• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Vitamin C

Vitamin C – Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang cukup populer. Sebab, bukan rahasia umum lagi jika vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, terutama buah jeruk. Vitamin C juga bisa kamu dapatkan dari suplemen yang banyak beredar, baik dalam bentuk tablet hisap atau tablet yang langsung dilarutkan dalam air, hingga berbentuk minuman.

Berbagai jenis minuman dan vitamin sachet biasanya mengikuti warna jeruk. Kemasannya pun begitu, berwarna orange atau kuning. Jadi, vitamin C ‘lebih mudah dikenali’ dibandingkan vitamin lain.

Dosis vitamin C yang diperlukan oleh tubuh manusia itu setidaknya 75 hingga 90 mg setiap harinya. Tapi, jika kamu mengonsumsinya dengan dosis 500 mg per hari, itu masih tidak masalah karena masih dapat menjaga kesehatan tubuh. Memang kegunaan vitamin C ini beragam.

Kegunaan Vitamin C

Kegunaan Vitamin C

Apa saja kegunaan atau manfaat dari vitamin C ini sendiri? Simak berikut ini.

1. Manfaat vitamin C untuk kulit

Siapa yang tidak tahu manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit? Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup, kesehatan kulit pun bisa terjaga, lho. Jika ada jaringan sel kulit yang rusak, vitamin C siap memperbaikinya. Prosesnya kira-kira begini.

Kulit membutuhkan zat antioksidan untuk menjaga kesehatannya. Tapi, kalau jumlahnya berlebihan akan menjadi boomerang. Ini mungkin sekali terjadi karena radikal bebas bisa datang dari polusi udara, pancaran sinar matahari berlebih, hingga racun-racun pada makanan. Vitamin C inilah yang akan bekerja menangkal radikal bebas berjumlah tinggi.

Selain untuk memperbaiki sel kulit rusak, vitamin C juga baik untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C mendukung produksi kolagen yang berfungsi mencegah munculnya keriput, meremajakan kulit, menyembuhkan luka, mencerahkan warna kulit, hingga menghambat sel-sel kulit menua.

2. Menjaga kesehatan mata

Siapa sangka, tidak hanya vitamin A yang penting untuk mata, tapi juga vitamin C. Vitamin A memang berfungsi menjaga kesehatan mata kamu. Nah, vitamin C punya perannya sendiri, yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit mata rabun, katarak, dan tumor mata.

3. Menekan risiko serangan jantung

Mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat menekan risiko serangan jantung. Kandungan vitamin C dalam tubuh yang cukup, bisa mengurangi penebalan pembuluh darah arteri pada organ jantung. Peristiwa penebalan pembuluh darah itu adalah penyebab utama serangan jantung secara mendadak.

Serangan jantung tidak boleh kamu sepelekan, ya. Sebab, riset-riset menyebutkan serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Artinya semua orang, termasuk kamu, punya risiko mengalami serangan jantung jika tidak menjaga nutrisi tubuh.

4. Melawan sel kanker

Kanker adalah penyakit yang kerap membuat penderitanya menderita. Habis tenaga dan uang untuk pengobatan. Akan lebih baik kalau kamu berusaha mencegahnya. Mengonsumsi vitamin C dapat menjadi langkah baik, karena vitamin ini dapat melawan penyakit dan sel kanker melalui fungsinya yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Sumber Vitamin C

Sumber Vitamin C

Kebanyakan orang mengetahui bahwa vitamin C bisa didapatkan dari buah jeruk. Kenyataannya, buah jeruk bukan satu-satunya sumber vitamin C. Masih banyak pilihan makanan lain yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Misalnya saja sumber vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh berikut ini.

1. Cabai merah

Beruntunglah untuk kamu si penyuka pedas, sebab makanan pedas juga bisa mengandung nutrisi seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada cabai merah juga cukup tinggi. Pada secangkir atau lebih kurang 80 gram cabai merah, terkandung sekitar 100 mg vitamin C. Psst, cabai merah termasuk jenis buah lho, bukan sayur-sayuran.

