• shopee-bigramadhansale-1920x745

Vitamin E

Vitamin E – Tubuh membutuhkan asupan yang bergizi setiap harinya. Dengan begitu, kamu mempunyai tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Bisa dibilang, itu merupakan sumber bahan bakar tubuh.

Banyak jenis asupan atau nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin. Vitamin pun beragam jenisnya. Pembahasan kali ini akan mengulik tentang vitamin E, mulai dari manfaat, kegunaan, hingga efek sampingnya.

Vitamin E Adalah...

Vitamin E Adalah…

Vitamin E adalah sebuah jenis vitamin yang fungsinya bermacam-macam. Bisa untuk memelihara kesehatan kulit, mata, sel darah, dan otak, hingga mendukung kesuburan organ reproduksi. Meski manfaatnya beragam, nutrisi vitamin E dapat kamu temukan di makanan sehari-hari yang alami.

Pertama-tama, sebaiknya kamu tahu Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang sesuai untuk tubuhmu. Hal tersebut bisa dilihat dari kisaran usiamu, lho.

  • 0 sampai 6 bulan: 4 mg.
  • 7 sampai 12 bulan: 5 mg.
  • 1 sampai 3 tahun: 6 mg.
  • 4 sampai 8 tahun: 7 mg.
  • 9 sampai 13 tahun: 11 mg.
  • 14 sampai 18 tahun: 15 mg.
  • 18 tahun ke atas: 15 mg.
  • Ibu hamil: 15 mg.
  • Ibu menyusui: 19 mg.

Selanjutnya, konsumsi vitamin E sesuai kebutuhan kamu, ya.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dari makanan-makanan alami berikut ini.

1. Biji bunga matahari

Pada 1 ons biji bunga matahari, ada kandungan 10 mg vitamin E. Cukup besar hingga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan setiap harinya.

2. Almond

Kandungan vitamin E pada almond lebih sedikit dari biji bunga matahari. Hanya ada sekitar 7,3 mg vitamin E pada setiap 1 onsnya.

3. Buah sawo besar

Kalau kamu suka buah-buahan, kamu bisa mengonsumsi buah sawo besar. Dalam setengah bagiannya, terdapat 5,9 mg vitamin E.

4. Kacang tanah

Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin E. Meski kecil, tapi kamu bisa mendapatkan asupan 2,3 mg vitamin E, ketika memakan 1 ons kacang tanah.

5. Alpukat

Vitamin E juga bisa kamu dapatkan dari buah alpukat. Setengah buah alpukat atau 100 gram bagiannya, bisa menghasilkan 2,1 mg vitamin E.

6. Ikan salmon

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa ikan salmon adalah makanan atau lauk yang sangat bergizi. Ternyata, ada kandungan vitamin E juga lho di dalamnya. Dalam tiap 100 gram ikan salmon, kamu bisa mendapatkan 1,1 mg vitamin E.

7. Kiwi

Beragam buah-buahan memang mengandung vitamin E. Salah satunya bisa kamu dapatkan dari buah kiwi. Satu buah kiwi ukuran sedang, bisa mengandung 1,0 mg vitamin E.

Kegunaan Vitamin E

Kegunaan Vitamin E

Kegunaan vitamin E cukup banyak. Oleh karena itu, setiap orang wajib mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini. Perlu kamu ketahui, vitamin E adalah antioksidan utama yang bekerja dalam tubuh, untuk menjaga kerusakan sel akibat adanya radikal bebas yang bertebaran.

Kegunaan vitamin E di antaranya bisa menurunkan risiko penyakit berat seperti kanker, jantung, bahkan demensia. Vitamin E juga mampu bekerja melawan infeksi pada tubuh. Caranya yaitu dengan mengaktifkan sistem imun tubuh.

Selain itu, vitamin E pun dikenal memberikan manfaat baik untuk kesehatan mata. Pada dasarnya, nutrisi ini dapat merawat penglihatan kamu.

Efek Samping Vitamin E

Efek Samping Vitamin E

Menurut riset, sangat jarang seseorang mengalami kondisi kekurangan vitamin E dalam tubuhnya. Kejadian seperti ini biasanya dialami bayi. Tapi bukan berarti kamu tidak memiliki risiko kekurangan vitamin E.

