• shopee-bigramadhansale-1920x745

Omega 3

Omega 3 – Tubuh memerlukan nutrisi yang tidak sedikit. Nutrisi ini bermanfaat untuk tubuh, agar setiap jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh adalah asam lemak.

Asam lemak sendiri terbagi dalam beberapa macam. Pada dasarnya, asam lemak merupakan energi untuk organ tubuh seperti jantung dan otot. Kali ini pembahasan akan berfokus pada asam lemak omega 3.

Omega 3 Adalah...

Omega 3 Adalah…

Asam lemak omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak yang diperlukan untuk kepentingan metabolisme tubuh. Jika dijelaskan lebih jauh, omega 3 merupakan asam lemak tidak jenuh yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Nutrisi ini biasanya datang dari asupan nutrisi dari berbagai makanan bergizi.

Omega 3 sendiri terbagi kembali menjadi tiga jenis, yaitu Eicosapentaenoic acid (EPA), Docosahexaenoic acid (DHA), dan Alpha-linolenic acid (ALA). Masing-masing memiliki perannya tersendiri.

Manfaat Omega 3

Manfaat Omega 3

Mari pelajari manfaat omega 3 dari jenis-jenis turunannya. Setelah itu, kita rangkum kembali apa saja manfaat menyeluruh dari asam lemak tak jenuh ini.

1. Eicosapentaenoic acid (EPA)

EPA berfungsi menghasilkan senyawa kimia bernama eicosanoid di dalam tubuh manusia. Senyawa kimia ini kemudian berperan menjaga kekebalan tubuh hingga mengendalikan jika terjadi peradangan. Di sisi lain, EPA juga akan membantu meringankan gejala depresi, jika kamu merasakannya.

2. Docosahexaenoic acid (DHA)

Berbeda dengan EPA, DHA memiliki peran khusus untuk otak. DHA dikenal sebagai salah satu komponen utama yang membangun 8% berat otak kamu, selanjutnya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak. Untuk orang lanjut usia (lansia), DHA bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak, contohnya demensia.

3. Alpha-linolenic acid (ALA)

Terakhir, ALA merupakan asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai penghasil energi. Dalam prosesnya, ALA dapat berubah atau dibentuk kembali menjadi wujud omega 3 lainnya yaitu DHA ataupun EPA.

Perlu kamu pahami, omega 3 akan diserap oleh membrane sel tubuh. Turunannya beragam, manfaatnya pun bermacam-macam. Jika dirangkum kembali, omega 3 bermanfaat untuk melawan depresi, mencerdaskan otak janin, menurunkan risiko gangguan dan penyakit jantung, mencegah obesitas, dan lain-lain.

Aturan Minum Omega 3

Aturan Minum Omega 3

Mengonsumsi omega 3 tidak bisa sembarangan. Ada dosis tertentu yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pastikan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dua kali dalam satu minggu.

Kalau kamu memperoleh asupan omega 3 dari suplemen, biasanya ada aturan minum omega 3 di kemasan yang perlu kamu ikuti. Kalau kamu memiliki kondisi medis tertentu, beda lagi ceritanya. Orang yang katakan kurang sehat, membutuhkan dosis omega 3 lebih tinggi, setidaknya sekitar 200-4000 mg.

Itu adalah aturan minum omega 3 bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, hanya membutuhkan 50 sampai 100 mg omega 3 per harinya. Sementara itu ibu hamil umumnya membutuhkan tambahan 200 mg omega 3, dari dosis awal usia dewasa.

Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang Mengandung Omega 3

Pertanyaan selanjutnya, darimana kamu bisa memperoleh omega 3? Omega 3 banyak terdapat dalam jenis makanan berprotein tinggi seperti ikan dan kacang-kacangan. Berikut ini adalah informasi kandungan omega 3 dalam makanan yang bisa kamu catat.

  • Ikan salmon: 2200 mg.
  • Ikan sarden: 1400 mg.
  • Ikan tuna: 1200-1500 mg.
  • Ikan kembung: 2500-2600 mg.
  • Ikan teri: 2100 mg.
  • Tiram: 600 mg.
  • Kacang kedelai: 1400 mg.
  • Kacang kenari: 8000 mg.

Sudah lengkap penjelasan mengenai omega 3 yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang, perhatikan gizi atau nutrisi setiap makanan yang kamu konsumsi. Ingat, omega 3 memiliki beragam manfaat agar tubuh dapat menjalankan setiap fungsinya secara optimal. Tambahkan asupan dari suplemen, jika kamu memerlukan lebih banyak omega 3 di dalam tubuh kamu.

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah?

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah? – Tersumbatnya aliran darah seseorang, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. Pasalnya, darah berperan penting sebagai pembawa oksigen ke otak. Terganggunya aliran darah tentu akan berdampak pada kinerja otak dalam menggerakan tubuh. Hal ini dikarenakan organ dan jaringan tubuh terhubung dengan pembuluh darah …

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah? Selengkapnya »

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil – Wanita yang sedang hamil harus banyak mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Sebab, ketika hamil ibu tidak hanya memenuhi nutrisi untuk tubuhnya, tetapi juga memberi asupan nutrisi bagi janin yang sedang dikandungnya. Salah satu jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran, seperti kangkung. Ternyata, mengonsumsi sayuran kangkung …

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi – Kalau dicari-cari, sebenarnya ada banyak pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi semua orang. Saking banyaknya, kadang membuat bingung, sebaiknya hari ini makan apa, ya? Lalu, manfaat makanan tersebut apa saja, ya? Salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan kamu adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Makanan dengan kandungan protein …

7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Selengkapnya »

Manfaat Alpukat untuk Bayi

7 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Apa Saja?

Manfaat Alpukat untuk Bayi – Makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi sangat terbatas, berbeda dengan orang dewasa. Masa-masa bayi dan anak-anak memang merupakan masa pertumbuhan dan adaptasi organ tubuh manusia. Seseorang baru bisa memakan berbagai jenis makanan, setelah melalui proses MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu. MPASI seharusnya diberikan saat bayi berusia 6 bulan. …

7 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Apa Saja? Selengkapnya »

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing – Pasien penderita tiroiditis umumnya mengonsumsi suplemen atau vitamin saat mengalami keluhan seperti badan lemas dan kepala pusing. Namun, tidak semua pasien bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang sama untuk mengatasinya. Karena memang, kondisi kesehatan setiap pasien tentu berbeda-beda. Jika pemilihan suplemen atau vitamin tidak sesuai, maka hasilnya juga …

Vitamin untuk Badan Lemas dan Pusing Bagi Penderita Tiroiditis Selengkapnya »