• shopee-bigramadhansale-1920x745

Vitamin D2

Vitamin D2 – Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang banyak beredar di tubuh kita. Dengan adanya vitamin D, maka kita bisa terus beraktivitas tanpa ada masalah apapun. Namun sebenarnya, ada jenis vitamin D yang cukup penting. Contohnya ada di dalam vitamin D2. Kira-kira, seperti apa vitamin D2 ini? Ikuti ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Vitamin D2 Adalah...

Vitamin D2 Adalah…

Vitamin D2 atau juga dikenal sebagai ergokalsiferol merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D2 ini juga digunakan dalam tatalaksana defisiensi vitamin D dan juga hipokalsemia. Contohnya bisa dilihat pada penyakit ginjal kronis, dan juga hipoparatiroidisme.

Fungsi dan Manfaat Vitamin D2

Fungsi dan Manfaat Vitamin D2

Vitamin D2 sangat berperan dalam banyak proses biokimia dan itu termasuk ke dalam absorpsi metabolisme kalsium, fosfor dari diet, dan juga transpor ion kalsium ke skeletal. Pada ginjal, vitamin D2 dikonversi menjadi bentuk aktif bernama dihydroxyvitamin D. Setelahnya, bentuk aktif tersebut akan berikatan dengan reseptor vitamin D sehingga dapat menjalankan berbagai peran regulatorik. Untuk manfaat yang bisa didapatkan dari vitamin D2 adalah sebagai berikut.

1. Membantu tubuh dapat menyerap fosfor dan kalsium

Seperti yang kita tahu bahwa kalsium dan fosfor merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ketika tubuh kita mengonsumsi makanan yang mengandung fosfor dan kalsium, sebenarnya bisa ada dua kemungkinan. Pertama, mudah diserap dan kedua sangat sulit diserap.

Nah, ketika fosfor dan kalsium ini sulit diserap, maka perlu ada vitamin yang bisa menarik nutrisi tersebut. Vitamin D2 dirancang untuk bisa melakukan hal tersebut. Bisa kita bayangkan ketika fosfor dan kalsium yang sangat berguna untuk tulang tidak diserap, maka perkembangan tulang akan terganggu.

2. Dapat mengobati penyakit tulang

Dalam bentuk suplemen maupun obat, vitamin D2 juga sering dipakai untuk mengobati penderita yang berhubungan dengan tulang. Contohnya seperti rakhitis, osteomalacia, dan juga hipoparatiroidisme. Ketika seseorang kekurangan vitamin D, maka secara otomatis akan banyak masalah khususnya pada tulang.

3. Dapat menjaga tubuh dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh

Pada dasarnya, vitamin D bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia. Hal itu juga terdapat di dalam vitamin D2 ini. Akan tetapi, vitamin D2 lebih khusus lagi, yakni untuk sistem endokrin dan juga kardiovaskular.

Sistem endokrin sendiri merupakan sebuah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang menghasilkan hormon dan bersirkulasi pada tubuh melalui aliran darah. Vitamin D2 berfungsi agar sistem endokrin ini tetap bekerja secara maksimal. Sedangkan untuk kardiovaskular merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya gangguan di bagian jantung dan juga pembuluh darah. Maka dari itu, vitamin D2 diperlukan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

4. Sebagai suplemen tambahan

Mungkin kamu sudah tahu bahwa vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari dan juga sumber makanan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Maka dari itu, diperlukan suplemen tambahan dalam vitamin D2 ini. Kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin D2 saat bekerja di dalam ruangan atau sering menggunakan tabir surya di luar.

Selain itu, mengonsumsi suplemen vitamin D2 juga bisa digunakan untuk menjalani terapi osteoporosis atau kerapuhan tulang. Kamu bisa mengonsumsi vitamin D2 ini setelah atau sebelum minum susu penguat tulang. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi komplikasi yang menyebabkan tubuh terbebani. Kamu juga sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai hal tersebut.

Sumber Vitamin D2

Sumber Vitamin D2

Pada dasarnya, vitamin D bisa didapatkan secara alami melalui sinar matahari. Akan tetapi, ketika dipecah menjadi vitamin D2, maka sumber yang didapatkan bisa berbeda. Untuk jenis vitamin D2, sumbernya bisa berasal dari makanan nabati. Tumbuhan-tumbuhan tersebut memproduksi vitamin D2 dengan mengolah radiasi sinar UV.

Selain itu, saat ini juga terdapat suplemen makanan yang menggunakan vitamin D2. Fungsinya pun tetap sama sebagai tambahan ketika kamu kekurangan vitamin D2. Meskipun begitu, kamu harus konsultasi dengan dokter tentang dosis yang pakai ketika menggunakannya.

Makanan yang Mengandung Vitamin D2

Makanan yang Mengandung Vitamin D2

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa sumber vitamin D2 terdapat di dalam tumbuh-tumbuhan atau bisa dikatakan sumber nabati. Nah, berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D2 adalah sebagai berikut.