Namun, tidak hanya kekurangan yang harus kamu waspadai. Kelebihan vitamin E juga tidak baik bagi tubuh. Jika kamu mengalami diare, mual, pusing, bisa jadi berarti ada kelebihan vitamin E dalam tubuh.

Vitamin E yang berjumlah besar dalam tubuh dapat berubah fungsi malah menjadi racun. Kamu bisa mudah mengalami kelelahan, pendarahan, dan sebagainya. Masalahnya, vitamin E yang dalam tubuh, tidak bisa dikeluarkan, misalnya melalui air kencing.

Perlu kamu ingat, penting untuk mengonsumsi atau menambah asupan vitamin E pada tubuh. Tapi hati-hati juga, nutrisi yang berlebih justru menimbulkan risiko kesehatan tubuh. Konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi.

Vitamin E untuk Kulit

Vitamin E untuk Kulit

Manfaat vitamin bagi kesehatan organ tubuh sudah dikenal secara umum termasuk manfaat vitamin E untuk kulit.

Vitamin termasuk bagian nutrisi penting bagi tubuh dengan manfaatnya masing-masing. Kesehatan setiap organ dan bagian tubuh perlu ditunjang oleh berbagai nutrisi termasuk vitamin.

Vitamin sendiri dikenal sebagai nutrisi tambahan yang diperlukan untuk menunjang kinerja tubuh agar berfungsi secara optimal. Banyak jenis vitamin yang perlu diketahui termasuk manfaatnya dimana salah satunya adalah vitamin E. Vitamin tersebut sangat dekat dan dikenal luas berhubungan dengan bagian kulit dari tubuh manusia.

Pentingnya Vitamin E untuk Kulit

Fungsi dan manfaat vitamin E cukup banyak dan tidak hanya berkaitan dengan bagian kulit, namun lebih identik untuk pelindung tubuh tersebut. Vitamin sendiri termasuk sebagai nutrisi yang begitu penting untuk menunjang kondisi kulit lebih sehat dan terjaga atau terawat dengan baik. Sebagai nutrisi penunjang, maka vitamin E perlu diberikan dari luar tubuh.

Vitamin E tersebut dapat diperoleh dari beberapa sumber bahan pangan bahkan terdapat dikonsumsi makanan sehari-hari. Makanan yang cukup banyak mengandung vitamin E atau nama lainnya alfa tokoferol diantaranya seperti minyak nabati, minyak zaitun, brokoli, bayam, kacang, dan sayuran hijau lainnya. Selain dari makanan kebutuhan vitamin E lebih tinggi bisa dipenuhi dari suplemen makanan.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Beberapa orang memenuhi kebutuhan vitamin alfa tokoferol yang cukup tinggi karena manfaat vitamin E untuk kulit. Kulit yang sehat dan cerah menjadi bagian penting kecantikan yang ingin dijaga terutama bagi kaum hawa atau wanita. Terkait perannya bagi kulit, berikut beberapa manfaat dari vitamin E untuk kulit.

1. Menjaga kesehatan kulit

Dengan fungsinya sebagai antioksidan, kulit dapat terjaga kesehatannya melalui pemenuhan vitamin E. Kondisi kulit yang terlihat sehat menjadi salah satu penanda terjaganya kesehatan tubuh. Kulit yang sehat juga dapat mendorong penampilan seseorang lebih terlihat baik.

2. Membantu memberikan kelembapan pada kulit

Beberapa orang menyukai kondisi kulit yang lembap karena lebih terlihat baik dibandingkan kulit kering. Kondisi kulit yang terjaga kelembapannya dapat diperoleh dari manfaat vitamin E untuk kulit. Nutrisi vitamin E mudah larut dalam lemak sehingga mampu menjaga kelembapan kulit yang mengalami dehidrasi.

3. Mencegah penuaan dini pada kulit

Menjadi tua merupakan keadaan yang banyak dihindari terutama untuk kondisi kulit karena berpengaruh pada penampilan. Manfaat vitamin e untuk kulit salah satunya mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan vitamin e membantu produksi kalogen pada kulit sehingga sel kulit yang mati akan terus ter-regenerasi dan menunda penuaan.

