• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang – Tubuh manusia dapat terbentuk sempurna karena memiliki tulang yang kokoh. Ibaratnya, jika kamu membuat bangunan tertentu, baik rumah atau gedung perkantoran, hal pertama yang dibutuhkan adalah rangka-rangka besi. Rangka besi ini sama saja seperti tulang, menopang material lain agar terbentuk bangunan yang diharapkan.

Dengan manfaatnya yang penting ini, kesehatan tulang harus dijaga. Tulang yang sehat akan membuat kamu dapat melakukan berbagai aktivitas setiap harinya, terutama aktivitas fisik. Kenali seperti apa lagi fungsi dan bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tulang.

Fungsi Tulang dan Bagian-bagian Tulang Manusia

Fungsi Tulang dan Bagian-bagian Tulang Manusia

Apa saja fungsi tulang bagi tubuh manusia? Simak berikut ini.

1. Penunjang

Fungsi tulang sebagai penunjang artinya untuk membentuk tubuh manusia. Dengan adanya tulang, otot dan jaringan-jaringan lain memiliki tempat untuk melekat dan menjalankan fungsinya juga.

2. Penggerak

Otot menempel pada tulang sehingga memungkinkan tubuh memiliki tenaga untuk bergerak. Tulang berfungsi sebagai tuas penggeraknya.

3. Pelindung

Fungsi tulang sebagai pelindung maksudnya adalah melindungi organ-organ penting dalam tubuh. Jika tubuh terpaksa mengalami benturan, organ-organ seperti jantung dan paru-paru tidak akan langsung merasakannya. Organ penting tidak mudah mengalami kerusakan.

4. Tempat penyimpan mineral

Selain otot yang dapat melekat di tulang, mineral penting juga dapat tersimpan dalam tubuh karena adanya tulang. Mineral seperti kalsium dan fosfor misalnya, tersimpan dalam tulang untuk menjalani fungsinya bersama sel tubuh.

5. Tempat penyimpan energi

Kesehatan tulang penting diperhatikan karena tulang adalah salah satu tempat penyimpan energi. Dalam hal ini, lemak tubuh tersimpan pada sumsum kuning yaitu sel-sel adipose.

6. Tempat produksi darah

Manusia dapat hidup karena darah mengalir ke seluruh tubuh. Darah ini salah satunya diproduksi di dalam bagian tulang bernama sumsum tulang.

Gangguan Kesehatan pada Tulang

Gangguan Kesehatan pada Tulang

Sekarang kamu sudah tahu bahwa fungsi tulang itu beragam dan semuanya esensial bagi tubuh, bukan? Jika kamu acuh, bukan tidak mungkin kamu mengalami gangguan kesehatan pada tulang. Masalahnya, risiko penyakit yang dapat menyerang tulang itu ada lebih dari satu, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Osteoporosis

Gangguan kesehatan pada tulang yang satu ini cukup populer. Meski osteoporosis umumnya dialami oleh seseorang dengan usia lanjut. Dan umumnya cenderung dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause.

Osteoporosis adalah keadaan di mana pembentukan tulang dalam tubuh tidak dapat mengimbangi jumlah tulang yang rusak. Akibatnya, banyak tulang yang sudah rapuh. Gangguan kesehatan pada tulang ini dapat terjadi karena kamu memiliki kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, konsumsi jangka panjang obat kortikosteroid, ada kondisi medis tertentu, atau faktor genetik.

Gejala osteoporosis yang dapat kamu rasakan di permukaan adalah sakit punggung. Itu terjadi karena tulang belakang mulai retak-retak atau bahkan sudah rapuh. Keadaan tulang yang melemah memungkinkan tubuh bungkuk dan bahkan semakin pendek. Tidak heran juga kalau kemudian penderita osteoporosis mudah mengalami patah tulang.