2. Strawberry

Strawberry termasuk buah yang bisa kamu ditemukan di supermarket besar. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan sekaligus. Kalau kamu memakan semangkuk atau 150 gram buah strawberry, kamu bisa memperoleh 90 miligram vitamin C.

3. Pepaya

Buah pepaya jauh lebih mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, daripada strawberry. Buah ini dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh, menyehatkan saluran pencernaan, hingga mencegah penyakit kanker dan demensia. Sedangkan kandungan vitamin C-nya sendiri yaitu sekitar 90 miligram per semangkuk atau 150 gram buah pepaya.

4. Brokoli

Sayur brokoli mengandung 80 miligram vitamin C dalam setiap mangkuk saji. Tapi, jumlahnya akan berkurang setelah dimasak, yaitu menjadi 50 miligram. Meski begitu, tidak menghilangkan sama sekali kadar vitamin ini, ya.

5. Bayam

Kalau kamu pernah menonton kartun Popeye, kamu pasti tahu jika mengonsumsi sayur bayam akan membuat seseorang menjadi kuat. Pada dasarnya, ini terjadi karena bayam mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, termasuk vitamin C. Pada semangkuk atau sekitar 30 gram bayam, terdapat 8,5 mg vitamin C.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Akibat Kekurangan Vitamin C

Vitamin C sebegitu pentingnya untuk tubuh. Ada akibat-akibat tertentu yang bisa kamu alami kalau kekurangan vitamin C di antaranya sebagai berikut.

  • Jika terluka, lama sembuhnya.
  • Kulit memar-memar.
  • Sariawan atau gusi berdarah.
  • Mimisan.
  • Mudah sakit.
  • Kulit kasar dan kering.
  • Rambut rontok dan kering.

Dampak yang paling mengganggu dari kurangnya vitamin C adalah tubuh menjadi mudah sakit, karena kekebalan tubuh berkurang. Karena itu, konsumsi vitamin C alami secara teratur, ya.

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Berbicara tentang vitamin C, mungkin kita akan lebih akrab dengan buah jeruk. Memang saat kita melihat di berbagai iklan suatu produk, buah jeruk selalu berkaitan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Padahal, masih banyak sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan vitamin C.

Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Contohnya seperti menjaga tubuh dari serangan penyakit hingga dapat meremajakan kulit. Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin C adalah berikut ini.

Buah yang memiliki sumber vitamin C

Poin pertama adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Untuk orang dewasa sendiri, jumlah vitamin C yang harus dikonsumsi adalah 75 hingga 90 mg. Beberapa contoh vitamin C yang sangat tinggi adalah sebagai berikut.

1. Jambu biji

Mungkin banyak yang tidak tahu jika jambu jenis biji memiliki kandungan vitamin C cukup banyak. Di dalam jambu biji, rata-rata memiliki kandungan vitamin C sebanyak 126 mg. Selain vitamin C, di dalam jambu biji juga terdapat antioksidan lycopene. Dengan adanya zat tersebut, dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol pada tubuh.

2. Pepaya

Buah selanjutnya adalah pepaya. Di dalam satu mangkuk pepaya atau sekitar 150 gram terdapat sekitar 90 mg vitamin C. Dengan jumlah tersebut, bisa dikatakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan memakan buah pepaya, maka dipercaya dapat mencegah terjadinya demensia dan juga kanker. Ditambah lagi, dengan adanya vitamin C, maka pepaya juga bisa memberikan kekuatan pada daya tahan tubuh.

3. Stroberi

Buah-buahan yang banyak disukai ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Di dalam satu mangkuk yang berisi sekitar 150 gram buah stroberi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 90 mg. Ditambah lagi, di dalam stroberi terkandung antioksidan yang sangat tinggi yang berisi antosianin. Bisa dikatakan, antosianin merupakan zat alami pada buah-buahan maupun sayuran.

4. Kiwi

Buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang juga banyak. Di dalam satu buah kiwi terdapat vitamin C sekitar 71 mg. Jika ditambahkan pada kebutuhan vitamin C harian, makan buah kiwi ini menampung sekitar 79%. Dari sana kita tahu bahwa buah kiwi bisa memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Manfaat lainnya dari buah kiwi adalah dapat mengurangi stres oksidatif sehingga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, buah kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas pada sel darah putih hingga 20%.