4. Menyamarkan bekas luka di kulit

Luka yang terjadi pada kulit dapat menimbulkan bekas yang terkadang mengganggu. Untuk bisa menyamarkannya, konsumsi vitamin E dapat dilakukan. Menyamarkan luka jadi salah satu manfaat vitamin E untuk tubuh agar tetap terjadi kondisi kecantikannya. Manfaat tersebut bisa terjadi karena vitamin E mengembalikan elastisitas kulit.

5. Mencegah efek buruk dari radikal bebas terhadap kulit

Manfaat vitamin E untuk kulit lainnya adalah mencegah atau menetralisir dampak dari radikal bebas bagi kulit. Peranan dari vitamin alfa tokoferol tersebut diperoleh dari fungsinya sebagai salah satu antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Dengan vitamin E, kulit bisa terhindar dari radikal bebas dengan berbagai dampak buruknya.

Mengenai manfaat dari vitamin E yang penting bagi tubuh tersebut, memenuhi asupannya dapat dilakukan demi kesehatan dan penampilan yang baik. Manfaat vitamin E untuk kulit yang beragam tersebut menjadikannya sebagai salah satu nutrisi penting dalam hal kecantikan.

Vitamin E untuk Wajah

Vitamin E untuk Wajah

Alfa tokoferol merupakan sebutan untuk vitamin E yang banyak bermanfaat bagi kecantikan termasuk peran vitamin E untuk wajah. Sebagai nutrisi yang sering berguna dalam dunia kecantikan, vitamin tersebut sering berada di dalam produk kecantikan dan dikonsumsi demi menjaga penampilan seseorang.

Vitamin E dapat menjadi pilihan yang baik dalam menjaga kondisi kesehatan bagian tubuh dimana ada kaitannya dengan kecantikan seperti kulit dan wajah. Banyak orang yang mengonsumsi tambahan suplemen vitamin E demi menjaga kondisi penampilannya agar selalu tampak lebih baik.

Pentingnya Vitamin E untuk Wajah

Vitamin E memiliki manfaat yang penting untuk tubuh salah satunya karena fungsinya sebagai antioksidan. Dengan mengonsumsi vitamin E secara teratur dan memenuhi angka kecukupannya bagi tubuh, maka ada banyak manfaat yang bisa diperoleh termasuk peran pentingnya untuk wajah. Secara garis besar, vitamin E membantu menjaga kesehatan wajah.

Konsumsi vitamin E dapat diperoleh dari beberapa sumber mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk dosis vitamin E yang lebih tinggi, suplemen bisa dikonsumsi terutama bagi seseorang dengan kebutuhan tinggi termasuk membantu menjaga kondisi penampilan seseorang terutama untuk bagian wajahnya. Banyak saran dalam dunia kecantikan untuk mengonsumsi vitamin E.

Manfaat Vitamin E untuk Wajah

Demi lebih memahami manfaat vitamin E untuk wajah, seseorang harus mengetahui dengan pasti fungsinya secara jelas. Dalam ulasan di artikel ini, ada beberapa fungsi dan manfaat dari vitamin E yang dapat berpengaruh terhadap bagian tubuh yakni wajah seseorang. Manfaat vitamin E untuk wajah bisa dipahami dalam ulasan berikut ini.

1. Menjaga kelembapan kulit bagian wajah

Manfaat vitamin E untuk wajah yang pertama adalah menjaga kondisi kelembapannya agar tidak tampak kering. Kulit wajah yang terlalu kering dapat menjadikan penampilan terlihat kusam. Vitamin E membantu kondisi wajah agar tidak mengalami dehidrasi karena mudah larut dalam minyak. Vitamin E bisa dimanfaatkan sebagai pelembap bersamaan dengan minyak zaitun.

2. Mencegah dan mengatasi gejala penuaan dini pada wajah

Manfaat vitamin E untuk wajah lainnya adalah mencegah terjadinya gejala penuaan dini. Dengan konsumsi vitamin E secara teratur, wajah akan terkesan lebih tampak awet muda. Kondisi manfaat tersebut terjadi karena vitamin E membantu meningkatkan produksi kalogen dalam tubuh. Kalogen menjadikan elastisitas kulit bisa terjaga dengan baik.

3. Membantu memulihkan kulit yang terbakar sinar UV

Manfaat ketiga dari vitamin E yang perlu diketahui untuk wajah adalah membantu mengembalikan atau memulihkan kondisi kulit terbakar akibat sinar UV. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar akibat radiasi ultraviolet. Radiasi tersebut bisa dicegah karena fungsi antioksidan dalam vitamin E yang menetralisir efek radikal bebas.

