• shopee-bigramadhansale-1920x745

Kesehatan Reproduksi

Kesehatan Reproduksi – Organ reproduksi adalah organ penting bagi manusia. Melalui organ ini, seseorang bisa menghasilkan keturunan. Untuk menjaga kualitasnya, kamu harus menjaga kesehatan reproduksi agar terhindar dari berbagai penyakit.

Jangan meremehkan gangguan pada organ reproduksi karena itu bahkan bisa mengancam nyawa diri seseorang. Ada ancaman HIV/AIDS kalau kamu tidak menjaga kebersihan dan keamanan terutama ketika berhubungan seksual dengan pasanganmu, seorang ibu bisa meninggal jika melahirkan di usia muda, atau kematian juga bisa dialami remaja perempuan yang nekat mengaborsi janinnya.

Kesehatan Reproduksi Remaja Adalah...

Kesehatan Reproduksi Remaja Adalah…

Kesehatan reproduksi perlu diperhatikan oleh semua orang, baik wanita maupun pria. Dan lagi, tidak hanya orang dewasa tapi juga remaja. Bisa dibilang, menjaga kesehatan sejak dini itu sangat baik dilakukan.

Waktu terbaik untuk membangun kebiasaan adalah masa remaja. Kebiasaan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan reproduksi remaja adalah memelihara kebersihannya demi memperoleh manfaat jangka panjang.

Usia remaja yang dimaksud adalah sekitar 12 hingga 24 tahun. Pada masa-masa ini, biasanya seseorang mulai mengenal lebih dalam apa itu organ reproduksi dan bagaimana menjaga kesehatannya.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Mari membahas cara menjaga kesehatan reproduksi. Tapi sebelum itu, ketahui dulu apa saja yang menjadi bagian dari organ reproduksi. Kaum wanita memiliki vagina, rahim (uterus), tuba falopi, ovarium, juga vulva, dan para pria memiliki penis, testis, serta skrotum (buah zakar).

Dengan kombinasi organ reproduksi wanita dan pria yang sehat, keduanya dapat menghasilkan keturunan. Keduanya dirancang untuk menghasilkan, melindungi, sampai mengangkut sel telur atau sperma. Wanita sendiri memiliki tanggung jawab khusus, selama hamil janin akan bertumbuh kembang di dalam kandungan. Jadi, kira-kira begini cara menjaga kesehatan reproduksi.

1. Merawat kebersihan organ reproduksi

Sebelumnya sudah beberapa kali disebutkan, kunci dari menjaga kesehatan reproduksi adalah memelihara atau merawat kebersihannya. Coba bayangkan sudut rumah kamu, bagian rumah yang kotor bisa menjadi sarang penyakit. Hal yang sama juga berlaku untuk tubuhmu, termasuk organ reproduksi.

Sistem reproduksi dapat bekerja dengan baik jika kualitasnya terjaga dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu agar dapat memelihara kebersihan reproduksi.

  • Rajin membersihkan alat kelamin, terutama setelah buang air kecil, sebelum, dan juga setelah berhubungan seksual.
  • Jaga agar area genital atau organ intim selalu dalam keadaan kering serta tidak lembap.
  • Menghindari penggunaan sabun yang harum, bahkan sabun sirih, bedak, hingga deodoran karena sebetulnya bisa menyebabkan kulit bagian alat kelamin ini rentan iritasi.
  • Rutin mengganti celana dalam setiap harinya dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan sangat baik.
  • Kalau kamu seorang pria, ada baiknya untuk disunat karena dapat menghindari risiko infeksi bakteri di bagian penis. Kulit kulup penis jika tidak diangkat, dapat menjadi tempat menetap dan berkumpulnya kotoran-kotoran. Semakin menumpuk semakin bahaya karena bisa menyebabkan infeksi.

2. Berhubungan seksual dengan aman

Fungsi dari berhubungan seksual dengan aman adalah menekan risiko penularan penyakit seksual. Kebanyakan orang berpikir berhubungan seksual yang aman adalah dengan menggunakan pelindung yaitu kondom, padahal tidak hanya itu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, selain penggunaan kondom antara lain:

  • Menjaga kebersihan organ intim kamu, sebelum dan juga setelah berhubungan seksual.
  • Menggunakan alat kontrasepsi lain, misalnya pil KB.
  • Tidak mudah berganti pasangan seks.
  • Mengecek riwayat seksual diri sendiri dan juga pasangan.
  • Makan makanan sehat.

Tips ini sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rutin memakan makanan yang sehat harus selalu kamu lakukan, begitupun jika ingin menjaga kesehatan rahim. Perhatikan gizinya juga, ya.