Sayuran yang mengandung vitamin C

Tidak hanya buah, di dalam sayuran pun ada sumber vitamin C. Beberapa jenis sayuran itu adalah sebagai berikut.

1. Brokoli

Di dalam satu mangkuk brokoli hijau terdapat kandungan vitamin C sebesar 80 mg. Jika kamu memasak brokoli ini memang kandungan vitamin C bisa berkurang sekitar 50 mg. Namun, jumlah tersebut masih bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

2. Kembang kol

Sayuran selanjutnya yang memiliki kandungan vitamin C tinggi adalah kembang kol. Meskipun secara isi tidak sebanyak brokoli, kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tercatat ada sekitar 50 mg vitamin C di dalam semangkuk kembang kol mentah.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak serat untuk tubuh. Selain itu, di dalam bayam pun terkandung vitamin C yang cukup banyak. Untuk satu mangkuk bayam yang setara 30 gram, kandungan vitamin C di dalamnya mencapai 8,5 mg. Selain itu, pada bayam juga terkandung nutrisi lainnya seperti vitamin K, vitamin A, folat, kalium, serta zat besi.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Saat kita mendengar atau membaca tentang vitamin C, maka pikiran kita akan tertuju pada vitamin untuk stamina tubuh. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah mengingat vitamin C lebih banyak dikenalkan sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Akan tetapi, tahukah kamu jika vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit wajah?

Hal ini mungkin cukup mengejutkan beberapa orang. Namun, dalam beberapa peneliatan menunjukan jika vitamin C juga bermanfaat untuk wajah. Oleh sebab itu, di dalam beberapa produk kecantikan cukup banyak yang mencantumkan vitamin C di dalamnya. Kira-kira, apa saja manfaat vitamin C untuk wajah? Yuk, ikuti pembahasannya di bawah ini.

1. Menjaga kulit dari sinar matahari

Di dalam kandungan vitamin C terdapat antioksidan yang cukup kuat. Dengan senyawa tersebut digunakan pada kulit dapat merawat dan juga mengatasi berbagai masalah kulit yang berhubungan dengan pancaran sinar matahari. Kandungan antioksidan di dalam vitamin C mampu melawan radikal bebas yang sudah dikenal sebagai penyebab kulit rusak.

2. Memberikan kecerahan pada kulit wajah

Salah satu alasan para wanita membeli produk kecantikan adalah memberikan kecerahan pada wajah. Nah, di dalam vitamin C ternyata memiliki zat untuk membuat kulit wajah kembali cerah. Pada dasarnya, vitamin C memang dapat menghambat kinerja melanosit. Untuk kamu yang belum tahu, melanosit adalah sel yang membuat warna gelap pada kulit.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin kulitnya cerah dan tidak tampak gelap, carilah produk kecantikan yang memiliki bahan dasar vitamin C. Di dalam beberapa penelitian pun telah mengujinya sehingga kini banyak digunakan pada produk kecantikan.

3. Dapat mengencangkan kulit

Masalah penuaan juga merupakan musuh yang kerap dihadapi oleh para wanita. Ternyata, di dalam vitamin C terkandung senyawa atau zat untuk mengenyalkan kulit wajah. Senyawa pada vitamin C dapat meningkatkan biosintesis kolagen pada kulit, termasuk wajah. Hal itulah yang membuat kulit bisa menjadi lebih kenyal seperti tidak mengalami penuaan.

Tidak hanya itu saja, di dalam vitamin C juga turut membantu menghilangkan kerutan-kerutan pada kulit wajah karena pengaruh usia. Di sinilah vitamin C juga turut memberikan nutrisi tambahan untuk kulitmu.

Penggunaan Serum Vitamin C

Salah satu cara untuk mendapatkan khasiat vitamin C adalah melalui serum. Bisa dikatakan, serum merupakan sebuah produk untuk perawatan kulit yang dapat dipakai secara rutin. Di dalam serum sendiri terdapat kandungan vitamin C yang ditambahkan dengan konsentrasi tinggi. Dengan begitu, nutrisi dalam vitamin C bisa diserap lebih cepat pada kulit.