4. Membantu menyamarkan bintik hitam di wajah

Manfaat vitamin E untuk wajah yang keempat adalah menyamarkan bintik hitam pada wajah. Dengan konsumsi vitamin E yang teratur dapat menjadikannya menangkal radikal bebas sebagai satu penyebab bintik hitam di wajah. Fungsi antioksidan dari vitamin E memang memberikan banyak efek positif termasuk penyamaran bintik hitam.

5. Membantu menyamarkan bibir yang pecah-pecah

Manfaat lain dari vitamin E yang dapat berguna untuk wajah adalah menyamarkan bibir pecah-pecah yang dapat mengganggu penampilan. Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat terjadi saat kondisi cuaca terlalu dingin. Dengan konsumsi vitamin E, bibir pecah bisa disamarkan.

Manfaat dan peran penting dari alfa tokoferol atau vitamin E seperti disebutkan diatas memang banyak membantu menjaga kondisi wajah yang lebih sehat dan berpenampilan menarik. Manfaat vitamin E untuk wajah yang bisa diketahui dalam ulasan di atas menjadikannya memang sebagai salah satu nutrisi penting dalam dunia kecantikan.

Vitamin E untuk Promil

Vitamin E untuk Promil

Vitamin E untuk promil sering dijumpai dalam resep obat yang diberikan dokter kandungan. Alfa tokoferol atau vitamin E menjadi nutrisi dan vitamin yang dikenal manfaatnya untuk aktivitas promil. Sebutan promil sendiri mengacu pada kepanjangan dari program hamil yang ditujukan untuk pasaran dimana ingin memperoleh anak atau keturunan.

Program hamil tersebut dapat membantu meningkatkan rasio keberhasilan seseorang dalam memperoleh keturunan.

Beberapa wanita dan pasangannya yang belum juga memiliki anak sering kali mengikuti program hamil dari dokter kandungan. Harapannya, dengan program tersebut dapat menjadikan sang wanita berhasil dibuahi dan menjalani kehamilan.

Pentingnya Vitamin E untuk Promil

Vitamin E menjadi salah satu nutrisi dalam tubuh yang dapat membantu memberikan manfaat penting untuk menjaga kesehatan dan peran lainnya. Vitamin E atau alfa tokoferol tersebut seringkali dikaitkan dengan dunia kecantikan dan aktivitas program hamil. Peran pentingnya menjadikan vitamin E selalu dianjurkan sebagai nutrisi penting untuk dikonsumsi selama program kehamilan.

Anjuran terkait untuk mengonsumsi vitamin E dari dokter kandungan untuk mereka yang menjalani program hamil tentu berasal dari manfaat pentingnya dalam meningkatkan kesuburan. Vitamin yang dikenal sebagai antioksidan tersebut memang dapat memberikan banyak peranan positif bagi tubuh sehingga banyak dikonsumsi dalam beberapa hal termasuk program hamil.

Manfaat Vitamin E untuk Promil

Anjuran mengonsumsi vitamin E untuk promil datang dari manfaatnya seperti disinggung dalam ulasan di atas. Bentuk manfaat dari vitamin E yang bisa diperoleh dalam proses program hamil tersebut bisa diketahui melalui uraiannya. Penjelasan terkait manfaat vitamin E bagi program hamil bisa diketahui dalam ulasan berikut ini.

1. Menebalkan bagian dinding rahim pada wanita

Bentuk manfaat pertama dari vitamin E yang dapat membantu program hamil adalah memberikan efek penebalan pada bagian dinding rahim wanita. Ketebalan dinding rahim dapat memberikan pengaruh pada proses pembuahan sehingga ukurannya harus ideal. Konsumsi vitamin E sebagai antioksidan menjaga rahim dan mencegah terjadinya penipisan bagian dinding rahim yang dapat berdampak negatif para proses kehamilan.

Ukuran tebal dari dinding rahim wanita penting untuk menjadi ideal karena berperan dalam proses penempelan embrio. Dengan ukuran yang ideal, maka proses penempelan dapat terjadi lebih erat dan memperbesar peluang tumbuhnya janin di dalam proses kehamilan. Kondisi reproduksi yang terjaga karena vitamin E sebagai antioksidan menjaga ukuran dinding rahim dalam keadaan ideal.

