• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl

Vitamin A

Vitamin A – Vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk mata. Tapi sebenarnya, tidak hanya itu manfaat dari vitamin A. Ada kegunaan lainnya yang harus kamu tahu.

Bagaimana kamu mendapatkan vitamin A? Itu bisa berasal dari konsumsi makanan yang tepat, hingga tambahan suplemen untuk tubuhmu. Akan timbul masalah jika kamu kekurangan nutrisi ini. Oleh karena itu, kenali lebih jauh tentang vitamin A berikut ini, ya.

Vitamin A Adalah...

Vitamin A Adalah…

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang akan larut dalam lemak. Vitamin ini akan diolah oleh tubuh, kemudian menjalankan fungsinya untuk mendukung pertumbuhan sel. Jadi, bisa dibilang, tidak ada orang yang tidak membutuhkan vitamin A.

Dalam mengonsumsi vitamin A, ada takaran tertentu yang hari kamu perhatikan. Bagi wanita dewasa, dianjurkan untuk menjaga asupan vitamin A sebanyak 700 mcg per harinya. Sedangkan, pria dewasa membutuhkan vitamin A lebih tinggi, yaitu 900 mcg setiap harinya Sementara itu, untuk anak-anak dan remaja, setidaknya membutuhkan sekitar 300 hingga mcg vitamin A setiap harinya.

Manfaat Vitamin A

Manfaat Vitamin A

Beberapa manfaat vitamin A sudah disebutkan di awal. Pertama yaitu untuk menjaga kesehatan mata, dan yang kedua agar dapat mendukung pertumbuhan sel. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat vitamin A lainnya berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mata

Khusus manfaat vitamin A untuk mata, kita ulas lebih lanjut. Dalam hal ini, fungsinya adalah melindungi mata kamu dari risiko menurunnya kemampuan melihat karena faktor usia. Kondisi ini disebut juga dengan istilah Age-related Macular Degeneration (AMD).

Mengapa untuk mata keberadaan vitamin A sangat penting? Vitamin A berperan untuk mencegah terjadinya AMD. Jika AMD dialami seseorang dalam waktu yang lama, ini dapat menyebabkan kebutaan.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat lain dari vitamin A adalah keaktifannya dalam mengatasi bakteri atau infeksi di beberapa bagian anggota tubuh. Misalnya saja pada selaput mata, usus, paru-paru, dan alat kelamin.

Vitamin A bekerja mendukung dalam produksi sel darah putih dan menjaganya menjalankan fungsinya. Nah, sel darah putih ini lah yang bertugas langsung melawan berbagai infeksi atau penyakit. Tugas ini menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.

3. Memjaga kesehatan sistem reproduksi

Tadi sudah disinggung, vitamin A aktif mengatasi bakteri dan infeksi, salah satunya pada alat kelamin. Memang, vitamin ini bermanfaat juga untuk menjaga sistem reproduksi agar tetap sehat.

Vitamin A berperan untuk mendorong perkembangan sperma pada pria. Sementara pada wanita, vitamin A akan mendukung kesehatan sel telur.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil

Kalau kamu seorang wanita yang sedang hamil, perhatikanlah asupan vitamin A untuk tubuh. Sebab, selain baik untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, vitamin A juga dibutuhkan selama masa kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin, salah satunya memang tergantung oleh peran vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A juga ikut berperan mengembangkan berbagai organ dan struktur janin. Organ-organ tersebut adalah organ-organ esensial, misalnya kerangka tubuh, jantung, mata, paru-paru, ginjal, dan pankreas. Tidak hanya itu, kamu juga membutuhkan vitamin A untuk pembentukan sistem saraf pada janin.

5. Manfaat vitamin A untuk anak

Vitamin A selanjutnya juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Manfaat vitamin A untuk anak yaitu memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa pada umumnya, dan juga menjaga kesehatan indera penglihatan.

Anak-anak dianjurkan mengonsumsi vitamin A sekitar 450-500 retinol equivalents (RE) per hari. Anak-anak yang dimaksud yaitu anak-anak berusia 6-9 tahun.

Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A

Ketika bicara soal darimana kita bisa memperoleh vitamin A? Kebanyakan orang akan menyarankan untuk mengonsumsi wortel. Itu benar, tetapi bukan hanya itu sumber vitamin A. Simak berikut ini.

