• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Radang Sendi

Radang Sendi – Fungsi sendi dalam struktur tubuh manusia sangatlah penting. Sendi merupakan penghubung antara dua tulang yang berfungsi untuk membuat kerangka tubuh lebih fleksibel. Keberadaan sendi di dalam tubuh juga memungkinkan manusia untuk bergerak aktif dan memungkinkan tubuh bergerak dengan berbagai cara.

Maka dari itu, kesehatan sendi sangat penting untuk dijaga karena jika terjadi masalah pada sendi, gerak tubuh pun akan terganggu dan dapat menyebabkan nyeri. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu dapat menjaga kesehatan sendi dengan mengetahui serba-serbi mengenai kesehatan sendi yang akan dibahas pada penjelasan berikut ini.

Macam-macam Sendi

Macam-macam Sendi

Tubuh memiliki beragam jenis sendi yang memiliki fungsi yang berbeda pada setiap jenisnya. Jenis-jenis sendi ini juga dibedakan dari sifat gerak dan arah gerak sendii tersebut. Nah, berikut ini penjelasannya lengkap mengenai macam-macam sendi tersebut.

Jenis sendi berdasarkan sifat gerakannya:

  • Sendi mati atau sinartrosis: Seperti namanya, sendi ini tidak bisa bergerak.
  • Sendi kaku atau amfiartrosis: Jenis sendi yang satu ini merupakan sendi yang masih dapat digerakkan meski gerakannya masih terbatas.
  • Sendi gerak atau diartrosis: Sendi gerak adalah sendi yang bisa digerakkan secara leluasa.

Jenis sendi berdasarkan arah gerakannya:

  • Sendi geser atau plane: Sendi ini memungkinkan gerakan antara tulang yang satu menggeser yang lain.
  • Sendi engsel atau hinge: Sendi ini adalah sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk.
  • Sendi gulung atau condylar: Sendi ini memungkin tubuh untuk melakukan gerak rotasi pada poros, tapi gerakannya terbatas.
  • Sendi putar atau pivot: Sendi ini menjadi salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya mengitari atau membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain.
  • Sendi peluru atau ball and socket: Sendi ini merupakan jenis sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Bentuknya mirip bola dan tulang seperti mangkuk.
  • Sendi pelana atau saddle: Sendi ini mampu bergerak ke samping dan depan, atau membuat gerakan dua arah.

Setelah mengetahui macam-macam sendi, berikutnya akan dijelaskna macam-macam gangguan pada sendi.

Gangguan pada Sendi

Gangguan pada Sendi

Sendi juga seringkali mengalami gangguan. Gangguan pada sendi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Autoimun

Autoimun merupakan jenis gangguan sendi yang umum terjadi. Autoimun merupakan artritis reumatoid. Apabila kamu mendapati gangguan sendi, sistem kekebalan tubuh akan menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan jaringan ikat, yang akan kehilangan tekstur halus dan menjadi kasar.

2. Inflamasi

Pada kasus gangguan sendi inflamasi ini disebabkan oleh pilihan pola makan yang kurang sehat, serta luka atau infeksi. Biasanya, apabila seseorang mengalami inflamasi. Gejalanya dapat berupa sendi menjadi merah, nyeri, dan bengkak. Contoh inflamasi sendi dapat berupa encok, psoriasis artritis, dan artritis enteropati atau crohn.

3. Degeneratif

Gangguan sendi jenis ini merupakan gangguan yang amat umum dari penyakit sendi. Gangguan sendi ini contohnya dislokasi, keseleo, atau kerusakan sendi lainnya.

4. Infeksi

Sendi bisa meradang akibat infeksi. Infeksi ini bisa dalam tubuh atau sendi. Jenis gangguan sendi meliputi kondisi seperti septic infeksi pada sendi di antaranya berupa artritis dan lyme artritis.

