• shopee-bigramadhansale-1920x745

Karbohidrat

Karbohidrat – Karbohidrat merupakan suatu senyawa yang terdiri dari karbon dan hidrat (H2O) sehingga dinamakan karbohidrat. Karbohidrat atau juga sering disebut sebagai hidrat arang juga adalah suatu zat yang menghasilkan suatu kalori dan bersumber dari zat makanan dengan unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan (Oksigen). Untuk mengetahui seluk beluk karbohidrat, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Untuk bisa mendapatkan karbohidrat, maka harus melalui asupan makanan. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah sebagai berikut.

1. Pisang

Makanan pertama yang mengandung banyak karbohidrat adalah pisang. Buah yang satu ini cukup sering dijadikan makanan untuk program diet sebab kandungan karbohidratnya sudah cukup untuk tubuh. Maka dari itu, tidak mengherankan jika pisang sering menjadi makanan pertama para atlet.

Selain mengandung karbohidrat, di dalam pisang juga terkandung vitamin dan mineral lainnya. Contohnya seperti potasium, zat besi, vitamin B6, dan juga kaya dengan serat.

2. Jagung

Makanan berikutnya adalah jagung. Kandungan karbohidrat di dalam jagung termasuk tinggi. Sebab, di dalam 100 gram jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan juga 3,36 protein. Oleh sebab itu, jagung juga sering digunakan sebagai pengganti nasi.

3. Nasi

Nah, makanan yang satu ini merupakan makanan wajib yang ada di Indonesia. Nasi yang berasal dari beras padi ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Untuk jenis nasi ini dibagi menjadi dua, yakni nasi merah dan nasi putih. Untuk nasi merah memiliki kandungan tambahan, yakni serat yang tinggi dibandingkan nasi putih.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan sebuah makanan yang terbuat dari serat gandum. Di dalam oatmeal, terdapat kandungan karbohidrat yang membuat kamu akan kenyang lebih lama. Ditambah lagi, oatmeal juga memiliki fungsi untuk dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar gula di dalam darah.

5. Ubi jalar

Di dalam ubi jalar yang berukuran sedang, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 23,61 gram. Bahkan, untuk jenis ubi jalar ungu mempunyai kandungan antioksidan tinggi sehingga berguna untuk mencegah terjadinya kanker serta antitumor.

Apa Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh?

Apa Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh?

Tentunya, karbohidrat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Sumber energi untuk tubuh

Agar dapat menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, kita sangat membutuhkan energi. Untuk, itu, diperlukan zat gizi yang memiliki sumber energi tubuh. Energi tersebut ada di dalam karbohidrat. Nantinya, karbohidrat ini akan dicerna dan juga diolah tubuh menjadi glukosa.

2. Dapat memenuhi asupan kalori

Fungsi berikutnya adalah dapat memenuhi asupan kalori secara sehat. Kalori yang berasal dari sejumlah karbohidrat tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan lemak yang memiliki jumlah sama. Pada saat proses memenuhi kalori tubuh tersebut, kamu harus memperhatikan porsi dan sumber makanannya agar tidak berlebihan kalori.

3. Dapat menjaga otot tubuh

Ketika karbohidrat diolah menjadi glukosa, nantinya bisa disimpan pada otot tubuh. Glukosa tersebut yang akan menjadi bahan bakar otot untuk dapat melewati berbagai aktivitas keseharian. Pada beberapa waktu, tubuh bisa kekurangan glukosa sehingga otot tidak dapat bekerja maksimal. Saat glukosa pada otot sudah habis, maka otot akan mengambil karbohidrat yang nantinya menjadi energi.

4. Dapat menjaga kesehatan pencernaan

Untuk jenis karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangan dan sayuran, dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit. Bahkan, karbohidrat pun bisa meningkatkan kesehatan usus. Untuk beberapa karbohidrat serat bisa juga membantu kesehatan pada pencernaan.

5. Membuat kita lebih kenyang

Apa kamu penasaran kenapa saat mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi justru membuat kenyang? Ternyata, di dalam susunan kimia pembentuk karbohidrat cukup rumit. Hal itu dikarenakan di dalam karbohidrat memiliki serat, mineral, dan juga vitamin. Apalagi, saat dicerna membutuhkan waktu yang lama sehingga rasa kenyang bertahan lama.

Kekurangan Karbohidrat Dapat Menyebabkan Penyakit Apa?

Kekurangan Karbohidrat Dapat Menyebabkan Penyakit Apa?

Banyak hal yang akan terjadi jika kita kekurangan karbohidrat. Beberapa dampaknya adalah sebagai berikut.

1. Ketosis

Mungkin kamu masih asing dengan nama penyakit ini. Akan tetapi, saat seseorang kekurangan karbohidrat, maka besar kemungkinan terkena penyakit satu ini. Ketika tubuh tidak mendapatkan sumber energi dari karbohidrat, maka tubuh akan mencari sumber energi lainnya seperti lemak. Lemak yang dipecah tersebut dapat menghasilkan keton yang mengakibatkan ketosis ini.