Namun, untuk menggunakan serum vitamin C tidak bisa sembarangan seperti kamu konsumsi makanan biasa. Perlu ada anjuran dari dokter bila perlu agar kandungan di dalam vitamin C tersebut tidak memberikan efek buruk pada kulit. Selain itu, konsultasi pada ahli kecantikan juga sangat diperlukan agar khasiat pada serum vitamin C bisa didapatkan lebih maksimal.

Manfaat Serum Vitamin C

Jika kamu memanfaatkan serum vitamin C pada kulit, maka manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut.

  • Merangsang pembentukan kolagen baru dalam tubuh.
  • Dapat mencerahkan kulit.
  • Melindungi kulit dari pancaran sinar UV berlebihan.
  • Melembabkan dan juga memperbaiki kulit yang mengering.
  • Mengurangi adanya kerutan.

Itulah beragam manfaat vitamin C untuk wajah. Selanjutnya, ketahui juga efek samping penggunaan vitamin C yang berlebihan pada poin berikutnya.

Efek Samping Vitamin C

Efek Samping Vitamin C

Vitamin C mungkin merupakan vitamin yang paling populer. Banyak orang menyebut, kalau kamu sedang tidak enak badan, perbanyak konsumsi vitamin C. Pada masa pandemi Covid-19 misalnya, saran untuk rutin mengonsumsi vitamin C cukup sering didengar.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat vitamin C? Apa betul dapat mengembalikan stamina seseorang? Sebagai gambaran awal, vitamin C termasuk antioksidan memang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Simak manfaat vitamin C berikut ini.

1. Memelihara daya tahan tubuh

Nah, betul seperti yang sudah disinggung di awal, vitamin C dapat memelihara daya tahan tubuh. Konsumsi vitamin C yang cukup akan membantu tubuhmu pulih dengan cepat ketika kamu sakit. Asupan vitamin C yang rutin akan mencegah tubuh mudah terserang penyakit.

2. Melindungi sel tubuh dari radikal bebas

Vitamin C sebagai antioksidan mampu melawan gangguan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan yang timbul. Radikal bebas dapat dengan mudah merusak sel sehat dalam tubuh dan bahkan membunuhnya. Mudah kalau tidak ada vitamin C yang melawannya, seperti dengan memperbaiki antioksidan lain agar dapat berperang dengan radikal bebas.

3. Mengurangi risiko anemia

Anemia dapat membuat kamu merasa mudah lelah, sebab kamu kekurangan sel darah merah. Kamu kekurangan nutrisi dan oksigen yang seharusnya tersebar merata ke seluruh tubuh. Vitamin C membuat tubuhmu lebih mudah menyerap zat besi yang dapat memproduksi hemoglobin, lalu mengedarkannya bersama oksigen ke seluruh tubuh.

4. Mengobati flu

Covid-19 erat sekali kaitannya dengan flu. Alasan mengapa konsumsi vitamin C dianjurkan selama pandemi, karena vitamin ini dapat mengobati atau mencegah flu. Setidaknya, nutrisi ini membantu mengurangi durasi penyakit flu yang kamu derita.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan vitamin C mendorong produksi kolagen. Kolagen ini bahan yang dibutuhkan kulit untuk menyembuhkan luka, mencegah keriput, hingga memperlambat proses penuaan. Bahkan, vitamin C juga dapat mencerahkan kulit, karena itu orang yang ingin kulitnya putih kerap menyuntikan kulitnya dengan vitamin C.

Mengetahui kebaikan dari suatu nutrisi memang sangat baik. Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan manfaat dari nutrisi tersebut, terutama pada saat-saat yang dibutuhkan. Seperti halnya vitamin C, mampu memulihkan kondisi tubuh ketika kamu sedang sakit.

Tapi hati-hati, ada efek samping vitamin C kalau kamu mengonsumsinya berlebihan. Jadi, konsumsi vitamin C yang baik adalah secukupnya, bukan sebanyak-banyaknya. Beberapa kondisi yang dapat kamu alami, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mual dan muntah.
  • Nyeri ulu hati.
  • Kram dan sakit perut.
  • Diare.
  • Batu ginjal.
  • Sakit kepala.
  • Insomnia.

