• shopee-bigramadhansale-1920x745

Kesehatan Ginjal

Kesehatan Ginjal – Ginjal adalah organ tubuh penting yang berfungsi menyaring racun serta zat-zat sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Ketika seseorang mengalami gangguan pada fungsi ginjal, bukan tidak mungkin nyawa menjadi ancaman.

Setiap orang wajib menjaga kesehatan ginjalnya. Sebab, setiap orang pula memiliki resiko penyakit ginjal atau kondisi di mana ginjal sudah tidak sehat lagi.

Cara Mengetahui Ginjal Sehat

Cara Mengetahui Ginjal Sehat

Sebelum membicarakan bagaimana menjaga kesehatan ginjal, pelajari terlebih dulu apa saja indikasi bahwa ginjal itu sehat. Atau, bagaimana cara mengetahui ginjal sehat.

1. Urin berwarna bening

Satu cara yang paling umum untuk mengetahui apakah ginjal sehat atau tidak adalah melihat warna urin kamu. Urin yang berwarna bening menunjukkan bahwa ginjal kamu sedang dalam keadaan sehat. Urin bening mengandung arti kamu meminum banyak air sehingga ginjal dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kamu boleh curiga kalau urinmu berwarna kuning pekat bahkan kemerahan karena mengandung darah, dan juga berbusa. Apalagi, kalau disertai rasa sakit saat buang air kecil. Meskipun kepastiannya perlu dikonsultasikan dengan dokter.

2. Tidak mengalami dehidrasi

Tubuh sangat memerlukan banyak cairan, apalagi organ ginjal. Ginjal dapat terbilang sehat jika kamu tidak mengalami dehidrasi. Air yang tercukupi dapat menghidrasi seluruh tubuh.

Akan bermasalah jika kamu merasa dehidrasi padahal sudah meminum banyak air. Bisa jadi organ ginjal kamu sudah sakit parah atau dikenal juga dengan kondisi gagal ginjal atau batu ginjal.

3. Tubuh segar bugar

Sudah pasti, orang yang tidak sehat merasa badannya lemas. Begitupun cara mengetahui kesehatan ginjal. Ginjal yang berfungsi baik akan membuat tubuh terasa sehat dan bugar.

4. Kulit normal

Cara mengetahui kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan memperhatikan bahwa kulit dalam kondisi yang normal. Sebab, jika ada ruam merah atau rasa gatal-gatal di kulit, itu bisa mengindikasi ginjal sedang mengalami masalah.

5. Berat badan normal

Kondisi ginjal yang sehat dapat menjaga nafsu makan seseorang. Dengan kata lain, jika kamu mengalami berat badan turun secara drastis dan nafsu makan berkurang, bisa jadi ada gangguan pada organ ginjalmu.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Kamu akan sulit menjalani aktivitas sehari-hari, jika organ ginjal tidak lagi sehat. Sebelum terlambat, sebaiknya kamu memperhatikan dan menjaga kesehatan ginjal. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Perbanyak minum air putih

Gangguan ginjal paling banyak terjadi karena seseorang membiarkan tubuhnya kekurangan cairan. Mulai sekarang, banyak konsumsi air putih ya agar ginjal berfungsi dengan baik.

Anjuran minum air putih minimal 8 gelas per hari atau 2 liter air perlu diterapkan oleh semua orang. Terutama bagi kamu yang sudah berusia 8 tahun ke atas. Cairan dalam tubuh yang cukup akan membantu darah mengalir dengan bebasnya ke ginjal dan juga seluruh tubuh.

2. Rutin berolahraga

Selayaknya kebutuhan tubuh sehat pada umumnya, rutin berolahraga juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ ginjal. Alasannya, olahraga yang cukup akan meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol diabetes, hingga menurunkan berat badan sebagaimana itu baik untuk kesehatan ginjal.

Coba biasakan diri untuk berolahraga secara teratur, ya. Setidaknya 30 sampai 60 menit per hari. Ini dilakukan 3 hingga 5 kali per minggunya.