3. Rutin memeriksakan diri ke dokter

Pemeriksaan kesehatan reproduksi dapat berupa pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan urin, HSG, USG, pap smear, serta tes penyakit kelamin, seperti tes sifilis dengan uji VDRL. Dengan melakukan pemeriksaan diri secara rutin, kamu dapat segera mengobati penyakit yang muncul atau mengantisipasinya.

4 Contoh Pola Hidup Sehat yang Dapat Menunjang Kesehatan Reproduksi

4 Contoh Pola Hidup Sehat yang Dapat Menunjang Kesehatan Reproduksi

Pola hidup yang sehat akan berdampak baik ke seluruh tubuh. Otomatis, kesehatan reproduksi juga akan terbentuk dalam waktu yang sama.

1. Makan makanan bergizi

Gizi harus selalu diperhatikan karena dengan itulah tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Mulai dari vitamin, protein, hingga karbohidrat, semua memiliki manfaatnya tersendiri.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Perlu kamu ketahui, perokok akan sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Nah, perokok kronis biasanya memiliki kualitas dan kuantitas sperma rendah.

3. Hindari minuman beralkohol

Minum beralkohol juga sama buruknya dengan rokok. Untuk organ reproduksi, fungsi testis misalnya akan terganggu jika kamu mengonsumsi minuman beralkohol. Padahal, bagian ini penting untuk memproduksi sperma juga dan hormon.

4. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur akan menjaga kesehatan reproduksi, salah satunya dengan kesehatan pembuluh darah dan jantung yang terjaga kualitasnya. Coba lakukan olahraga rutin selama 30 menit per hari, ya.

Itulah tadi informasi mengenai kesehatan reproduksi. Manfaatkan dengan baik kemudian biasakan menerapkan pola hidup sehat, ya. Tidak hanya organ reproduksi yang terjaga, tapi tubuh akan sehat secara menyeluruh. Semoga bermanfaat!

Apa yang Dimaksud dengan Fertilisasi

Apa yang Dimaksud dengan Fertilisasi dan Seperti Apa Prosesnya?

Apa yang Dimaksud dengan Fertilisasi – Saat kamu belajar biologi, pastinya pernah mendengar istilah fertilisasi. Secara dasar, fertilisasi merupakan sebuah proses di dalam tubuh wanita sebelum kelahiran seorang bayi. Nah, proses tersebut dinamakan dengan fertilisasi atau pembuahan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini. Apa yang Dimaksud dengan Fertilisasi? Fertilisasi adalah sebuah proses …

Apa yang Dimaksud dengan Fertilisasi dan Seperti Apa Prosesnya? Selengkapnya »

Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Agar Cepat Hamil

Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Agar Cepat Hamil?

Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Agar Cepat Hamil? – Berapa kali berhubungan intim agar cepat hamil sebenarnya tergantung pada preferensi pribadi dan pasangan, serta apakah ada masalah pada kesuburan pasangan atau tidak. Tetapi, jika belum berhasil dalam sekali berhubungan, mungkin kamu perlu mencari tahu berapa kali harus berhubungan intim agar dapat cepat hamil. Hubungan …

Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Agar Cepat Hamil? Selengkapnya »

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan pembuangan tubuh seperti urine. Semakin banyak kamu minum air putih, semakin lancar pula pembuangan urinemu. Tanda urine yang sehat adalah yang tidak berwarna, karena artinya cairan dalam tubuhmu mencukupi. Jika saluran urine kamu sedang tidak sehat, ada beberapa gejala …

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat Selengkapnya »

Cara Mengobati Ejakulasi Dini

Cara Mengobati Ejakulasi Dini Secara Aman

Cara Mengobati Ejakulasi Dini – Jika kita berbicara tentang kesehatan reproduksi, permasalahan ejakulasi dini memang sering menjadi momok yang menyeramkan bagi kaum pria. Namun, jika kamu mengalami kondisi ejakulasi dini, sebaiknya tidak perlu terlalu stres apalagi hingga putus asa. Karena sebenarnya, kondisi ejakulasi dini dapat diatasi, baik dengan pengobatan maupun dengan beragam teknik khusus. Kamu …

Cara Mengobati Ejakulasi Dini Secara Aman Selengkapnya »

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat

Bagaimana Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat? Simak Berikut Ini

Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat – Bagi kaum Adam, memiliki sperma sehat merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan reproduksi. Khususnya bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, kesehatan sperma perlu diperhatikan. Karena masalah kesuburan bukan hanya menjadi persoalan wanita tetapi juga bagi pria. Seperti yang sudah kamu ketahui, sperma dibutuhkan untuk melengkapi terjadinya proses …

Bagaimana Ciri-ciri Sperma yang Baik dan Sehat? Simak Berikut Ini Selengkapnya »