• shopee-bigramadhansale-1920x745

Vitamin B12

Vitamin B12 – Protein adalah salah satu sumber energi untuk tubuh. Tapi, ada hal lain yang juga kamu butuhkan, yaitu vitamin. Vitamin sendiri banyak sekali jenisnya. Saat ini, kita akan membahas tentang vitamin B12.

Vitamin B12 berfungsi untuk menunjang pembentukan protein. Tak hanya itu, vitamin ini juga merupakan bahan baku untuk membuat sel darah merah dan DNA. Bahkan pada kesempatan lain, vitamin B12 dapat mendukung kerja sistem saraf. Langsung saja, inilah penjelasan mengenai manfaat dan sumber vitamin B12 itu sendiri.

Vitamin B12 Adalah...

Vitamin B12 Adalah…

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin B12 adalah kunci dari pembentukan bagian fungsional serat-serat saraf. Hampir sama seperti vitamin B lainnya, vitamin B complex yang menggerakkan sistem saraf agar berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kekurangan vitamin B12 akan sangat memengaruhi kesehatan kamu.

Untuk dosis, konsumsi yang baik adalah yang disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia kamu. Sebagai catatan saja, untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui, kebutuhannya lebih banyak daripada orang biasa. Hal ini dikarenakan vitamin B12 dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin.

Manfaat Vitamin B12

Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan tubuh dan kesehatan otak. Tapi, masih banyak manfaat lainnya untuk tubuh. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Membentuk sel darah merah

Sudah disinggung beberapa kali, kalau vitamin B12 adalah salah satu unsur yang membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelainan pada bentuk sel darah merah. Ukurannya besar tetapi tidak ada inti sel.

2. Menjaga kesehatan janin

Vitamin B12 mempunyai bentuk aktif berupa kobalamin. Kobalamin ini akan mensintesis DNA yang sangat dibutuhkan selama penyempurnaan bentuk janin. Nah, jika kamu ingin vitamin B12 bekerja maksimal, konsumsi asam folat yang cukup. Karena, vitamin yang satu ini akan bekerja lebih baik dengan bantuan asam folat.

3. Menyehatkan jantung

Vitamin B12 mampu menurunkan kadar asam amino di dalam darah, jika jumlahnya terlalu tinggi. Pada saat seperti ini, vitamin B12 menjadi perisai bagi penyakit pada jantung yang dipicu oleh kadar asam amino tinggi atau istilahnya kondisi homosistein. Tentunya vitamin B12 harus bekerja bersama nutrisi lain, seperti vitamin B6 dan vitamin B lainnya.

Sumber Vitamin B12

Sumber Vitamin B12

Konsumsi makanan yang sehat agar tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya. Ada beberapa sumber vitamin B12 yang bisa jadi pilihan. Simak berikut ini.

  • Produk olahan susu.
  • Tuna.
  • Daging sapi.
  • Telur.
  • Sereal.

Setelah mengetahui beberapa sumber vitamin B12, kini kenali ciri-ciri atau tanda tubuh kekurangan vitamin B12.

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12

Jika kamu kekurangan vitamin B12, maka akan ada respon tubuh yang bisa kamu perhatikan. Beberapa tanda tubuh kamu kekurangan vitamin B12 antara lain sebagai berikut.

  • Depresi.
  • Gangguan memori.
  • Mudah kelelahan.
  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Berat badan turun.
  • Kesemutan di tangan dan kaki.
  • Konstipasi.

Lantas, apa akibatnya jika tubuh kekurangan vitamin B12? Simak berikut ini.

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Jika kamu menderita gangguan pencernaan, kanker, malnutrisi, hingga infeksi HIV, konsultasikan kebutuhan tubuhmu dengan dokter dan ahli gizi. Sebab, keadaan tersebut dapat membuat kamu lebih rentan kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 dapat memicu timbulnya penyakit lain.

Beberapa orang lainnya yang berisiko kekurangan vitamin B12 yaitu lansia, penderita diabetes dan pra-diabetes, serta vegetarian. Kemungkinan kamu yang termasuk seperti ini, tidak mengonsumsi vitamin B12 yang cukup atau tubuh kamu tidak bisa menyerap vitamin dengan maksimal. Atau, bisa juga karena mengeluarkan lebih banyak vitamin B daripada orang pada kebanyakan. Inilah beberapa akibat kekurangan vitamin B12 yang mungkin terjadi.

