• shopee-bigramadhansale-1920x745

Osteoporosis

Osteoporosis – Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sejak dini. asupan kalsium dan vitamin D penting untuk menunjang perkembangan tulang yang baik untuk tubuh. Jika kesehatan tulang tidak dipelihara dengan baik sejak dini, kedepannya akan terdapat banyak risiko penyakit yang dapat mengganggu dan merusakan tulang kamu.

Salah satu penyakit kerusakan tulang yang paling umum dikenal adalah osteoporosis. Namun, apakah kamu sudah benar-benar tahu apakah osteoporosis itu? Lalu, bagaimana gejala, penyebab, serta cara mencegah dan mengatasinya? Ketahui jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Osteoporosis Adalah...

Osteoporosis Adalah…

Osteoporosis adalah sebuah penyakit tulang yang menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang. Kondisi ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Penyakit osteoporosis juga lebih sering menyebabkan fraktur di panggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

Walaupun seringkali dikaitkan dengan usia, faktanya, penyakit osteoporosis bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Penyakit ini juga tidak memandang bulu baik anak-anak maupun orang dewasa dan lanjut usia dapat mengalami osteoporosis. Tetapi memang, osteoporosis lebih berisiko dan lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Bukan tanpa sebab, kondisi tersebut disebabkan oleh berkurangnya kadar estrogen yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Apa Saja Penyebab Osteoporosis?

Apa Saja Penyebab Osteoporosis?

Pada dasarnya, penyakit osteoporosis disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi pada tulang. Kondisi tersebut akan berdampak pada berkurangnya kepadatan tulang. Umumnya, penurunan kemampuan regenerasi ini biasanya akan dimulai saat seseorang memasuki usia 35 tahun ke atas. Namun, risiko penyakit osteoporosis juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti:

  • Kekurangan kalsium.
  • Kekurangan vitamin D.
  • Wanita yang sudah memasuki masa menopause.
  • Faktor keturunan atau terdapat riwayat osteoporosis pada keluarga.
  • Mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama.
  • Kebiasaan atau kecanduan terhadap alkohol dan rokok.

Setelah mengetahui apa saja penyebab osteoporosis, ketahui juga beberapa gejala osteoporosis berikut ini.

Apa Saja Gejala Osteoporosis?

Apa Saja Gejala Osteoporosis?

Jika seseorang mengalami osteoporosis, seringkali kondisi ini tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya. Osteoporosis baru akan diketahui ketika seseorang mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang. Namun, ketika seiring berkurangnya kepadatan tulang, penderita dapat mengalami kondisi seperti di bawah ini:

  • Mudah mengalami patah tulang, walau hanya karena benturan yang ringan.
  • Nyeri punggung, biasanya disebabkan oleh patah tulang belakang.
  • Postur badan membungkuk.
  • Tinggi badan berkurang.

Lalu, bagaimana cara mencegah osteoporosis? Simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana Cara Mencegah Osteoporosis?

Bagaimana Cara Mencegah Osteoporosis?

Penyakit osteoporosis akan sulit untuk dicegah pada beberapa kondisi, namun tentu kamu bisa meminimalisir risiko terjadinya osteoporosis dengan menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang. Gaya hidup pada masa muda akan mempengaruhi kondisi tubuh di masa depan. Untuk mencegah osteoporosis, kamu bisa mulai berhenti merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan berkala jika sudah menopause, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan vitamin D dan kalsium.

Pada dasarnya, peluang kamu untuk terkena osteoporosis sebenarnya tergantung pada seberapa banyak massa tulang yang terbentuk saat kamu saat masih muda. Karena, semakin banyak massa tulang yang terbentuk, maka akan semakin banyak pula persediaan massa tulang yang disimpan. Jadi, risiko kamu untuk mengalami osteoporosis seiring bertambahnya usia pun semakin kecil tentunya.

Jadi, mitos mengenai pertambahan usia menjadi faktor utama penyebab osteoporosis pun akan terbantahkan seiring dengan gaya hidup sehat yang kamu jalankan. Konsumsi berbagai vitamin dan suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan tulang, misalnya saja seperti Caltrax, Caltron, dan Cataro dari Pyfa Health. Semoga bermanfaat.

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Maka Kita Sebaiknya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Maka Kita Sebaiknya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung?

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Maka Kita Sebaiknya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung? – Untuk mencegah terjadinya gangguan pada tulang, maka kita sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan untuk menjaga kesehatan tulang itu sendiri. Menjaga kesehatan tulang menjadi hal penting untuk dilakukan agar meminimalisasi terjadinya berbagai masalah yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari. Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Maka Kita …

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Maka Kita Sebaiknya Mengonsumsi Makanan yang Mengandung? Selengkapnya »

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut – Rakitis adalah penyakit yang membuat terjadinya pelunakan tulang pada anak-anak karena kurangnya metabolisme, vitamin B, magnesium, fosfor, dan kalsium, sehingga berpotensi menyebabkan tulang mudah patah dan bisa mengalami kelainan bentuk tulang. Vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan tulang karena vitamin D membantu …

Kekurangan Fosfor, Kalsium, dan Vitamin D Mengakibatkan Beberapa Penyakit Sebagai Berikut Selengkapnya »