Rasa sakit perut yang terjadi secara berkala, bisa dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah kelebihan vitamin C tadi. Kalau kamu mengalami gejala ini, cobalah konsultasikan dengan dokter. Karena ada risiko kelahiran bayi prematur jika efek samping vitamin C ini dibiarkan begitu saja.

Lalu, bagaimana dengan batu ginjal? Efek samping vitamin C yang satu ini terdengar cukup mengancam, ya? Padahal, niat kamu meminum vitamin C sebanyak-banyaknya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, perlu kamu ketahui, kelebihan vitamin C memang bukan penyebab utama batu ginjal. Tapi, hal ini memang dapat terjadi pada kasus tertentu. Vitamin C yang terlalu banyak mengganggu proses ekskresi dalam urin. Inilah awal mula batu ginjal dapat kamu alami.

Dosis Vitamin C yang Disarankan

Pada kondisi normal, rata-rata orang dewasa memerlukan sekitar 90 mg vitamin C per hari atau setara dengan 2 buah jeruk. Tapi, perlu kamu catat, kebutuhan vitamin C setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dari usia dan jenis kelamin seseorang. Berikut informasi penting soal dosis vitamin C yang disarankan untuk kamu.

Untuk jenjang usia di bawah ini, belum ada pembagian berdasarkan jenis kelamin. Artinya, berlaku untuk pria ataupun wanita.

  • Usia 1-3 tahun: 15 mg.
  • Usia 4-8 tahun: 25 mg.
  • Usia 9-13 tahun: 45 mg.
  • Usia 14-18 tahun: 65-75 mg.

Untuk usia 19 tahun ke atas, mulai ada pembagian jenis kelamin dan kebutuhan tambahan, seperti berikut ini.

  • Wanita dewasa: 75 mg
  • Pria dewasa: 90 mg
  • Ibu hamil: 85 mg
  • Ibu menyusui: 120 mg

Sekarang tinggal bagaimana kamu bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Jangan dulu takut kelebihan, khawatir juga kalau kamu kekurangan vitamin C. Efek samping vitamin C bisa kamu tangani segera setelah kamu mengalami gejala-gejala gangguan tubuh seperti mual sampai diare tadi.

Minuman yang Mengandung Vitamin C

Minuman yang Mengandung Vitamin C

Terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kali ini kita akan secara khusus membahas jenis minuman apa saja yang kaya akan vitamin C.

Kandungan vitamin C pada makanan dan minuman memang memiliki fungsi untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena vitamin C berperan sebagai zat antioksidan sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.

Nah, untuk mendapatkan manfaat kebaikan dari vitamin, Kamu dapat mengonsumsi jenis minuman berikut ini.

1. Jus buah

Buah-buahan memang menjadi sumber utama vitamin C, maka minuman jus buah bisa jadi salah satu alternatif apabila kamu bosan makan buah secara langsung. Kamu dapat membuat jus dengan memilih buah-buahan yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Hal ini penting karena berfungsi sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Jenis buah yang mengandung vitamin C sendiri yaitu seperti citrus, stroberi, kiwi, nanas, bahkan semangka. Selain memiliki rasa yang segar, kamu dapat mendapatkan manfaat vitamin C jika mengonsumsinya.

2. Teh herbal

Teh sudah dikenal sejak lama memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Minuman teh herbal yang terbuat dari daun teh alami terbukti mengandung zat antioksidan tinggi khususnya pada jenis teh hijau dan matcha.

Bukan hanya jenis teh herbal dari tumbuhan teh, teh herbal yang terbuat dari aromatik dan rempah-rempah juga bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki kandungan vitamin C. Teh herbal dapat terbuat dari daun mint, daun basil, rosemary, hingga bawang putih.

3. Kombucha

Jenis teh fermentasi yang disebut dengan kombucha merupakan salah satu minuman dengan kandungan vitamin C alami. Kombucha memiliki beragam kandungan mulai dari asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B (B1, B6, dan B12), serta vitamin C. Kandungan vitamin C pada kombucha berfungsi sebagai antioksidan penting bagi kulit, tulang, dan jantung.