1. Anemia

Kekurangan vitamin B12, otomatis menyebabkan produksi sel darah merah menurun. Kondisi seperti ini disebut anemia megaloblastik. Tubuh kamu akan menjadi mudah letih dan lesu.

2. Cacat lahir

Akibat kekurangan vitamin B12, seseorang bisa mengalami cacat lahir. Untuk mencegah ini, peran aktif ibu sangat diperlukan. Ibu harus menjaga konsumsi vitamin B12 yang cukup seperti Ferospat untuk menghindari risiko ini, yaitu terjadinya neural tube defect atau katup bagian tulang belakang bayi tidak tertutup.

3. Osteoporosis

Vitamin B12 memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang, Keberadaannya yang sesuai, penting bagi osteoblas atau sel pembentuk kepadatan tulang. Akibat kekurangannya, kamu bisa lebih cepat mengalami osteoporosis.

Memahami kebutuhan tubuh bukan hal mudah dilakukan oleh semua orang. Masalah kecukupan vitamin B12 bisa kamu konsultasikan dengan ahli gizi jika ingin menjaminnya. Ketika kamu membutuhkan asupan tambahan misalnya, mungkin kamu akan disarankan untuk mengonsumsi suplemen.

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Makanan yang kaya akan vitamin merupakan salah satu asupan yang harus dikonsumsi. Sebab, banyaknya vitamin tersebut memberikan manfaat pada tubuh manusia. Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B12. Jenis vitamin yang satu ini sangat berguna seperti memproduksi jumlah sel darah merah, mencegah terjadinya kerusakan saraf, sehingga membantu proses biologis pada tubuh kita.
Maka dari itu, kebutuhan vitamin B12 begitu penting. Sayangnya, tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin B12 ini. Makanan merupakan sumber utama vitamin B12 serta berbagai vitamin lainnya. Sebelum mengetahui apa saja makanan yang mengandung vitamin B12, simak terlebih dahulu apa itu Vitamin B12.

Pengertian Vitamin B12

Vitamin B12 atau juga disebut sebagai cobalamin merupakan sebuah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B12 memiliki peran sangat penting untuk otak serta sistem saraf. Selain itu, vitamin B12 juga penting dalam pembentukan darah manusia. Vitamin yang satu ini sering terhubung pada metabolisme setiap sel pada tubuh. Khususnya pada sintesis serta regulasi DNA dan asam lemak.

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Setelah kita mengetahui seperti apa vitamin B12, kini ketahui juga apa saja daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin B12. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada daftar di bawah ini.

1. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kelancaran pembuluh darah. Selain itu, pada ikan salmon terdapat juga vitamin B12 yang jumlahnya sangat banyak. Untuk 3 ons ikan salmon memiliki kandungan hampir dua kali lipat dari kebutuhan orang dewasa per hari.

2. Ikan tuna

Selain ikan salmon, di dalam ikan tuna juga terdapat vitamin B12 yang tidak kalah banyak. Tidak jauh berbeda dengan ikan salmon, kamu bisa mendapatkan manfaat lain dari ikan tuna seperti asam lemak omega-3 dan vitamin lainnya.

4. Hati sapi

Jeroan sapi ini merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang cukup favorit pada masyarakat Indonesia. Bahkan, di dalam hati sapi memiliki jumlah vitamin B12 yang sangat banyak dengan jumlah 60 mikrogram per porsi.

5. Hati ayam

Sumber lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah hati ayam. Meskipun dari sisi ukuran dan juga harga tidak sebesar sapi, akan tetapi hati ayam memiliki kandungan vitamin B12 yang juga banyak. Kamu bisa mendapatkannya hanya dalam satu porsi atau 3 ons saja.

