• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Vitamin E

Vitamin E – Tubuh membutuhkan asupan yang bergizi setiap harinya. Dengan begitu, kamu mempunyai tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Bisa dibilang, itu merupakan sumber bahan bakar tubuh.

Banyak jenis asupan atau nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin. Vitamin pun beragam jenisnya. Pembahasan kali ini akan mengulik tentang vitamin E, mulai dari manfaat, kegunaan, hingga efek sampingnya.

Vitamin E Adalah...

Vitamin E Adalah…

Vitamin E adalah sebuah jenis vitamin yang fungsinya bermacam-macam. Bisa untuk memelihara kesehatan kulit, mata, sel darah, dan otak, hingga mendukung kesuburan organ reproduksi. Meski manfaatnya beragam, nutrisi vitamin E dapat kamu temukan di makanan sehari-hari yang alami.

Pertama-tama, sebaiknya kamu tahu Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang sesuai untuk tubuhmu. Hal tersebut bisa dilihat dari kisaran usiamu, lho.

  • 0 sampai 6 bulan: 4 mg.
  • 7 sampai 12 bulan: 5 mg.
  • 1 sampai 3 tahun: 6 mg.
  • 4 sampai 8 tahun: 7 mg.
  • 9 sampai 13 tahun: 11 mg.
  • 14 sampai 18 tahun: 15 mg.
  • 18 tahun ke atas: 15 mg.
  • Ibu hamil: 15 mg.
  • Ibu menyusui: 19 mg.

Selanjutnya, konsumsi vitamin E sesuai kebutuhan kamu, ya.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dari makanan-makanan alami berikut ini.

1. Biji bunga matahari

Pada 1 ons biji bunga matahari, ada kandungan 10 mg vitamin E. Cukup besar hingga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan setiap harinya.

2. Almond

Kandungan vitamin E pada almond lebih sedikit dari biji bunga matahari. Hanya ada sekitar 7,3 mg vitamin E pada setiap 1 onsnya.

3. Buah sawo besar

Kalau kamu suka buah-buahan, kamu bisa mengonsumsi buah sawo besar. Dalam setengah bagiannya, terdapat 5,9 mg vitamin E.

4. Kacang tanah

Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin E. Meski kecil, tapi kamu bisa mendapatkan asupan 2,3 mg vitamin E, ketika memakan 1 ons kacang tanah.

5. Alpukat

Vitamin E juga bisa kamu dapatkan dari buah alpukat. Setengah buah alpukat atau 100 gram bagiannya, bisa menghasilkan 2,1 mg vitamin E.

6. Ikan salmon

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa ikan salmon adalah makanan atau lauk yang sangat bergizi. Ternyata, ada kandungan vitamin E juga lho di dalamnya. Dalam tiap 100 gram ikan salmon, kamu bisa mendapatkan 1,1 mg vitamin E.

7. Kiwi

Beragam buah-buahan memang mengandung vitamin E. Salah satunya bisa kamu dapatkan dari buah kiwi. Satu buah kiwi ukuran sedang, bisa mengandung 1,0 mg vitamin E.

Kegunaan Vitamin E

Kegunaan Vitamin E

Kegunaan vitamin E cukup banyak. Oleh karena itu, setiap orang wajib mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini. Perlu kamu ketahui, vitamin E adalah antioksidan utama yang bekerja dalam tubuh, untuk menjaga kerusakan sel akibat adanya radikal bebas yang bertebaran.

Kegunaan vitamin E di antaranya bisa menurunkan risiko penyakit berat seperti kanker, jantung, bahkan demensia. Vitamin E juga mampu bekerja melawan infeksi pada tubuh. Caranya yaitu dengan mengaktifkan sistem imun tubuh.

Selain itu, vitamin E pun dikenal memberikan manfaat baik untuk kesehatan mata. Pada dasarnya, nutrisi ini dapat merawat penglihatan kamu.

Efek Samping Vitamin E

Efek Samping Vitamin E

Menurut riset, sangat jarang seseorang mengalami kondisi kekurangan vitamin E dalam tubuhnya. Kejadian seperti ini biasanya dialami bayi. Tapi bukan berarti kamu tidak memiliki risiko kekurangan vitamin E.

Namun, tidak hanya kekurangan yang harus kamu waspadai. Kelebihan vitamin E juga tidak baik bagi tubuh. Jika kamu mengalami diare, mual, pusing, bisa jadi berarti ada kelebihan vitamin E dalam tubuh.

Vitamin E yang berjumlah besar dalam tubuh dapat berubah fungsi malah menjadi racun. Kamu bisa mudah mengalami kelelahan, pendarahan, dan sebagainya. Masalahnya, vitamin E yang dalam tubuh, tidak bisa dikeluarkan, misalnya melalui air kencing.

Perlu kamu ingat, penting untuk mengonsumsi atau menambah asupan vitamin E pada tubuh. Tapi hati-hati juga, nutrisi yang berlebih justru menimbulkan risiko kesehatan tubuh. Konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi.

Jus untuk Asam Lambung

Inilah 5 Jus untuk Penderita Asam Lambung

Jus untuk Asam Lambung – Akhir-akhir ini, cukup banyak orang yang mengeluh asam lambungnya naik. Sekilas, asam lambung yang naik hampir mirip dengan maag, namun pada asam lambung naik ini tidak ada luka seperti maag. Hanya saja, kondisi ini cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Seseorang yang menderita asam lambung naik akan susah untuk makan dan …

Inilah 5 Jus untuk Penderita Asam Lambung Selengkapnya »

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini – Semenjak pandemi Covid-19 terjadi, banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan tubuhnya. Masalahnya, obat untuk menangkal virus Covid-19 belum ada. Lalu, soal sembuhnya seseorang dari Covid-19, tergantung kondisi kekebalan tubuhnya saja. Kalau imun kurang kuat dan ada penyakit bawaan, nyawa bisa jadi taruhannya. Lantas, bagaimana …

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini Selengkapnya »

Makanan yang Baik untuk Ginjal

8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu

Makanan yang Baik untuk Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh vital dan memegang fungsi penting. Ginjal berfungsi sebagai penyaring sisa metabolisme dan mengeluarkannya melalui urin. Mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dapat membantu dan mengoptimalkan kerja ginjal. Apabila fungsi kerja ginjal terganggu, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Ginjal bekerja dengan menyaring kotoran …

8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu Selengkapnya »

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E

5 Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E – Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tulang, gigi, dan juga kulit. Sedangkan, vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berfungsi membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C dan E, yaitu: Membantu …

5 Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E Selengkapnya »

Buah yang Mengandung Vitamin C dan E

Inilah 5 Buah yang Mengandung Vitamin C dan E

Buah yang Mengandung Vitamin C dan E – Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tulang, gigi, dan kulit. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi, mencegah kerusakan sel, serta mempercepat penyembuhan luka. Sementara itu, vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berfungsi untuk …

Inilah 5 Buah yang Mengandung Vitamin C dan E Selengkapnya »