dalam dua jenis. Pertama adalah vitamin K1 atau phylloquinone dan juga vitamin K2 atau menaquinone. Dari jenis-jenisnya tersebut, kita bisa mengetahui berbagai manfaat vitamin K bagi tubuh sebagai berikut.

1. Memulihkan luka dan mempercepat pembekuan darah

Manfaat vitamin K bagi tubuh yang pertama adalah membentuk protrombin yang merupakan salah satu protein penting dalam pembekuan darah. Jika vitamin K berkurang di dalam tubuh, maka protein tersebut tidak akan terbentuk. Saat seseorang kekurangan protrombin, maka tubuh bisa memar dengan mudah meskipun ringan. Bahkan, pendarahan hebat bisa terjadi meskipun luka kecil karena darah sukar membeku.

2. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Perlu kamu ketahui bahwa tekanan darah yang tinggi bisa terjadi karena adanya endapan mineral pada pembuluh darah. Endapan mineral itulah yang membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Akibatnya, volume darah yang mengalir pun tersendat di sekitar pembuluh darah.

Dengan adanya vitamin K, maka bisa mencegah terjadinya endapan tersebut di sekitar pembuluh darah. Jika endapan mineral terus menempel, maka bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan juga stroke.

3. Dapat menjaga kekuatan tulang

Mungkin kamu mengira bahwa nutrisi untuk tulang hanyalah kalsium saja. Padahal, masih ada nutrisi lainnya yang memberi asupan pada tulang. Salah satunya adalah vitamin K. Hal ini berkaitan dengan studi yang menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin ini berhubungan dengan penurunan kepadatan tulang.

Di dalam vitamin K dapat membentuk sebuah protein yang bernama osteokalsin. Pada saat proses pengerasan tulang terjadi, maka osteokalsin sangat berkaitan dengan ion kalsium serta mineral lainnya. Ketika vitamin ini berkurang, maka tubuh tidak bisa membentuk osteokalsin. Di sinilah kepadatan tulang bisa sangat menurun.

4. Dapat menjaga fungsi kognitif di otak

Ada banyak fungsi kognitif yang berperan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti daya berpikir, belajar, mengingat, mengambil keputusan, logika, hingga konsentrasi. Pada saat seseorang sudah berusia lanjut, maka kemampuan tersebut akan menurun. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin K, maka bisa menghambat penurunan fungsi kognitif tersebut. Hal ini juga telah diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013.

5. Dapat mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi asupan yang kaya akan vitamin K bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Hal ini juga berdasarkan penelitian di Jepang bahwa menatetrenone yang merupakan bentuk vitamin K2 dapat menghambat kemunculan sel kanker hati. Vitamin tersebut juga berpotensi menambah angka harapan hidup pasien saat perawatan berlangsung.

Memang, manfaat vitamin K untuk mengurangi risiko kanker sangat menjanjikan. Namun, hal ini masih terus diteliti agar bisa mempunyai bukti kuat. Sebab, hingga sekarang belum ada bukti kuat tentang dapat mencegah kanker.

Buah yang Mengandung Vitamin K

Buah yang Mengandung Vitamin K

Sebelumnya, kita belum membahas mengenai berbagai buah yang mengandung vitamin K. Hal tersebut akan kita ulas dalam pembahasan kali ini. Berbagai jenis buah yang mengandung vitamin ini antara lain sebagai berikut.

  • Kiwi.
  • Prune (plum).
  • Alpukat.
  • Blackberry.
  • Blueberry.
  • Delima.
  • Buah ara.
  • Tomat.
  • Anggur.
  • Redcurrant.

Kamu bisa mendapatkan buah-buahan tersebut di pasar atau bahkan supermarket terdekat.

Akibat Kekurangan Vitamin K

Akibat Kekurangan Vitamin K

Karena vitamin K memberikan banyak peran penting pada tubuh, maka ketika kita kekurangan vitamin yang satu ini akan banyak sekali akibat yang ditimbulkan. Beberapa masalah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kekurangan vitamin K mengakibatkan munculnya memar di beberapa tubuh

Ketika seseorang kekurangan vitamin K, maka akan sering muncul memar berwarna biru di sekitar tubuh. Memar tersebut adalah suatu pendarahan di bawah kulit. Orang yang kekurangan vitamin ini akan sulit menghilangkan memar tersebut.