6. Daging sapi

Daging sapi memang memiliki banyak protein hewani, zat besi, dan berbagai vitamin, salah satunya adalah vitamin B12. Walaupun memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sebaiknya kamu tidak konsumsi daging sapi secara berlebihan. Sebab, kebanyakan makan daging sapi berpotensi menyebabkan kolesterol cepat naik dan juga penyakit jantung.

7. Daging ayam

Jika daging sapi cukup mahal untuk dibeli, kamu bisa mencari alternatifnya pada daging ayam. Di dalam daging ayam, khususnya pada bagian dada cukup banyak kandungan vitamin B12. Sama dengan daging sapi, di dalam daging ayam juga memiliki sumber protein hewani.

8. Susu

Susu merupakan minuman yang sangat banyak manfaatnya pada tubuh. Namun, jika kamu ingin merasakan manfaat vitamin B12, maka konsumsilah susu rendah lemak. Selain itu, susu rendah lemak juga memiliki kandungan lainnya seperti kalsium serta vitamin D.

9. Telur

Makanan terakhir adalah telur yang memang dikenal memiliki sumber protein pada tubuh. Jika dikonsumsi secara benar, di dalam satu butir telur memiliki banyak senyawa penting pada tubuh seperti vitamin B12. Ditambah lagi, di dalam telur juga ada vitamin D yang membantu tubuh untuk dapat menyerap kalsium dan merawat tulang.

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Apa yang terjadi jika kita kekurangan vitamin B12? Bisa jadi tubuh akan menerima hal yang sangat buruk. Vitamin B12 merupakan bagian nutrisi dalam tubuh yang memiliki peran penting. Karena Vitamin B12 tidak bisa diproduksi oleh tubuh, maka kita harus mendapatkannya melalui makanan.

Orang yang Rawan Terkena Kekurangan Vitamin B12

Jika kita melihatnya secara umum, orang yang sering terkena kekurangan vitamin B12 adalah lansia atau orang yang sudah berusia lanjut. Hal tersebut memang wajar mengingat semakin tua seseorang, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 semakin lambat. Meskipun begitu, masih ada orang yang bisa kekurangan Vitamin B12 sebagai berikut.

  • Telah menjalani operasi, khususnya pada bagian usus.
  • Terkena anemia yang sangat berat.
  • Orang yang memiliki riwayat diabetes dan sering konsumsi obat seperti metformin.
  • Terlalu keras melakukan diet.
  • Sering konsumsi obat antasida atau obat asam lambung.
  • Pernah terkena penyakit di sekitar usus.
  • Adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Biasanya orang-orang yang rawan terkena kekurangan vitamin B12 harus mengonsumsi suplemen tambahan sesuai anjuran dokter.

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Setelah kita mengetahui beberapa orang yang berpeluang mengalami kekurangan vitamin B12, kini kita juga harus tahu apa saja akibatnya. Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Anemia

Seseorang yang kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia. Secara khusus, jenis anemia ini adalah megaloblastik. Anemia megaloblastik sendiri merupakan sebuah gangguan pada darah saat sel darah merah berkualitas tinggi jumlahnya lebih sedikit. Akibatnya, tubuh pun tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup.

2. Depresi

Berdasarkan penelitian, orang yang kekurangan vitamin B12 sangat berhubungan erat dengan terjadinya depresi. Pada dasarnya, vitamin B12 dan berbagai vitamin B lainnya dapat memproduksi zat kimia tubuh sehingga memengaruhi suasana hati atau mood seseorang dan juga otak. Oleh sebab itu, kekurangan vitamin B12 dapat mengganggu produksi zat kimia pada otak.

3. Gangguan saraf

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menimbulkan gangguan saraf atau memiliki nama latin Neuropati perifer. Seseorang yang kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi selubung mielin yang fungsinya untuk melindungi saraf. Jika saraf tidak memiliki selubung mielin, maka jaringan saraf bisa sangat terganggu.

4. Gangguan rongga mulut

Jika kamu merasa lidah seperti terkena radang, maka itu bisa terjadi karena kekurangan vitamin B12. Kondisi lidah yang terkena radang tersebut sering disebut dengan glossitis. Selain radang, lidah juga akan berubah warna dan bentuknya pun mengalami perbedaan. Saat kamu makan, terasa sangat sakit dan akan mengalami pembengkakan.