2. Mencegah terjadinya penurunan ovulasi

Manfaat vitamin E untuk promil yang kedua masih berkaitan dengan sistem reproduksi wanita yakni mencegah terjadinya penurunan ovulasi. Proses keluarnya sel telur yang sudah matang tersebut sangat berpengaruh penting dalam tahapan kehamilan pada seorang wanita. Kondisi ovulasi yang berlangsung ideal memperbesar peluang seseorang untuk hamil dalam proses pembuahan.

Konsumsi vitamin E dapat mencegah terjadinya penurunan dalam proses ovulasi pada sistem reproduksi wanita. Peran pentingnya terhadap pembentukan plasenta dan proses pemeliharaannya menjadikan kondisi ovulasi pada wanita bisa berjalan ideal. Manfaat vitamin E tersebut yang menekankan peran pentingnya dalam program kehamilan.

3. Meningkatkan lendir serviks dalam alat reproduksi wanita

Manfaat ketiga dari vitamin E untuk program hamil terutama bagi wanita adalah meningkatkan lendir serviks. Lendir tersebut berperan penting dalam proses pembuahan karena dapat menjaga sel sperma bertaruh hidup jauh lebih lama. Dengan kondisi sperma tetap hidup lebih lama maka peluang kehamilan bisa terjadi dalam rasio yang besar.

Kebutuhan untuk memperoleh keturunan dalam program hamil menjadi tujuan tertentu pasangan yang mungkin sulit mendapatkannya. Dalam program hamil tersebut, ada beberapa nutrisi yang dikonsumsi termasuk alfa tokoferol.

Vitamin E untuk promil membantu menjaga kondisi ideal fungsi dari alat reproduksi wanita sehingga pembuahan terjadi lebih besar peluangnya.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya bagi tubuh maupun demi memberikan dampak positif tertentu. Vitamin E atau yang juga dikenal dengan nama alfa tokoferol tersebut banyak memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan beberapa fungsi lainnya. Vitamin E juga sering dikaitkan dalam dunia kehamilan maupun program hamil.

Asupan dari nutrisi vitamin E tersebut berguna dalam membantu menjaga kondisi kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan bertindak sebagai antioksidan. Dengan vitamin E maka radikal bebas yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan bisa dinetralisir. Konsumsi vitamin E yang cukup secara tidak langsung memperbaiki dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terawat.

Dengan manfaat dan fungsi pentingnya vitamin E, maka kebutuhannya perlu untuk dipenuhi. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya mulai dari konsumsi makanan yang mengandung vitamin E atau menggunakan suplemen. Kedua cara tersebut tentu memiliki pertimbangan masing-masing untuk bisa dipilih bagi yang membutuhkan.

Mengonsumsi suplemen vitamin E biasanya digunakan untuk kondisi tertentu dimana jumlah nutrisi yang dibutuhkan cukup tinggi seperti program hamil. Memilih makanan yang didalamnya memiliki kandungan vitamin E juga dapat dipilih untuk menjaga asupan bagi tubuh karena jumlahnya pasti tidak sebesar dari suplemen.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E

Demi menjaga kecukupan kebutuhan nutrisi alfa tokoferol atau vitamin E, beberapa makanan tertentu dapat dikonsumsi. Penjelasan mengenai pilihan makanan yang cukup beragam tersebut menjadi bahan pertimbangan dimana bisa ditentukan sesuai minat tiap orang. Pilihan makanan dengan kandungan vitamin E cukup tinggi diberikan dalam ulasan berikut ini.

1. Biji-bijian

Pilihan makanan pertama yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi adalah beberapa biji bijian. Biji dari bunga matahari atau yang dikenal dengan kuaci dan biji gandum memilik kandungan vitamin E yang cukup dan mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

2. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, makanan yang mengandung vitamin E cukup tinggi adalah kacang-kacangan. Jenis kacang yang memiliki vitamin E tinggi salah satunya adalah almond. Selain almond, jenis kacang lain yang juga memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi adalah hazelnut. Baik bentuk asli maupun minyaknya, kacang-kacangan tetap mengandung vitamin E tinggi.