2. Tumor tulang

Tumor dapat terbentuk di berbagai tempat dalam tubuh, termasuk tulang. Tumor ini dapat muncul karena ada produksi sel yang berlebih, sehingga terjadi gumpalan. Ketika sudah muncul, tumor dapat bersifat jinak ataupun ganas dan menyebar ke seluruh tubuh.

3. Osteomielitis

Gangguan kesehatan pada tulang berikutnya adalah osteomielitis. Osteomielitis terjadi karena tulang mengalami infeksi bakteri. Infeksi bakteri pada tulang tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan kerusakan yang permanen.

Waspadai kalau kamu merasa kelelahan, mengalami demam, ditambah nyeri yang menimbulkan kemerahan dan bengkak. Apalagi kalau kamu menjadi susah menggerakkan tulang.

Pada orang dewasa, osteomielitis umumnya terjadi pada tulang belakang, kaki, dan pinggul. Kalau anak-anak berbeda lagi. Biasanya terjadi di lengan dan kakinya.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang merupakan bagian dari tanggung jawab si pemilik tubuh. Artinya, kesehatan tulang dapat terjaga asalkan kamu sendiri memperhatikannya. Beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan sehari-hari agar tulang sehat antara lain yaitu olahraga secara teratur.

Selain itu, memakan makanan dengan nutrisi baik untuk tulang seperti kalsium dan vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium itu sendiri, serta berjemur di pagi hari, sebab sinar matahari di pagi hari akan memicu tubuh membentuk vitamin D.

Apa Manfaat Kalsium Bagi Kesehatan Tulang?

Apa Manfaat Kalsium Bagi Kesehatan Tulang?

Kesehatan tulang paling sering dikaitkan dengan kalsium. Padahal, selain kalsium, tadi sudah disebutkan dibutuhkan juga nutrisi baik lain yaitu vitamin D. Nah, sebenarnya apa manfaat kalsium bagi kesehatan tulang ini?

Kalsium adalah nutrisi utama pembentuk tulang. Jika ada tulang lama yang mengalami kerapuhan atau keropos, artinya perlu digantikan dengan tulang yang baru. Kalsium lah di sini yang memungkinkan tubuh membuat tulang sehat, sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalsium paling mudah didapatkan dari konsumsi susu dan produk makanan turunannya. Tapi, kalau kamu merasa kurang banyak mengonsumsi susu, suplemen tambahan bisa menjadi jawaban. Kebutuhan tubuh akan dipenuhi dengan konsumsi suplemen tersebut.

Mengapa Sinar Matahari Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang?

Mengapa Sinar Matahari Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang?

Matahari mengeluarkan sinarnya dari pagi hingga menjelang malam hari. Ada yang bilang, berjemur sinar matahari itu baik untuk kesehatan, tapi ada sekaligus berbahaya juga jika berlebihan. Nah, keduanya ini benar adanya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berjemur?

Anjuran berjemur ini memiliki aturannya tersendiri. Waktu yang baik untuk berjemur adalah pukul 9 pagi. Durasinya selama 5 sampai 15 menit, sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Kalau kamu berjemur di luar jam ini dan dengan durasi yang lebih lama, kulit kamu akan rusak dan tubuhmu semakin berisiko terkena kanker.

Cermati saran tersebut, ya. Kamu memang harus berhati-hati dengan sinar matahari. Tapi, perlu diingat, sinar ini juga memiliki banyak manfaat. Kali ini mari kita bahas soal itu, terutama mengapa sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mengapa Sinar Matahari Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang?

Ada jenis-jenis vitamin yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi, agar vitamin ini dapat bekerja, ada input tertentu yang harus tubuh terima. Sinar matahari misalnya yang memunculkan 80 persen vitamin D dalam tubuh.

Sinar matahari akan menghasilkan dan membantu vitamin D bekerja aktif dalam tubuh. Pada prosesnya, sinar matahari akan mengubah kolesterol di bawah kulitmu menjadi calcitriol atau vitamin D3. Selanjutnya perubahan vitamin D ini akan diedarkan ke selurh tubuhmu, melalui darah.