Tidak hanya menyerang lidah saja, pada bagian mulut juga akan terasa terbakar. Mulut pun kering, sering haus, dan juga mati rasa. Kondisi ini akan terus berlangsung sepanjang hari sehingga bisa menyiksa penderitanya.

5. Susah buang air besar

Pada penjelasan sebelumnya, terdapat poin yang berhubungan dengan usus. Hal tersebut dikarenakan saat seseorang kekurangan vitamin B12, memiliki risiko pada masalah pencernaan. Salah satu permasalahan dalam pencernaan adalah sembelit atau susah buang air besar.

Untuk bisa mengatasi masalah susah buang air besar adalah dengan konsumsi makanan yang memiliki banyak vitamin B12. Contohnya hati sapi, ikan salmon, dan ikan tuna. Jika masih kurang, kamu bisa tambahkan dengan suplemen vitamin B12 sesuai petunjuk dokter.

Itulah beberapa poin akibat kekurangan vitamin B12 yang sangat berbahaya. Agar tidak kekurangan vitamin B12, kamu bisa mengonsumsi suplemen seperti Ferospat dari Pyfa Health. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga kamu selalu dalam keadaan sehat.

Buah yang Mengandung Vitamin B12

Buah yang Mengandung Vitamin B12

Pilihan buah yang mengandung vitamin B12 menjadi buruan banyak orang yang ingin mengonsumsinya. Vitamin menjadi salah satu bentuk nutrisi yang dibutuhkan manusia namun tidak diproduksi langsung oleh tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setiap orang perlu mengonsumsi makanan yang tepat dimana ragamnya cukup banyak untuk disesuaikan dengan minat dan keperluannya masing-masing individual.

Ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan oleh manusia dengan fungsi dan manfaatnya masing-masing. Salah satu pilihan vitamin yang dibutuhkan tersebut adalah vitamin B12.

Vitamin B12 memiliki fungsi yang penting untuk tubuh karena perannya dalam pembentukan protein, jaringan, dan sel darah manusia. Dengan fungsi pentingnya tersebut, kebutuhan akan vitamin B12 harus dipenuhi melalui konsumsi makanan tertentu.

Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin B12 untuk Kebutuhan Tubuh

Kebutuhan vitamin yang cukup menjadi salah satu syarat seseorang dapat menjadi sehat. Vitamin B12 dapat dipenuhi dalam beberapa pilihan bentuk makanan yang kebanyakan berupa protein baik nabati maupun hewani. Bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging olahan atau para vegetarian, alternatif pilihan makanan yang mengandung vitamin B12 diperlukan.

Vitamin B12 banyak terdapat di dalam daging, jeroan ayam maupun sapi, ikan, susu dan olahannya, serta sereal. Dengan pilihan makanan tersebut, mereka yang tidak menkonsumsinya tentu perlu mencari alternatif yang lebih jelas. Banyak dari mereka menginginkan pilihan lain tersebut dalam bentuk buah-buahan. Namun, sejauh ini belum ada buah yang memiliki kandungan khusus vitamin B12 namun tetap ada pilihan lain untuk bisa dikonsumsi oleh vegetarian.

Makanan dengan Kandungan Vitamin B12 yang Tinggi

Buah yang mengandung vitamin B12 dapat diganti dengan pilihan konsumsi makanan lain dimana tetap cocok dan bisa dikonsumsi. Beberapa pilihan makanan lain yang dapat dikonsumsi sebagai alternatif bahan pangan dengan kandungan vitamin B12 bisa dipertimbangkan dalam ulasan berikut ini.

1. Jamur shiratake

Pilihan makanan yang mengandung vitamin B12 dan bukan berasal dari protein hewani pertama adalah jamur shiratake. Makanan yang dikenal sebagai salah satu jamur konsumsi dari jepang tersebut dapat dipilih untuk menggantikan buah yang mengandung vitamin B12 khususnya bagi kaum vegetarian.

2. Rumput laut

Selain jamur, khususnya shiratake, pilihan bahan pangan lain yang juga mengandung vitamin B12 adalah nori atau rumput laut. Bahan pangan yang populer belakangan ini menjadi salah satu pilihan opsi makanan sehat di mana ada kandungan vitamin B12-nya. Sebelum mengonsumsinya, pilihlah rumput laut yang tepat karena tidak semua mengandung vitamin tersebut.