Penyebab Nyeri atau Radang Sendi

Penyebab Nyeri atau Radang Sendi

Terdapat beragam penyebab terjadinya nyeri pada sendi. Beberapa contoh penyebab sendi yang meradang dapat disebabkan karena berbagai penyakit dan kondisi, mulai dari cedera hingga peradangan pada sendi, bursa, ligamen, tulang rawan, tendon, dan tulang-tulang di sekitar sendi.

Pertambahan usia juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Seperti pada orang tua misalnya, nyeri pada sendi sering kali disebabkan oleh osteoartritis. Apabila hal ini terjadi, bisa menyebabkan rasa nyeri pada lebih dari satu bagian sendi dalam tubuh.

Tak hanya itu, pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi yang disebut dengan inflamasi.

Obat Alami Nyeri atau Radang Sendi

Obat Alami Nyeri atau Radang Sendi

Terdapat beragam jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit nyeri atau radang sendi. Salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan herbal untuk nyeri atau radang sendi yang kini sudah banyak tersedia dalam banyak bentuk, mulai dari pil dan kapsul berisi ekstrak tanaman, teh seduh, krim oles, larutan cairan, dan bubuk kering (puyer) yang dapat dicampur pada makanan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa bahan makanan yang dapat dikonsumsi langsung sebagai obat alami nyeri atau radang sendi. Nah, beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri atau radang sendi adalah cabai, kunyit, jahe, teh hijau, nanas, dan lidah buaya.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Tubuh dilengkapi dengan berbagai ‘alat’ yang memungkinkan seseorang dapat bergerak. Ada tulang yang membentuk tubuh, kulit yang melapisi dan melindunginya, serta otot dan sendi sebagai penunjang pergerakan tubuh. Seluruh bagian ini saling mendukung satu sama lain dan tidak bisa digantikan fungsinya.

Kali ini, mari lebih mengenal sendi di dalam tubuh manusia. Mulai dari jenis dan fungsinya, sampai bagaimana cara menjaga kesehatan sendi itu sendiri.

Jenis dan Fungsi Sendi

Sendi sebetulnya terbagi menjadi tiga jenis. Ada sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak. Nah, sendi mati adalah sendi yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya tapi tidak menimbulkan pergerakan, misalnya sendi penyambung tulang tengkorak.

Selanjutnya sendi kaku, persendian ini masih bisa melakukan pergerakan tapi terbatas. Dalam tubuh kita misalnya ada di ruas tulang belakang. Terakhir yaitu sendi gerak, sesuai dengan namanya sendi ini dapat bergerak dengan leluasa karena memiliki cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi. Berikut ini adalah jenis sendi gerak dan fungsi-fungsinya.

  • Sendi putar

Sendi yang dapat menggerakkan tulang sampai satu putaran. Sendi ini di antaranya ada di tulang pengumpil lengan dan tulang hasta.

  • Sendi geser

Sendi ini berfungsi menggerakkan tulang berdekatan dan sama-sama datar. Sendi geser misalnya adalah sendi interkarpal, sendi yang menghubungkan tulang pergelangan tanganmu.

  • Sendi pelana

Sendi pelana memungkinkan tulang bergerak ke dua arah. Contohnya, sendi pelana berada di antara pangkal dan tulang ibu jari.

  • Sendi engsel

Sendi engsel mampu menimbulkan gerakan satu arah. Sebagai contoh, sendi ini menghubungkan tulang lutut, tulang kering, dan tulang paha.

  • Sendi gulung

Sendi yang menggulung berbentuk bulat seperti telur dan fungsinya memberi gerakan membengkok lalu meluruskannya, dan ada juga yang berfungsi menjauh dari garis tubuh, serta mendekatkan ke arah garis tubuh kamu. Sendi ini contohnya adalah yang menghubungkan tulang jari dan telapak tangan.

