• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl

Stretch Mark

Stretch Mark – Seseorang pasti ingin selalu tampil cantik dan percaya diri dengan kulit yang sehat dan bersih, khususnya bagi seorang wanita. Namun, seringkali stretch mark atau guratan di kulit muncul dan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Ibu hamil menjadi salah satu yang paling berisiko memiliki stretch mark karena perubahan bentuk tubuh yang drastis. Namun, apakah stretch mark bisa dihindari? Bagaimana cara pengobatannya dan apa penyebabnya? Yuk, temukan penjelasannya di bawah ini! Apa itu stretch mark?

Stretch Mark Adalah...

Stretch Mark Adalah…

Pernahkah kamu melihat plastik yang ditarik dan kemudian membentuk guratan-guratan di permukaanya? Begitu pula dengan stretch mark pada tubuh. Stretch mark adalah kondisi pada kulit di mana muncul garis-garis beruntai pada kulit. Kondisi ini dapat terjadi pada kulit di bagian perut, payudara, pinggul, bokong, atau paha. Namun, seiring berjalannya waktu, garis dapat tampak semakin samar dengan warna kulit.

Kebanyakan, orang-orang yang kelebihan berat badan lebih sering mengalami stretch mark. Wanita hamil, juga menjadi salah satu yang berisiko tinggi memiliki stretch mark terutama pada trimester terakhir kehamilan. Umumnya, stretch mark tidak menyebabkan rasa nyeri, namun seseorang biasanya akan terganggu karena membuat kulit tidak lagi mulus.

Apa Penyebab Stretch Mark?

Apa Penyebab Stretch Mark?

Faktor utama munculnya stretch mark disebabkan oleh adanya peregangan pada kulit. Kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya kecenderungan untuk mengalami stretch mark secara genetik, derajat peregangan kulit yang terjadi, dan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol ini sendiri adalah sebuah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang dapat melemahkan fiber elastik pada kulit. Nah, berikut ini sejumlah faktor yang dapat meningkatkan kemunculan stretch mark:

  • Wanita.
  • Bersifat genetis atau memiliki riwayat mengalami stretch mark sebelumnya atau di keluarga.
  • Memasuki masa kehamilan.
  • Mengalami obesitas atau gemuk.
  • Terjadi peningkatan atau penurunan berat badan secara drastis.
  • Mendapatkan pengobatan kortikosteroid.

Setelah mengetahui penyebab stretch mark, lantas bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Simak pada poin selanjutnya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil

Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ibu hamil paling sering mengalami stretch mark karena adanya perubahan tubuh yang drastis. Meski demikian, biasanya stretch mark akan memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Setidaknya membutuhkan waktu 6-12 bulan setelah melahirkan, guratan yang semula berwarna kemerahan akan memudar menjadi lebih terang dibandingkan kulit sekitarnya, namun teksturnya tetap sama.

Kamu dapat mengonsultasikan ke dokter untuk menangani kemunculan stretch mark ini. Nah, biasanya dokter akan memberikan penanganan-penanganan berikut ini.

1. Retinoid (vitamin A)

Retinoid atau juga dikenal dengan sebutan vitamin A dapat merangsang pembentukan sel baru dan mempercepat pertumbuhan kolagen baru. Penggunaan retinoid akan menghasilkan kulit yang lebih sehat, namun penggunaan retinoid ini juga harus sesuai resep dokter, terutama untuk ibu hamil dan menyusui untuk menjaga keamanannya.

2. Gel asam hialuronat dengan ekstrak bawang merah

Penggunaan gel yang mengandung campuran asam hialuronat dan ekstrak bawang merah menurut penelitian dapat memudarkan gurat stretch mark. Hasilnya akan mulai nampak setelah 12 minggu pemakaian rutin.

3. Laser

Cara paling ampuh untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan sinar laser. Sinar panas yang dihasilkan dari laser dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen, sehingga mengecilkan pembuluh darah yang melebar dan membuat stretch mark menjadi memudar.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Stretch mark juga bisa dipudarkan secara alami, lho. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk membantu memudarkan stretch mark di permukaan kulit.

1. Lidah buaya

Sudah banyak dikenal akan khasiatnya untuk kesehatan kulit, aloe vera atau lidah buaya juga dapat membantu memudarkan stretch mark. Lidah buaya merupakan jenis tumbuhan yang dapat membantu meregenerasi jaringan kulit dan memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa.

Kamu bisa mengambil gel lidah buaya dari tanaman, kemudian mengoleskan pada area stretch mark dan pijat lembut. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukannya setiap hari.

2. Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa secara rutin pada daerah kulit yang muncul stretch mark juga dapat membantu menyamarkannya, lho. Minyak kelapa mampu untuk membantu untuk menyamarkan penampilan stretch mark dengan cepat, efektif, dan alami tanpa efek samping apapun.

Nah, itulah penyebab dan cara menghilangkan stretch mark secara alami serta pada ibu hamil. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan A-Stark Gel dari Pyfa Health untuk mencegah dan menyamarkan stretch mark, lho.

Stretch Mark Pada Remaja

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Stretch Mark Pada Remaja – Pada dasarnya, stretch mark dialami oleh ibu-ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan pada ibu hamil mengalami peregangan secara cepat untuk mengandung janin. Akan tetapi, bagaimana jika stretch mark justru muncul pada usia remaja? Ketika hal tersebut terjadi sebenarnya tidak perlu panik sebab kondisi stretch mark pada tubuh bisa dialami oleh siapapun. …

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Mengatasinya Selengkapnya »

Apa Itu Stretch Mark

Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya

Apa Itu Stretch Mark – Apakah kamu pernah melihat adanya guratan pada bagian tubuh? Nah, beberapa guratan tersebut dinamakan stretch mark. Pada dasarnya, stretch mark bisa menimpa siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Akan tetapi, stretch mark ini menjadi masalah bagi kaum hawa. Apa Itu Stretch Mark? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa stretch …

Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya Selengkapnya »