• shopee-bigramadhansale-1920x745

Kesehatan Gigi

Kesehatan Gigi – Setiap bagian tubuh memiliki fungsinya masing-masing. Mulai dari jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh, kulit pelindung tubuh bagian luar, sampai gigi yang membantu dalam proses pencernaan. Penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan bagian-bagian tubuhnya.

Mari fokus kesehatan gigi. Kalau dilihat-lihat, gigi hanya sebagian kecil dari tubuh seseorang. Tapi, keberadaannya mudah terlihat dari luar tubuh dan rentan rusak karena banyak bersentuhan dengan ‘barang asing’, yaitu makanan dengan bermacam-macam rasa.

Kesehatan gigi penting diperhatikan. Bahkan saking pentingnya, sampai ada dokter khusus yang bekerja untuk merawat kesehatan gigi. Tapi, mengapa kesehatan gigi harus dijaga, ya?

Mengapa Kesehatan Gigi dan Mulut Harus Dijaga?

Mengapa Kesehatan Gigi dan Mulut Harus Dijaga?

Gigi dan mulut itu saling melengkapi. Jadi, ketika kamu ingin menjaga kesehatan gigi, kesehatan mulut juga harus termasuk dalam perhatianmu. Perlu digaris bawahi, ketika ada masalah pada kesehatan gigi dan mulut, akibatnya fatal pada seluruh jaringan dan organ tubuh. Sebab, gigi dan mulut adalah gerbang menuju bagian dalam tubuh lainnya.

Tubuh yang sehat bekerja dibantu oleh bakteri-bakteri baik yang hidup di dalamnya. Kesehatan gigi dan mulut akan mengendalikan jumlah bakteri agar berkembang sewajarnya. Kalau bakteri berkembang biak secara berlebihan, hal pertama yang akan terjadi adalah timbulnya penyakit gusi.

Indikator kesehatan gigi yang pertama adalah kebersihan gigi dan mulut. Kedua yaitu produksi air liur yang normal. Air liur berfungsi untuk mencegah kuman penyebab penyakit. Ini juga menjadi bagian penting dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, dengan menyapu sisa-sisa makanan di dalam mulut serta menetralisasi zat bersifat asam dari bakteri.

Masalah Gigi pada Anak

Masalah Gigi pada Anak

Usia anak menjadi momen terpenting seseorang untuk menjaga kesehatan gigi. Sebab, pada masa ini lah, pertumbuhan dan perkembangan gigi masif terjadi. Masalah gigi pada anak bisa saja muncul menjadi masalah yang sederhana ataupun kompleks di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sariawan.
  • Tumbuh gigi.
  • Gigi berlubang.
  • Gigi patah.
  • Gigi maju.
  • Susunan gigi tidak rapi.
  • Radang gusi.

Jika itu adalah permasalahin gigi pada anak, lantas apa saja masalah gigi pada orang dewasa?

Masalah Gigi pada Orang Dewasa

Masalah Gigi pada Orang Dewasa

Perkembangan gigi pada orang dewasa tidak seaktif anak-anak. Kebanyakan gigi yang dimiliki orang dewasa sudah berbentuk gigi permanen, bukan lagi gigi susu yang pertama kali tumbuh. Masalah gigi pada orang dewasa bisa serupa dengan anak-anak atau lebih rumit lagi, misalnya saja berikut ini.

  • Sariawan.
  • Bau mulut.
  • Gigi berlubang.
  • Gigi bungsu tumbuh.
  • Gigi abrasi.
  • Gusi berdarah.
  • Lubang besar dan sisa akar gigi tertinggal.

