• shopee-bigramadhansale-1920x745

Insomnia

Insomnia – Bagi sebagian orang, insomnia merupakan salah satu penyakit yang cukup menyakitkan. Sebab, insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya kesulitan tidur. Akibatnya, orang tersebut akan terganggu aktivitasnya. Di dalam artikel ini akan kita bahas seperti apa ciri-ciri insomnia hingga cara mengatasinya.

Ciri-ciri Insomnia

Ciri-ciri Insomnia

Untuk melihat apakah kamu terkena insomnia atau hanya sekadar susah tidur bisa dilihat dari ciri-cirinya. Beberapa yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

1. Sering merasa lelah

Ciri yang pertama adalah kamu sering merasa lelah meskipun sudah tidur sebelumnya. Secara normal, saat kita tidur seluruh organ kita pun akan ikut “tertidur” kecuali bagian otak. Hal itulah yang membuat kita tidak terjatuh meskipun tidur di sofa. Akan tetapi, saat kamu terkena insomnia, maka otak mencegah semua organ tubuh “beristirahat”. Alhasil, saat terbangun, tubuh akan terasa sangat lelah.

2. Depresi

Ya, salah satu penyebab insomnia adalah kamu mengalami banyak pikiran. Bahkan, pikiran tersebut lebih parah karena mengarah pada depresi. Perlu kamu ketahui bahwa saat depresi muncul, maka otak tidak bisa menangkap sinyal ketenangan. Otomatis, semua organ tubuh akan menegang dan sulit untuk beristirahat. Hal itulah yang memicu insomnia muncul.

3. Kesulitan tidur di malam hari

Secara biologis, kita harus beristirahat pada malam hari agar tubuh bisa beristirahat. Alan tetapi, penderita insomnia justru sangat sulit tidur meskipun sudah dipaksakan. Bahkan, ketika mata sudah terpejam sekalipun tetap tidak ada tanda-tanda mengantuk. Hal ini tentunya merupakan ciri termudah seseorang terkena insomnia.

4. Sulit berkonsentrasi

Karena tubuh kurang istirahat, otomatis kamu akan kesulitan beraktivitas sehari-hari, khususnya konsentrasi. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada produktivitas baik saat sekolah maupun kerja. Jika hal ini terus terjadi maka kamu akan kesulitan melakukan apapun.

5. Sulit membedakan mimpi dan kenyataan

Pada beberapa kasus insomnia yang sudah parah, dia mulai kesulitan apakah tindakannya merupakan mimpi atau bukan. Hal ini memang disebabkan otak yang sudah sulit berkonsentrasi seperti pada poin keempat. Bahkan, bukan tidak mungkin penderitaan ini akan bertindak di luar dugaan.

Cara Cepat Tidur untuk Insomnia

Cara Cepat Tidur untuk Insomnia

Agar kamu bisa tidur meskipun terkena insomnia, ikutilah beberapa tips di bawah ini tanpa menggunakan obat tidur.

1. Mandi menggunakan air hangat sebelum tidur

Cara pertama yang mudah dilakukan adalah menggunakan air hangat satu jam sebelum tidur. Dengan mandi menggunakan air hangat, maka tubuh bisa lebih rileks. Bahkan, ketika tubuh yang sudah terkena air panas lalu terpapar oleh udara yang dingin dapat membuatmu merasa mengantuk.

2. Tidak minum jenis kafein sebelum tidur

Pastinya kamu sudah tahu bahwa minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi dapat menahan kantuk di malam hari. Maka dari itu, agar terhindar dari insomnia, sebaiknya kamu menyentuh makanan atau minuman yang memiliki kafein.

3. Mengonsumsi buah atau minuman hangat sebelum tidur

Sebenarnya poin ini masih berhubungan dengan sebelumnya. Dibandingkan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, lebih baik konsumsi minuman hangat atau buah-buahan. Kamu bisa minum susu yang memiliki kalsium tinggi atau buah-buahan.

4. Mematikan lampu sebelum tidur

Tidur dengan lampu redup atau gelap bisa meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, akan lebih baik kamu tidur dengan lampu redup atau mematikannya. Hal ini bisa meringankanmu dari kondisi insomnia.

5. Menggunakan aroma lavender

Aroma lavender bisa menenangkan saraf dan juga membuat kita rileks. Kamu bisa menggunakan wewangian lavender di kamar selama 2 hingga 3 menit. Hal ini bisa memberikanmu kualitas tidur terbaik.

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Jika kamu merupakan seseorang yang terkena yang parah, maka hal itu harus segera diatasi. Beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1. Menerapkan gaya hidup sehat

Perlu kamu ketahui bahwa gaya hidup merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya insomnia. Contohnya saja kebiasaan merokok, mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak, serta mengonsumsi makanan tidak sehat sehingga jarang berolahraga merupakan salah satu gaya hidup yang tidak baik.

Maka dari itu, kamu bisa mengubah gaya hidup tersebut menjadi lebih sehat seperti berhenti merokok, mengonsumsi kafein secukupnya, menambah asupan makanan bergizi, dan selalu melakukan olahraga.

2. Mengatur jadwal tidur

Bagian selanjutnya adalah mengatur jadwal tidur. Waktu tidur yang sering berubah-ubah bisa menjadi pemicu terjadinya insomnia. Hal tersebut mengganggu ritme sirkadian yang fungsinya adalah untuk mengatur metabolisme tubuh. Dengan melakukan pengaturan jadwal tidur, maka hal itu bisa mempengaruhi siklus tidur dan bangun lebih tertib.