1. Wortel

Wortel kaya akan beta karoten. Nah, pada setengah cangkir wortel mentah ada kandungan 459 mikrogram vitamin A di dalamnya. Wortel bisa kamu konsumsi langsung setelah direbus, atau diolah dulu menjadi camilan yang sehat dan menarik.

Wortel juga mengandung banyak serat makanan. Serat ini akan bekerja mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Hati sapi

Mungkin tidak semua orang suka hati sapi. Tetapi, untuk kamu yang menyukai lauk yang satu ini, bersyukurlah. Ada kandungan vitamin A di dalamnya.

Seperti halnya manusia, sapi juga menyimpan vitamin A di dalam hatinya. Sekitar 3 ons hati sapi yang digoreng, kira-kira bisa menghimpun 6.582 mcg vitamin A. Di sisi lain, bagian khusus sapi ini juga kaya akan protein, seperti vitamin B2 dan B12 hingga tembaga.

3. Mangga

Indonesia beruntung karena buah mangga sering menumpuk ketika musim panen tiba. Pada saat seperti ini, kamu akan lebih mudah mendapat asupan vitamin A. Vitamin ini juga tersimpan dalam mangga.

Pada sebuah mangga mentah, ada kandungan vitamin A sekitar 112 mcg. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan seratnya. Konsumsi buah mangga dapat menjaga fungsi usus. Walaupun manis, buah ini juga mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Bayam

Penyuka sayuran tidak boleh melewatkan bayam. Hitungannya begini, setiap setengah cangkir bayam rebus, bisa ditemukan 573 mcg vitamin A. Tapi namanya sayur, tidak hanya vitamin A saja nutrisi yang disediakan di dalamnya.

Konsumsi rutin bayam dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Ada juga kandungan zat besi dan magnesium yang dibutuhkan tubuh di dalam bayam. Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan menumis, merebus, atau menghidangkannya bersama sajian pasta.

Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat yang timbul jika kekurangan vitamin A, tidak jauh-jauh dari manfaatnya. Simak berikut ini.

1. Daya tahan tubuh menurun

Kekurangan vitamin A bisa mengganggu sistem imun tubuh. Sebab, terdapat banyak kandungan mikronutrisi di dalamnya. Kamu jadi lebih rentan terserang diare, campak, dan infeksi gangguan pernapasan.

2. Gangguan penglihatan hingga kebutaan pada anak-anak

Kalau kamu sering mengalami mata kering (xeropthalmia), kamu harus waspada, ya. Ini bisa berarti pertanda bahwa kamu kekurangan vitamin A. Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin A memicu kebutaan pada anak-anak.

3. Mengganggu perkembangan janin dalam kandungan

Kesehatan ibu hamil lebih rentan dari orang biasa. Kekurangan vitamin A, terutama di trimester ketiga, akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini membahayakan janin dan si ibu itu sendiri.

Bijaklah dalam mengonsumsi makanan. Pastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang cukup, termasuk vitamin A yang baik untuk tubuh.

Buah yang Mengandung Vitamin A

Buah yang Mengandung Vitamin A

Ada banyak nutrisi yang yang baik untuk kesehatan. Untuk kesehatan mata misalnya, nutrisi yang paling dibutuhkan adalah vitamin A. Meskipun tetap saja harus dilengkapi dengan tambahan nutrisi lainnya.

Manfaat vitamin A pun tidak sebatas untuk menjaga kualitas mata. Vitamin A juga dikenal mampu menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang, hingga jaringan lunak. Kamu bisa memperoleh vitamin A dari berbagai jenis makanan.

Kali ini, mari kenal lebih jauh sumber vitamin A. Di bawah ini adalah buah yang mengandung vitamin A dan baik dikonsumsi setiap waktu.

1. Mangga

Buah yang mengandung vitamin A yang pertama adalah buah mangga. Buah ini banyak tersedia di negara tropis seperti Indonesia. Kamu hanya perlu mencarinya di kios buah terdekat, supermarket, atau toko buah online yang saat ini pun mulai bermunculan.

Satu buah mangga bisa mengandung sekitar 112 mcg vitamin A. Ini artinya, kira-kira setara dengan 45 persen dari total kebutuhan harian seseorang akan vitamin tersebut. Konsumsi buah mangga juga bermanfaat bagi sistem pencernaan karena mengandung banyak serat.