3. Produk olahan kedelai

Selain protein hewani, kebutuhan vitamin B12 khususnya bagi kaum vegetarian dapat dipenuhi dari protein nabati. Produk olahan dari kacang kedelai yang merupakan pilihan protein nabati dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 tubuh. Beberapa opsi produk olahan kacang kedelai tersebut mulai dari tahu, oncom, miso maupun tempe bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

4. Susu almond

Opsi lain yang juga dapat dikonsumsi kaum vegan untuk bisa memenuhi vitamin B12-nya adalah susu almond. Serupa dengan kedelai, almond juga memiliki kandungan protein nabati dan vitamin B yang berlimpah. Konsumsi susu almond membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 tubuh khususnya untuk vegan.

Keempat bahan pangan yang disebutkan di atas menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi demi memenuhi vitamin B12. Bagi kaum vegan, buah yang mengandung vitamin B12 memang sulit untuk dicari namun bisa diganti alternatifnya dengan beberapa pilihan bangan makanan yang menganding vitamin B12 lainnya untuk menggantikannya.

Vitamin B12 untuk Apa?

Vitamin B12 untuk Apa?

Bagi mereka yang memerhatikan kesehatan tubuh dan dalam kondisi tertentu, pertanyaan vitamin B12 untuk apa sering dicari jawabannya.

Kebutuhan vitamin sendiri sudah dikenal sebagai nutrisi yang banyak membantu fungsi tubuh manusia agar dapat beraktivitas secara normal dan tetap terjaga kondisi kesehatannya. Berbagai vitamin dalam tubuh dipenuhi dari berbagai pilihan makanan yang dikonsumsi setiap orang mengingat organ manusia tidak bisa memproduksi vitamin sendiri.

Setiap vitamin yang diperlukan oleh manusia tentu memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Bagi mereka yang sadar akan kesehatannya, memenuhi nutrisi setiap hari menjadi konsen yang harus diperhatikan secara jelas termasuk vitamin B12. Vitamin yang penting untuk proses pembentukan protein tubuh tersebut bisa memberikan dampak buruk ketika terjadi defisiensi atau kekurangan.

Jadi, Vitamin B12 untuk Apa? Ini Jawabannya

Banyaknya pilihan vitamin yang dibutuhkan tubuh membutuhkan pemahaman lebih dan banyak pertanyaan mengenai fungsinya. Pilihan vitamin B12 sendiri tentu memiliki fungsi spesifik terhadap tubuh manusia. Penjelasan mengenai kegunaan dan manfaat dari salah satu jenis vitamin B tersebut dapat diperhatikan melalui ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mencegah cacat lahir bayi saat masa kehamilan

Manfaat pertama dari vitamin B12 yang perlu diketahui adalah sebagai salah satu suplemen penting dalam masa kehamilan. Konsumsi vitamin tersebut selama masa kehamilan dengan dosis yang cukup atau memenuhinya dari makanan tertentu dapat mencegah risiko catat lahir pada bayi.

Fungsinya yang jelas menjadikan banyak dokter kandungan selalu memberikan saran untuk ibu mengonsumsi makanan dengna kandungan vitamin B12 cukup tinggi.

2. Mencegah terjadinya kondisi anemia

Jawaban untuk pertanyaan vitamin B12 untuk adalah sebagai salah satu upaya untuk mencegah anemia. Kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan keadaan tidak sehat dengan beberapa gejalanya seperti lemah, lesu, dan pucat. Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat mencegah terjadinya anemia.

3. Mencegah terjadinya osteoporosis

Fungsi lain dari vitamin B12 yang bisa ditemukan di dalam banyak protein hewani tersebut adalah untuk mencegah osteoporosis. Vitamin B12 dapat menjaga kepadatan tulang sehingga bisa mencegah terjadinya kerapuhan dan dapat mengurangi risiko osteoporosis terutama untuk wanita.

