• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Vitamin A

Vitamin A – Vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk mata. Tapi sebenarnya, tidak hanya itu manfaat dari vitamin A. Ada kegunaan lainnya yang harus kamu tahu.

Bagaimana kamu mendapatkan vitamin A? Itu bisa berasal dari konsumsi makanan yang tepat, hingga tambahan suplemen untuk tubuhmu. Akan timbul masalah jika kamu kekurangan nutrisi ini. Oleh karena itu, kenali lebih jauh tentang vitamin A berikut ini, ya.

Vitamin A Adalah...

Vitamin A Adalah…

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang akan larut dalam lemak. Vitamin ini akan diolah oleh tubuh, kemudian menjalankan fungsinya untuk mendukung pertumbuhan sel. Jadi, bisa dibilang, tidak ada orang yang tidak membutuhkan vitamin A.

Dalam mengonsumsi vitamin A, ada takaran tertentu yang hari kamu perhatikan. Bagi wanita dewasa, dianjurkan untuk menjaga asupan vitamin A sebanyak 700 mcg per harinya. Sedangkan, pria dewasa membutuhkan vitamin A lebih tinggi, yaitu 900 mcg setiap harinya Sementara itu, untuk anak-anak dan remaja, setidaknya membutuhkan sekitar 300 hingga mcg vitamin A setiap harinya.

Manfaat Vitamin A

Manfaat Vitamin A

Beberapa manfaat vitamin A sudah disebutkan di awal. Pertama yaitu untuk menjaga kesehatan mata, dan yang kedua agar dapat mendukung pertumbuhan sel. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat vitamin A lainnya berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mata

Khusus manfaat vitamin A untuk mata, kita ulas lebih lanjut. Dalam hal ini, fungsinya adalah melindungi mata kamu dari risiko menurunnya kemampuan melihat karena faktor usia. Kondisi ini disebut juga dengan istilah Age-related Macular Degeneration (AMD).

Mengapa untuk mata keberadaan vitamin A sangat penting? Vitamin A berperan untuk mencegah terjadinya AMD. Jika AMD dialami seseorang dalam waktu yang lama, ini dapat menyebabkan kebutaan.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat lain dari vitamin A adalah keaktifannya dalam mengatasi bakteri atau infeksi di beberapa bagian anggota tubuh. Misalnya saja pada selaput mata, usus, paru-paru, dan alat kelamin.

Vitamin A bekerja mendukung dalam produksi sel darah putih dan menjaganya menjalankan fungsinya. Nah, sel darah putih ini lah yang bertugas langsung melawan berbagai infeksi atau penyakit. Tugas ini menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.

3. Memjaga kesehatan sistem reproduksi

Tadi sudah disinggung, vitamin A aktif mengatasi bakteri dan infeksi, salah satunya pada alat kelamin. Memang, vitamin ini bermanfaat juga untuk menjaga sistem reproduksi agar tetap sehat.

Vitamin A berperan untuk mendorong perkembangan sperma pada pria. Sementara pada wanita, vitamin A akan mendukung kesehatan sel telur.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil

Kalau kamu seorang wanita yang sedang hamil, perhatikanlah asupan vitamin A untuk tubuh. Sebab, selain baik untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, vitamin A juga dibutuhkan selama masa kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin, salah satunya memang tergantung oleh peran vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A juga ikut berperan mengembangkan berbagai organ dan struktur janin. Organ-organ tersebut adalah organ-organ esensial, misalnya kerangka tubuh, jantung, mata, paru-paru, ginjal, dan pankreas. Tidak hanya itu, kamu juga membutuhkan vitamin A untuk pembentukan sistem saraf pada janin.

5. Manfaat vitamin A untuk anak

Vitamin A selanjutnya juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Manfaat vitamin A untuk anak yaitu memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa pada umumnya, dan juga menjaga kesehatan indera penglihatan.

Anak-anak dianjurkan mengonsumsi vitamin A sekitar 450-500 retinol equivalents (RE) per hari. Anak-anak yang dimaksud yaitu anak-anak berusia 6-9 tahun.

Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A

Ketika bicara soal darimana kita bisa memperoleh vitamin A? Kebanyakan orang akan menyarankan untuk mengonsumsi wortel. Itu benar, tetapi bukan hanya itu sumber vitamin A. Simak berikut ini.

