• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Kesehatan Mata

Kesehatan Mata – Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Dengan mata, kita dapat melihat berbagai hal dengan baik. Cara kerjanya, mata menerima informasi melalui penglihatan, kemudian mengantarkannya ke otak agar manusia dapat memahaminya dengan baik.

Selain sebagai indera penglihatan, mata juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Komunikasi di sini lebih kepada kode untuk momen tertentu. Misalnya saja saat kamu ingin mengarahkan lawan bicaramu untuk melihat hal yang sama.

Kesehatan mata perlu dijaga karena fungsinya esensial. Bisa untuk melihat, berkomunikasi, hingga menyeimbangkan tubuh. Walaupun mata hanya sebagian kecil dari tubuh, tapi dengan mata lah kamu dapat berdiri tegak dan berjalan dengan leluasa.

Macam-macam Penyakit Mata

Macam-macam Penyakit Mata

Karena fungsinya tidak dapat digantikan dengan bagian tubuh lain, kesehatan mata harus kamu perhatikan. Jika kamu tidak memperdulikan kesehatan mata, fungsi mata bisa terganggu karena timbulnya penyakit-penyakit tertentu. Macam-macam penyakit mata yang umum terjadi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mata kering

Mata kering adalah keadaan di mana mata kerap terasa berpasir atau seperti ada benda asing yang mengganjal di area mata. Mata kering menimbulkan gatal dan kering. Kalau dari penampilan, mata akan memerah.

Penyakit mata ini dapat muncul karena produksi air mata berkurang, terdapat infeksi pada mata, alergi, iritasi, kurangnya nutrisi, hingga dampak dari penyakit autoimun. Bisa juga karena mata terlalu banyak terpapar sinar matahari dan angin. Oleh karena itu, penyakit mata kering dapat dialami siapa saja.

2. Katarak

Katarak adalah penyakit mata yang kebanyakan dialami oleh orang berusia lanjut yaitu kisaran 60 tahun ke atas. Walaupun tidak menutup kemungkinan diderita juga oleh anak dan bayi yang baru saja lagi. Penyakit ini perlu diwaspadai karena merupakan penyebab kebutaan paling sering terjadi di Indonesia.

Katarak bisa diderita seseorang karena ada gumpalan protein di lensa mata. Pemicu lainnya adalah penyakit bawaan seperti diabetes. Atau, bisa juga timbul karena kebiasa kamu merokok, hingga mengonsumsi obat seperti kortikosteroid.

3. Kelainan refraksi atau penglihatan buram

Penglihatan yang buram atau kelainan refraksi membuat apa yang kamu lihat terasa memudar dan kurang jelas. Alasannya, karena fokus matamu tidak jatuh di titik yang seharusnya, yaitu retina. Tapi, untuk dikenali lebih jauh, penglihatan buram ini terbagi menjadi empat jenis.

  • Rabun dekat, yaitu ketika objek penglihatan dengan fokus cahaya yang jatuh di belakang retina.
  • Rabun jauh, yaitu ketika objek penglihatan jatuh dengan fokus cahaya yang jatuh di depan retina.
  • Mata silinder, yaitu kondisi di mana lensa mata atau kornea tidak melengkung seperti yang seharusnya.
  • Presbiopi atau mata tua, yaitu mata kehilangan kemampuan melihatnya seiring dengan bertambahnya usia.

Lalu, berapa cara menjaga kesehatan mata? Simak pada poin selanjutnya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tadi itu hanya sebagian kecil dari risiko penyakit mata yang dapat dialami oleh setiap orang. Hal terpenting yang perlu kamu lakukan bukan mengkhawatirkan kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Tapi, melakukan kebiasaan hidup yang baik. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata.

1. Konsumsi sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata adalah yang mengandung vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah salah satu bentuk antioksidan yang mampu mengurangi risiko degenerasi makula. Perhatikan nutrisi makanan yang kamu konsumsi, ya.

2. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Kebanyakan orang mengira sering menggunakan obat tetes mata baik untuk menghindari mata kering. Memang iya, tapi kalau terlalu sering justru bisa merusak kesehatanmu. Gunakan hanya ketika sangat membutuhkannya saja, ya.

3. Jangan memakai lensa kontak lebih dari 19 jam

Kalau kamu menderita penglihatan buram, menggunakan lensa kontak akan memudahkanmu melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi, jangan memakainya lebih dari 19 jam, ya, karena dapat memicu kerusakan mata secara permanen.

4. Gunakan mentimun

Para wanita mungkin terbiasa menggunakan mentimun saat memakai masker wajah. Pengompresan mata dengan mentimun ini baik untuk kesehatan mata, setidaknya untuk mencegah pembengkakan pada mata.

5. Memakai kacamata pelindung UV

Kacamata tidak hanya baik bagi orang yang mengalami penglihatan yang buram, tapi juga untuk mata normal. Namun, perhatikan, kacamata yang baik adalah yang dilengkapi dengan pelindung UV. Fungsinya untuk mengurangi paparan langsung dari sinar matahari.

6. Jangan terlalu lama melihat layar komputer dan handphone

Istirahatkan secara berkala matamu ketika beraktivitas menggunakan komputer dan handphone. Jangan biarkan mata bekerja terlalu lama karena mata mudah lelah.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ingat, makanan yang bernutrisi baik dapat mendukung berbagai bagian tubuh untuk menjalani fungsinya dengan baik. Begitu juga dengan mata. Ini pilihan makanan untuk menjaga kesehatan mata kamu.

  • Wortel.
  • Bayam.
  • Brokoli.
  • Pisang.
  • Mangga.
  • Alpukat.

Nutrisi sehat untuk mata juga dapat ditambahkan dengan konsumsi suplemen tambahan. Jangan lupa dibarengi dengan istirahat dan olahraga yang cukup, agar mata dan organ lain dalam tubuh bekerja dengan maksimal.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Perhatikan

Cara Menjaga Kesehatan Mata – Kesehatan mata kita merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Tanpa adanya mata, kamu akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi, semua kegiatan yang kita lakukan sangat bergantung pada organ mata satu ini. Meskipun begitu, masih banyak yang mengabaikan kesehatan mata ini. Padahal, saat mata kita mengalami masalah, akibatnya bisa jadi …

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Perhatikan Selengkapnya »

Waspadai Gejala Buta Seperti Neneknya Seo Dal Mi di Film Startup

Waspadai Gejala Buta Seperti Neneknya Seo Dal Mi di Film Startup

Waspadai Gejala Buta Seperti Neneknya Seo Dal Mi di Film Startup – Para penggemar drama Korea sedang dimanjakan dan dibuat deg-degan dengan tayangan yang terbaru. Film atau drama ‘Startup’ memberikan cerita hidup yang menarik soal bagaimana orang-orang bisa meniti karirnya. Pemeran utama Startup adalah Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk. Pesan yang ingin disampaikan oleh …

Waspadai Gejala Buta Seperti Neneknya Seo Dal Mi di Film Startup Selengkapnya »