4. Membantu menjaga kesehatan organ jantung

Jantung menjadi salah satu bagian terpenting tubuh yang sering memiliki ancaman masalah serius dan membahayakan nyawa. Kesehatan jantung perlu dijaga agar tidak meningkatkan risiko terjadinya dampak fatal terhadap tubuh. Memenuhi asupan vitamin B12 yang cukup dapat menjaga kondisi kesehatan jantung.

5. Mengurangi risiko stres dan gangguan depresi ringan

Mengurangi dan mencegah terjadinya risiko stres maupun gangguan depresi ringan merupakan jawaban lain dari kegunaan vitamin B12 untuk apa. Hormon serotonin yang diproduksi selama tubuh mengalami keadaan stres atau depresi dapat dimetabolisme secara alami dengan bantuan vitamin B12. Dengan fungsinya tersebut, risiko stres dan depresi ringan dapat diatasi dengan konsumsi vitamin B12.

6. Mencegah terjadinya demensia

Demensia merupakan keadaan di mana otak mengalami penurunan daya ingat dan proses berfikir. Kurangnya kadar vitamin B12 dapat memperburuk kemampuan otak dalam hal menyimpan memori. Konsumsi vitamin B12 dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah terjadinya demensia.

7. Menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit

Memiliki kuku, rambut, dan kulit yang sehat membantu seseorang mendapatkan kesan tubuh positif. Untuk membantu menjaga kesehatannya tersebut, pemenuhan vitamin B12 yang cukup harus dijaga. Kekurangan vitamin B12 terbukti dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit dan menurunnya kesehatan rambut serta kuku.

Tujuh manfaat dari vitamin B12 yang disebutkan di atas amat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Menjaga kecukupan konsumsi vitamin B12 dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan berdampak pada maksimalnya aktivitas harian. Melalui jawaban atas pertanyaan vitamin B12 untuk apa tersebut, konsumsinya amat penting untuk selalu dijaga agar tubuh tercukupi angka kebutuhannya.

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi akan menunjukkan keadaan tertentu seperti halnya gejala kekurangan vitamin B12. Nutrisi dalam tubuh memang perlu untuk dijaga dengan baik agar dapat menjadikannya tetap sehat serta bisa menjadikan organ berfungsi secara normal dan bekerja secara optimal. Demi menjalani kondisi kesehatan yang baik, kecukupan asupan nutrisi perlu diperhatikan dengan benar.

Tubuh membutuhkan banyak bentuk nutrisi yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu agar aktivitas hariannya tidak terganggu. Berbagai nutrisi dapat dipenuhi dengan jalan mengonsumsi makanan yang cukup dengan kandungan jelas dan tepat. Vitamin jadi satu bagian nutrisi tubuh yang berperan penting terhadap keberlangsungan hidup dan keadaan sehat dari seseorang.

Vitamin B12 Penting untuk Dipenuhi Karena Fungsi Pentingnya

Kondisi gejala kekurangan vitamin B12 bagi tubuh menjadi salah satu contoh nutrisi yang perlu dipenuhi dengan baik agar tidak terjadi. Kebutuhan akan vitamin B12 dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan yang tepat. Pilihan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 kebanyakan berasal dari protein hewani termasuk aneka pilihan daging, kerang, hingga jeroan sapi.

Kebutuhan akan vitamin B12 tersebut bagi tubuh diperlukan untuk memenuhi beberapa fungsi tertentu yang penting untuk diperhatikan. Bentuk fungsi dari vitamin B12 bagi tubuh mulai dari pembentukan protein, jaringan, dan sel darah sampai mencegah kelahiran cacat pada bayi. Dengan fungsi tersebut, pemenuhan dan kondisi defisiensi atau kekurangan nutrisi harus dihindari.

Gejala Kekurangan Vitamin B12 yang Perlu Diwaspadai

Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan beberapa bentuk gejala tertentu yang perlu diwaspadai. Kondisi gejala tersebut harus diperhatikan karena jika tidak dapat memberikan efek yang lebih buruk bagi tubuh. Adapun beberapa gejala seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya tersebut dapat diperhatikan melalui ulasan di bawah ini.