3. Membuat suasana kamar yang nyaman

Untuk beberapa orang, suasana kamar bisa berpengaruh terhadap insomnia. Jika kamar terlihat berantakan, maka nuansa yang diberikan pun juga tidak nyaman sehingga memicu kualitas tidur berkurang. Oleh sebab itu, kamu bisa mengubah nuansa kamar menjadi lebih rapi atau bisa menggunakan tambahan lain seperti lampu redup dan wewangian yang bikin rileks.

4. Rutin berolahraga

Di poin sebelumnya kita sempat menyinggung bahwa olahraga juga dapat menyembuhkan insomnia. Saat kita melakukan olahraga secara rutin, maka hal itu dapat mengatur suasana hati. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan energi lebih di dalam tubuh, menurunkan berat badan, hingga membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

5. Tidak banyak begadang

Terkadang, karena adanya tugas ataupun pekerjaan yang belum selesai, kita diharuskan untuk begadang. Jika sekali-kali mungkin tidak akan berpengaruh, namun jika dilakukan secara terus-menerus, hal itu bisa memicu terjadinya insomnia. Apabila ingin menghindar dari begadang, sebisa mungkin selesaikan pekerjaan secepat mungkin.

Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Insomnia terjadi bukan karena ketidak sengajaan saja. Namun, penyakit yang satu ini bisa muncul karena beberapa penyebab. Hal-hal yang memicu terjadinya insomnia adalah sebagai berikut.

1. Gangguan psikologi

Bagian pertama yang sering terjadi pada penderita insomnia adalah sering gangguan secara psikologis. Contohnya seperti kecemasan berlebihan, depresi, maupun gangguan yang berhubungan dengan nuansa hati. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan karena semua organ terus menegang.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, bisa melalui obat-obatan sesuai anjuran dokter atau melakukan konsultasi dengan orang terdekat. Cara tersebut sangat ampuh untuk mengatasi masalah insomnia.

2. Gangguan fisik

Untuk penyebab yang satu ini, insomnia bisa terjadi karena tubuh merasakan sakit. Dengan begitu, kita kesulitan untuk tidur. Rasa sakit yang terus menerus bahkan saat jam tidur membuat kita terganggu. lama-kelamaan penyakit insomnia menghantui kita.

Untuk masalah ini, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter sesuai dengan keluhannya. Misalnya penyakit diabetes, lambung, dan berbagai organ dalam harus konsultasi dengan dokter penyakit dalam.

3. Minum obat-obatan tertentu

Minum obat-obatan sembarangan juga bisa memicu terjadinya insomnia. Beberapa obat yang bisa membuat kita sulit tidur adalah obat asma, obat anti kejang, obat stimulan, dan juga obat tekanan darah tinggi. Sebaiknya, segera laporkan hal tersebut pada dokter atau apotik setempat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian beberapa informasi penting mengenai insomnia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Jelaskan Apa Dampak Positif dan Negatif dari Mengonsumsi Kopi

Jelaskan Apa Dampak Positif dan Negatif dari Mengonsumsi Kopi? Ini Ulasannya

Jelaskan Apa Dampak Positif dan Negatif dari Mengonsumsi Kopi – Banyak perubahan yang terjadi pada gaya hidup generasi muda saat ini. Salah satunya adalah kebiasaan mengopi saat pagi dan sore hari. Kebiasaan ini biasanya dilakukan bersama teman kerja, sambil berbincang mengenai banyak hal. Kebiasaan mengonsumsi kopi di pagi hari memang menjadi moodboster bagi sebagian orang. …

Jelaskan Apa Dampak Positif dan Negatif dari Mengonsumsi Kopi? Ini Ulasannya Selengkapnya »

Ciri-ciri Kurang Tidur

6 Ciri-ciri Kurang Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Ciri-ciri Kurang Tidur – Mengingat tidur menjadi salah satu kegiatan esensial yang dibutuhkan oleh manusia, maka kebutuhan akan tidur yang cukup penting untuk dilakukan. Pasalnya, ketika seseorang tidur, maka bagian otak yang bernama korteks akan memulihkan diri agar ketika bangun tidur Kamu akan kembali bertenaga, merasa segar dan fit. Jika kamu memenuhi kebutuhan tidur yang …

6 Ciri-ciri Kurang Tidur yang Perlu Kamu Ketahui Selengkapnya »

Akibat Kurang Tidur dan Solusinya

Inilah 4 Akibat Kurang Tidur dan Solusi Mengatasinya

Akibat Kurang Tidur dan Solusinya – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi sepertinya halnya makan dan minum. Pasalnya, tubuh juga membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas. Apabila kebutuhan akan tidur tidak terpenuhi, tentu dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Bagi tubuh, tidur memiliki peran …

Inilah 4 Akibat Kurang Tidur dan Solusi Mengatasinya Selengkapnya »

Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik

Yuk, Simak Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik Berikut Ini

Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik – Salah satu faktor penunjang pola hidup yang sehat dan seimbang adalah memiliki tidur berkualitas. Namun, apa saja sih kriteria tidur yang sehat itu? Apakah kamu sudah memilikinya? Nah, berikut ini adalah sejumlah ciri-ciri kualitas tidur yang baik yang harus kamu miliki. Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik Sudahkah kamu memiliki …

Yuk, Simak Ciri-ciri Kualitas Tidur yang Baik Berikut Ini Selengkapnya »

Kualitas Tidur yang Baik Berapa Jam

Berapa Jam Kualitas Tidur yang Baik?

Kualitas Tidur yang Baik Berapa Jam – Waktu tidur menjadi salah satu faktor utama penanda seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Sementara kualitas dan kuantitas tidur tiap orang juga berbanding lurus dengan kualitas hidup serta salah satu indikator kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tahukan kamu berapa jam kualitas tidur yang baik itu? Seperti banyak dipahami, bahwa …

Berapa Jam Kualitas Tidur yang Baik? Selengkapnya »