• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl

Vitamin B

Vitamin B – Tubuh manusia memerlukan asupan nutrisi lengkap untuk menunjang kesehatan dan kebugarannya. Salah satu nutrisi penting itu ialah vitamin B yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami lebih mendalam mengenai pentingnya asupan vitamin B untuk tubuh, seperti pada penjelasan berikut ini.

Vitamin B Adalah...

Vitamin B Adalah…

Seperti jenis vitamin lainnya, vitamin B juga merupakan asupan yang memiliki peranan penting untuk tubuh. Vitamin B adalah vitamin yang dapat larut dalam air yang memainkan peran penting dalam metabolisme sel dan sintesis sel darah merah.

Namun, meski memiliki peranan yang amat penting untuk tubuh, sayangnya tubuh kita belum bisa memproduksi vitamin B sendiri. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan vitamin B dengan cara mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B.

Manfaat Vitamin B

Manfaat Vitamin B

Vitamin B memiliki berbagai peran dan fungsi dalam tubuh seperti untuk memproduksi energi, hormon, dan kolesterol. Tidak sampai disitu, vitamin B juga berguna untuk pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, metabolisme sel, serta pembentukan sel darah merah dan lain-lain.

Bagi perempuan, vitamin B memiliki peranan vital terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan oleh kemampuannya dalam membantu perkembangan otak janin serta mengurangi risiko cacat lahir.

Tak hanya itu, terdapat pula manfaat lain dari vitamin B bagi wanita yaitu mampu menambah energi dan mengurangi rasa mual pada ibu hamil, serta menurunkan risiko preeklamsia. Lalu, tak hanya bagi wanita, vitamin B juga penting untuk pria, karena berfungsi untuk meningkatkan kadar testosteron dan membantu membangun otot.

Sumber Vitamin B

Sumber Vitamin B

Apabila kamu ingin menambah asupan vitamin B, kamu tidak perlu khawatir karena sumber vitamin B bisa didapatkan pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sumber vitamin B dapat diperoleh dari:

  • Daging.
  • Ikan.
  • Sereal.
  • Biji-bijian.
  • Telur.
  • Susu.
  • Roti.
  • Buah-buahan segar dan kering.
  • Sayuran.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sumber asupan vitamin B melalui suplemen yang beredar di pasaran. Namun, mesti diingat ya bahwa asupan suplemen dan vitamin harus melalui resep atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Jenis-jenis Vitamin B

Jenis-jenis Vitamin B

Pada dasarnya, vitamin B terdiri dari beberapa jenis senyawa yang berbeda dan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Setidaknya terdapat delapan jenis vitamin B.

Meskipun vitamin ini memiliki nama yang mirip, namun merupakan jenis senyawa yang berbeda yang sering hidup berdampingan dalam makanan yang sama. Nah, secara umum, suplemen makanan yang mengandung kedelapan jenis vitamin B tersebut disebut sebagai vitamin B complex. Berikut ini adalah delapan jenis vitamin B dan fungsinya yang perlu kamu ketahui.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 atau Tiamin berfungsi untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi dan memiliki peran dalam fungsi saraf.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 atau Riboflavin memiliki peran dalam produksi energi dan membantu penglihatan, serta kesehatan kulit.

  • Vitamin B3

Vitamian B3 atau juga disebut Niacin memiliki fungsi untuk mengubah makanan menjadi energi dan membantu proses pencernaan.

  • Vitamin B5

Asam pantotenat merupakan nama lain dari vitamin B5. Vitamin yang satu ini sangat diperlukan untuk metabolisme karbohidrat, protein, lemak, dan alkohol, serta menghasilkan sel darah merah dan hormon steroid.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 atau Piridoksin dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme protein dan karbohidrat, serta pembentukan sel darah merah dan bahan kimia otak tertentu. Tak hanya itu, vitamin ini juga dapat memengaruhi proses dan perkembangan otak, fungsi kekebalan tubuh, dan aktivitas hormon steroid kamu.

  • Vitamin B7

Vitamin B7 atau Biotin diperlukan untuk metabolisme energi, sintesis lemak, metabolisme asam amino, dan sintesis glikogen. Nah, asupan biotin yang tinggi dapat berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol darah.