1. Kondisi tubuh yang menjadi mudah lelah dan sering lemah

Gejala kekurangan vitamin B12 yang perlu diketahui adalah keadaan dimana tubuh akan menjadi mudah lelah. Kondisi lelah tersebut juga akan diikuti dengan perasaan yang lemah dari tubuh seseorang ketika kekurangan vitamin B12. Keadaan ini terjadi karena peredaran oksigen ke seluruh tubuh yang berkurang akibat produksi sel darah merah terhambat ketika kekurangan vitamin B12.

2. Kulit yang terlihat pucat

Gejala lain yang juga menjadi peringatan seseorang mengalami defisiensi vitamin B12 adalah kulit yang pucat. Sel darah merah yang diproduksi dengan kurang menjadikan tubuh lebih memprioritaskan alirannya ke orang vital sehingga bagian kulit tidak terlalu mendapatkannya. Kondisi tersebut yang menjadikan kulit tampak pucat saat kurang vitamin B12.

3. Susah bernafas atau sesak

Gejala kekurangan vitamin B12 yang dari dilihat dari tubuh lainnya adalah sesak dan sulit untuk bernafas. Sama halnya dengan gejala di atas, organ paru yang kekurangan oksigen dapat menjadikan tubuh seseorang tidak bisa bernafas dengan mudah. Kondisi sesak menjadi salah satu bentuk gejala yang cukup spesifik dari seseorang dengan defisiensi vitamin B12 dalam tubuhnya.

4. Kesemutan yang sering dialami seseorang

Bentuk gejala lain yang juga dapat terlihat ketika seseorang kekurangan vitamin B12 adalah kondisi dimana sering mengalami kesemutan. Kondisi kesemutan menunjukkan arah bahwa kekurangan vitamin B12 sudah berlangsung cukup lama dan mulai mengganggu kerja syarat. Vitamin B12 berperan dalam proses pelapisan dan perlindungan syarat.

Bentuk Gejala Kekurangan Vitamin B12 Lainnya

Keadaan tubuh lainnya juga dapat menunjukkan kondisi gejala kekurangan vitamin B12 selain pertanda di atas. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B12 juga akan mengalami beberapa kondisi lain seperti penglihatan mulai kabur, badan terasa lebih panas, perubahan perasaan, keseimbangan terganggu, dan kondisi dimana mudah mengalami sariawan atau peradangan.

Kelima bentuk gejala spesifik dari kekurangan vitamin B12 di tubuh yang dijelaskan di atas harus menjadi pertanda penting untuk diperhatikan dengan baik. Efek buruk dari kondisi defisiensi vitamin tersebut menjadikan keadaan atau gejala kekurangan vitamin B12 harus diperhatikan dan perlu diwaspadai.

Sayuran yang Mengandung Vitamin B12

Sayuran yang Mengandung Vitamin B12

Beragam jenis bahan pangan memiliki kandungan nutrisi tersendiri termasuk sayuran yang mengandung vitamin B12. Sayuran sudah dikenal sebagai bahan pangan sehat yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh termasuk terpenuhinya berbagai jenis nutrisi. Kebutuhan akan nutrisi tersebut yang akan membantu tubuh bekerja secara optimal dan dapat menjadikannya memiliki kondisi kesehatan lebih terjaga.

Salah satu nutrisi yang diperlukan dan hanya diperoleh dari luar tubuh adalah vitamin termasuk vitamin B12. Vitamin tersebut memiliki fungsi penting terkait dengan pembentukan sel darah merah, protein, dan jaringan tubuh. Kebutuhan akan vitamin B12 tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi berbagai macam bentuk pilihan sesuai dengan keinginan masing-masing individu.

Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki fungsi yang lebih penting untuk tubuh manusia sehingga harus dipenuhi. Bukan hanya fungsinya yang penting, kekurangan atau defisiensi vitamin B12 dapat menimbulkan gejala penurunan kesehatan tertentu bagi tubuh. Agar kesehatan dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar, pemenuhan vitamin B12 dan berbagai nutrisi lainnya perlu untuk dipenuhi.

Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 bagi tubuh. Pilihan makanan tersebut kebanyakan berasal dari sumber protein hewani seperti daging ayam dan sapi, jeroan, kerang, kepiting, ikan, dan juga susu. Selain makanan yang bersumber dari hewan, beberapa orang membutuhkan alternatif konsumsi sumber vitamin B12 dari nabati seperti sayuran dan buah.

Pilihan Sayuran yang Mengandung Vitamin B12 Cukup Tinggi

Beberapa orang yang tidak bisa atau kurang menyukai protein hewani sering membutuhkan alternatif pilihan lainnya. Kaum vegan contohnya yang membutuhkan pilihan makanan vegetarian untuk memenuhi asupan vitamin B12-nya.

Beberapa opsi pilihan sayuran yang memiliki nutrisi vitamin B12 cukup banyak dapat dilihat dari ulasan di bawah ini sebagai pertimbangan bahan pangan sehari-hari.

1. Jamur shitake kering

Pilihan sayuran yang mengandung vitamin B12 cukup tinggi dan dapat menjadi konsumsi sehari-hari adalah jamur shitake kering. Jamur menjadi salah satu contoh sumber makanan pengganti protein hewani yang dapat dikonsumsi vegetarian demi memenuhi kebutuhan vitamin B12. Konsumsi jamur bisa menjadi alternatif pengganti daging.

2. Rumput laut

Jenis sayuran lain yang memiliki kandungan vitamin B12 cukup tinggi adalah rumput laut. Makanan yang memiliki rasa dan aroma khas tersebut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisa memberikan asupan vitamin B12 bagi tubuh. Rumput laut banyak dikonsumsi sebagai bahan pangan pendamping dalam beberapa olahan terutama masakan Asia dari Jepang maupun Korea.

3. Olahan dari kacang kedelai

Pilihan sayuran yang mengandung vitamin B12 lainnya adalah olahan dari kacang kedelai. Susu kedelai terutama yang memiliki kandungan vitamin B12 tinggi. Pilihan konsumsi susu kedelai tersebut jadi opsi makanan yang dapat dikonsumsi bagi kaum vegan terkait kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuhnya terutama untuk vitamin B12.

Selain susu kedelai, ada ada beberapa olahan susu kacang-kacangan lain yang mengandung vitamin B12 seperti tahu dan tempe. Kedelai jadi alternatif bahan makanan yang cocok sebagai pemenuh kebutuhan vitamin B12 untuk tubuh terutama bagi mereka dengan masalah terhadap konsumsi protein hewani.

Sumber utama untuk memenuhi nutrisi vitamin B12 memang berupa protein hewani. Untuk sebagian orang, mengonsumsi daging dan turunannya merupakan hal yang tidak disenangi atau perlu dihindari. Konsumsi sayuran yang mengandung vitamin b12 dapat menjadi satu alternatif untuk orang dengan kondisi tersebut.

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi – Kalau dicari-cari, sebenarnya ada banyak pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi semua orang. Saking banyaknya, kadang membuat bingung, sebaiknya hari ini makan apa, ya? Lalu, manfaat makanan tersebut apa saja, ya? Salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan kamu adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan dengan kandungan protein …

7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Selengkapnya »

Cara Mengobati Darah Rendah

6 Cara Mengobati Darah Rendah yang Bisa Kamu Coba

Cara Mengobati Darah Rendah – Wajah yang tampak lesu dapat menunjukkan bahwa kamu sedang tidak sehat. Begitu pucat raut wajahmu, tubuh juga terasa lemas. Hati-hati, bisa jadi kamu sedang mengalami darah rendah. Tekanan darah rendah bahkan bisa menimbulkan rasa sakit di kepala dengan skala ringan dan juga rasa pusing. Kalau secara angka, seseorang dikatakan darah …

6 Cara Mengobati Darah Rendah yang Bisa Kamu Coba Selengkapnya »

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing – Pasien penderita tiroiditis umumnya mengonsumsi suplemen atau vitamin saat mengalami keluhan seperti badan lemas dan kepala pusing. Namun, tidak semua pasien bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang sama untuk mengatasinya. Karena memang, kondisi kesehatan setiap pasien tentu berbeda-beda. Jika pemilihan suplemen atau vitamin tidak sesuai, maka hasilnya juga …

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis Selengkapnya »