Selanjutnya, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi? Simak pada poin selanjutnya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Cara menjaga kesehatan gigi adalah dengan menerapkan kebiasaan baik setiap harinya. Beberapa yang bisa kamu lakukan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Batasi makanan manis dan bersoda

Cobalah bijak mengonsumsi makanan dengan membatasi makanan manis dan bersoda. Makanan manis akan mendorong bakteri membentuk plak yang selanjutnya dapat merusak bagian enamel gigi dan gusi. Plak juga akan membuat mulut menjadi asam, dan memicu kerusakan pada gigi.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi soda karena mengandung banyak gula. Soda juga mengandung dua jenis asam yaitu asam sitrat dan fosfat. Kombinasi gula dan asam sempurna untuk menggerogoti kesehatan gigi.

2. Menyikat gigi dengan tepat dan menggunakan benang gigi

Setiap kali kamu makan, makanan akan tersisa di sela-sela gigimu. Cara membersihkannya adalah dengan menyikat gigi setiap harinya. Sikat gigi sebaiknya membentuk sudut 45 derajat ketika mengarah ke gigi dan gusi. Kemudian, gerakan menyikat dilakukan melingkar dan sedikit demi sedikit.

Jangan terlalu keras dan berlebihan saat menyikat gigi karena dapat menimbulkan luka di gusi. Kamu bisa melakukan 10-15 kali sikatan setiap satu gigi. Untuk total waktu yang direkomendasikan paling lama adalah 2 menit.

Untuk bentuk sikat gigi, sebaiknya gunakan sikat gigi yang berbulu lembut. Jika bulu sikat sudah mekar dan rontok, segera menggantinya dengan yang baru. Lama penggunaan sebaiknya maksimal 3 bulan.

Untuk menyempurnakan kebersihan dan kesehatan gigi, kamu dianjurkan agar rutin menggunakan benang gigi (dental floss). Benang gigi berguna untuk menghilangkan plak dan mempertahankan kesehatan gigi. Coba lilitkan benang di jari telunjuk tangan kanan dan kiri. Kemudian, masukan benang ke sela gigi dan gerakan sesuai kebutuhan hingga sisa makanan tak tersisa.

3. Berhenti merokok

Kebanyakan perokok memiliki gigi yang berwarna kuning. Ini adalah plak gigi, tempat bakteri berkembang biak. Kesehatan gigi dan gusi ini terganggu karena kandungan nikotin dan tar pada rokok.

Kalau kamu merokok, sebaiknya cobalah untuk berhenti, ya. Kualitas gigi terus menurun selama kamu merokok. Ada juga risiko penyakit lain yang bisa muncul, seperti kanker mulut.

4. Memeriksakan ke dokter gigi secara rutin

Kesehatan gigi tidak selalu dapat kamu nilai sendiri. Diagnosa dokter dapat lebih baik dan menyeluruh. Konsultasi rutin akan mencegah pemburukan kesehatan gigi kamu.

Kamu memegang tanggung jawab penuh untuk menjamin kesehatan. Selain cara di atas, menggunakan obat kumur dan mengonsumsi suplemen tulang dan gigi seperti Caltrax, Caltron, dan Cataro dari Pyfa Health juga bisa kamu lakukan. Selain itu, tentu yang terpenting adalah jangan sampai kesehatan gigi dan mulut luput dari perhatianmu. Semoga bermanfaat.

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil

Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil – Wanita yang sedang hamil harus banyak mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Sebab, ketika hamil ibu tidak hanya memenuhi nutrisi untuk tubuhnya, tetapi juga memberi asupan nutrisi bagi janin yang sedang dikandungnya. Salah satu jenis makanan yang penting untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran, seperti kangkung. Ternyata, mengonsumsi sayuran kangkung …

6 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil Selengkapnya »

Cara Menggosok Gigi yang Benar

Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Benar? Simak Berikut Ini!

Cara Menggosok Gigi yang Benar – Menggosok gigi merupakan salah satu rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Namun, apakah kita suka melakukannya dengan tepat selama ini? Pasalnya, rajin menggosok gigi saja tidaklah cukup, cara menyikat gigi yang tepat juga penting untuk diperhatikan demi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk memastikan gigi terawat …

Bagaimana Cara Menggosok Gigi yang Benar? Simak Berikut Ini! Selengkapnya »