2. Tomat

Tomat bisa digunakan sebagai bahan sayuran atau bisa juga dikonsumsi sebagai buah. Tomat ini juga termasuk buah yang mengandung vitamin A tinggi, lho. Bisa menjadi pilihan selain buah mangga tadi.

Selain mengandung vitamin A, buah tomat juga kaya akan nutrisi lain. Di antaranya vitamin C dan juga salah satu jenis antioksidan bernama likopen. Mengonsumsi tomat secara rutin dapat menjaga kesehatan matamu.

3. Semangka

Buah semangka termasuk buah yang segar dan mengandung banyak air. Ada beragam jenis semangka, tapi mungkin yang paling populer adalah buah semangka yang dagingnya berwarna merah. Nah, siapa sangka, kamu juga bisa memperoleh vitamin A dari buah semangka.

Buah yang mengandung vitamin A ini setidaknya akan memberikan 569 IU per 100 gram daging buahnya. Pada kesempatan yang sama, mengonsumsi buah semangka juga memberikan tubuhmu nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B, magnesium, dan juga kalium.

4. Jambu biji

Buah yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji paling sering dikonsumsi dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Dalam setiap 100 gram buah ini, ada sekitar 624 IU vitamin A.

Selain vitamin A, kamu juga bisa memperoleh vitamin C. Kalau soal manfaat, kebaikannya juga ada bermacam-macam, yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan gula darah, atau menyehatkan jantung kamu.

5. Jeruk bali

Buah yang mengandung vitamin A tapi tidak kalah menarik dari yang lain adalah jeruk bali. Buah jeruk bali ini unik karena ukurannya lebih besar dari jenis jeruk lainnya. Ukuran yang besar ini juga membawa sejumlah vitamin yang tinggi.

Pada 100 gram buah jeruk bali, kamu bisa mendapatkan 1.150 IU vitamin A, lho. Selain itu, jeruk bali juga dikenal sebagai buah yang kaya akan mineral. Secara keseluruhan, manfaatnya adalah memperkuat jantung, menjaga kesehatan sistem imun, hingga menurunkan risiko batu ginjal.

6. Pepaya

Buah yang mengandung vitamin A biasanya berwarna merah atau orange. Pilihan buah lainnya untuk kamu yang memiliki warna tersebut adalah pepaya. Buah ini menyehatkan, walaupun mungkin tidak semua orang menyukainnya karena memiliki aroma yang berbeda dengan buah lain.

Dari buah pepaya, kamu tidak hanya akan mendapat vitamin A. Nutrisi lain yang tidak kalah penting untuk tubuh bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi buah ini, yaitu serat dan vitamin C. Dengan konsumsi yang teratur, sistem pencernaan kamu akan semakin lancar.

7. Blewah

Blewah juga termasuk buah yang bisa jadi berwarna orange, walaupun tidak sekuat pepaya. Buah ini juga merupakan buah yang mengandung vitamin A. Kamu pun mudah saja menemukannya.

Di Indonesia, buah blewah sering dijadikan minuman segar es buah. Buah blewah dicampurkan dengan buah-buah lain dan diminum saat dingin. Mengonsumsi buah blewah akan menyehatkan matamu, menangkal radikal bebas dalam tubuh, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Kalau kamu menginginkan cara yang lebih praktis, kamu bisa memperoleh vitamin A dari suplemen tambahan yang dijual di toko-toko obat. Di Pyfa Health, kamu bisa memilih Takana Sirup untuk dikonsumsi.

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Vitamin tidak hanya memberikan fungsi tunggal bagi tubuh manusia. Seperti vitamin A, nutrisi ini dikenal baik untuk kesehatan mata. Padahal, jika ditelisik lebih jauh, manfaat vitamin A tidak hanya sebatas itu.

Vitamin A juga mendukung kesehatan tubuh bagian lain dan proses-proses yang terjadi di dalamnya. Dengan mengonsumsi vitamin A secara teratur, kekebalan tubuhmu akan semakin menguat. Begitu juga dengan kesehatan kulit dan reproduksi.

