• shopee-bigramadhansale-1920x745

Sistem Imun

Sistem Imun – Kunci utama tubuh yang sehat adalah kekebalan tubuh yang kuat. Kekebalan tubuh ini berperan sebagai tameng dari serangan penyakit menghampiri tubuh. Baik penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri jahat, bahkan cacing sekalipun.

Kekebalan tubuh dikenal juga dengan sistem imun. Jika sistem imun melemah, patogen penyebab penyakit dapat berkembang baik dalam tubuh. Akibatnya, kesehatanmu terganggu dan kamu tidak dapat melakukan kegiatan sebaik ketika tubuhmu sehat. Cobalah untuk memahami fungsi sistem imun dan cara menjaganya, agar kesehatan kamu terjamin.

Sistem Imun Adalah...

Sistem Imun Adalah…

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh atau pertahanan yang berperan dalam mengenali benda asing atau sel abnormal yang dapat merugikan tubuh. Jika terdeteksi, benda asing atau sel abnormal ini akan dan dihancurkan oleh sistem imun yang berfungsi dengan baik. Adanya gangguan pada sistem imun dapat menimbulkan kegagalan tubuh menjamin kesehatan.

Sistem imun ini pada dasarnya tidak memiliki tempat khusus di tubuh, seperti halnya seperti organ jantung, hati, atau paru-paru. Sistem imun berbentuk sel, yaitu sel khusus yang memiliki fungsi pertahanan tubuh dari patogen. Uniknya, kerja sistem imun tidak dikontrol atau dipengaruhi oleh otak. Keberadaan patogen yang akan menggerakan sistem imun menghasilkan antibodi untuk melindungi tubuh.

Macam-macam Sistem Imun

Macam-macam Sistem Imun

Sistem imun terbagi menjadi dua jenis, bermanfaat untuk memberikan lapisan-lapisan perlawanan tubuh terhadap patogen. Pertama adalah sistem imun nonspesifik. Dan yang kedua yaitu sistem imun spesifik.

  • Sistem imun nonspesifik

Sistem imun nonspesifik adalah sistem pertahanan atau kekebalan tubuh bawaan. Bisa dibilang, sistem imun yang satu ini merupakan garda terdepan bagian tubuh yang aktif melawan patogen ketika masuk ke dalam tubuh seseorang. Rasa gatal pada kulit, warna memerah, bentol-bentol, bengkak, hingga demam, adalah tanda bahwa sistem imun sedang bekerja melawan patogen.

Sistem imun nonspesifik tidak dapat membedakan jenis-jenis patogen yang menghampiri tubuh. Setiap benda asing yang terdeteksi akan dinilai mengganggu tubuh dan akan langsung dilawan oleh sistem imun ini. Posisi sistem imun nonspesifik terdapat di bagian kulit, sel-sel fagosit, membran mukosa, inflamasi, dan protein antimikroba.

Pada kulit, sistem imun memungkinkan sel epidermis tumbuh sangat rapat untuk mencegah patogen masuk ke dalam tubuh. Saat patogen berhasil menembus kulit, sistem imun di membran mukosa akan melanjutkan tugasnya. Diikuti dengan sistem imun di sel-sel fagositm protein antimikroba, hingga inflamasi.

  • Sistem imun spesifik

Tidak menutup kemungkinan, patogen yang berusaha masuk ke dalam tubuh, lebih kuat dari sistem imun nonspesifik. Ketika patogen berhasil menembus lapisan terdepan sistem imun, sistem imun berikutnya akan bekerja. Sistem imun spesifik lah yang bertugas untuk itu.

Yang termasuk sistem imun spesifik adalah sel limfosit B, sel limfosit T, makrofag, dan antibodi. Posisinya beredar di seluruh tubuh, agar dapat bekerja di mana pun patogen mungkin menembus tubuh. Bedanya dengan sistem imun nonspesifik, sistem imun spesifik yang bekerja akan sesuai dengan jenis patogen yang masuk. Fungsinya adalah berusaha menghancurkan patogen seluruhnya.

Sistem imun spesifik akan mengingat jenis-jenis patogen yang pernah dilawannya. Jika patogen sejenis menyerang di lain waktu, sistem imun spesifik akan melakukan taktik serupa untuk melawan patogen. Sebagai contoh jika seseorang sudah pernah terkena cacar air, orang itu bisa terhindar dari virus cacar air di kemudian hari, karena kemampuan dari sistem imun spesifik itu.

