• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Nafsu Makan Anak

Nafsu Makan Anak – Masalah makan pada anak memang kerap menjadi masalah yang sering dijumpai orang tua. Banyak cara yang dilakukan orang tua untuk berusaha agar anaknya mau makan. Hal tersebut harus dilakukan orang tua, karena anak yang tidak mau makan atau pemilih berisiko mengalami gangguan pertumbuhan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Untuk asupan nutrisi, orang tua dapat memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhan si kecil. Perlu diketahui, bahwa kebutuhan kalori setiap anak per hari berbeda sesuai usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisiknya. Umumnya, kebutuhan kalori anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Terdapat berbagai cara untuk menambah nafsu makan si kecil, salah satunya adalah memberikan vitamin yang dapat merangsang nafsu makannya. Salah satu bahan alami yang dapat menambah nafsu makan adalah kunyit, berikut ini cara menambah nafsu makan anak dengan kunyit.

Cara menambah nafsu makan anak dengan kunyit

Tanaman kunyit memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Salah satu tanaman rumpang ini mengandung zat bernama curcumin. Hasil penelitian terhadap curcumin (diferuloylmethane) membuktikan bahwa zat ini tidak hanya ampuh untuk membantu mencegah penyakit jantung dan kanker, tetapi juga dapat meningkatkan selera makan.

Memiliki nama lain Curcuma longa, tanaman yang satu ini juga memiliki efek penambah nafsu makan dari curcumin ini diduga terkait kemampuan zat tersebut dalam menangkal radikal bebas, menghalau peradangan, serta membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Orang tua dapat memberikan si kecil ekstrak kunyit atau kunyit segar dalam bentuk minuman atau jamu. Kunyit juga dijadikan sebagai bahan masakan dalam makanan sehari-hari.

Cara menambah nafsu makan anak usia 1 tahun

Ketika mulai memasuki usia satu tahun, si kecil biasanya akan lebih sibuk bermain dan menyebabkan ia jadi mulai malas makan. Akibatnya, orang tua menjadi cemas dan takut berat badan anak tidak dapat naik lagi. Kecemasan akan bertambahnya berat badan memang menjadi momok tersendiri bagi orang tua. Meski demikian, sebenarnya tidak masalah jika pada usia 1-3 tahun berat badan anak tidak naik banyak, karena memang demikian fasenya.

Orang tua harus memahami bahwa berkurangnya nafsu makan adalah hal yang umum terjadi di usia tersebut. Penyebabnya berkaitan dengan laju pertumbuhan anak yang cenderung melambat pada usia tersebut. Tetapi, tentu nafsu makan si kecil tetap harus dijaga. Berikut ini adalah sejumlah cara untuk meningkatkan nafsu makan anak usia 1 tahun.

  • Pilihlah jenis makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi dengan tekstur dan rasa yang sesuai untuk usia si kecil dan disukai olehnya.
  • Jika anak sulit untuk makan dengan porsi biasa, orang tua dapat menyiapkan makanan dalam porsi lebih kecil, namun lebih sering.
  • Perkenalkan jenis makanan baru secara bertahap kepada si kecil. Apabila anak tidak mau mencoba makanan baru, orang tua bisa memberikan makanan tersebut lain waktu.

Lalu, apa saja menu makanan penambah nafsu makan anak? Simak pada poin selanjutnya berikut ini.

Menu Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Menu Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Menyajikan menu makanan yang tepat bisa menjadi salah satu upaya mengatasi masalah makan pada si kecil. Kamu bisa memberikan si kecil makanan penambah nafsu makan. Terdapat sejumlah jenis bahan makanan untuk menambah nafsu makan anak, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Jahe.
  • Yoghurt.
  • Alpukat.
  • Minyak ikan.
  • Kacang-kacangan.
  • Kentang.
  • Wortel.
  • Makan favorit si kecil.

Nah, jenis makanan di atas dapat diolah menjadi menu makanan yang variatif dan disukai si kecil untuk menambah nafsu makannya semakin meningkat. Coba ciptakan aneka makanan dengan kreasi unik dan beragam. Tentu hal tersebut tidak hanya akan menumbuhkan rasa penasarannya untuk mencoba makanan baru, tetapi juga dapat melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan si kecil.

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple

Inilah Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple dan Bisa Kamu Coba

Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple – Menjaga tubuh yang sehat tentu tidak hanya dilakukan dengan rutin berolahraga setiap hari. Meskipun berolahraga dapat menjaga tubuh tetap bugar, namun asupan makanan juga berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang. Salah satu cara untuk menjaga pola makan yang sehat adalah dengan memerhatikan komposisi kandungan dan porsi makanan …

Inilah Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple dan Bisa Kamu Coba Selengkapnya »

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Mudah

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh – Menjaga berat badan merupakan sebuah kebutuhan yang harus kita penuhi. Tidak hanya membuat membentuk badan menjadi lebih bagus, tetapi juga bisa memberikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Di dalam dunia medis, untuk bisa memastikan berat badan ideal adalah melalui Indeks Massa Tubuh atau sering juga disebut BMI. Kira-kira seberapa penting …

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh dengan Mudah Selengkapnya »

Cara Menambahkan Nafsu Makan

6 Cara Menambahkan Nafsu Makan pada Anak

Cara Menambahkan Nafsu Makan – Anak-anak yang menolak untuk makan tentunya membuat orang tua pusing serta bingung. Padahal, anak yang mogok makan bisa memengaruhi pertumbuhannya. Perlu kamu ketahui juga bahwa usia anak merupakan momen yang pas untuk pertumbuhan tubuh dan juga otak. Dari hal inilah, para orang tua perlu mencari tahu berbagai cara agar anak …

6 Cara Menambahkan Nafsu Makan pada Anak Selengkapnya »

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi Maka Makanan Harus Mengandung

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, Maka Makanan Harus Mengandung?

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, Maka Makanan Harus Mengandung? – Mungkin banyak dari kamu yang telah mengetahui komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, tahukah kamu, jika kita menilainya dari fungsi zat gizi di dalamnya, maka makanan tersebut juga harus mengandung beberapa unsur penting. Ternyata, sesuai dengan fungsi zat gizi maka makanan harus mengandung karbohidrat …

Sesuai dengan Fungsi Zat Gizi, Maka Makanan Harus Mengandung? Selengkapnya »

Sebutkan 5 Jenis Zat Aditif yang Biasa Ditambahkan pada Makanan

Sebutkan 5 Jenis Zat Aditif yang Biasa Ditambahkan pada Makanan! Ini Penjelasannya

Sebutkan 5 Jenis Zat Aditif yang Biasa Ditambahkan pada Makanan – Tidak hanya makanan fast food, hampir dipastikan satu dari beberapa makanan yang setiap hari kamu konsumsi pasti menggunakan zat aditif sebagai tambahannya. Entah ditambahkan dengan jumlah yang kecil, tetap saja makanan tersebut menggunakan tambahan zat aditif. Tujuan penggunaan zat aditif cukup beraneka ragam mulai …

Sebutkan 5 Jenis Zat Aditif yang Biasa Ditambahkan pada Makanan! Ini Penjelasannya Selengkapnya »