  • Sendi peluru

Sendi peluru memungkinkan tubuh bergerak ke segala arah. Misalnya saja menghubungkan lengan atas dengan tulang belikat.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Jenis dan fungsi sendi banyak sekali. Nah, setiap orang memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan sendinya sendiri. Berikut cara menjaga kesehatan sendi secara umum.

1. Menjaga berat badan

Kualitas sendi dipengaruhi oleh berat badan. Orang yang kelebihan berat badan akan lebih sering mengalami nyeri atau radang sendi. Ini diakibatkan tubuh menanggung beban yang terlalu berat. Menjaga berat badan menjadi salah satu cara alami menjaga kesehatan sendi.

2. Memperhatikan postur tubuh

Postur tubuh yang baik akan meringankan kerja sendi. Jika postur tubuh buruk, sendi akan merasakan beban yang lebih tinggi dari kondisi postur tubuh yang baik. Usahakan selalu berdiri dan duduk dengan tegak. Saat tidur pun begitu, jangan menyamping terlalu lama, istirahatkan tulang dan persendian kamu.

3. Jangan duduk terlalu lama

Cara menjaga kesehatan sendi yang satu ini berkaitan dengan postur tubuh. Duduk terlalu lama bisa menjadikan orang membungkukan badannya secara tidak sadar. Di sisi lain, posisi ini terlalu kaku untuk tubuh. Sendi yang sehat ada pada tubuh yang sering bergerak.

4. Hindari merokok

Merokok memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya berpengaruh pada kesehatan sendi. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kualitas kepadatan tulang dan kesehatan sendi. Kalau kamu perokok, coba perlahan kurangi dan kalau bisa lama-lama menghentikan kebiasaan merokok, ya.

5. Konsumsi makanan bernutrisi

Nutrisi yang baik untuk kesehatan sendi di antaranya asam lemak omega-3, protein, antioksidan, kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Konsumsi makanan-makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi tersebut ya. Ini berfungsi sebagai energi agar sendi dapat terpelihara kesehatannya.

6. Olahraga secara teratur

Jangan berpikir sendi akan selalu sehat jika kamu banyak beristirahat. Beristirahat memang baik, tapi lakukan secukupnya saja. Imbangi hidupmu dengan kebiasaan hidup sehat dengan berolahraga secara teratur. Semakin sering sendi digerakan, bagian tubuh ini justru akan semakin kuat.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi Lutut

Lutut adalah salah satu bagian tubuh yang sering mengalami gangguan sendi. Banyak orang yang mengeluhkan sendinya nyeri dan tidak nyaman. Karena itu, menjaga kesehatan sendi lutut menjadi penting diutamakan.

Sebetulnya cara menjaga kesehatan sendi lutut sama saja dengan cara menjaga kesehatan sendi secara umum. Perbedaannya mungkin ada pada jenis olahraga teratur yang dilakukan. Kamu bisa melakukan gerakan olahraga yang terfokus pada lutut untuk menjaga kesehatan sendi seperti berikut ini.

  • Gerakan mengangkat kaki.
  • Gerakan menekuk hamstring.
  • Squat dengan posisi tubuh bersandar pada dinding.

Itu tadi hanya sebagian kecil tips atau cara menjaga kesehatan sendi. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter yang relevan, dan personal trainer yang mendampingimu saat berolahraga. Mungkin saja mereka juga akan membantumu dalam meningkatkan nutrisi tubuh, dengan merekomendasikan jenis suplemen yang kamu butuhkan.

Makanan untuk Kesehatan Sendi

Makanan untuk Kesehatan Sendi

Kesehatan sendi memang acap kali disepelekan. Padahal, apabila muncul penyakit atau gangguan pada sendi, hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan sendi juga tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menerapkan pola hidup sehat salah satunya melalui pola makan yang baik.