Fungsi Sistem Imun

Fungsi Sistem Imun

Lantas, apa saja fungsi sistem imun? Simak berikut ini.

1. Sistem pertahanan tubuh

Fungsi utama sistem imun adalah sebagai sistem pertahanan tubuh. Sistem imun yang menjaga kesehatan tubuh agar tidak terganggu oleh serangan patogen penyebab penyakit. Semakin baik kualitas sistem imun, semakin baik pula tubuh melawan penyakit.

2. Memperbaiki jaringan rusak

Sistem imun mendeteksi sel-sel abnormal dalam tubuh. Tidak hanya patogen, sel yang rusak juga dapat dikenali oleh sistem imun. Sistem imun kemudian akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak tersebut, sehingga tidak berpotensi membahayakan tubuh jika dibiarkan.

3. Menjaga homeostatis

Homeostasis adalah kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Tugas beradaptasi dan menjaga keseimbangan ini dilakukan oleh sistem imun.

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun dapat terjaga kualitasnya jika kamu menerapkan pola hidup yang sehat. Sederhana memang, tapi inilah cara menjaga kesehatan tubuh yang sama saja dengan cara meningkatkan sistem imun.

  • Konsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah.
  • Olahraga teratur.
  • Istirahat secukupnya.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Itulah penjelasan mengenai apa itu sistem imun, fungsi, serta cara menjaganya. Jangan lupa, selalu jaga imun kamu agar tetap fit dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin untuk kebutuhan tubuh sehari-hari, misalnya saja seperti Pyfa Immune Bundle – Damuvit C-1000 x D3-400 Tablet dari Pyfa Health. Semoga bermanfaat.

Bagi Penderita Diare Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah?

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah? – Diare membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, diare biasanya dapat membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Lantas, tindakan apa yang perlu dilakukan? Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah? Bagi penderita diare, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah penuhi kebutuhan cairan tubuh dan meminum oralit agar …

Bagi Penderita Diare, Tindakan yang Sebaiknya Dilakukan Adalah? Selengkapnya »

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari?

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari? – Lalat seringkali hinggap pada makanan. Walaupun hanya sebentar, tapi apakah kita boleh tetap memakan makanan tersebut? Jawabannya tentu adalah tidak. Lantas, mengapa makanan yang dihinggapi oleh lalat sebaiknya kamu hindari? Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari? Jawabannya adalah karena meskipun lalat memiliki …

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari? Selengkapnya »

Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes

Hati-hati, Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes

Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes – Penyakit tipes atau yang sering disebut juga demam tifoid adalah penyakit sistemik yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica serovar typhi (S. typhi) (Parry, 2004). Penyakit yang satu ini menyerang pencernaan, sehingga terdapat beberapa jenis makanan, termasuk di dalamnya adalah daftar buah yang tidak boleh untuk penderita tipes, …

Hati-hati, Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh untuk Penderita Tipes Selengkapnya »

Manfaat Jus Wortel dan Tomat

5 Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Jus Wortel dan Tomat – Sayuran seperti wortel dan tomat terbukti sangat baik untuk kesehatan. Selain sebagai sumber nutrisi sehari-hari, di dalam jus wortel dan tomat bisa melindungi kita dari berbagai kemungkinan penyakit. Hebatnya lagi, harga tomat dan wortel termasuk sangat terjangkau. Manfaat Jus Wortel dan Tomat Jus yang terbuat dari buah-buahan mungkin sudah …

5 Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Selengkapnya »

Penyakit Kaki Gajah Disebabkan Oleh

Penyakit Kaki Gajah Disebabkan Oleh? Ini Pembahasan dan Cara Penanganannya

Penyakit Kaki Gajah Disebabkan Oleh? – Mungkin kamu pernah mendengar penyakit kaki gajah. Penyakit ini membuat kaki penderitanya membesar karena mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, penyakit ini diberi nama kaki gajah. Pada dasarnya, penyakit kaki gajah disebabkan oleh cacing parasit yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Kaki gajah atau filariasis lebih mudah menyerang orang yang tinggal …

Penyakit Kaki Gajah Disebabkan Oleh? Ini Pembahasan dan Cara Penanganannya Selengkapnya »