Karena manfaatnya yang beragam ini, sebaiknya kamu jangan ragu memberikan asupan vitamin A pada tubuhmu, ya. Untuk diketahui, ini rata-rata kebutuhan vitamin A bagi seseorang.

  • Anak-anak 1-3 tahun: 300 mikrogram per hari.
  • Anak-anak 4-8 tahun: 400 mikrogram per hari.
  • Anak-anak 9-14 tahun: 600 mikrogram per hari.
  • Wanita dewasa: 700 mikrogram per hari.
  • Pria dewasa: 900 mikrogram per hari.
  • Ibu hamil: 770 mikrogram per hari.
  • Ibu menyusui: 1.300 mikrogram per hari.

Lalu, darimana kamu bisa memperoleh vitamin A? Vitamin A bisa didapatkan dari secara alami, dari makanan yang mengandung vitamin A berikut ini. Konsumsi makanan yang kamu sukai untuk tubuhmu, ya.

1. Wortel

Makanan yang mengandung vitamin A ini sudah cukup populer. Mungkin hampir semua orang tahu wortel memiliki kandungan vitamin A. Banyak orang sering bilang, konsumsi wortel kalau ingin mata sehat.

Nah, ini betul. Dalam setengah cangkir wortel yang mentah, terdapat 459 mikrogram vitamin A. Ditambah lagi, ada kandungan tinggi beta karoten di dalam wortel. Kesehatan mata akan terjaga, sistem pencernaan juga berjalan dengan baik karena wortel mengandung serat yang akan mencegah terjadinya sembelit.

2. Brokoli

Kalau kamu bosan atau tidak menyukai wortel, ada pilihan jenis sayuran lain yang tidak kalah manfaatnya. Makanan yang mengandung vitamin A berikutnya adalah brokoli. Kamu bisa mencampurkannya dalam resep sayuran kamu atau mengubahnya menjadi jus.

Pada setiap setengah cangkir brokoli, terdapat 60 mikrogram vitamin A. Tapi, bukan hanya vitamin A saja yang dimilikinya. Brokoli juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin K dan vitamin C.

Mengonsumsi brokoli dapat mendukung metabolisme tulang hingga memberikan antioksidan pada tubuh. Di sisi lain, makanan yang mengandung vitamin A ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker untuk dialami seseorang.

3. Bayam

Sayur bayam mungkin cukup familiar bagi orang-orang yang tinggal di Indonesia. Tanaman ini memang tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis. Bagusnya, ini juga termasuk makanan yang mengandung vitamin A.

Dalam setengah cangkir bayam yang sudah direbus, terdapat 573 mikrogram vitamin A. Sayur ini juga dilengkapi dengan nutrisi lain seperti magnesium dan zat besi. Manfaat bayam yang utama adalah dapat menguatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.

4. Kacang polong

Kacang-kacangan dikenal sebagai kelompok makanan yang kaya akan nutrisi. Mengonsumsi kacang-kacangan juga akan memberikan asupan vitamin A untuk tubuhmu. Terutama jika kamu mengonsumsi kacang polong.

Pada secangkir kacang polong yang direbus, terdapat 66 mikrogram vitamin A. Ada juga tambahan nutrisi seperti zat besi yang akan kamu terima. Makanan yang mengandung vitamin A ini akan menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, diabetes tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

5. Ubi jalar

Selanjutnya adalah ubi jalar, pilihan lain makanan yang mengandung vitamin A. Ubi jalar juga termasuk mudah ditemukan di Indonesia, lho. Mengonsumsinya mudah, bahkan direbus atau dipanggang saja pun sudah cukup.

Satu buah ubi jalar yang sudah dimasak dapat memberikan 1.403 mikrogram vitamin A untuk tubuh. Makanan ini juga dilengkapi dengan vitamin C, vitamin B6, potasium, hingga serat yang tinggi. Mengonsumsi ubi jalar dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh, hingga melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

6. Hati sapi

Mengonsumsi beberapa jenis lauk juga bisa menjadi alternatif pilihan cara untuk memperoleh vitamin A. Ada hati sapi, yang juga makanan yang mengandung vitamin A. Bagian organ dalam sapi ini dapat kamu olah menjadi makanan yang mengenyangkan.