Arthritis Care and Research pada sebuah penelitiannya menemukan bahwa setidaknya sebesar 24% penderita rheumatoid arthritis mengalami perbaikan gejala setelah menjalani pengaturan pola makan. Terdapat sejumlah jenis makanan terbukti efektif menghambat proses peradangan, menguatkan tulang, serta menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Nah, di bawah ini beberapa makanan untuk menjaga kesehatan sendi yang perlu kamu ketahui.

1. Susu dan produk olahannya

Makanan olahan susu seperti yoghurt dan keju mengandung asupan kalsium dan vitamin D yang melimpah. Dua jenis nutrisi ini sangatlah baik untuk meningkatkan kekuatan otot, serta menunjang sistem daya tahan tubuh. Minum susu rendah atau bebas lemak secara rutin dapat menurunkan derajat keparahan osteoartritis lutut, demikian seperti yang dipaparkan oleh studi dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, Amerika Serikat.

2. Ikan

Ikan memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Pada jenis ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden tinggi akan asam lemak omega-3, Nah, kandungan omega-3 ini berperan sebagai anti peradangan. Artinya, dengan mengonsumsi jenis ikan berlemak, artinya kita sudah memberikan nutrisi pada tulang dan sendi. Bukan hanya itu, ikan juga menjadi salah satu sumber vitamin D yang baik.

3. Brokoli

Jurnal Arthritis & Rheumatism menerbitkan sebuah penelitian yang membahas mengenai kandungan nutrisi dalam brokoli dapat membantu mengatasi peradangan sendi, seperti pada osteoartritis. Kandungan sulforafan pada brokoli diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

4. Bawang putih

Dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga baik untuk kesehatan tulang dan sendi, lho. Bumbu dapur yang satu ini mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai antiperadangan dan dapat mengurangi gejala nyeri atau radang sendi, sehingga menjadi salah satu jenis makanan yang bagus untuk sendi dan tulang.

5. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang favorit tokoh animasi Popeye yang bisa menjadikannya kuat dan mampu melawan penjahat. Tentu hal itu bukan tanpa sebab, karena bayam memang kaya akan nutrisi sehingga dapat menjadi makanan untuk menguatkan sendi kamu. Pada sebuah riset yang diterbitkan oleh jurnal Food and Function pada tahun 2016 menyebutkan, bahwa bayam kaya akan antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan, terutama pada sendi. Tak hanya itu, sayuran hijau satu ini juga mengandung senyawa yang disebut dengan kaempferol yang diketahui dapat membantu mengurangi peradangan sendi.

6. Minyak zaitun

Olive oil atau minyak zaitun juga merupakan salah satu makanan penguat sendi. Hal ini terbukti pada penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition juga mendukung hal yang sama. Pada riset ini diteliti sebanyak 333 partisipan yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Dan benar saja, hasilnya menunjukkan adanya penurunan risiko peradangan pada kelompok yang mengonsumsi minyak zaitun.

7. Seafood

Sejumlah makanan laut yang masuk golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin di dalam cangkang dan buntutnya. Penelitian yang dilakukan National Institutes of Health (NIH) menunjukan bahwa glukosamin efektif untuk mengurangi nyeri, pembengkakan, dan kaku sendi.

Macam-macam Sendi dan Contohnya

Macam-macam Sendi dan Contohnya

Sadarkah kamu, manusia dianugerahi tubuh yang sempurna? Ada bagian tangan yang memungkinkan tubuh meraih hingga menggerakkan barang. Ada kaki yang membuat kamu bisa berjalan dan berlari dengan leluasa. Itu semua bisa terjadi karena tulang-tulang saling bertautan satu sama lain.

Tulang-tulang bisa saling menyatu karena ada sendi. Sendi sendiri juga terbagi dalam beberapa jenis, menurut fungsinya masing-masing. Pelajari lebih lanjut yuk macam-macam sendi dan contohnya. Pertama kamu perlu tahu kalau sendi terbagi menjadi tiga jenis utama.