1. Wortel

Wortel kaya akan beta karoten. Nah, pada setengah cangkir wortel mentah ada kandungan 459 mikrogram vitamin A di dalamnya. Wortel bisa kamu konsumsi langsung setelah direbus, atau diolah dulu menjadi camilan yang sehat dan menarik.

Wortel juga mengandung banyak serat makanan. Serat ini akan bekerja mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Hati sapi

Mungkin tidak semua orang suka hati sapi. Tetapi, untuk kamu yang menyukai lauk yang satu ini, bersyukurlah. Ada kandungan vitamin A di dalamnya.

Seperti halnya manusia, sapi juga menyimpan vitamin A di dalam hatinya. Sekitar 3 ons hati sapi yang digoreng, kira-kira bisa menghimpun 6.582 mcg vitamin A. Di sisi lain, bagian khusus sapi ini juga kaya akan protein, seperti vitamin B2 dan B12 hingga tembaga.

3. Mangga

Indonesia beruntung karena buah mangga sering menumpuk ketika musim panen tiba. Pada saat seperti ini, kamu akan lebih mudah mendapat asupan vitamin A. Vitamin ini juga tersimpan dalam mangga.

Pada sebuah mangga mentah, ada kandungan vitamin A sekitar 112 mcg. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan seratnya. Konsumsi buah mangga dapat menjaga fungsi usus. Walaupun manis, buah ini juga mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Bayam

Penyuka sayuran tidak boleh melewatkan bayam. Hitungannya begini, setiap setengah cangkir bayam rebus, bisa ditemukan 573 mcg vitamin A. Tapi namanya sayur, tidak hanya vitamin A saja nutrisi yang disediakan di dalamnya.

Konsumsi rutin bayam dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Ada juga kandungan zat besi dan magnesium yang dibutuhkan tubuh di dalam bayam. Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan menumis, merebus, atau menghidangkannya bersama sajian pasta.

Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat yang timbul jika kekurangan vitamin A, tidak jauh-jauh dari manfaatnya. Simak berikut ini.

1. Daya tahan tubuh menurun

Kekurangan vitamin A bisa mengganggu sistem imun tubuh. Sebab, terdapat banyak kandungan mikronutrisi di dalamnya. Kamu jadi lebih rentan terserang diare, campak, dan infeksi gangguan pernapasan.

2. Gangguan penglihatan hingga kebutaan pada anak-anak

Kalau kamu sering mengalami mata kering (xeropthalmia), kamu harus waspada, ya. Ini bisa berarti pertanda bahwa kamu kekurangan vitamin A. Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin A memicu kebutaan pada anak-anak.

3. Mengganggu perkembangan janin dalam kandungan

Kesehatan ibu hamil lebih rentan dari orang biasa. Kekurangan vitamin A, terutama di trimester ketiga, akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini membahayakan janin dan si ibu itu sendiri.

Bijaklah dalam mengonsumsi makanan. Pastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang cukup, termasuk vitamin A yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini

Manfaat Buah Naga untuk Bayi – Buah naga menjadi salah satu jenis buah favorit untuk menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Rasa manis alami dan tekstur yang cenderung lembut membuat buah ini mudah diterima oleh si kecil yang sudah memulai masa pengenalan makanan. Buah naga juga merupakan makanan kaya nutrisi yang juga bermanfaat untuk …

Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini Selengkapnya »

Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19

7 Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19

Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19 – Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, sudah menjadi kewajiban setiap orang untuk menjaga protokol kesehatan dan yang paling penting adalah menjaga daya tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit. Hal itu penting, karena daya tahan tubuh menjadi salah satu kunci untuk mencegah serangan virus Corona. …

7 Makanan untuk Jaga Imunitas Saat Pandemi Covid-19 Selengkapnya »

Makanan yang Baik untuk Jantung

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Makanan yang Baik untuk Jantung – Jantung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga sejak dini. Meskipun kamu masih berusia muda sekalipun, bukan berarti bisa terhindar dari penyakit jantung ini. Bahkan, tidak jarang anak muda yang terkena serangan jantung secara mendadak. Pengertian Penyakit Jantung Secara Umum Untuk kamu …

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung Selengkapnya »