  • Vitamin B9

Vitamin B9 atau yang lebih dkenal dengan nama asam folat sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Mengonsumsi asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir ketika dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Vitamin B12

Cobalamin sebutan untuk vitamin B12, merupakan senyawa yang membantu memproduksi dan memelihara sel-sel saraf, pembentukan sel darah merah, dan penguraian beberapa asam lemak dan asam amino untuk menghasilkan energi.

Akibat Kekurangan Vitamin B

Akibat Kekurangan Vitamin B

Apabila kamu jarang mengonsumi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, hal tersebut dapat membuat tubuh kamu kekurangan vitamin B. Nah, ketika asupan vitamin B kurang, ada beberapa kondisi yang mungkin terjadi, seperti anemia, demensia, depresi, perubahan perilaku, kesemutan di kaki dan tangan, kelelahan ekstrem, mudah marah, ruam kulit, masalah pencernaan, dan diare.

Maka dari itu, yuk penuhi kebutuhan nutrisi harian kamu dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Jika kamu masih khawatir kebutuhan vitamin B tidak terpenuhi dengan baik, kamu bisa membantu tubuhmu mendapatkan manfaat vitamin B dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin B, ya!

Fungsi Vitamin B

Fungsi Vitamin B

Terdapat beragam manfaat kandungan vitamin B untuk tubuh. Namun, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat delapan jenis vitamin B dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Kedelapan vitamin tersebut apabila digabungkan, maka dapat disebut sebagai vitamin B complex.

Masing-masing jenis vitamin B memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu, mari ketahui lebih mendalam mengenai apa saja sih fungsi dari ragam vitamin B pada penjelasan berikut ini.

  • Fungsi Vitamin B1 (thiamine)

Vitamin B1 atau yang juga biasa disebut dengan thiamine memiliki fungsi untuk menjaga sistem saraf kamu tetap sehat. Selain itu, vitamin B1 juga diperlukan dalam mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi. Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong, untuk mendapatkan manfaat dari vitamin tersebut.

  • Vitamin B2 (riboflavin)

Asupan vitamin B2 ternyata sangat baik untuk menjaga agar kulit dan mata tetap sehat, lho. Pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin B2, ya. Karena asupan vitamin B2 juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

  • Vitamin B3 (niacin)

Niacin atau vitamin B3 berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menjaga kesehatan kulit, dan mengubah makanan menjadi energi. Kamu bisa memeroleh sumber terbaik vitamin B3 pada susu, kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging sapi.

  • Vitamin B5 (pantothenic acid)

Jenis vitamin B selanjutnya adalah vitamin B5 yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh serta penting dalam produksi hormon. Tak hanya itu saja, makanan yang kamu konsumsi juga bisa diubah menjadi energi karena adanya vitamin B5. Nah, asupan vitamin B5 ini bisa kamu dapatkan pada makanan, seperti kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah.

  • Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin B6 atau yang juga disebut dengan pyridoxine ini bermanfaat untuk membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Nutrisi ini juga memiliki peran penting dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Selain itu, saluran pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari sistem imunitas pun terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh kamu.

  • Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 alias biotin memang memiliki peran penting dalam memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa untuk dijadikan tenaga bagi tubuh. Terlebih lagi, biotin juga bermanfaat dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari vitamin B7 ini dengan mengonsumsi pisang, salmon, wortel, sereal, hati, dan kembang kol.

  • Vitamin B9 (folic acid)

Folic acid atau yang disebut dengan vitamin B9 ini jika berkolaborasi bersama vitamin B12 akan menghasilkan produksi sel darah merah yang sehat. Tak hanya itu, vitamin B9 juga dapat membantu sel-sel tubuh dalam pembuatan serta menjaga DNA. Bahkan, dengan mengonsumsi vitamin B9 ketika hamil bisa menurunkan risiko bayi di dalam kandungan mengalami kecacatan sistem saraf pusat, seperti spina bifida.

  • Vitamin B12 (cobalamin)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa vitamin B12 penting dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi, serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Kamu tentu dapat mendapatkan vitamin B12 dari makanan seperti salmon, daging, susu, keju, dan telur.