1. Sendi mati atau sinartrosis

Fungsi utama sendi adalah menyambungkan tulang satu dengan tulang lainnya. Sendi mati atau sinartrosis tidak memiliki fungsi lain selain itu. Sesuai namanya, sendi ini mati yang artinya tidak bisa bergerak sama sekali.

Jangan heran, memang ada beberapa tempat yang memerlukan sendi ini. Karena justru bahaya jika area ini terlalu banyak mengalami gerakan. Sendi mati contohnya menghubungkan tulang-tulang yang ada di area tengkorak.

2. Sendi kaku atau amfiartrosis

Sendi kaku agak berbeda dengan sendi mati. Amfiartrosis atau sendi kaku masih bisa digerakan tapi untuk gerakan-gerakan yang terbatas. Kebanyakan orang juga lebih mengenalnya sebagai sendi tulang rawan. Sendi ini ada di daerah tulang belakang.

3. Sendi gerak atau diartrosis

Sendi yang terakhir adalah sendi gerak atau diartrosis. Sendi ini paling berbeda dengan jenis sendi lain, karena mampu menimbulkan banyak gerakan pada tubuh. Pergerakan yang bebas dapat terjadi karena sendi gerak memiliki pelumas yang disebut cairan sinovial. Sebagai informasi, sendi gerak atau diartrosis adalah sendi yang paling banyak ada di tubuh manusia.

Macam-macam sendi dan contohnya seperti yang disebutkan di atas, menggambarkan kalau fungsi sendi itu sederhana. Padahal, tubuh dapat melakukan berbagai gerakan. Ada yang searah sampai ada yang bisa berputar. Berikut pemaparannya.

1. Sendi gerak

Pembagian jenis sendi tidak berhenti pada tiga macam sendi di atas. Sebetulnya akan lebih beragam lagi jika sendi gerak atau diartrosis diuraikan lebih lanjut. Kamu akan tahu sendi itu benar-benar beragam jenis dan contohnya. Ini berdasarkan pada arah gerak yang dihasilkan sendi.

2. Sendi geser (plane)

Seperti namanya, sendi geser memungkinkan tulang bergeser. Pergerakannya bisa menyerupai pesawat yang sedang meluncur.  Tapi hanya terbatas itu, tidak bisa melakukan gerakan yang variatif.

Sendi geser bertugas menghubungkan tulang yang memiliki permukaan datar. Kalaupun bergelombang, itu tipis sekali. Nah, sendi ini contohnya yang menyambungkan pergelangan kaki dan tangan kamu.

3. Sendi pelana (saddle)

Sendi pelana juga hanya memungkinkan tulang untuk bergerak secara terbatas. Bagian tubuh yang dihubungkan dengan sendi pelana hanya bisa bergerak maju atau mundur.

Coba bayangkan pelana, tempat duduk orang yang menunggangi kuda. Bentuk sendi pelana serupa dengan itu. Sendi ini misalnya berada di antara tulang pangkal ibu jari dan pergelangan tangan.

4. Sendi engsel (hinge)

Kamu tahu bentuk engsel pintu? Sendi engsel menjalankan fungsi yang sama seperti itu. Tulang-tulang ibarat daun pintu dan kusennya.

Pergerakan tulang yang dihubungkan oleh sendi engsel hanya satu arah, maju atau mundur. Kamu memiliki sendi engsel di antaranya di lutut atau siku tanganmu.

5. Sendi peluru (ball and socket)

Mulai masuk ke sendi-sendi yang pergerakannya semakin beragam nih. Sendi peluru bisa menimbulkan gerakan ke berbagai arah. Arah barat, timur, tenggara, atau yang lainnya.

Tulang yang terhubung dengan sendi ini memiliki bentuk yang unik. Bagian ujung tulang yang satu berbentuk bulat, dan yang satu lagi seperti mangkok. Sendi peluru ada di sekitar pinggul dan bahu.

