• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Vitamin D

Vitamin D – Mungkin kamu sering mendengar bahwa kebiasaan menjemur badan di bawah sinar matahari pagi bisa mendapatkan vitamin D secara alami. Namun, apakah vitamin D hanya dapat diperoleh dari sinar matahari saja? Apa saja manfaat vitamin D untuk tubuh? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Perlu diketahui, vitamin D adalah salah satu jenis nutrisi yang kuat kaitannya dengan tulang dan kesehatan gigi. Senyawa ini sendiri merupakan bagian dari sekelompok sekosteroid yang larut dalam lemak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, fosfat usus, dan banyak efek biologis lainnya di dalam tubuh. Sementara pada manusia, senyawa terpenting dalam kelompok ini adalah vitamin D3 (juga dikenal sebagai cholecalciferol) dan vitamin D2 (ergocalciferol).

Manfaat Vitamin D

Manfaat Vitamin D

Vitamin D dalam tubuh manusia memiliki peran dan fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan. Terdapat sejumlah manfaat dari vitamin D bagi tubuh yaitu seperti mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan depresi, dan mendukung penurunan berat badan.

Di samping itu, terdapat fungsi lain dari vitamin D yakni untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu proses penyerapan kalsium. Secara khusus, manfaat vitamin D akan dipaparkan pada penjelasan berikut ini.

  • Manfaat vitamin D untuk kulit

Tidak hanya baik untuk tulang dan gigi, vitamin D juga memiliki manfaat baik untuk kulit. Vitamin D mampu mengatasi masalah-masalah inflamasi, seperti psoriasis, eczema, dan vitiligo.

Selain itu, manfaat vitamin D untuk kesehatan kulit lainnya juga dapat berfungsi serupa dengan steroid, bekerja dalam inti sel untuk merangsang proliferasi, mengatur fungsi, dan berpotensi menstabilkan gen. Sebuah riset menunjukkan bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan pada kulit serta berpotensi mencegah kanker kulit.

Vitamin D topikal yang merupakan antioksidan yang juga dapat meredam oksidan lingkungan yang merusak serta menyebabkan penuaan dini. Perlu pula diketahui, bahwa vitamin D juga telah terbukti menormalkan pergantian sel dan mencegah penumpukan sel mati pada permukaan kulit yang mengarah ke plak psoriasis.

  • Manfaat vitamin D untuk pria

Jurnal Clinical Endocrinology, sebuah riset yang telah meriset 2.299 orang pria menunjukkan bahwa pria yang cukup vitamin D ternyata memiliki hormon seks yang lebih dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin D.

Pada hasil riset yang dilakukan di Austria itu menemukan, bahwa pria dengan vitamin D yang cukup di dalam darahnya memiliki testosteron yang cukup. Pasalnya, kekurangan testosteron bisa berdampak pada libido seorang pria. Hal tersebut juga membuat seorang pria kurang berenergi.

Akibat Kekurangan Vitamin D

Akibat Kekurangan Vitamin D

Sebagai asupan yang kaya manfaat bagi tubuh, kekurangan vitamin D dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu, lho. Apabila seseorang kekurangan vitamin D, hal ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kekuatan tulang pada tubuhnya.

Kondisi kekurangan vitamin D dapat dialami oleh siapapun baik bagi bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Namun, tidak terdapat gejala spesifik dari kondisi kekurangan vitamin ini. Jika dalam masa pertumbuhan, kekurangan vitamin D dapat ditandai dengan tulang kaki yang bengkok, seperti rankitis pada anak-anak dan osteomalasia pada orang dewasa.

Bukan hanya gangguan tulang, kekurangan vitamin D juga memungkinkan terjadinya sejumlah penyakit, seperti osteoporosis, radang sendi, penyakit infeksi, seperti pneumonia, sepsis, dan TBC. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko depresi, sakit kepala, demensia, dan masih banyak lagi. Untuk itu, konsumsi suplemen vitamin D seperti Caltrax, Caltron, dan Cataro dari Pyfa Health juga bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing – Pasien penderita tiroiditis umumnya mengonsumsi suplemen atau vitamin saat mengalami keluhan seperti badan lemas dan kepala pusing. Namun, tidak semua pasien bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang sama untuk mengatasinya. Karena memang, kondisi kesehatan setiap pasien tentu berbeda-beda. Jika pemilihan suplemen atau vitamin tidak sesuai, maka hasilnya juga …

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis Selengkapnya »

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut – Rakitis adalah penyakit yang membuat terjadinya pelunakan tulang pada anak-anak karena kurangnya metabolisme, vitamin B, magnesium, fosfor, dan kalsium, sehingga berpotensi menyebabkan tulang mudah patah dan bisa mengalami kelainan bentuk tulang. Vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan tulang karena vitamin D membantu …

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut Selengkapnya »

Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19

7 Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19

Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19 – Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menjaga protokol kesehatan dan yang paling penting adalah menjaga daya tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit. Hal itu penting, karena daya tahan tubuh menjadi salah satu kunci untuk mencegah serangan virus Corona. …

7 Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19 Selengkapnya »

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini – Semenjak pandemi Covid-19 terjadi, banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan tubuhnya. Masalahnya, obat untuk menangkal virus Covid-19 belum ada. Lalu, soal sembuhnya seseorang dari Covid-19, tergantung kondisi kekebalan tubuhnya saja. Kalau imun kurang kuat dan ada penyakit bawaan, nyawa bisa jadi taruhannya. Lantas, bagaimana …

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini Selengkapnya »

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa – Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menghindari sinar matahari. Meskipun berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun hal itu tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada waktu-waktu tertentu yang memang boleh dilakukan, ada pula waktu yang seharusnya dihindari. Alasan mengapa sinar matahari baik bagi kesehatan tentu karena …

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya Selengkapnya »