Nah, itulah tadi berbagai jenis vitamin B dan manfaat serta fungsinya. Namun, perlu pula diingat, meskipun bermanfaat, mengonsumsi vitamin B harus sesuai dengan takaran harian yang ditentukan, karena konsumsi vitamin B secara berlebihan juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Makanan yang Mengandung Vitamin B

Makanan yang Mengandung Vitamin B

Asupan vitamin B merupakan salah satu jenis nutrisi yang yang memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Fungsi dari vitamin ini dapat mendukung sistem saraf, kulit, metabolisme sel, dan meningkatkan energi.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat delapan bentuk dari vitamin B yang tergabung dalam vitamin B complex. Delapan vitamin tersebut antara lain Tiamin (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam Pantotenat (B5), Piridoksin (B6), Biotin (B7), Folat (B9), dan Cobalamin (B12).

Mengingat besarnya dari vitamin B untuk tubuh, yuk ketahui sumber vitamin B yang dapat kita konsumsi. Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

1. Telur

Telur memang dikenal sebagai sumber protein yang besar, namun ternyata telur juga mengandung berbagai vitamin B dan biotin atau vitamin B7. Kandungan vitamin B7 ini terdapat di dalam putih dan kuning telur. Jadi, apabila kamu ingin mendapatkan gizi yang penuh dari telur, sebaiknya makan keduanya, ya!

2. Salmon

Siapa yang bisa menyangkal kalau ikan salmon merupakan jenis ikan yang sangat kaya kandungan nutrisi. Ya, ikan salmon memang kaya mineral, protein, vitamin, dan asam lemak omega 3. Pada setidaknya satu porsi salmon 100 gram akan memberikan sekitar setengah dari kebutuhan sehari-hari untuk B3, B12, dan B6. Tak hanya itu, terdapat pula kandungan vitamin B2, B1, dan B5. Lengkap sekali, bukan

3. Ayam

Tahukah kamu kalau ayam juga merupakan sumber yang sangat baik dari niasin atau jenis vitamin B3? Bahkan, tak hanya itu, daging ayam juga mengandung piridoksin atau vitamin B6, dan mengandung 6 dari delapan vitamin B lainnya, lho.

4. Susu sapi

Kamu dapat memeroleh manfaat vitamin B2 dari susu sapi. Perlu diketahui, bahwa vitamin B2 membantu tubuh melepaskan energi dari makanan yang kita makan, sekaligus mendukung sistem saraf yang sehat. Jadi, jangan lupa ya untuk meminum susu demi melengkapi nutrisi dan jadi sumber terbaik untuk vitamin B2.

5. Bayam

Sayuran yang sangat disukai oleh tokoh Popeye ini memang memiliki segudang manfaat. Bayam menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin B9 atau asam folat. Meski begitu, perhatikan pengolahan sayur ini, ya. Jangan terlalu lama saat memasak bayam, karena akan menghilangkan kandungan folatnya.

6. Kacang-kacangan

Makanan dengan kandungan vitamin B selanjutnya adalah berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang hitam, buncis, edamame, atau kedelai. Kandungan nutrisi folat atau vitamin B9 dapat diperoleh dari kacang-kacangan tersebut. Manfaat dari kandungan folat ini membantu tubuh membentuk sel darah merah yang sehat.

7. Daging sapi

Asupan vitamin B juga bisa kamu peroleh dari mengonsumsi daging sapi. Bukan hanya kaya protein, daging sapi juga memiliki enam dari delapan kandungan vitamin B. Kandungan vitamin B3 dalam daging sapi juga tinggi, serta dapat membantu menjaga sistem saraf dan kulit dan terdapat pula vitamin B1, B2, dan B6, dan B12.

8. Hati sapi

Tahukah kamu? Ternyata hati sapi juga mengandung banyak vitamin B, lho. Diperkirakan, pada setidaknya sepotong besar hati sapi (sekitar 100 gram) mengandung B2, B5, dan B3. Terdapat pula kandungan B9, B6, dan B12 yang berlimpah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu juga tidak perlu makan banyak-banyak, cukup menambahkan hati sapi cincang ke dalam makananmu, kebutuhan vitamin B kamu sudah bisa tercukupi.