4. Hentikan kebiasaan merokok

Banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Bahkan, walaupun kamu tidak merokok, menghirupnya sebagai perokok pasif juga bahaya untuk kesehatan kamu.

Pengaruh buruk rokok bisa berdampak pada jantung hingga ginjal. Jadi, hentikan kebiasaan merokok dan hindari asap rokok di lingkungan sebisa mungkin.

5. Diet seimbang

Untuk menjaga kesehatan ginjal, kamu juga perlu melakukan diet seimbang. Bukan untuk penampilan, tapi berat tubuh yang ideal dengan tinggi badan otomatis akan menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh, tak terkecuali ginjal.

Komposisi makanan yang baik adalah karbohidrat kompleks 50-60 persen dari keseluruhan makanan yang kamu santap, lemak 25-35 persen, protein 5-20 persen, serat 15-25 persen, dan dilengkapi juga dengan vitamin dan mineral. Batasi juga konsumsi gula karena ini akan menurunkan kesehatan ginjal.

Makanan untuk Kesehatan Ginjal

Makanan untuk Kesehatan Ginjal

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika kamu makan adalah gizinya. Nutrisi yang baik tentu akan memberikan manfaat baik pula bagi tubuh. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang mendukung kesehatan ginjal.

  • Ikan, seperti tuna dan salmon.
  • Sayuran hijau, mulai dari kangkung hingga lobak.
  • Buah-buahan, seperti apel, anggur, dan bluberry.
  • Minyak zaitun.
  • Putih telur.

Konsumsi suplemen tambahan juga akan menjaga tubuh terpenuhi kebutuhannya. Tapi, sebaiknya jangan sembarangan. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi, nutrisi apa saya yang benar-benar kamu butuhkan.

Gejala Sakit Ginjal pada Pria

Berikut Gejala Sakit Ginjal pada Pria yang Jarang Diketahui

Gejala Sakit Ginjal pada Pria – Ginjal merupakan salah satu organ yang berada di bagian belakang atas tubuh kita. Dengan adanya ginjal, maka racun di dalam tubuh kita bisa disaring dan nantinya akan dibuat melalui urine maupun feses. Tidak hanya itu saja, ginjal di dalam tubuh juga dapat mengatur tekanan darah hingga menstimulasi produksi sel-sel …

Berikut Gejala Sakit Ginjal pada Pria yang Jarang Diketahui Selengkapnya »

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? Ini Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? – Masa kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu oleh kebanyakan para wanita. Sayangnya, kondisi tersebut kerap membuat tubuh dan kesehatan mereka tidak stabil. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya, maka para calon ibu dianjurkan untuk memilah makanan dan asupan yang mereka konsumsi dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai, asupan tersebut …

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol? Ini Jawabannya Selengkapnya »

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan pembuangan tubuh seperti urine. Semakin banyak kamu minum air putih, semakin lancar pula pembuangan urinemu. Tanda urine yang sehat adalah yang tidak berwarna, karena artinya cairan dalam tubuhmu mencukupi. Jika saluran urine kamu sedang tidak sehat, ada beberapa gejala …

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat Selengkapnya »

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami keluhan sakit perut. Sakit perut bisa dirasakan berbeda pada tiap orang tergantung pusat sakit yang ia derita. Bisa saja sakit perut yang diderita hanya terasa nyeri hanya pada bagian kanan atau kiri saja. Nah, artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai sakit …

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri Selengkapnya »

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak – Kaki yang sehat akan menunjang tubuh melakukan banyak kegiatan fisik. Tapi, ada juga kondisi di mana kaki sedang tidak sehat. Misalnya kaki membengkak karena aktivitas fisik yang berlebihan. Kaki bengkak bisa kamu alami karena berdiri terlalu lama. Atau, bisa juga karena kamu duduk dengan posisi kaki yang tidak diubah-ubah dan …

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak Selengkapnya »