Nah, keberadaan vitamin D inilah yang bermanfaat untuk tulang. Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk tulang. Lho, kok, bukan kalsium atau fosfor? Pada hakikatnya, tubuh dapat menyerap fosfor dan kalsium dengan baik itu karena ada dorongan dari vitamin D.

Proses tersebut menjawab pertanyaan, mengapa sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan tulang. Walaupun terkesan tidak langsung, tapi peran vitamin D dari sinar matahari ini tidak bisa digantikan dengan vitamin lain. Meskipun seperti vitamin lainnya, vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan.

Perlu kamu ketahui, kekurangan vitamin D akan melemahkan tulang-tulang yang menopang tubuh kamu. Dua mineral penting yaitu kalsium dan fosfor harus terserap optimal ke tulang. Jika tidak, bukan tidak mungkin loh tulang kamu mudah rapuh, mudah patah, sampai-sampai kamu cepat mengalami osteoporosis.

Kalau kamu sudah mengalami osteoporosis, konsultasikan dengan dokter apa hal baik yang bisa kamu lakukan. Karena, risiko terberat dari osteoporosis adalah keadaan tulang yang sangat rapuh. Bahayanya, bersin saja bisa mematahkan tulang rusuk.

Di sisi lain, vitamin D meningkatkan kualitas sistem imun tubuh. Selain dapat memengaruhi kesehatan tulang, keberadaan vitamin D juga dapat menekan resiko penyakit arthritis rheumatoid atau radang sendi kronis.

Kembali pada kebaikan sinar matahari, berjemur dapat membuat tulang kamu menjadi lebih padat. Tentu dengan durasi yang dianjurkan, seperti yang sudah disebutkan di awal ulasan ini. Ingat juga, walaupun memandikan tubuh dengan sinar matahari, penggunaan tabir surya tetap penting.

Apalagi Manfaat dari Sinar Matahari?

Sinar matahari tidak hanya bermanfaat bagi tulang. Kesehatan tubuh di bagian lain juga ditopang oleh sinar matahari. Berikut ini manfaat lainnya.

  • Meningkatkan fungsi otak.
  • Meredakan depresi ringan.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Mengurangi gejala alzheimer.
  • Meredakan masalah kelainan kulit.
  • Menurunkan resiko diabetes.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sekarang kamu sudah lebih paham bukan menikmati manfaat sinar matahari di waktu dan durasi yang tepat? Mulai dari tulang sampai fungsi tubuh lainnya, bisa lebih terpelihara dengan dukungan sinar matahari.

Sebutkan Makanan yang Dibutuhkan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Sebutkan Makanan yang Dibutuhkan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Terdapat berbagai jenis makanan makanan dan bernutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, tahukah kamu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan tulang? Jenis makanan dan minuman yang baik untuk tulang ini tentunya harus mengandung kalsium yang tinggi.

Nah, mungkin umumnya kalsium identik dengan susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Padahal, tidak juga, kok. Karena, terdapat pula berbagai macam sayuran hijau, buah, hingga makanan laut yang dapat menjadi sumber asupan kalsium bagi tubuh.

Perlu diketahui, jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk kelompok usia dewasa yaitu 1000 mg per hari. Sementara bagi anak-anak berusia 9-18 tahun, jumlah yang dianjurkan adalah 1.300 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun kebutuhan kalsiumnya adalah 1.200 mg per hari.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk menjaga kesehatan tulang, Kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini.

1. Ikan salmon

Ikan salmon memang dikenal sebagai jenis ikan berlemak yang menawarkan beragam nutrisi penambah tulang. Ikan dengan dafing berwarna orange ini mengandung vitamin D, yang membantu tubuh mendapatkan kalsium dan asam lemak omega-3, yang juga dapat membantu tulang.

2. Yoghurt

Yoghurt merupkan salah satu sumber kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan hasil fermentasi ini mengandung bakteri probiotik hidup yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama untuk menjaga metabolisme tubuh. Yoghurt setidaknya mengandung lebih tinggi kalsium, dan satu cangkir yoghurt mengandung 45 persen dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan.

