• shopee-bigramadhansale-1920x745

Kesehatan Paru-paru

Kesehatan Paru-paru – Paru-paru menjadi salah satu organ vital bagi tubuh manusia. Jika paru-paru mengalami masalah, maka kesehatan seluruh tubuh dapat terancam. Salah satu penyebab kerusakan pada paru-paru adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok bisa jadi salah satu penyebab kerusakan paru-paru. Kamu bisa menjaga kesehatan paru-paru sejak dini dengan cara berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Berhenti merokok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebiasaan merokok merupakan penyebab utama penyakit paru-paru yang serius seperti kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronis. Pasalnya, kandungan rokok sendiri berisi lebih dari 400 senyawa kimia berbahaya dan 50 dari senyawa itu diketahui menyebabkan kanker dan membahayakan kesehatan paru-paru.

2. Menjauhi asap rokok

Penting untuk kamu ketahui bahwa setidaknya sepertiga dari asap rokok tidak dihirup oleh perokok, tetapi memasuki udara di sekitar perokok. Perokok pasif juga memiliki risiko terkena penyakit paru-paru yang sama seperti perokok aktif.

3. Rajin mencuci tangan

Tangan dapat menjadi sumber penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit paru-paru. Setidaknya, ada 80 persen dari penyakit pernafasan yang menular seperti pilek dan flu.

Namun, kamu dapat mencegah risiko terinfeksi virus dan bakteri dengan mencuci tangan setiap sebelum makan, sesudah makan, dan sesudah buang air. Tak hanya menjaga kesehatan paru-paru, rajin mencuci tangan juga dapat menjaga kebersihan dan menghindarkan tubuh dari berbagai bakteri, virus, dan kuman.

4. Rutin berolahraga

Medical News Today melaporkan bahwa rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental kamu. Kebiasaan berolahraga juga dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Bukan cuma itu saja, rutin olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke serta meningkatkan kualitas sistem pernapasan dan kesehatan paru-paru.

5. Makan makanan sehat

Pada dasarnya, menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Nah, salah satu unsur pola hidup yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, untuk membantu melindungi dari berbagai kondisi pernapasan.

Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

Setelah menyimak bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru, berikut ini ada lima makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

1. Apel

Sebuah riset memaparkan bahwa konsumsi buah apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Tak hanya itu, asupan setidaknya lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih besar dan penurunan risiko pengembangan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Konsumsi buah apel juga disebut-sebut dapat menurunkan risiko asma dan kanker paru-paru. Tentu bukan tanpa sebab, karena apel mengandung konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu

Pada daging buah labu terkandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Buah labu merupakan sumber karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

3. Tomat

Selain segar, buah tomat dan produk olahan tomat juga merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya likopen, antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru.

Asupan tomat yang dikonsumsi telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

4. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru karena mengandung senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) atau katekin. Katekin ini mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi dan telah terbukti menghambat fibrosis atau jaringan parut.

Perlu dipahami, bahwa fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut jaringan paru yang progresif dan mengganggu fungsi paru.

Infeksi Paru-paru

Infeksi Paru-paru

Kesehatan paru-paru dapat terganggu akibat munculnya penyakit yang menyerang paru-paru. Salah satunya adalah infeksi paru-paru alias pneumonia terjadi karena serangan bakteri, yaitu Streptococcus pneumonia. Infeksi paru-paru ini ternyata juga bisa terjadi karena serangan virus lain atau faktor penyebab penyakit lainnya.

Infeksi paru-paru dapat terjadi karena berkembangnya virus flu atau pilek yang kemudian berkembang menjadi pneumonia, serangan jamur karena kekebalan tubuh yang rendah, hingga pneumonia yang terjadi karena pengidapnya menghirup objek asing, seperti makanan atau minuman.

Nah, untuk pneumonia sendiri merupakan infeksi saluran pernapasan yang menyerang paru-paru. Penyakit ini membuat alveolus (kantung udara sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida) terisi oleh cairan, sehingga menyebabkan paru-paru meradang. Hal tersebut disebabkan oleh paparan bakteri, virus, dan jamur.

Penyakit pneumonia ini dapat menyerang siapa saja, tapi risiko lebih tinggi pada bayi, anak-anak, serta orang yang berusia lebih dari 65 tahun. Orang dengan kondisi medis kronis seperti asma, diabetes, gagal jantung, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga lebih rentan terkena pneumonia.

Sebaiknya dalam Seminggu Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali?

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali? – Ingin tubuh dan tulang tetap kuat? Kamu bisa melakukan senam aerobik secara teratur untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, dan paru-paru. Aktivitas membakar kalori seperti senam ritmik aerobik, dapat memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung. Aerobik diidentikkan dengan senam jantung sehat atau senam SKJ. …

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali? Selengkapnya »

Jelaskan Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Organ Pernapasan

Jelaskan Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Organ Pernapasan, Ini 5 Dampaknya

Jelaskan Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Organ Pernapasan – Kebakaran hutan, seperti beberapa kasus yang terjadi di pulau Sumatera dan Kalimantan dapat menimbulkan masalah kabut asap di sekitar kawasan tersebut. Kabut asap sendiri bisa memengaruhi kualitas udara dan kesehatan lingkungan di wilayah yang terdampak. Tak hanya kebakaran hutan, beberapa kota besar yang terdapat banyak pabrik …

Jelaskan Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Organ Pernapasan, Ini 5 Dampaknya Selengkapnya »

Apa Penyebab Penyakit TBC

Apa Penyebab Penyakit TBC dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Apa Penyebab Penyakit TBC – Ada banyak penyakit yang dapat mengancam nyawa seseorang. Salah satu yang perlu kamu waspadai adalah Tuberkulosis atau TBC. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan pernah mencatat setidaknya 1,5 juta orang dalam setiap tahunnya meninggal karena penyakit ini. Di Indonesia sendiri, TBC bukan penyakit yang asing. Sudah banyak orang Indonesia yang menderita …

Apa Penyebab Penyakit TBC dan Bagaimana Cara Mencegahnya? Selengkapnya »

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dari Penularan Covid-19

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru – Semenjak pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, kita mulai tersadarkan dengan pentingnya kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bahwa virus ini lebih banyak menyerang areal pernafasan, khususnya paru-paru. Maka dari itu, kita harus membiasakan diri jaga kesehatan paru-paru. Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang mudah sekali terkena …

6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru dari Penularan Covid-19 Selengkapnya »