Jika kamu mengonsumsi 3 ons saja hati sapi, kamu bisa mendapatkan 6.582 mikrogram vitamin A. Jumlah yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Di sisi lain, kamu juga akan memperoleh vitamin B2, vitamin B12, asam folat, kolin, dan zat besi.

7. Ikan herring

Ikan herring adalah jenis ikan laut yang sering dijadikan sebagai ikan kalengan. Mengonsumsi ikan herring juga dapat memberikan nutrisi vitamin A untuk tubuhmu. Setidaknya, dalam satu porsi ikan herring, terdapat 219 mikrogram vitamin A.

Selain vitamin A, kamu juga akan memperoleh nutrisi lain seperti vitamin D, protein, dan omega 3. Ikan ini sangat baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan otak dan jantung.

Sayuran yang Mengandung Vitamin A

Sayuran yang Mengandung Vitamin A

Ketika kamu membutuhkan vitamin A, mungkin kamu akan disarankan untuk memakan wortel. Memang betul, wortel memang kaya akan nutrisi tersebut. Tapi sebenarnya, kamu memiliki pilihan lain, yaitu sayuran-sayuran yang mengandung vitamin A.

Banyaknya pilihan sayuran yang mengandung vitamin A memungkinkan kamu mendapatkan nutrisi dari menu makanan yang bervariasi. Tinggal bagaimana kreativitas kamu mengolahnya, atau kamu beli saja di restoran favoritmu yang menyediakan banyak hidangan. Di bawah ini, pilihan sayuran yang mengandung vitamin A untuk kamu konsumsi.

1. Wortel

Pertama, mari membahas sayuran yang mengandung vitamin A paling populer. Tadi sudah disebutkan, pilihan pertama kamu adalah wortel. Selain vitamin A, kamu juga bisa memperoleh manfaat serat dari wortel.

Wortel sangat baik manfaatnya bagi kesehatan mata hingga sistem pencernaan. Untuk vitamin A, setidaknya ada sekitar 459 mikrogram vitamin A dari setengah cangkir wortel yang mentah. Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam menu sayuran ataupun jus yang segar.

2. Kale

Pilihan sayuran yang mengandung vitamin A lainnya adalah kale. Belakangan, kale cukup diminati karena dapat diolah ke berbagai jenis makanan. Salah satunya dibuat menjadi keripik dengan memanggangnya bersama sedikit garam.

Dengan mengonsumsi kale, kamu akan mendapatkan nutrisi vitamin A. Kandungannya tidak kalah tinggi dari wortel, lho. Dalam secangkir kale yang matang atau sudah dimasak, terdapat kandungan 885 mikrogram vitamin A.

3. Bayam

Sayuran yang mengandung vitamin A lainnya mungkin lebih mudah ditemukan di warung sayur terdekat. Ada sayur bayam yang mudah untuk diolah. Ada yang mengolahnya menjadi sayur bening, ada juga yang menjadikannya bahan campuran pasta.

Selain akrab di lidah orang-orang Indonesia, sayuran ini digemari karena kandungan nutrisinya yang beragam. Untuk vitamin A, kamu akan memperoleh 573 mikrogram kandungannya dari setengah cangkir saja bayam yang sudah matang.

4. Brokoli

Brokoli juga menjadi pilihan sayuran yang mengandung vitamin A lainnya. Dalam setengah cangkir brokoli misalnya, terdapat 60 mikrogram vitamin tersebut.

Tapi sebetulnya, masih ada nutrisi lain yang dimiliki brokoli, di antaranya vitamin C dan vitamin K. Untuk cara mengolahnya juga beragam. Ada yang senang menjadikannya tumis sayuran, ada juga yang memilih mengolahnya menjadi jus hijau.

5. Selada

Selada adalah sayuran yang cukup sering kamu temui. Bisa dalam campuran burger favoritmu. Atau dijadikan lalapan atau sayuran pelengkap ayam bakar.

Walaupun sering difungsikan sebagai pelengkap, gizinya juga baik untuk tubuh. Selada bahkan termasuk sayuran yang mengandung vitamin A cukup tinggi. Dalam sehelai saja dauh selada, terdapat 122 mikrogram nutrisi untuk mata ini.

6. Ubi

Di Indonesia, ubi kerap dijadikan makanan sampingan atau camilan. Misalnya dengan hanya merebus ubi atau menggorengnya dalam balutan terigu. Rasanya biasanya manis.