3. Ubi jalar

Salah satu jenis umbi-umbian yaitu ubi jalar mengandung dua nutrisi yang membantu menjaga kesehatan tulang yaitu magnesium dan kalium. Apabila kamu mengalami kekurangan magnesium, akan menyebabkan masalah dengan keseimbangan vitamin D, sehingga memengaruhi kesehatan tulangmu. Nah, fungsi kalium dapat menetralkan asam di dalam tubuh sehingga bisa melepaskan kalsium dari tulang. Salah satu cara yang baik untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut adalah dengan memakan ubi jalar ukuran sedang tanpa garam, yang memiliki 31 miligram magnesium dan 542 miligram kalium.

4. Sayuran berdaun gelap

Sayuran yang memiliki warna gelap pada daunnya memang kaya akan kalsium. Sejumlah sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk menambah asupan kalsium seperti bok choy, kubis, collard, kale, dan juga bayam.

Bukan hanya kalsium saja, sayuran hijau gelap juga mengandung vitamin K yang dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.

5. Jus jeruk

Jus jeruk kaya dengan kandungan vitamin dan mineral juga memiliki jumlah kalsium pembangun tulang yang sama dengan susu sapi. Kandungan vitamin C pasa buah jeruk terbukti membantu mencegah keropos tulang. Setidaknya, pada satu buah jeruk, terutama jeruk bali merah muda atau merah utuh mengandung sekitar 91 miligram vitamin C.

6. Tahu

Diperkirakan, pada setengah cangkir tahu mengandung lebih dari 800 miligram kalsium. Makanan olahan kacang kedelai ini juga memiliki manfaat membangun tulang lainnya. Pada sebuah riset menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai yang merupakan bahan utama tahu, bermanfaat dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause.

7. Susu dan produk olahannya

Seperti yang banyak diketahui, bahwa semua jenis susu, terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak, menjadi sumber kalsium yang sangat baik. Pada segelas susu mengandung 276-352 mg kalsium setidaknya sedangkan kandungan kalsium dalam secangkir susu kambing diperkirakan sekitar 327 mg. Artinya, dengan meminum segelas susu setiap harinya Kamu telah memenuhi 27-35 persen dari kebutuhan kalsium harian yang disarankan. Selain itu, susu juga merupakan sumber kalsium, protein, vitamin A, dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Vitamin yang Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tulang Adalah...

Vitamin yang Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tulang Adalah…

Tulang adalah rangka pembentuk tubuh. Karena merupakan bagian dari tubuh, kesehatannya tentu harus terpelihara sebaik mungkin. Caranya dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Kesehatan tulang dapat optimal dengan adanya bantuan dari vitamin dan mineral tertentu. Ada yang mampu memadatkan tulang, atau ada juga mencegah penuaan sel tulang. Apa sajakah itu?

1. Vitamin D

Vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang adalah vitamin D. Vitamin D sangat penting karena membantu dalam meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

Vitamin D memicu kalsium terserap oleh tulang sehingga pertumbuhan dan perkembangannya baik. Artinya, vitamin ini mengatur kadar kalsium. Di sisi lain, vitamin D juga menjaga kadar fosfor dalam darah, sesuai kebutuhannya.

Vitamin D paling banyak berasal dari sinar matahari. Kalau dari makanan, kamu bisa mendapatkannya dari ikan salmon, minyak ikan kod, hingga jamur.

2. Vitamin A

Vitamin A dikenal baik untuk mata. Tapi, manfaatnya tidak terbatas itu. Tulang juga membutuhkan vitamin A untuk mendukung kesehatannya. Konsumsi banyak sayur dan buah-buahan untuk mendapatkan konsumsi ini.

Pembentukan sel-sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas dan sel-sel pemecah tulang atau osteoklas, dipengaruhi oleh vitamin ini. Tapi hati-hati juga, kalau terlalu banyak, vitamin A akan bisa menurunkan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko fraktur.