2. Darah yang sulit membeku

Ciri yang paling mudah saat seseorang kekurangan vitamin K adalah pendarahan terus menerus. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawanya sendiri. Saat kondisi ini terjadi harus segera dibawa ke gawat darurat.

3. Kekurangan vitamin K juga bisa menyebabkan radang sendi

Radang sendi juga merupakan salah satu contoh karena seseorang kekurangan vitamin K. Ketika kondisi ini dibiarkan, maka penderitanya bisa mengalami osteoarthritis atau pengapuran tulang.

4. Terdapat perdarahan pada urine maupun feses

Saat buang air kecil maupun besar ternyata ada darah, maka hal tersebut bisa jadi tanda kekurangan vitamin K. Kondisi seperti ini hampir mirip dengan poin pertama, hanya saja kali ini mengarah pada bagian saluran pencernaan.

5. Tulang terasa lemah

Poin terakhir adalah mulai kehilangan kekuatan tulang alias lemas. Perlu diketahui, jika vitamin K sangat berpengaruh pada kepadatan tulang. Maka dari itu, risiko patah tulang cukup besar pada seseorang yang kekurangan vitamin yang satu ini.

Demikianlah beberapa informasi mengenai vitamin K. Semoga artikel ini memberikan manfaat. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian, kamu bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan dari Pyfa Health.

Vitamin yang Bagus untuk Anak

6 Vitamin yang Bagus untuk Anak

Vitamin yang Bagus untuk Anak – Anak adalah usia di mana masa pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya bergerak dengan cepat. Secara fisik, akan terlihat perubahannya. Katakanlah tubuh yang tampak lebih tinggi seiring waktu. Untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti itu, tentunya diperlukan nutrisi yang beragam pada tubuh. Mulai dari mineral hingga vitamin. Berikut ini beberapa vitamin …

6 Vitamin yang Bagus untuk Anak Selengkapnya »

Fungsi Vitamin K

Fungsi Vitamin K dan Sumber Makanannya

Fungsi Vitamin K – Fungsi vitamin K sangatlah penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin K harian harus terpenuhi agar tidak terjadi defisiensi vitamin yang tentunya akan berdampak kurang baik bagi tubuh kita. Vitamin K adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan kita bisa memenuhi kebutuhan hariannya dengan mengonsumsi makanan yang …

Fungsi Vitamin K dan Sumber Makanannya Selengkapnya »

Vitamin K untuk Bayi

Inilah Manfaat Vitamin K untuk Bayi uang Baru Lahir

Vitamin K untuk Bayi – Saat bayi sudah lahir, perlu diperhatikan setiap gizi dan nutrisinya. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk bayi baru lahir adalah vitamin K. Bahkan, jika perlu, vitamin K sudah disuntikan pada bayi saat lahir. Pastinya kamu penasaran mengapa vitamin K begitu penting untuk bayi, bukan? Untuk penjelasannya, simak di bawah …

Inilah Manfaat Vitamin K untuk Bayi uang Baru Lahir Selengkapnya »

Sayuran yang Mengandung Vitamin K

Inilah Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin K Cukup Tinggi

Sayuran yang Mengandung Vitamin K – Tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya, vitamin K juga memiliki peran penting untuk tubuh. Salah satu contoh manfaat adanya vitamin K adalah ikut berkontribusi dalam pembekuan darah, pemulihan luka, kesehatan tulang, dan juga kesehatan jantung. Untuk bisa mendapatkan sumber vitamin K juga tidaklah sulit, karena kamu bisa menemukannya di …

Inilah Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin K Cukup Tinggi Selengkapnya »

Sumber Vitamin K

Inilah 8 Sumber Vitamin K yang Mudah Didapatkan

Sumber Vitamin K – Bisa dikatakan, vitamin K merupakan jenis vitamin yang cukup jarang dibahas. Padahal, vitamin yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tubuh. Peran vitamin K adalah dapat mencegah terjadinya pendarahan hebat saat kamu mengalami luka. Tidak hanya itu saja, kekurangan vitamin K juga dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis dan juga penyakit jantung. …

Inilah 8 Sumber Vitamin K yang Mudah Didapatkan Selengkapnya »