Buah yang Mengandung Vitamin B

Buah yang Mengandung Vitamin B

Selain menyegarkan, mengonsumsi buah-buahan juga mendatangkan banyak manfaat pada tubuh. Salah satu manfaat yang terkandung dalam buah-buahan adalah vitamin dan mineral.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai buah-buahan apa saja yang mengandung vitamin B. Berikut ini daftar buah yang mengandung vitamin B tinggi yang perlu kamu ketahui.

1. Alpukat

Buah yang mengandung vitamin B yang pertama adalah buah alpukat. Buah bertekstur lembut satu ini mengandung vitamin B, khususnya vitamin B5. Pada setiap 100 gram buah alpukat, terkandung sekitar 1,39 mg vitamin B5. Bukan cuma mengandung vitamin B5, alpukat juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2.

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, vitamin B6, dan vitamin B2 yang terdapat di dalam alpukat bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, dan mengoptimalkan fungsi otak.

2. Blueberry

Buah blueberry menjadi buah yang mengandung vitamin B selanjutnya. Diperkirakan, pada setiap 340 gram blueberry, terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 5 persen dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Tak hanya itu saja, buah blueberry juga mengandung 0,05 mg vitamin B1 dan 0,01 mg vitamin B2.

3. Pisang

Buah pisang juga kaya akan kandungan vitamin B, lho. Diketahui, pada setiap 100 gram buah pisang mengandung tidak kurang dari 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2. Kandungan vitamin B yang kaya pada pisang menjadikan buah ini baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, juga merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

4. Jeruk

Meski dikenal sebagai sumber vitamin C, buah jeruk ternyata juga akan kandungan vitamin B, lho. Pada buah yang memiliki warna hijau dan oranye ini juga memiliki kandungan vitamin B, khususnya vitamin B6. Kandungan kadar vitamin B6 pada jeruk mampu memenuhi 5 persen dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan.

5. Mangga

Buah dengan kandungan vitamin vitamin B selanjutnya adalah buah mangga. Kandungan kadar vitamin B dalam setiap 100 gram mangga mencapai 0,25 mg. Kandungan vitamin B pada mangga itulah yang menyebabkan buah dengan daging berwarna kuning ini memiliki sejumlah manfaat, seperti penambah energi, merawat mata, meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker.

6. Nanas

Buah khas iklim tropis, nanas, juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin B yang kaya. Bukan hanya rasanya yang menyegarkan, nanas adalah buah yang mengandung vitamin B sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mengoptimalkan daya ingat pada otak. Hal tersebut dikarenakan buah nanas mengandung vitamin B1 (thiamin) yang memang fungsinya meningkatkan dan menjaga daya ingat.

7. Kurma

Buah yang satu ini mungkin akan lebih mudah ditemui ketika bulan Ramadhan tiba. Ya, buah kurma ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diketahui, buah asal timur tengah ini mengandung banyak vitamin di dalamnya, termasuk vitamin B. Setidaknya pada setiap 100 gram buah kurma terdapat kandungan vitamin B5 sebanyak 0,8 mg, vitamin B6 0,2 mg, vitamin B2, 0,09 mg, dan vitamin B1 0,07 mg.

8. Semangka

Buah dengan kandungan vitamin B yang terakhir adalah buah semangka. Buah dengan daging berwarna merah segar ini memang kaya akan kandungan serat. Tak hanya kandungan serat di dalamnya, semangka juga mengandung banyak vitamin, tak terkecuali vitamin B, terutama vitamin B6. Terdapat banyak manfaat semangka melalui vitamin B6 yang dimilikinya, seperti menjaga fungsi otak dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Asupan vitamin B sangat dibutuhkan tubuh karena memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Vitamin B sendiri merupakan zat yang larut dalam air dan memiliki peran yang sangat penting di dalam metabolisme sel. Namun, sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin B secara mandiri. Maka, kita harus mencukupi kebutuhan vitamin B ini dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B di dalamnya.

Nah, salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B alami adalah sayuran. Pada artikel ini akan dibahas mengenai apa saja sayuran yang mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan. Yuk, simak selengkapnya.