Gejala seseorang yang mengalami ketosis ringan adalah kelelahan mental, bau mulut, mual, dan juga sakit kepala. Namun, untuk kasus berat, gejalanya bisa lebih parah seperti pembengkakan sendi hingga menjadi sakit. Bahkan, pada terdapat batu ginjal dengan ukuran yang cukup besar.

2. Konstipasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa karbohidrat memiliki peran dalam sistem pencernaan. Jika kamu sampai kekurangan nutrisi ini, maka bisa terjadi penyakit konstipasi atau bisa juga sulit buang air besar. Hal itu dikarenakan di dalam karbohidrat memiliki serat. Otomatis saat kekurangan serat di dalam tubuh membuat kita sembelit.

3. Dehidrasi

Pada saat kita kekurangan karbohidrat, maka bisa juga menyebabkan dehidrasi. Kamu bisa merasakan gejalanya ketika kekurangan produksi air mata dan air liur. Lalu, pada mata terasa sangat kering. Tentunya hal ini sangat berbahaya saat kekurangan cairan tubuh.

4. Letih, lemah, dan lesu

Poin ini memang berhubungan dengan manfaat karbohidrat pada tubuh. Apalagi, karbohidrat memiliki peran dalam daya tahan tubuh. Saat kita kekurangan zat karbohidrat, maka energi di dalam tubuh akan menurun. akibatnya tubuh sangat cepat letih, lemah, dan juga lesu.

5. Serangan jantung

Berbagai studi menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan karbohidrat bisa berpotensi terkena serangan jantung, orang yang kekurangan zat karbohidrat dapat meningkatkan risiko fibrilasi atrium atau bisa juga disebut gangguan irama jantung. Pada saat orang mengalami fibrilasi atrium akan disertai gejala tubuh terasa lesu, sakit kepala, dan juga jantung berdebar.

Buah dan Sayur yang Mengandung Karbohidrat

Buah dan Sayur yang Mengandung Karbohidrat

Selain pisang dan ubi jalar, masih ada buah-buahan dan berbagai sayuran lainnya yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Beberapa jenis buah dan sayur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Semangka

Buah berikutnya adalah semangka. Mungkin selama ini kita hanya tahu buah berair ini kaya dengan vitamin C. Namun, di dalam semangka juga terdapat zat lainnya seperti karbohidrat. Di dalam 100 gram semangka mengandung karbohidrat sebanyak 8 gram. Maka dari itu, tidak mengherankan jika kita mudah kenyang saat makan semangka.

2. Berry

Keluarga berry seperti stroberi, blueberry, dan blackberry juga termasuk buah yang memiliki kandungan karbohidrat. Meskipun secara rasa dominan asam, namun kandungan karbohidratnya cukup banyak. di dalam 100 gram buah berry terkandung 8 gram karbohidrat.

3. Nanas

Nanas lebih dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi. Walaupun begitu, kandungan karbohidratnya juga cukup banyak. Untuk satu buahnya terdapat 19 gram karbohidrat. Hal itu cukup tinggi dibandingkan kedua buah lainnya.

4. Kentang

Sayuran yang satu ini mungkin sudah dikenal banyak orang sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam 100 gram kentang terkandung 21 gram karbohidrat yang bahkan sedikit lebih unggul dibandingkan nanas sebelumnya.

5. Singkong

Nah, singkong memiliki kandungan karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan nasi. Dalam 100 gram singkong terdapat karbohidrat sebanyak 38 gram. Apalagi, di dalam singkong memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih bagus dibandingkan nasi.

Demikian beberapa poin penting tentang karbohidrat. Semoga artikel ini bermanfaat dan terus jagalah kesehatan.

Sebelum Melakukan Olahraga Sebaiknya Melakukan

Sebelum Melakukan Olahraga Sebaiknya Melakukan? Ini Jawabannya!

Sebelum Melakukan Olahraga Sebaiknya Melakukan? – Sebelum berolahraga, sebaiknya lakukan persiapan yang matang. Sebab, kamu tidak akan sanggup menjalani aktivitas fisik dengan benar dan memperoleh hasil yang diinginkan jika persiapan yang dilakukan sangat minim persiapan, bahkan bisa menyebabkan cedera. Tentu kamu tidak ingin mengalami cedera, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal berikut ini …

Sebelum Melakukan Olahraga Sebaiknya Melakukan? Ini Jawabannya! Selengkapnya »

Mengapa Kita Disarankan untuk Mengonsumsi Makanan Pokok Selain Nasi

Mengapa Kita Disarankan untuk Mengonsumsi Makanan Pokok Selain Nasi? Ini Jawaban dan Alternatifnya

Mengapa Kita Disarankan untuk Mengonsumsi Makanan Pokok Selain Nasi? – Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok utama. Bahkan muncul anggapan, “belum makan namanya jika belum mengonsumsi nasi”. Peran nasi sebagai makanan pokok sebenarnya tidak hanya berlaku pada sebagian masyarakat Indonesia saja. Beberapa negara Asia juga menjadikan nasi sebagai salah satu makanan pokok utamanya. Tapi, …

Mengapa Kita Disarankan untuk Mengonsumsi Makanan Pokok Selain Nasi? Ini Jawaban dan Alternatifnya Selengkapnya »