3. Vitamin K

Peran vitamin K untuk tulang adalah mencegah keretakannya. Keretakan tulang dapat terjadi karena ketidakseimbangan aktivitas dilakukan seseorang, yaitu aktif bergerak tapi tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Vitamin K bekerja menyerap kalsium ke dalam tulang. Karena itu, vitamin ini berfungsi menjaga densitas tulang. Peroleh nutrisi ini dari kubis, brokoli, kale, minyak zaitun, hingga minyak kanola.

4. Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk bermacam kebutuhan, termasuk untuk kesehatan tulang. Nutrisi dari vitamin C berperan penting untuk membentuk kolagen pada tulang manusia. Vitamin ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, sayuran, sampai suplemen tambahan.

5. Vitamin B

Vitamin B ada banyak jenisnya. Yang berperan untuk melindungi tulang dari risiko osteoporosis di antaranya vitamin B6, B9, dan B12. Jangan melupakan nutrisi vitamin B kalau kamu kamu tulangmu kuat.

Kebutuhan vitamin B satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda-beda. Tapi, dalam kasus pertulangan, vitamin B terutama baik untuk orang-orang yang sudah lansia. Peroleh vitamin ini dari makanan-makanan sehat ya, seperti biji-bijian, sereal, gandum, sampai susu.

Mineral yang Baik untuk Kesehatan Tulang Adalah...

Mineral yang Baik untuk Kesehatan Tulang Adalah…

Tidak hanya vitamin, tubuh juga membutuhkan tulang mineral agar selalu kokoh. Seperti yang sudah disebutkan di poin-poin sebelumnya, vitamin berguna untuk menjaga kesehatan tulang melalui fungsinya yang memancing penyerapan mineral. Beberapa mineral yang baik untuk kesehatan tulang adalah…

1. Kalsium

Kalsium adalah mineral yang penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Kamu bisa mendapatkan mineral ini dai susu, keju, brokoli, sayuran berdaun hijau lain, hingga kacang polong.

2. Selenium

Selenium berfungsi melindungi sel tubuh untuk melawan kerusakan oksidatif. Mineral ini akan mencegah penuaan pada tulang, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kamu bisa memperoleh selenium dari makanan sejenis biji-bijian dan ikan.

3. Kromium

Kromium adalah sejenis mineral yang bekerja untuk memperlambat proses pengeroposan tulang. Ini paling banyak dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Di sisi lain, kromium juga mampu mengontrol gula darah. Mineral ini di antaranya terdapat di roti gandum, keju, atau hati sapi.

4. Magnesium

Magnesium berperan untuk mengatur banyaknya kalsium yang dapat masuk dan keluar dari selaput sel tulang dan juga otot. Kamu bisa memperolehnya dari udang, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum.

5. Zat besi

Mineral berupa zat besi membantu memadatkan tulang agar terhindar dari pengeroposan tulang. Di sisi lain, mineral ini juga bekerja mengangkut oksigen ke dalam darah. Konsumsi kuning telur, cokelat, peterseli, hingga kerang untuk memperoleh zat besi.

Jadi, jaga tulang kamu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, ya. Tentunya yang mengandung vitamin dan mineral penting pendukung kesehatan tulang.

Osteoporosis Merupakan Penyakit pada Tulang, Yaitu...

Osteoporosis Merupakan Penyakit pada Tulang, Yaitu…

Tulang memiliki peran vital bagi tubuh manusia. Keberadaanya menjadi penopang utama agar tubuh dapat bergerak dan beraktifitas. Apabila kesehatan tulang berkurang fleksibilitas tubuh juga akan terganggu. Salah satu penyakit yang sering mengancam kesehatan tulang adalah osteoporosis atau penyakit yang menyebabkan menurunnya kepadatan tulang. Ketahui lebih lanjut mengenai osteoporosis dan risiko penyakit lain yang dapat menyerang pada artikel berikut ini.