Kamu perlu tahu, ubi juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin A. Kalau kamu mengukus sebuah ubi bersama kulitnya, kamu akan memperoleh 1.403 mikrogram vitamin A.

7. Labu

Pilihan sayuran yang mengandung vitamin A lainnya adalah labu. Labu ini juga cukup unik cara pengolahannya. Ada yang membuatnya menjadi sayuran matang, ada juga yang memilih mengubahnya menjadi kolak yang manis.

Apapun itu, kamu bisa mengolah labu sesuai dengan selera kamu. Yang perlu kamu ketahui, selain mengandung vitamin A, labu juga memiliki kandungan nutrisi lain, yaitu vitamin C, vitamin E, zat besi, hingga kalium.

Itulah tadi tujuh pilihan sayuran yang mengandung vitamin A. Konsumsi bergantian setiap hari, dengan resep yang bermacam-macam agar kamu tidak bosan. Kamu juga boleh mengonsumsi vitamin A tambahan yang disediakan oleh Pyfa Health untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu.

Vitamin A Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan?

Vitamin A Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan?

Satu nutrisi bisa menyimpan beragam manfaat. Seperti vitamin A, tidak hanya berguna untuk mendukung mata sehat. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya pula.

Sebelum membahas manfaat vitamin A lebih lanjut, mari mengenal vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bagaimana vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata? Cara kerjanya adalah dengan menjaga kualitas penglihatan seseorang, yaitu berupaya menangkap cahaya lalu mengubahnya menjadi gambaran penglihatan yang jelas, ketika dihantarkan ke otak.

Bukan tidak mungkin kualitas penglihatan menurun. Kamu mungkin mengenal kondisi ini dengan mata minus, plus, atau silinder. Kualitas mata sangat mungkin menurun jika terus bekerja tapi tidak dilakukan pemeliharaan di saat yang bersamaan.

Keberadaan vitamin A sangat penting untuk ini. Vitamin tersebut akan menghasilkan pigmen rhodopsin, bahan esensial penangkap cahaya. Di sisi lain, vitamin A menjadi sumber beta karoten yang akan memperlambat penurunan penglihatan secara alami karena penambahan usia.

Vitamin A Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Lainnya

Perlu kamu ketahui, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya. Artinya, manfaat nutrisi ini tidak sebatas untuk mata.

1. Vitamin A untuk kesehatan sistem imun

Vitamin A mampu menjaga kesehatan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Tubuh akan rentan terhadap infeksi atau tidak mudah sembuh ketika sedang sakit, jika kamu kekurangan vitamin A.

Vitamin ini dibutuhkan untuk memproduksi dan mendukung kerja sel darah putih yang melawan berbagai serangan patogen penyebab penyakit. Di sisi lain, perannya juga penting dalam mengoptimalkan kerja organ-organ tubuh seperti usus dan paru-paru.

2. Vitamin A untuk kesehatan tulang

Vitamin A juga akan membantu tubuh dalam memelihara kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A akan berakibat buruk pada kualitas tulang.

Tulang berisiko tinggi rapuh dan mudah patah tanpa adanya bantuan dari vitamin A. Walaupun secara keseluruhan, kerja vitamin A melengkapi fungsi vitamin lain seperti vitamin D.

3. Vitamin A untuk kesehatan sistem pencernaan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa vitamin A akan mengoptimalkan kerja usus. Usus ini adalah bagian dari sistem pencernaan. Artinya, vitamin A berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu.

Gangguan sistem pencernaan yang sangat mungkin dialami banyak orang adalah radang usus. Ketika ini terjadi, peran vitamin A menjadi penting dalam mengobati penyakit tersebut. Nutrisi ini akan membantu mengembalikan fungsi usus yang meradang agar dapat kembali menyerap dan juga mengolah nutrisi dari makanan-makanan yang kamu konsumsi.

4. Vitamin A untuk kesehatan kulit

Berikutnya, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Secara umum, vitamin A ini akan memperlambat proses penuaan dini pada kulit, yaitu munculnya keriput atau flek hitam, yang utamanya kerap muncul di wajah.