1. Asparagus

Sayuran yang mengandung vitamin B pertama adalah asparagus. Meski bukan sayuran yang biasa dimasak dalam masakan Indonesia, sayuran ini cukup mudah ditemui di berbagai swalayan modern. Selain memiliki kandungan vitamin B complex, asparagus juga mengandung serat dan protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Kentang

Kentang juga menjadi sayuran yang mengandung vitamin di dalamnya. Kentang juga cukup mudah ditemui di pasaran dan mudah pengolahannya. Meski dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks, ternyata kentang juga memiliki vitamin B xomplex tinggi, lho. Jenis vitamin B yang paling tinggi terdapat pada kentang adalah vitamin B6.

3. Bayam

Salah satu sayuran yang familiar di Indonesia adalah bayam. Sayur satu ini biasanya diolah menjadi sayur bening atau sebagai bagian dari sup. Bayam juga memiliki kandungan vitamin B complex, serta mengandung zat besi yang sangat tinggi yang berfungsi untuk membantu metabolisme protein.

4. Wortel

Meskipun lebih dikenal karena kandungan vitamin A di dalamnya yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga mengandung vitamin B complex, lho. Pada sebuah studi dari Harvard University menunjukkan bahwa kandungan vitamin B dari wortel yang dikonsumsi 5 kali seminggu mampu menghancurkan stroke hingga 69%.

5. Terong

Sayuran yang mengandung vitamin B complex selanjutnya adalah terong. Tak hanya itu, terong juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan dan kolesterol baik. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan terong ke dalam menu makanan harianmu, ya.

6. Sawi hijau

Sayuran yang memiliki warna yang hijau segar memang menjadi salah satu indikasi sayuran tersebut memiliki asupan vitamin B complex. Dengan mengonsumsi sawi, kamu dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin B.

7. Buncis

Sayuran buncis juga menjadi sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, protein, dan rendah karbohidrat. Tak hanya itu saja, buncis mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan juga zat besi.

8. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang berbentuk seperti bunga dan berwarna putih ini sekilas mirip dengan brokoli. Sayur kembang kol ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur renyah. Selain memiliki rasa yang lezat, kembang kol juga memiliki vitamin B yang sangat lengkap. Bukan hanya itu, kembang kol juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, vitamin K, fosfor, kalium, dan sumber protein yang tinggi.

Nah, itulah tadi daftar jenis-jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh. Yuk, konsumsi sayuran karena banyak manfaat yang dapat tubuh kita peroleh dari ragam kandungan vitamin dan nutrisi lain dari sayuran. Semoga bermanfaat!

Kekurangan Vitamin B Dapat Mengakibatkan...

Kekurangan Vitamin B Dapat Mengakibatkan…

Vitamin B merupakan salah satu jenis asupan nutrisi yang penting untuk tubuh. Maka, penting pula untuk kita selalu menjaga asupan vitamin B harian. Karena, terdapat risiko kekurangan vitamin B dapat menimbulkan masalah kesehatan yang beragam.

Namun, perlu diketahui bahwa vitamin B terbagi dalam beberapa jenis. Setidaknya terdapat delapan jenis vitamin B yang tergabung dalam vitamin B complex. Nah, untuk mengetahui risiko kekurangan asupan vitamin B, perlu diketahui jenis vitamin B secara spesifik. Berikut ini adalah dampak kekurangan vitamin B yang perlu kamu ketahui.

  • Kekurangan vitamin B1 (thiamine)

Seseorang yang kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan penyakit beri-beri dan penyakit wernicke. Penyakit beri-beri memiliki ciri khas dengan gejala sesak napas, gerakan mata yang tidak normal, detak jantung meningkat, kaki bengkak, dan muntah-muntah. Sementara itu, risiko penyakit wernicke diketahui dapat memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan penglihatan berbayang, gangguan koordinasi otot, serta penurunan fungsi mental.