4. Lemonade

Selain menyegarkan minuman yang terbuat dari lemonade ini juga mengandung vitamin C yang tinggi. Buah lemon memang sudah dikenal sebagai salah satu jenis buah citrus mengandung vitamin C tinggi. Karena vitamin C yang tinggi tentu buah ini memiliki zat antioksidannya tinggi.

Kamu dapat mengonsumsi lemonade tanpa mencampurkan soda agar lebih sehat. Minuman yang berasal dari Amerika Utara dan India juga cukup populer di Australia dan Inggris sebagai minuman di musim panas.

5. Jus sayuran

Bukan hanya dari buah-buahan sumber vitamin C lainnya adalah sayur-sayuran. Kamu dapat meminum jus sayuran yang tak hanya mengandung vitamin C tapi juga tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan.

Untuk membuat jus sayur yang kaya vitamin C, pilih sayuran hijau seperti bayam, brokoli, hingga kale. Pasalnya, tiga sayuran hijau tersebut juga masuk ke dalam superfood yang punya banyak khasiat penting untuk tubuh.

Kamu juga dapat membuat jus tomat dan timun juga bisa dibuat jus sayuran untuk meningkatkan imunitas tubuh karena kaya akan vitamin C.

Nah, itulah tadi beragam jenis minuman yang kaya akan vitamin C. Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari asupan vitamin C alami, tak perlu lagi untuk memasukan daftar minuman di atas ke dalam menu harianmu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C seperti Damuvit dan Damuvit C-1000 dari Pyfa Health. Karena rutin mengonsumsi vitamin C baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini

Manfaat Buah Naga untuk Bayi – Buah naga menjadi salah satu jenis buah favorit untuk menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Rasa manis alami dan tekstur yang cenderung lembut membuat buah ini mudah diterima oleh si kecil yang sudah memulai masa pengenalan makanan. Buah naga juga merupakan makanan kaya nutrisi yang juga bermanfaat untuk …

Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini Selengkapnya »

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Catat! Ini 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan – Jeruk nipis memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi untuk kesehatan. Apalagi, jeruk nipis juga termasuk ke dalam daftar jenis buah yang memiliki antioksidan tinggi. Tidak heran jika buah ini bisa menangkal banyak penyakit yang menyerang tubuh. Nah, berikut ini adalah tujuh manfaat kesehatan dari buah jeruk nipis yang harus kamu …

Catat! Ini 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Selengkapnya »

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil – Tidak semua buah aman dikonsumsi saat hamil. Buah nanas dan buah delima misalnya. Konsumsi buah-buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan keguguran. Berbeda dengan itu, justru ada buah-buah yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Salah satu buah yang menawarkan hal tersebut dan tersedia banyak di Indonesia adalah buah …

8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Jus untuk Badan Lemas

8 Jus untuk Badan Lemas, Ini Pilihan Rekomendasinya

Jus untuk Badan Lemas – Pernahkah kamu merasakan tubuh tiba-tiba terasa lemas dan pusing ketika menjalani aktivitas? Padahal, hari-hari sebelumnya kamu tidak mengalami gejala-gejala sakit atau keluhan apapun. Tubuh yang lemas dan kepala yang pusing bisa disebabkan oleh kurangnya istirahat, asupan cairan, hingga daya tahan tubuh yang berkurang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa …

8 Jus untuk Badan Lemas, Ini Pilihan Rekomendasinya Selengkapnya »

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho!

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho!

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho! – Sayangnya, tidak banyak yang tahu akan hal ini. Seperti jenis jeruk pada umumnya, jeruk nipis memang dikenal karena rasanya yang asam dan segar. Tak heran, jeruk nipis kerap diolah menjadi minuman segar atau penambah rasa untuk kebutuhan makanan. Sama seperti jenis …

Siapa Sangka, Jeruk Nipis Mengandung Banyak Vitamin C dan Kandungan Penting Lainnya, Lho! Selengkapnya »