Memang, vitamin E lebih mengambil peran besarnya untuk kulit. Tapi, keberadaan vitamin A akan melengkapi manfaat tersebut. Dalam hal ini, vitamin A akan berkontribusi dalam meregenerasi sel kulit agar selalu sehat.

Tetapi, gangguan kesehatan yang dapat muncul pada kulit ada banyak. Hal yang paling populer adalah jerawat. Untungnya, mengonsumsi vitamin A secara teratur dapat mencegah munculnya jerawat yang membandel.

Vitamin A akan membantu dalam mengontrol produksi keratin, protein yang muncul alami pada rambut. Keratin yang berlebihan akan memunculkan minyak di pori-pori kulit. Vitamin A mencegah kondisi tersebut, yang memungkinkan jerawat tumbuh seketika.

Itulah beberapa manfaat lain dari vitamin A. Vitamin A tidak hanya berfungsi menjaga kesehatan mata. Tapi juga memelihara kesehatan tubuh lainnya, dari sistem pencernaan di bagian dalam tubuh hingga kulit yang tampak dari luar.

Penting bagi kamu untuk memerhatikan asupan vitamin A setiap harinya. Untuk memastikan kebutuhannya terpenuhi, kamu bisa mengonsumsi vitamin A tambahan dari Pyfa Health.

Vitamin A untuk Anak dan Bayi

Vitamin A untuk Anak dan Bayi

Seberapa jauh kamu mengenal vitamin A? Apa sebatas nutrisi yang baik untuk kesehatan mata? Kalau benar begitu, sekarang waktunya kamu menambah wawasanmu.

Manfaat dari vitamin A itu beragam sekali. Baik untuk orang dewasa, maupun anak-anak atau bayi. Mari pelajari kebutuhan vitamin A untuk anak dan bayi.

Mengenal Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak. Kalau dilihat dari sejarahnya, vitamin ini pertama kali ditemukan atau disadari keberadaannya di tahun 1913. Kalau dari segi bahasa, vitamin A sering juga disebut retinol.

Setelah masuk ke dalam tubuh, vitamin A akan mengalami metabolisme. Vitamin A dapat termetabolisme menjadi retinadehyde, yaitu komponen dari pigmen rhodopsin yang mempengaruhi bagaimana mata dapat menangkap cahaya. Di sisi lain, metabolisme vitamin A juga bisa menghasilkan asam retinoat retinoic acid, salah satu protein yang akan mengoptimalkan kualitas sistem imun tubuh.

Dosis Vitamin A untuk Anak dan Bayi

Ketika membicarakan usia, kebutuhan nutrisi satu orang bisa berbeda dengan orang lainnya. Mengetahui kebutuhan dosis vitamin A akan membantu kamu menjaga kebutuhan tubuh terpenuhi. Inilah dosis vitamin A untuk anak dan bayi yang perlu kamu ketahui.

  • Anak di bawah usia 3 tahun: 300 mikrogram per hari.
  • Anak usia 4-8 tahun: 400 mikrogram per hari.
  • Anak usia 9-14 tahun: 600 mikrogram per hari.

Untuk diketahui, vitamin A dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan alami ataupun suplemen tambahan. Nah, menurut rekomendasi dari WHO, bayu juga diperbolehkan menerima suplementasi vitamin A.

Usia yang direkomendasikan untuk menerima suplementasi vitamin tersebut adalah bayi berusia 6-11 bulan dan anak usia 12-59 bulan.

  • Bayi usia 6-11 bulan: 100.000 IU dosis vitamin A, dalam rentang waktu tersebut.
  • Anak usia 12-59 bulan: 200.000 IU dosis vitamin A, diberikan setiap 4-6 bulan sekali.

Kalau kamu merupakan orang tua atau orang yang memiliki tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan anak, dosis vitamin A untuk anak dan bayi di atas perlu kamu catat. Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang berkecukupan. Karena, kekurangan vitamin A dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Manfaat Vitamin A untuk Anak dan Bayi

Vitamin A sangat berperan penting dalam tubuh manusia. Terutama untuk perkembangan dan pertumbuhan di usia bayi dan anak-anak. Inilah beberapa manfaat vitamin A untuk anak dan bayi.

1. Menjaga kesehatan mata

Mata terus mengalami perkembangan dan penyesuaian setiap waktu. Apalagi, ketika seseorang masih berusia bayi dan anak-anak, mata sedang aktif dilatih pada masa ini.