  • Kekurangan vitamin B2 (riboflavin)

Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin B2 berfungsi membantu pengolahan energi dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Apabila terjadi kekurangan vitamin B2 maka tubuh akan kekurangan nutrisi lain, seperti zat besi dan protein. Khusunya pada ibu hamil, kondisi kekurangan vitamin B2 dapat menghambat pertumbuhan bayi dalam kandungan dan meningkatkan risiko preeklamsia. Tak hanya itu saja, kondisi kekurangan vitamin B2 dapat dikenali dengan munculnya gejala berupa anemia, mata merah, kulit kering, bibir pecah-pecah, infeksi mulut, hingga sensitif terhadap cahaya.

  • Kekurangan vitamin B3 (niacin)

Kekurangan vitamin B3 dapat membuat tubuh jadi mudah mengalami kelelahan, gangguan pencernaan, sariawan, muntah, kelelahan, hingga depresi. Lebih parah lagi, kondisi kekurangan vitamin B jenis ini bisa menimbulkan penyakit pellagra yang ditandai dengan ruam bersisik pada area kulit yang terkena matahari, muntah, diare, sakit kepala, tubuh sering lelah, depresi, mulut bengkak, lidah memerah cerah, dan kesulitan berkonsentrasi. Jika tidak diobati, penyakit ini bahkan dapat menyebabkan kematian.

  • Kekurangan vitamin B5 (pantothenic acid)

Risiko kekurangan vitamin B5 merupakan kasus yang langka, karena vitamin ini bisa ditemukan pada hampir semua jenis sayuran. Namun, jika terjadi, orang yang kekurangan vitamin B jenis ini akan mengalami sakit kepala, tubuh terasa lelah, mudah emosi, sensasi perih pada lengan atau kaki, mual, rambut rontok, denyut jantung meningkat, dan gangguan pencernaan.

  • Kekurangan vitamin B6 (pyridoxine)

Kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan anemia dan gangguan kulit, seperti ruam atau pecah-pecah di sekitar mulut. Lebih jauh lagi, kurangnya vitamin B6 juga dapat meningkatkan risiko gangguan otak seperti depresi, kejang dan kebingungan, mual, otot berkedut, luka di sudut bibir, serta kesemutan dan nyeri pada tangan dan kaki.

  • Kekurangan vitamin B7 (biotin)

Apabila kamu mengalami kondisi kekurangan jenis vitamin B7 atau biotin, biasanya akan muncul gejala berupa rambut rontok, kulit kering, ruam bersisik di sekitar mata atau mulut, mata kering, kelelahan, dan depresi.

  • Kekurangan vitamin B9 (folat)

Kekurangan vitamin B9 atau folat dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah atau anemia megaloblastik. Kekurangan vitamin B9 dalam tubuh juga dapat menimbulkan beragam gangguan kesehatan, seperti tubuh terasa lelah, sesak napas, rambut beruban, sariawan, pertumbuhan tubuh yang buruk, dan lidah membengkak.

  • Kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 pada tubuh biasanya ditandai dengan munculnya penyakit kuning (jaundice), anemia, kehilangan nafsu makan, gangguan penglihatan, susah buang air besar, detak jantung tidak teratur, hingga napas sesak. Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan komplikasi berupa kemandulan, pikun, cacat tabung saraf pada janin, gangguan penglihatan, hingga ataksia.

Manfaat Vitamin B1

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin B1 – Dikenal juga dengan nama tiamin, vitamin B1 berperan penting untuk tubuh yang salah satu perannya dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Vitamin B1 dapat membantu menjaga fungsi saraf agar tetap baik. Untuk memenuhi kebutuh vitamin B1 untuk asupan harian tubuh, dapat diperoleh melalui makanan atau suplemen. Perlu diketahui terlebih …

7 Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Selengkapnya »

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini

Simak Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini – Semenjak pandemi Covid-19 terjadi, banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatan tubuhnya. Masalahnya, obat untuk menangkal virus Covid-19 belum ada. Lalu, soal sembuhnya seseorang dari Covid-19, tergantung kondisi kekebalan tubuhnya saja. Kalau imun kurang kuat dan ada penyakit bawaan, nyawa bisa jadi taruhannya. Lantas, bagaimana …

Simak 4 Vitamin untuk Menjaga Imun Saat Pandemi Covid-19 Berikut Ini Selengkapnya »