6. Sendi putar (povit)

Gerakan yang bisa timbul dari sendi ini adalah memutar di sekitaran poros tulang yang terhubung. Kalau secara bentuk, tulang satu masuk ke rongga cincin tulang lainnya.

Tulang yang dihubungkan oleh sendi putar ada di bagian leher. Sendi ini lah yang membuat kepala kamu bergerak maju atau mundur.

7. Sendi gulung (condyloid)

Sendi gulung juga pergerakanya terbatas. Tidak bisa menimbulkan pergerakan bebas seperti memutar. Tapi tetap saja sangat penting karena setiap sendi memungkinkan tulang terhubung, walaupun bentuknya berbeda-beda.

Ujung-ujung tulang yang dilekatkan sendi gulung itu sama-sama berbentuk oval. Kamu bisa menemukannya di telapak tangan. Atau bisa juga di rahang wajahmu.

Itulah macam-macam sendi dan contohnya yang harus kamu tahu. Di kondisi yang optimal, sendi membuat tubuh manusia dapat bergerak leluasa. Jaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat, ya.

Sebutkan Manfaat Olahraga Bagi Tulang dan Sendi

Sebutkan Manfaat Olahraga Bagi Tulang dan Sendi

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga dapat menunjang kesehatan tubuh dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh seseorang. Maka tak heran jika dokter selalu menyarankan untuk rutin berolahraga sebagai bagian dari menjalan gaya hidup sehat yang seimbang. Lebih khusus lagi, rutin berolahraga dapat pula untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Hal tersebut tentu bukan sekedar isapan jempol belaka, banyak penelitian membuktikan efek positif dan peran penting olahraga terhadap kesehatan tulang. Efek positif lainnya apabila seseorang rutin melakukan olahraga yaitu dapat untuk meningkatkan kepadatan tulang sebagai tabungan untuk masa depan, maupun memperlambatnya berkurangnya kepadatan tulang saat memasuki usia lanjut. Pasalnya, kepadatan tulang ini dapat menurun seiring bertambahnya usia apalagi setelah seorang wanita mengalami menopause.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk membiasakan kegiatan berolahraga sejak dini, karena olahraga yang dilakukan sejak dini akan membuat kepadatan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang secara maksimal. Rutinitas olahraga yang teratur dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepadatan tulang (1-3%) pada mereka yang berusia 30-40an, selain juga menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Salah satu jenis olahraga yang baik untuk tulang adalah tai chi. Apabila jenis olahraga satu ini dilakukan setidaknya selama 45 menit sehari yang dilakukan lima kali dalam seminggu, dapat memiliki efek yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Hal ini terbukti dari sebuah riset yang diterbitkan dalam Physician and Sportsmedicine. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa rutin melakukan tai chi dapat memperlambat berkurangnya kepadatan tulang pada wanita yang telah mengalami menopause hingga 3,5 kali lipat dibanding yang tidak melakukan tai chi.

Selain tai chi, terdapat pula berbagai jenis olahraga lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Beberapa olahraga yang baik dilakukan seperti berenang, aerobik, angkat beban, yoga, dan berjalan kaki. Kegiatan berolahraga ini juga  memiliki beberapa mekanisme yang memberi kontribusi penting dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi. Nah, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga untuk kesehatan tulang dan sendi.

1. Mengurangi risiko penyakit osteoporosis

Risiko osteoporosis ini dapat ikut menurun akibat adanya peningkatan dari aliran darah yang terjadi saat berlari sehingga melancarkan distribusi nutrisi bagi pertumbuhan sel tulang sehingga menjadi lebih aktif.

2. Merangsang peningkatan osteoblas

Rutin berolahraga membuat tekanan pada tulang hal ini akan merangsang osteoblas, sel yang diperlukan untuk pembentukan tulang baru dalam proses remodeling tulang.