1. Jamur

Di bagian pertama ada jamur yang memiliki vitamin D2. Hal tersebut dikarenakan jamur memiliki pro vitamin yang bernama ergosterol. Ergosterol tersebut membantu jamur agar bisa melakukan sintesis vitamin D2 pada saat terkena sinar matahari.

Meskipun begitu, tidak semua jamur bisa melakukan hal tersebut. Hanya jenis jamur yang sering terkena sinar matahari saja yang bisa melakukannya seperti jamur shiitake. Oleh sebab itu, kamu harus hati-hati agar tidak salah mengonsumsi jamur.

2. Kacang almond

Pada dasarnya, kacang almond memiliki sumber vitamin D yang cukup banyak. Untuk bisa mendapatkan nutrisi vitamin D2 yang banyak, sebaiknya konsumsi susu almond. Jika kamu belum tahu, susu almond merupakan susu yang terbuat dari sari kacang almond.

Di dalam susu almond juga terdapat berbagai nutrisi lainnya. Contohnya seperti vitamin A, E, serat, selenium, magnesium, seng, natrium, fosfor, dan masih banyak lagi. Dengan banyak nutrisi tersebut, maka menjadikan susu almond berguna untuk membuat tubuh tetap sehat.

3. Kacang kedelai

Setelah kacang almond, berikutnya ada kacang kedelai. Sama dengan almond, pada kacang kedelai terdapat sumber vitamin D2 yang cukup banyak. cara penyajiannya pun bisa dilakukan berbagai makanan seperti susu kedelai, tahu, tempe, dan lain-lain.

Untuk susu kedelai sendiri memiliki banyak manfaat pada tubuh sebagai pengganti susu sapi. Dalam penelitian menunjukkan bahwa wanita yang sudah minum susu kedelai setiap hari mempunyai risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsinya. Susu kedelai juga dapat membantu fungsi kognitif wanita yang sudah berusia di bawah 65 tahun. Hal tersebut menunjukan susu kedelai berguna untuk kesehatan tulang karena memiliki vitamin D, khususnya D2.

Lalu, untuk tahu dan tempe sendiri merupakan sebuah makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Secara otomatis, keduanya memiliki kandungan vitamin D2 yang cukup banyak. Untuk kamu yang seorang vegetarian, mengonsumsi tahu dan tempe merupakan pilihan yang baik. Kamu bisa mengolah tahu dan tempe tersebut sesuai dengan selera.

4. Kelapa

Kelapa merupakan salah satu buah yang cukup diminati banyak orang. Bahkan, tidak hanya kulitnya saja yang berkhasiat, airnya pun tidak kalah menyehatkan. Meskipun pada dasarnya kelapa merupakan sumber mineral, akan tetapi ada juga berbagai vitamin lainnya seperti vitamin D2, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, dan masih banyak lagi.

Air kelapa bisa kamu konsumsi secara langsung atau ditambah dengan buah lainnya. sedangkan untuk kulitnya pun bisa kamu konsumsi langsung atau dijadikan makanan lainnya.

Demikian beberapa poin penting mengenai vitamin D2. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.

Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2

3 Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2 Berdasarkan Manfaatnya

Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2 – Ada beberapa macam pilihan vitamin D yang mungkin belum diketahui, termasuk perbedaan vitamin D3 dan vitamin D2. Vitamin D sendiri merupakan bagian dari nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh tubuh manusia. Kebutuhan vitamin D bisa dipenuhi dari asupan dengan kandungan nutrisi tersebut maupun dengan berjemur di bawah sinar …

3 Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2 Berdasarkan Manfaatnya Selengkapnya »

Kelenjar Paratiroid

Apa Itu Kelenjar Paratiroid? Ini Fungsi dan Gangguannya

Kelenjar Paratiroid – Kelenjar paratiroid adalah salah satu jenis yang terdapat dalam setiap tubuh manusia. Kelenjar paratiroid sendiri dapat ditemukan di bagian leher, di dekat kelenjar tiroid. Kelenjar paratiroid merupakan kelenjar penghasil hormon paratiroid yang memainkan peran penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah. Jika kelenjar ini memiliki gangguan, maka akan berisiko terjadinya berbagai masalah …

Apa Itu Kelenjar Paratiroid? Ini Fungsi dan Gangguannya Selengkapnya »

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D – Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Apalagi, vitamin D ini sangat mudah didapatkan. Salah satunya adalah melalui sinar matahari langsung. Saat kita berjemur di pagi hari, sinar matahari akan diolah tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Maka dari itu, jika kamu sangat jarang berjemur di pagi …

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D yang Mudah Dikenali Selengkapnya »

Gejala Kekurangan Vitamin D

6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi

Gejala Kekurangan Vitamin D – Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin D memang tidak mudah terlihat. Meskipun begitu, tetap saja akan ada gejala yang sering dialami ketika kekurangan vitamin D. Mulai dari gejala yang terbilang ringan hingga berat bisa terjadi. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengetahuinya sejak awal. Berapa Kebutuhan Vitamin D Harian Setiap Orang? …

6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi Selengkapnya »