• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit – Sebagai bagian tubuh terluar, kulit menjadi tameng yang harus dijaga kekuatan dan kesehatannya. Hal tersebut tidak boleh diabaikan, karena kulit memiliki banyak fungsi salah satunya menjadi perlindungan tubuh. Kulit pada tubuh manusia sendiri terdiri dari berbagai komponen, termasuk air, protein, lemak, beberapa jenis mineral, dan senyawa kimia.

Kulit juga menjadi organ tubuh yang paling luar pada manusia karena rata-rata berat kulit orang dewasa adalah sekitar 2,7 kilogram. Terdapat tiga lapisan utama pada kulit lapisan yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Tentunya, dari ketiga lapisan tersebut memiliki peran yang berbeda dalam struktur kulit. Nah, berikut ini akan dijelaskan beragam fungsi kulit bagi tubuh.

Fungsi Kulit untuk Tubuh Manusia

Fungsi Kulit untuk Tubuh Manusia

Terdapat lima fungsi kulit secara umum. Fungsi kulit untuk tubuh tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Melindungi tubuh

Kulit dalam pada tubuh manusia memiliki fungsi perlindungan tubuh, yakni berfungsi melindungi otot, tulang, ligamen, pembuluh darah, sel saraf, serta organ di dalam tubuh.

2. Mengendalikan keluarnya cairan

Kulit juga berfungsi untuk mengendalikan keluarnya cairan dari dalam tubuh dengan cara mencegah penguapan air.

3. Menjaga suhu tubuh

Selanjutnya, kulit pun berfungsi untuk merespon naik atau turunnya suhu tubuh, yang kemudian sinyalnya akan dikirimkan ke otak. Seperti ketika tubuh kepanasan, kelenjar keringat akan mengeluarkan cairan dari kulit.

4. Menyimpan lemak

Tak hanya itu, kulit juga memiliki fungsi sebagai pusat penyimpanan air dan lemak. Lemak akan berfungsi untuk menyangga otot dan tulang agar tetap menempel.

5. Membantu proses sintesis vitamin D

Karena kulit menjadi tempat penyimpanan air dan lemak, hal ini memungkinkan berlangsungnya proses sintesis vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari.

6. Menjadi indera perasa

Manusia memiliki lima jenis indera. Salah satunya adalah indera peraba yaitu kulit. Karena kulit mempunyai beragam ujung saraf yang berfungsi sebagai indera peraba terhadap suhu panas atau dingin, sentuhan, getaran, tekanan, hingga rasa nyeri dan dapat merasakan sensasi lainnya.

Penyebab Kerusakan Kulit

Penyebab Kerusakan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit memiliki beragam fungsi untuk tubuh manusia. Namun, sebagai organ terluar pada tubuh kulit juga rentan terhadap kerusakan yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

  • Terkena paparan sinar matahari ekstrem atau terpapar sinar ultraviolet.
  • Terpapar radikal bebas.
  • Tubuh kurang mengonsumsi mineral.
  • Sering begadang dan kurang tidur.
  • Kecanduan rokok dan alkohol.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kerusakan kulit, simak cara menjaga kesehatan kulit berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit? Berikut ulasannya.

1. Membersihkan kulit dua kali sehari

Biasakanlah untuk mandi setidaknya 2 kali sehari untuk membersihkan permukaan kulit dari berbagai debu, kotoran, dan kuman yang mungkin menempel pada kulit.

2. Gunakan pelembap setiap hari

Penting bagi kamu untuk menjaga kelembapan kulit, tujuannya agar kulit tidak mengalami kekeringan maupun iritasi. Untuk menjaga kelembapan kulit, kamu bisa menggunakan lotion untuk tubuh, sementara untuk kulit wajah pakailah pelembap khusus untuk wajah.

3. Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Selalu gunakan tabir surya ketika hendak beraktivitas di luar ruangan, apalagi di Indonesia yang merupakan negara tropis. Pasalnya, sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat memengaruhi proses penuaan pada kulit. Disarankan untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Kamu bisa menggunakan produk tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, yang melindungi dari UVA dan UVB.

Makanan untuk Kesehatan Kulit

Makanan untuk Kesehatan Kulit

Selain merawat kulit dari luar, kamu juga bisa merawat kulit dari dalam, yakni dengan mengonsumsi makan yang memiliki manfaat bagi kulit. Tentunya, terdapat beragam jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, misalnya saja berikut ini.

  • Salmon.
  • Kacang edamame.
  • Alpukat.
  • Bayam.
  • Strawberry.
  • Tahu.
  • Pepaya.
  • Paprika merah.
  • Kopi.

Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi kulit untuk tubuh manusia, penyebab kerusakan kulit, serta cara menjaga kesehatan kulit itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Stretch Mark Pada Remaja

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Stretch Mark Pada Remaja – Pada dasarnya, stretch mark dialami oleh ibu-ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan pada ibu hamil mengalami peregangan secara cepat untuk mengandung janin. Akan tetapi, bagaimana jika stretch mark justru muncul pada usia remaja? Ketika hal tersebut terjadi sebenarnya tidak perlu panik sebab kondisi stretch mark pada tubuh bisa dialami oleh siapapun. …

Penyebab Munculnya Stretch Mark Pada Remaja dan Cara Mengatasinya Selengkapnya »

Apa Itu Stretch Mark

Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya

Apa Itu Stretch Mark – Apakah kamu pernah melihat adanya guratan pada bagian tubuh? Nah, beberapa guratan tersebut dinamakan stretch mark. Pada dasarnya, stretch mark bisa menimpa siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Akan tetapi, stretch mark ini menjadi masalah bagi kaum hawa. Apa Itu Stretch Mark? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa stretch …

Apa Itu Stretch Mark? Ini Cara Pencegahannya Selengkapnya »

Cara Mengatasi Bibir Bengkak

Cara Mengatasi Bibir Bengkak dan Ketahui Penyebabnya

Cara Mengatasi Bibir Bengkak – Pembengkakan di daerah wajah tentu mengganggu kepercayaan diri, termasuk ketika bibir tiba-tiba membengkak. Biasanya, kondisi ini disertai dengan sensasi rasa sakit dan kemerahan. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi bibir bengkak, kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab bibir bengkak, karena setiap penyebabnya tentu memiliki penanganan yang berbeda-beda. Penyebab Bibir Bengkak …

Cara Mengatasi Bibir Bengkak dan Ketahui Penyebabnya Selengkapnya »

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Inilah 7 Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Manfaat Madu Untuk Kecantikan – Madu sudah dikenal sejak lama memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Tak heran, jika madu juga dijuluki sebagai superfood karena selain meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh, madu juga digunakan untuk perawatan kecantikan. Madu bisa jadi bahan alami untuk Kamu melakukan perawatan kecantikan secara pribadi di rumah. Bahkan, kamu dapat melakukan perawatan …

Inilah 7 Manfaat Madu Untuk Kecantikan Selengkapnya »

Skincare untuk Kulit Kusam

6 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Kusam

Skincare untuk Kulit Kusam – Baik wanita maupun pria sudah pasti tidak mau memiliki kulit yang kusam dan mendambakan kulit bersih bersinar. Terdapat sejumlah penyebab yang menjadikan kulit kusam dan jauh dari kata glowing. Salah satu penyebab utamanya adalah agresi lingkungan seperti paparan sinar UV atau kesalahan perawatan kulit lainnya. Tentu saja memiliki wajah bersih …

6 Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Kusam Selengkapnya »