Vitamin A untuk anak dan bayi sangat penting perannya dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin ini akan mendorong retina untuk bekerja dengan sehat dan optimal. Bahkan memicu mata agar tetap bisa melihat, walaupun dalam kondisi cahaya yang rendah.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kamu mungkin tahu, nutrisi yang paling berperan penting dalam menunjang kesehatan tulang dan gigi adalah kalsium. Tapi, kamu juga perlu paham, kalsium tidak bisa bekerja sendirian. Dalam prosesnya, vitamin A juga dibutuhkan untuk memperkuat perkembangan gigi, tulang, dan jaringan terkaitnya agar tubuh membentuk struktur yang kokoh.

3. Untuk perbaikan otot, tulang, dan jaringan

Vitamin A dikenal juga sebagai nutrisi yang dapat mengoptimalkan kerja sistem imun. Ini penting bagi bayi maupun anak-anak.

Anak-anak adalah usia yang memungkinkan tubuh aktif bergerak karena berbagai rasa penasarannya. Bukan tidak mungkin, anak atau bayi kemudian terjatuh atau mengalami kecelakaan tertentu. Peran vitamin A dalam imun dapat membantu memperbaiki kerusakan di sekitar otot, tulang, maupun jaringan lainnya dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan kulit

Bayi dan anak adalah usia terbaik untuk kulit. Kulit pada rentan usia ini umumnya belum menerima banyak gangguan seperti orang dewasa, sehingga seseorang membutuhkan perawatan khusus.

Pada anak, perawatan bagi kesehatan kulit yang alami ditunjang oleh vitamin A. Vitamin A berperan untuk menumbuhkan sel kulit, serta selaput lunak yang sehat.

Itulah beberapa manfaat vitamin A untuk anak dan bayi. Pyfa Health juga menyediakan suplemen vitamin A jika kamu membutuhkannya. Kalau dari makanan alami, kamu bisa memperoleh vitamin A dari wortel, bayam, hati ayam, hingga ikan salmon. Semoga bermanfaat!

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil – Wanita yang sedang hamil harus banyak mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Sebab, ketika hamil ibu tidak hanya memenuhi nutrisi untuk tubuhnya, tetapi juga memberi asupan nutrisi bagi janin yang sedang dikandungnya. Salah satu jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran, seperti kangkung. Ternyata, mengonsumsi sayuran kangkung …

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil – Berbagai macam makanan sehat sangat baik dikonsumsi selama hamil. Bukan hanya dapat menyehatkan tubuh ibu, tapi makanan sehat juga akan memberikan nutrisi baik bagi janin yang dikandungnya. Salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil adalah sayur bayam. Bayam adalah jenis sayuran yang bermanfaat untuk mencegah cacat …

7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Cara Mengobati Sakit Mata

5 Cara Mengobati Sakit Mata yang Ampuh

Cara Mengobati Sakit Mata – Sakit mata bisa diderita siapa saja dan kapan saja. Tentu sakit mata akan membuat kita menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena sakit mata juga dapat menulari orang lain di sekitar kita. Sakit mata disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk …

5 Cara Mengobati Sakit Mata yang Ampuh Selengkapnya »

Cara Mengobati Mata Bengkak

6 Cara Mengobati Mata Bengkak yang Bisa Kamu Coba

Cara Mengobati Mata Bengkak – Reaksi tubuh terhadap gangguan itu berbeda-beda. Ketika kamu terjatuh misalnya, kulit akan terluka. Saat kamu terserang penyakit, mungkin kamu akan merasa demam. Nah, ketika mata mengalami gangguan, matamu mungkin akan membengkak. Jangan takut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar matamu tidak lagi bengkak. Kondisi ini bisa terjadi karena …

6 Cara Mengobati Mata Bengkak yang Bisa Kamu Coba Selengkapnya »

Cara Mengobati Mata Bintitan

6 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Mudah

Cara Mengobati Mata Bintitan – Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami bintitan pada area mata. Kondisi ini biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan berwarna merah mirip jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata. Mata bintitan sendiri bisa disebabkan karena adanya penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih, demikian dilansir …

6 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Mudah Selengkapnya »