• shopee-bigramadhansale-1920x745

Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung – Sebagai organ yang sangat vital bagi tubuh, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung. Organ yang tidak pernah berhenti bekerja ini memiliki peran yang sangat penting, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup.

Namun, ancaman berbagai jenis gangguan atau penyakit bisa menyebabkan kondisi jantung memburuk, bahkan berujung pada kematian. Untuk itu, mari rawat kesehatan jantung dengan terlebih dahulu memahami bagaimana cara mengecek kesehatan jantung dan cara merawat jantung agar tetap sehat.

Cara Mengecek Kesehatan Jantung

Cara Mengecek Kesehatan Jantung

Cek kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berbagai cara baik secara rutin memeriksakan ke dokter ataupun melakukan cek mandiri di rumah. Jika kamu berniat melakukan cek jantung mandiri di rumah, hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni menyiapkan sebuah wadah atau baskom yang cukup besar agar pas dengan kedua tanganmu.

Setelah itu, tuangkanlah air yang sangat dingin ke dalam wadah tersebut. Pertimbangkan memasukkan es untuk hasil yang lebih baik. Lalu, masukan tanganmu ke dalam air dengan es batu selama sekitar 30 detik. Proses ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana darahmu akan merespons ketika bersentuhan dengan air dingin. Setelah 30 menit, kamu dapat membaca hasilnya dengan mengikuti panduan sebagai berikut.

1. Jari memerah

Apabila jari-jarimu berubah warna menjadi kemerahan, ini menjadi kabar baik. Ini berarti kamu tidak memiliki masalah terkait dengan oksigenasi darahmu. Artinya, keadaan jantung dan sirkulasi darahmu sehat.

2. Jari pucat atau sianosis

Namun, apabila warna ujung jarimu menjadi pucat atau sianosis (memiliki warna kebiruan), kamu mungkin memiliki masalah sirkulasi darah. Hal tersebut terjadi karena terdapat kadar oksigen yang rendah dalam sel darah merahmu, atau karena kamu memiliki masalah memasukkan darah beroksigen ke dalam tubuhmu.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Setelah mengetahui cara mengecek kesehatan jantung mandiri, kamu harus melakukan perawatan sesuai hasil yang ditunjukan. Jika hasilnya cenderung pucat sebaiknya segera periksakan ke dokter dan meminta penanganan lebih lanjut. Apabila hasilnya baik, kamu juga tetap harus menjaga kesehatan jantung dengan melakukan hal-hal sebagai berikut.

1. Berhenti merokok

Perokok aktif dan pasif berisiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner. Kandungan toxic atau zat beracun yang ada pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung dan menyebabkan gangguan pada aliran darah. Akibatnya, dapat menyebabkan fungsi jantung menjadi terganggu karena kurangnya asupan nutrisi dan oksigen.

2. Cukup tidur

Kebutuhan tidur orang dewasa adalah minimal 7-8 jam dalam satu hari. Apabila kurang beristirahat, maka bisa meningkatkan risiko penyakit darah tinggi, diabetes, serta serangan jantung. Kekurangan tidur juga dapat mempengaruhi tingkat emosi seseorang. Penting pula untuk mengelola stres juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

3. Sebutkan manfaat olahraga dalam kesehatan jantung

Apabila tubuh terbiasa untuk aktif bergerak dan rutin berolahraga, maka kesehatan jantung pun akan terus terjaga. Pasalnya, tubuh yang aktif, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kelebihan berat badan bisa dicegah. Jika kamu belum memiliki gaya hidup daan rutinitas olahraga atau cenderung malas bergerak, coba mulai bangun kebiasaan yang baik dengan target yang realistis.

Olahraga yang dilakukan pun tidak harus olahraga berat, mulailah dengan jalan kaki 30 menit setiap hari. Kamu juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan yang menyehatkan jantung, seperti jalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, atau latihan angkat beban. Bukan hanya olahraga, aktivitas fisik lain seperti kegiatan rumah tangga yang mengeluarkan tenaga serta keringat selama 30 menit setiap hari. Pada dasarnya, penting untuk aktif bergerak dan jangan malas dan terlalu banyak duduk.

Makanan untuk Kesehatan Jantung

Makanan untuk Kesehatan Jantung

Menerapkan gaya hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang banyak mengandung serat. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  • Bawang putih.
  • Dark chocolate.
  • Kayu manis.
  • Alpukat.
  • Minyak zaitun.
  • Ikan.
  • Kacang-kacangan.
  • Buah dan sayur.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengecek dan menjaga kesehatan jantung. Semoga bermanfaat.

Sebaiknya dalam Seminggu Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali?

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali? – Ingin tubuh dan tulang tetap kuat? Kamu bisa melakukan senam aerobik secara teratur untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, dan paru-paru. Aktivitas membakar kalori seperti senam ritmik aerobik, dapat memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung. Aerobik diidentikkan dengan senam jantung sehat atau senam SKJ. …

Sebaiknya dalam Seminggu, Kita Melaksanakan Senam Ritmik Aerobik Sebanyak Berapa Kali? Selengkapnya »

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak – Kaki yang sehat akan menunjang tubuh melakukan banyak kegiatan fisik. Tapi, ada juga kondisi di mana kaki sedang tidak sehat. Misalnya kaki membengkak karena aktivitas fisik yang berlebihan. Kaki bengkak bisa kamu alami karena berdiri terlalu lama. Atau, bisa juga karena kamu duduk dengan posisi kaki yang tidak diubah-ubah dan …

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak Selengkapnya »

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah

Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah – Seseorang yang merasa sakit dada di bagian tengah, biasanya akan panik. Pasalnya, dada bagian tengah dekat dengan organ-organ penting dalam tubuh, khususnya jantung. Memang, sakit dada di bagian tengah menandakan adanya masalah pada kesehatan jantung. Jika hanya terjadi beberapa menit, kamu tidak perlu khawatir. Tapi, jika sakit dada …

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Dada Bagian Tengah Selengkapnya »

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung – Legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona, dikabarkan meninggal pada Rabu, 25 November 2020, pada malam hari. Ia menutup usia di tahun ke 60 dalam hidupnya. Berita ini menjadi kabar duka bagi di seantero jagat, karena Maradona dikenal sebagai atlet berbakat di ajang sepak bola …

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung Selengkapnya »

Makanan yang Baik untuk Jantung

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Makanan yang Baik untuk Jantung – Jantung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital. Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga sejak dini. Meskipun kamu masih berusia muda sekalipun, bukan berarti bisa terhindar dari penyakit jantung ini. Bahkan, tidak jarang anak muda yang terkena serangan jantung secara mendadak. Pengertian Penyakit Jantung Secara Umum Untuk kamu …

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung Selengkapnya »