• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl

Kesehatan Lambung

Kesehatan Lambung – Banyak orang tidak menyadari bahwa pola hidup sehari-hari yang tidak tepat dapat mencederai lambungnya. Padahal, lambung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Jika tidak, kemunculan sejumlah penyakit pada lambung dapat terjadi, seperti gerd, maag, penyakit tungkak lambung, dan yang lainnya.

Menjaga kesehatan lambung bukanlah hal yang sulit jika kita mengetahui kuncinya. Pada dasarnya, kamu hanya perlu menerapkan pola hidup sehat yang seimbang. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga lambung tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Cara menjaga kesehatan lambung tidaklah sulit. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Hindari stres

Ternyata, ada hubungan antara pikiran dan gangguan pencernaan, lho. Nah, hubungan ini dikenal dengan sebutan gut-brain axis. Artinya, jika kamu cenderung sering stres, hal ini akan berdampak buruk pula pada kesehatan pencernaanmu.

Sering terjadi, jika seseorang sedang berada dalam keadaan stres, ia bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Bahkan, sejumlah orang mengalami stres psikis dapat memicu kembung, nyeri perut, sembelit, hingga asam lambung. Jadi, untuk menjaga kesehatan lambung, cobalah untuk menjaga emosi tetap stabil dan mengelola stres dengan baik.

2. Jaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebihan bisa menjadi salah satu faktor risiko dari naiknya asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk pertahankan berat badan ideal.

Cobalah untuk rutin olahraga dan menerapkan pol makan sehat untuk membantu menurunkan keluhan GERD, sekaligus menjadi cara menjaga kesehatan lambung.

3. Benahi pola makan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa pola makan yang baik adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan lambung. Makanlah secara teratur, perlahan, dan tidak terburu-buru. Tidak perlu makan secara berlebihan serta mengonsumsi makanan besar sebelum tidur.

Jika kamu mau makan, disarankan untuk dilakukan malam setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Dan, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari.

Makanan untuk Kesehatan Lambung

Makanan untuk Kesehatan Lambung

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan lambung. Nah, berikut ini akan dipaparkan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan lambung.

1. Gandum dan biji-bijian

Konsumsi gandum dan biji-bijian dapat memperlancar aliran pencernaan dalam tubuh dan menjaga kesehatan lambung. Kamu bisa mencoba mengganti nasi dengan roti gandum atau oatmeal. Karena gandum dan biji-bijian ini kaya akan serat sehingga dapat membantu memperlancar aliran pencernaan dalam lambung. Tak sampai disitu saja, makanan tersebut juga dapat membantu mengurangi gejala GERD.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan lambung. Kandungan serat dari sayuran hijau serta sifatnya yang rendah gula dan lemak l dapat membantu mengurangi asam lambung yang mungkin terjadi. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau dengan brokoli, asparagus, kembang kol, kacang hijau, mentimun, ataupun selada.

3. Protein rendah lemak

Untuk menjaga kesehatan lambung, kamu juga bisa memilih makanan yang kaya protein dan rendah lemak. Kamu bisa konsumsi daging ayam tanpa kulit seperti bagian dada, ataupun daging sapi rendah lemak atau olahan ikan. Untuk mengonsumsinya, kamu disarankan untuk mengolah bahan makanan tersebut dengan cara direbus, dikukus, ataupun dipanggang.

4. Buah-buahan

Tunjang gaya hidup sehatmu dengan selalu makan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan tinggi serat. Konsumsi buah-buahan juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan lambung. Buah yang baik untuk menjaga kesehatan lambung salah satunya adalah pisang, yang memiliki Ph 5,6 dan bermanfaat untuk meringankan gejala asam lambung.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan lainnya seperti melon, semangka, apel dan pir, karena buah-buahan tersebut berguna untuk mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, buah nanas juga ternyata memiliki khasiat yang baik lho untuk lambung. Namun, tetap harus dikonsumsi sesuai aturan karena nanas juga punya sifat yang asam, untuk lebih jelasnya berikut ini ulasannya.

Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan Lambung

Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan Lambung

Buah nanas merupakan buah yang memiliki rasa segar khas buah-buahan tropikal ini memiliki kandungan yang baik untuk melindungi kesehatan pencernaan, termasuk lambung.

Buah yang memiliki tekstur berserat ini mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat gastroprotektif atau melindungi kesehatan sistem pencernaan, termasuk lambung. Kandungan enzim bromelainpada nanas hadir secara alami dan memiliki sifat antiperadangan untuk mengatasi beragam kondisi kesehatan. Nah, sifat antiperadangan dalam enzim bromelain inilah yang mampu meredakan pembengkakan akibat peradangan, mulai dari masalah sistem pencernaan, pemulihan luka operasi, hingga cedera luka fisik dan tentunya untuk kesehatan lambung.

Namun, mengonsumsi nanas pada penderita maag tidak bisa sembarangan, karena nanas sendiri memiliki sifat asam yang dapat menaikan asam lambung. Semoga bermanfaat!

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini

Manfaat Jahe untuk Kesehatan – Sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan dalam pengobatan tradisional, jahe memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman rimpang satu ini memang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Diketahui bahwa dalam 100 gram jahe terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen …

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini Selengkapnya »

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung? Simak Berikut Ini

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung – Penyakit tukak lambung merupakan luka pada lambung yang menyebabkan keluhan sakit maag. Bukan hanya di bagian lambung saja, luka juga dapat terbentuk di usus 12 jari atau di bagian bawah kerongkongan. Meski penyakit tukak lambung sering diidentikan dengan kebiasaan memakan makanan pedas, namun hal ini ternyata kurang …

Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Tukak Lambung? Simak Berikut Ini Selengkapnya »

Apa Penyebab Penyakit Maag

Apa Penyebab Penyakit Maag? Simak Berikut Ini

Apa Penyebab Penyakit Maag – Maag atau juga disebut dengan dispepsia merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung yang disebabkan oleh sejumlah kondisi. Maag sendiri ternyata bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala dari sebuah penyakit yang mengganggu kesehatan lambung. Pada umumnya, kondisi maag ini disebabkan oleh luka terbuka yang terjadi di lapisan dalam lambung …

Apa Penyebab Penyakit Maag? Simak Berikut Ini Selengkapnya »

Cara Mengobati Perut Kembung

5 Cara Mengobati Perut Kembung dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengobati Perut Kembung – Mengalami perut kembung bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi perut kembung umumnya muncul ketika selesai makan, dan kamu bisa saja merasa perut menjadi penuh hingga waktu yang cukup lama. Perut kembung juga dapat muncul sebagai gejala maag, sedang masuk angin, atau kekurangan enzim tertentu. Masalah …

5 Cara Mengobati Perut Kembung dengan Cepat dan Mudah Selengkapnya »

Asam Lambung Naik Saat Hamil

4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Asam Lambung Naik Saat Hamil – Saat ibu mulai hamil, ada satu keluhan yang perlu diwaspadai, yakni naiknya asam lambung. Kondisi asam lambung naik biasanya terjadi pada trimester kedua dan juga trimester ketiga saat hamil. Gejala paling umum saat asam lambung naik adalah rasa panas di sekitar ulu hati. Biasanya, gejala tersebut akan terjadi setelah …

4 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil Selengkapnya »