4. Buah sapote atau sawo besar

Opsi pilihan makanan lain yang juga mengandung vitamin E cukup tinggi adalah sapote atau buah sawo besar. Mamey sapote dapat memenuhi kurang lebih 40 persen dari kebutuhan harian vitamin E tubuh.

5. Kerang abalone

Selain dari jenis protein nabati kebutuhan vitamin E juga dapat diperoleh melalui protein hewani. Kerang abalone jadi pilihan makanan dengan kandungan vitamin E tinggi dan sanggup memenuhi kebutuhan harian mencapai 20% total vitamin E diperlukan tubuh.

6. Ikan salmon

Masih dari kelompok protein hewani yang dapat menjadi opsi pilihan makanan dengan kandungan vitamin E adalah ikan salmon. Ikan yang memang terkenal mengandung gizi dan nutrisi berlimpah tersebut juga bisa dikonsumsi demi menjaga kebutuhan vitamin E bagi tubuh manusia.

7. Alpukat

Pilihan makanan dengan kandungan vitamin E lainnya dari buah buahan adalah alpukat. Buah yang terkenal akan rasa gurih khas dan sering diolah menjadi minuman es tersebut memiliki kandungan vitamin E sebanyak 2,1 mg dari 100 gram buah.

8. Paprika merah

Dari kelompok sayuran ada paprika merah yang juga menjadi makanan dengan kandungan vitamin E. Paprika yang sering diolah dalam beberapa makanan termasuk pizza tersebut memiliki kandungan vitamin E yang lebih kecil dibandingkan dengan buah alpukat.

Pilihan-pilihan makanan yang memiliki kandungan vitamin E tersebut dapat menjadi pertimbangan opsi untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut bagi tubuh. Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin E untuk dikonsumsi dan dirasakan manfaat dan peran dari nutrisi tersebut. Semoga bermanfaat!

Kebutuhan Vitamin E Per Hari

Kebutuhan Vitamin E Per Hari

Pemahaman terhadap kebutuhan vitamin E per hari perlu diperhatikan untuk menjaga asupannya agar selalu terjaga. Kebutuhan menjaga konsumsi vitamin E tersebut penting untuk diperhatikan karena manfaat dan dampak positifnya bagi kesehatan tubuh. Peran penting vitamin E dalam tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan maupun dari suplemen.

Vitamin E memiliki manfaat penting bagi tubuh berkaitan dengan kondisi kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan melawan radikal bebas yang memberikan efek buruk. Sifat antioksidan dari vitamin E yang membantu memberikan banyak dampak positif bagi tubuh. Meskipun ada manfaatnya, asupan vitamin E perlu dipahami jumlah kebutuhannya dan tetap dijaga agar tidak terjadi kondisi berlebihan di dalam tubuh.

Jumlah Kebutuhan Vitamin E Per Hari yang Harus Dipenuhi

Konsumsi vitamin E yang kurang ataupun berlebihan dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. Jumlah konsumsi vitamin tersebut perlu dipenuhi dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan,, sehingga manfaatnya positif dan tidak menimbulkan dapat kurang baik bagi tubuh. Vitamin E dapat meningkatkan berat badan seseorang karena penyerapannya sempurna dalam tubuh.

Kegemukan akibat penimbunan lemak dapat terjadi pada seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi vitamin E baik dalam bentuk makanan maupun suplemen. Untuk mendapatkan manfaat dan fungsi positifnya bagi tubuh, mengetahui jumlah kebutuhan vitamin tersebut perlu dilakukan. Setiap kondisi orang memiliki jumlah kebutuhan vitamin E yang berbeda satu sama lain.

Jumlah kebutuhan vitamin E per hari dapat ditentukan dari angka kecukupan gizi atau AKG vitamin E untuk tubuh. Angka kecukupan menunjukkan nilai yang digunakan dalam menentukan jumlah vitamin E bagi setiap kondisi tubuh dimana baik untuk dikonsumsi. Berikut ulasan terkait angka kecukupan vitamin E untuk tubuh.

