• shopee-bigramadhansale-1920x745

Vitamin B1

Vitamin B1 – Vitamin B1 atau yang juga dikenal dengan nama tiamin merupakan vitamin yang berperan dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Vitamin B1 berfungsi untuk membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik.

Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat, sumber dan risiko kekurangan vitamin B2 secara tuntas.

Manfaat Vitamin B1

Manfaat Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki beragam manfaat yang salah satu dan yang penting adalah untuk membantu mencegah komplikasi pada organ tubuh, terutama pada sistem saraf, otak, jantung, lambung, dan usus. Karena tiamin akan diserap oleh elektrolit untuk menjaga fungsi sel-sel otot dan saraf tubuh. Selain itu terdapat pula manfaat lainnya seperti berikut ini.

1. Mencegah beri-beri

Vitamin yang satu ini berfungsi untuk mencegah penyakit beri-beri. Beri-beri sendiri merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Oleh sebab itu, hal tersebut memicu penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Penderita penyakit beri-beri biasanya memiliki gejala penurunan fungsi otot, sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, hingga sulit berbicara.

2. Mengurangi stres

Seorang dokter spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, dr. Sherry Ross, mengatakan bahwa asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Artinya, asupan tiamin alias vitamin B1 yang cukup dapat membuat orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin yang satu ini juga kerap digunakan oleh banyak atlet sebagai suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain menjaga sistem imun tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit kronis seperti HIV/Aids, hepatitis, jantung, dan lain sebagainya.

Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

Ketika seseorang mengandung atau menyusui, penting untuk mendapat asupan nutrisi dan vitamin B1.

Tiamin alias vitamin B1 ini merupakan salah satu vitamin yang berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh.

American Pregnancy.org melaporkan bahwa peran dan manfaat semua vitamin B untuk ibu hamil sangatlah tinggi. Salah satunya yaitu vitamin B1 yang memainkan peran utama dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Untuk itu, penting untuk ibu hamil memenuhi asupan harian vitamin B1, yaitu 1,4 mmg per harinya.

Nah, di bawah ini merupakan jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B1 untuk penuhi asupan harian tiamin kamu sehari-hari.

Sumber Vitamin B1

Sumber Vitamin B1

Penting untuk diketahui, bahwa vitamin B1 tidak diproduksi ataupun disimpan oleh tubuh. Artinya, kamu membutuhkan asupan vitamin B1 dari luar yang berasal dari makanan. Sementara itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan asupan vitamin B1 yang per hari berkisar antara 1 hingga 1,4 mg. Berikut ini sejumlah makanan yang menjadi sumber vitamin B1.

  • Daging.
  • Telur.
  • Nasi.
  • Sayur dan buah-buahan.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai dan lentil.
  • Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1, seperti sereal, roti, dan pasta.

Tidak hanyak lewat makanan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin B1 dengna mengonsumsi suplemen. Namun, perlu diingat sebelum konsumsi vitamin, konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat untukmu, ya.

Risiko Akibat Kekurangan Vitamin B1

Risiko Akibat Kekurangan Vitamin B1

Risiko terjadinya kekurangan asupan vitamin B1 mungkin terjadi. Parahnya, apabila tubuh kekurangan vitamin B1, maka dapat menyebabkan penyakit beri-beri dan penyakit Wernicke. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beri-beri dapat dikenali dari gejala sesak napas, gerakan mata yang tidak normal, detak jantung meningkat, kaki bengkak, dan muntah-muntah.

Sementara penyakit Wernicke merupakan kondisi yang memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan penglihatan berbayang, gangguan koordinasi otot, dan penurunan fungsi mental. Apabila penyakit ini tidak diobati, maka penyakit Wernicke dapat memburuk dan menjadi sindrom Wernicke-Korsakoff.

Perlu kamu ketahui, bahwa gejala sindrom Wernicke-Korsakoff dapat berupa halusinasi, amnesia, mata sulit dibuka (ptosis), sulit memahami suatu informasi, hilang ingatan, atau tidak bisa membentuk ingatan baru. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan pembuangan tubuh seperti urine. Semakin banyak kamu minum air putih, semakin lancar pula pembuangan urinemu. Tanda urine yang sehat adalah yang tidak berwarna, karena artinya cairan dalam tubuhmu mencukupi. Jika saluran urine kamu sedang tidak sehat, ada beberapa gejala …

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat Selengkapnya »

Manfaat Vitamin B1

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B1 – Dikenal juga dengan nama tiamin, vitamin B1 berperan penting untuk tubuh yang salah satu perannya dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Vitamin B1 dapat membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik. Untuk memenuhi kebutuh vitamin B1 untuk asupan harian tubuh, dapat diperoleh melalui makanan atau suplemen. Perlu diketahui terlebih …

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Selengkapnya »

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing – Pasien penderita tiroiditis umumnya mengonsumsi suplemen atau vitamin saat mengalami keluhan seperti badan lemas dan kepala pusing. Namun, tidak semua pasien bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang sama untuk mengatasinya. Karena memang, kondisi kesehatan setiap pasien tentu berbeda-beda. Jika pemilihan suplemen atau vitamin tidak sesuai, maka hasilnya juga …

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis Selengkapnya »