3. Membuat otot lebih kuat

Kegiatan olahraga juga dapat membuat otot-otot tubuh lebih kuat sehingga memberi tekanan pada tulang. Hal itulah yang kemudian membuat tulang lebih padat.

4. Membantu memperbaiki metabolisme tubuh

Metabolisme pada tubuh dan peredaran darah yang mengantarkan kalsium dan mineral lain yang berperan penting dalam pembentukan tulang akan jauh lebih lancar jika sering melakukan olahraga.

5. Meningkatkan keseimbangan

Rutin melakukan olahraga seperti yoga, pilates, dan zumba juga dapat menguatkan otot dan melatih keseimbangan sehingga seseorang tidak mudah jatuh. Tentunya hal ini akan membuat risiko patah tulang pun menurun. selain itu dengan keseimbangan yang baik, tubuh juga akan semakin fleksibel untuk bergerak lebih aktif lagi.

Nah, itulah tadi beragam manfaat apabila kamu rutin melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Oleh karena itu, jangan tunggu lebih lama lagi, terapkan hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin kamu, ya. Jangan lupa konsumsi juga suplemen sendi seperti Syalox dari Pyfa Health untuk mendukung kesehatan sendi kamu. Semoga bermanfaat!

Makanan Penyebab Radang Sendi

Simak 5 Makanan Penyebab Radang Sendi Berikut Ini

Makanan Penyebab Radang Sendi – Nyeri sendi adalah suatu kondisi rasa sakit, peradangan, atau tidak nyaman pada sendi. Nyeri sendi dapat terjadi di seluruh tubuh, seperti leher, bahu, siku, jari, pinggul, dan lutut. Nyeri sendi bisa ringan ataupun berat. Apabila masih ringan, kamu mungkin hanya merasa nyeri saat melakukan aktivitas tertentu. Namun, apabila sudah berat, …

Simak 5 Makanan Penyebab Radang Sendi Berikut Ini Selengkapnya »

Penyebab Radang Sendi

Ini Penyebab Radang Sendi yang Wajib Kamu Tahu

Penyebab Radang Sendi – Arthritis atau yang biasa sering disebut dengan radang sendi adalah peradangan yang terjadi pada sendi. Akibatnya, sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan. Gejala radang sendi meliputi bengkak, nyeri, kemerahan, dan kaku pada sendi. Radang sendi sering dialami oleh seseorang yang berusia di atas 65 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa …

Ini Penyebab Radang Sendi yang Wajib Kamu Tahu Selengkapnya »

Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan

Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan – Di dalam pergelangan tangan, terdapat sendi sehingga kita bisa menggerakkan telapak tangan dengan bebas. Jika kita mengalami nyeri atau sakit di sekitar pergelangan tangan, tentunya aktivitas akan terganggu. Apalagi, tangan merupakan salah satu anggota badan yang paling banyak digerakan. Gejala Nyeri Sendi di Pergelangan Tangan Nyeri sendi di …

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan Selengkapnya »

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia – Sistem sendi pada tubuh manusia terbilang cukup banyak dan bervariasi. Tentunya dengan sendi tersebut, manusia dapat bergerak sesuai keinginannya. Dari sekian banyak sendi di dalam manusia, ada satu sendi yang cukup menarik untuk dibahas, yakni sendi pelana. Apa yang membuat sendi pelana ini begitu menarik? Salah satunya …

Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia? Selengkapnya »

Macam-macam Sendi dan Contohnya

Macam-macam Sendi pada Manusia dan Contohnya

Macam-macam Sendi dan Contohnya – Sendi pada manusia merupakan bagian penting yang cukup jarang dibahas. Tanpa adanya sendi, maka sangat mustahil kita dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Perlu kamu ketahui bahwa di dalam tubuh manusia memiliki beragam struktur yang sangat rumit. Sendi juga merupakan salah satu unsur jaringan yang menarik untuk dibahas. Sebelum kita membahas …

Macam-macam Sendi pada Manusia dan Contohnya Selengkapnya »