• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl

Kesehatan Payudara

Kesehatan Payudara – Payudara tidak hanya dimiliki oleh wanita. Tetapi pria juga memilikinya, hanya saja secara bentuk berbeda. Karena penampakan payudara wanita lebih terlihat, kadang pria kurang memerhatikan kesehatannya.

Jadi, sebetulnya kesehatan payudara itu penting kamu jaga. Memang, apalagi wanita yang memiliki fungsi aktif, untuk menyusui ketika mempunyai anak. Ditambah payudara yang sehat akan menunjang penampilan wanita.

Untuk penampilan, banyak wanita yang mengharapkan bentuknya kencang secara alami. Kalau kesehatan, tentu yang diharapkan adalah terbebas dari bermacam penyakit. Contohnya saja kanker payudara, penyakit ini bisa menyerang semua orang baik wanita maupun pria. Jangan cuma berharap, mari pelajari tips-tips menjaga kesehatan payudara berikut ini.

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Alami

Cara Merawat Payudara Agar Kencang dengan Alami

Pertama-tama adalah menjaga kesehatan payudara secara fisik. Indikatornya yaitu payudara terasa kencang. Ini cara merawat payudara agar kencang dengan alami.

1. Mengonsumsi banyak air putih

Mengonsumsi air putih yang banyak itu dibutuhkan untuk segala kondisi. Baik untuk menopang kesehatan tubuh atau kesehatan payudara secara spesifik. Bagaimana kaitan air putih dengan kekencangan payudara?

Jadi, kadar air yang cukup dalam tubuh akan mempertahankan elastisitas kulit kamu. Nah, ini termasuk kulit yang berada di area payudara. Payudara akan lebih kencang dengan kulit yang elastis. Pastikan kamu mengonsumsi 8 gelas air per hari atau sekitar 2 liter air putih, ya.

2. Menjaga berat badan

Kalau kamu amati, wanita yang memiliki berat badan tinggi biasanya memiliki payudara yang besar. Bobot payudara memang dipengaruhi bobot tubuh seseorang. Tapi, ukuran payudara yang besar tidak menjamin bentuknya kencang.

Cara merawat payudara agar kencang dengan alami berikutnya adalah dengan menjaga berat badan. Usahakan jangan acuh pada kenaikan dan penurunannya. Karena ketika berat badan mendadak naik lalu diturunkan kembali secara cepat, kulit di sekitar payudara kamu akan merenggang. Artinya, payudara yang kencang dapat terbentuk dengan kebiasaan menjaga berat badan.

3. Memakai bra yang tepat

Untuk wanita, ini adalah hal yang esensial. Penggunaan bra yang tepat akan memengaruhi bentuk payudara agar terjaga kekencangannya. Kalau salah menyesuaikan bra dengan kebutuhan kamu di satu hari, itu juga biasanya akan terasa tidak nyaman.

Ketika kamu berencana untuk bergerak aktif hari ini, gunakan bra yang kencang. Misalnya saja bra khusus untuk berolahraga atau disebut juga sport bra. Bra semacam ini akan menopang payudara secara penuh agar terlindungi dari pergerakan yang aktif.

4. Biasakan duduk tegak

Orang yang bekerja aktif di perkantoran, umumnya tidak bisa menghindari duduk di depan layar komputer atau laptop dalam waktu yang panjang. Ternyata, memerhatikan posisi duduk juga akan mendukung agar payudara kamu terasa kencang. Biasakan untuk selalu duduk tegak, ya.

Payudara itu kan posisinya lebih menonjol dari bagian tubuh lain. Kalau kamu membungkuk, payudara akan semakin terjatuh ke arah bawah. Payudara yang sering tertarik oleh gravitasi ini akan lebih mudah mengendur.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Nutrisi yang baik akan menyehatkan tubuh. Tubuh yang sehat selanjutnya akan memberikan pengaruh baik bagi payudara. Sekalipun itu secara fisik, tubuh yang sehat akan membuat payudara kencang secara alami.

Nutrisi yang baik untuk payudara di antaranya antioksidan, omega-3, dan lemak tak jenuh tunggal. Perhatikan kandungan gizi di setiap makananmu, ya. Cobalah lebih banyak memakan ikan, kacang-kacangan, brokoli, alpukat, dan semangka.

6. Tidak merokok

Rokok berisiko buruk untuk kesehatan. Hal ini pun sudah disosialisasikan langsung oleh brand rokok dengan menampilkan gambaran penyakit yang bisa timbul karena terbiasa merokok. Siapa sangka, ternyata rokok juga berpengaruh terhadap kekencangan payudara.

Hentikan kebiasaan merokok atau jangan merokok kalau kamu belum memulainya. Asap rokok itu mengandung sekitar 4 ribu jenis bahan kimia yang akan menurunkan elastisitas kulit dan merusak kolagen. Kekencangan payudara kamu terganggu karena ini.

Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar dari Kanker

Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar dari Kanker

Kanker adalah penyakit yang sebaiknya kamu hindari. Masalahnya, jika kamu menderita kanker, hampir sudah pasti kesehatan tubuh menurun seiring waktu. Apalagi, jika kanker sudah menggerogoti tubuhmu atau dengan kata lain stadium atau tingkatannya sudah sangat berat.

Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak menyerang wanita. Penyakit ini juga bahkan bisa mengancam nyawa setiap orang yang mengalaminya. Ketahuilah, mencegah segala penyakit lebih baik daripada mengobatinya. Inilah cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker.

  • Tidak merokok.
  • Menjaga berat badan yang ideal.
  • Membatasi minuman beralkohol.
  • Memakan makanan bernutrisi.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Hindari polusi dan paparan radiasi.
  • Membatasi terapi hormon.
  • Untuk ibu, menyusui secara teratur.

Setelah mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan payudara, kini kenali juga apa saja ciri-ciri kanker payudara yang perlu diketahui.

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Ada ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali. Kalau kamu memerhatikannya, kamu akan lebih cepat melakukan berbagai upaya pengobatan sehingga kondisinya tidak semakin cepat memburuk. Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami beberapa kondisi berikut ini.

  • Keluar cairan dari puting tapi bukan asi.
  • Nyeri di payudara.
  • Puting payudara tenggelam.
  • Perubahan tekstur kulit payudara.
  • Payudara memerah atau memar.
  • Lesung pipit di payudara.
  • Benjolan sekitar payudara.
  • Payudara membengkak.

Semoga kamu tidak terlambat mengenali kanker payudara, jika kamu harus mengalaminya. Jangan terlalu stres memikirkan ini, karena lebih baik berfokus pada apa hal baik yang bisa dilakukan. Tetap konsisten menjaga pola hidup sehat, dengan makan makanan bernutrisi, dengan tambahan suplemen kesehatan misalnya, berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang cukup.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih – Pada saat ibu akan menyapih si buah hati, maka payudara akan membengkak. Kondisi ini biasanya tidak akan memberikan rasa nyaman pada ibu karena ada rasa sakit yang dirasakan sekitar payudara. Bahkan terkadang sering mengalami panas dingin di sekujur tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa ketika hamil, payudara akan terlihat …

6 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih Selengkapnya »

Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang

Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang?

Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang – Apa kamu pernah merasa payudara terasa nyeri dan juga kencang? Kondisi tersebut tidak bisa dianggap remeh karena bisa jadi kamu mengidap penyakit serius. Contohnya seperti kanker payudara yang memang memiliki ciri-ciri seperti itu. Akan tetapi, kamu tidak perlu takut berlebihan karena faktanya payudara yang terasa nyeri dan kencang …

Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang? Selengkapnya »