Apa Itu Osteoporosis?

Osteoporosis merupakan kondisi yang menyebabkan penipisan dan pelemahan tulang. Penyakit ini memiliki pendahulunya yaitu osteopenia yakni kepadatan tulang yang rendah. Penyakit ini dapat menghentikan tingkat kegiatan seseorang dan menurunkan kualitas hidupnya.

Pada orang penderita kondisi pengeroposan tulang keropos tulang atau osteoporosis juga berisiko terkena patah tulang yang sangat menyakitkan. Selain itu, penderita osteoporosis pun akan dengan mudah mengalami cedera tulang meskipun hanya mendapat benturan yang ringan.

Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis dapat menyerang siapa saja, 80% dari total kasus disebabkan oleh kondisi turunan, sedangkan gaya hidup menyebabkan 20% sisanya.

Apabila kondisi kerapatan mineral pada tulang lebih rendah dari biasanya namun tidak cukup rendah untuk dikategorikan sebagai keropos tulang (osteoporosis), maka kondisi tersebut dapat dianggap sebagai kasus osteopenia. Lebih lanjut lagi pada situasi tersebut dapat dengan mudah berkembang menjadi keropos tulang (osteoporosis), terutama jika tidak dirawat.

Gejala Osteoporosis

Penyakit osteoporosi memang memiliki sifat yang merusak. Keropos tulang merupakan kondisi kesehatan yang berkembang dengan lambat dan sedikit atau tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali. Oleh karenanya, sebagian besar penderita keropos tulang yang tidak menyadari mereka terkena kondisi ini sampai mereka mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang karena kejadian tersebut.

Artinya, kondisi osteoporosis ini seringkali dibiarkan berkembang dan bertambah parah sebelum pasien menyadarinya dan menjalani perawatan atau bahkan mengalami patah tulang.

Penyakit Tulang Lainnya

Penyakit Tulang Lainnya

Selain osteoporosi,  terdapat pula risiko penyakit yang dapat menyerang tulang lainnya yang dapat menghantui kesehatan tulang mu seperti berikut ini.

1. Rakitis dan osteomalacia

Penyakit rakitis merupakan sebuah kondisi yang memengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak. Sementara pada orang dewasa, rakitis dikenal dengan istilah osteomalacia atau tulang lunak.

2. Infeksi tulang (osteomielitis)

Penyakit osteomielitis merupakan peradangan pada tulang yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini merupakan kelainan tulang yang sering terjadi pada orang yang mengalami cedera atau patah tulang terbuka, memiliki daya tahan tubuh yang lemah, atau menggunakan alat bantu prostetik pada tulang atau sendi.

3. Tumor tulang

Saat sel-sel di tulang tumbuh tidak terkendali, dapat terbentuk suatu gumpalan jaringan yang disebut tumor. Tumor pada tulang biasanya bersifat jinak, namun tetap bisa membuat jaringan tulang yang sehat di sekitarnya menjadi rusak dan lemah. Hal ini kemudian menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah.

Itulah tadi sejumlah penyakit yang dapat menyerang kesehatan tulangmu. Rawat kesehatan tulang sejak dini dengan memenuhi kebutuhan kalsium harian dan menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang. Selain itu, rajin mengonsumsi suplemen tulang seperti Caltrax, Caltron, dan Cataro dari Pyfa Health juga bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi

5 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi

Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi – Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang memiliki tujuan melatih tubuh sehingga sehat jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga, maka dapat memberikan efek baik pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga yang rutin memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar. Rajin berlahraga secara rutin …

5 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi Selengkapnya »

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa – Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menghindari sinar matahari. Meskipun berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun hal itu tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada waktu-waktu tertentu yang memang boleh dilakukan, ada pula waktu yang seharusnya dihindari. Alasan mengapa sinar matahari baik bagi kesehatan tentu karena …

Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya Selengkapnya »