  • Jumlah kebutuhan vitamin E untuk anak-anak per hari

Ulasan jumlah kebutuhan vitamin E per hari yang pertama fokus pada anak-anak. Nilai jumlah kebutuhan vitamin E bagi tubuh anak-anak lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa. Angka kecukupan vitamin E untuk anak ditentukan berdasarkan usianya yakni 0-6 bulan yaitu 4 mg, 7-12 bulan yaitu 5 mg, 1-3 tahun yaitu 6 mg, 4-8 tahun yaitu 7 mg, sedangkan 9-13 tahun yaitu 11 mg.

  • Jumlah kebutuhan vitamin E untuk remaja dan dewasa

Jumlah kebutuhan vitamin E dalam satu hari untuk remaja dan orang dewasa lebih besar dibandingkan dengan anak mengingat bobot dan bentuk tubuh yang besar. Nilai kebutuhan vitamin E dalam satu hari untuk remaja dengan usia 14-18 tahun yaitu sebesar 15 mg. Angka kecukupan vitamin E dalam tubuh untuk diatas 18 tahun atau orang dewasa sama halnya dengan nilai kebutuhan vitamin tersebut bagi remaja.

  • Jumlah kebutuhan vitamin E untuk ibu hamil dan menyusui

Kebutuhan vitamin E per hari berbeda lagi untuk kondisi tubuh khusus bagi wanita yakni pada saat menyusui dan hamil. Wanita hamil secara umum membutuhkan vitamin E dengan AKG sebesar 15 mg, namun akan diberi tambahan oleh dokter kandungan karena manfaat positifnya bagi kehamilan. Sedangkan untuk ibu menyusui, nilai AKG untuk vitamin E dalam tubuh per hari lebih besar yakni sebanyak 19 mg.

Setiap usia dan kondisi tertentu membutuhkan jumlah vitamin E yang berbeda-beda, sehingga perlu dipahami angka kecukupannya. Pemahaman terhadap kebutuhan nilai kecukupan vitamin E tersebut perlu diketahui untuk bisa memenuhinya. Jumlah kebutuhan vitamin E per hari bisa dipenuhi dengan baik melalui konsumsi makanan tertentu maupun dengan suplemen. Semoga bermanfaat!

Makanan Penambah Imun Tubuh

Daftar Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Menangkal Covid-19

Makanan Penambah Imun Tubuh – Hingga saat ini, Covid-19 masih menyelimuti kita. Untuk itu, kita harus menjaga sistem imun di dalam tubuh agar tidak mudah turun. Salah satu poin untuk menambah imun tubuh adalah pola makan yang bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, maka sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi maksimal. Hal itu bisa membuat kamu …

Daftar Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Menangkal Covid-19 Selengkapnya »

Vitamin yang Bagus untuk Anak

6 Vitamin yang Bagus untuk Anak

Vitamin yang Bagus untuk Anak – Anak adalah usia di mana masa pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya bergerak dengan cepat. Secara fisik, akan terlihat perubahannya. Katakanlah tubuh yang tampak lebih tinggi seiring waktu. Untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti itu, tentunya diperlukan nutrisi yang beragam pada tubuh. Mulai dari mineral hingga vitamin. Berikut ini beberapa vitamin …

6 Vitamin yang Bagus untuk Anak Selengkapnya »

Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

10 Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil – Setiap orang membutuhkan nutrisi untuk menjadi sumber energi tubuhnya. Kebutuhan akan nutrisi ini akan meningkat pada situasi tertentu, yaitu ketika seseorang menjalani masa kehamilan. Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih besar dari orang biasa, karena pertumbuhan dan perkembangan janin bergantung di pada kandungan gizi dalam tubuh …

10 Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Vitamin yang Terdapat pada Serealia

4 Vitamin yang Terdapat pada Serealia

Vitamin yang Terdapat pada Serealia – Kebutuhan tubuh akan gizi bisa diperoleh dengan berbagai macam cara. Cara praktis bisa didapat dari konsumsi suplemen vitamin. Tapi sebetulnya, ada juga cara alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung nutrisi tinggi. Serealia merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi, tetapi bukan menjadi makanan pilihan …

4 Vitamin yang Terdapat pada Serealia Selengkapnya »

Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

4 Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh – Tubuh memiliki kemampuan khusus untuk menghindari serangan berbagai penyakit secara alami. Tapi, fungsi alami ini dapat bekerja maksimal jika daya tahan tubuh seseorang cukup kuat. Daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terbentuk jika nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. Perlu kamu ketahui, ada beberapa vitamin …

4 Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh Selengkapnya »